Cara Orang Kaya Menjadi Semakin Kaya Yang Patut Ditiru

Kalo bicara tentang kekayaan ga akan ada habisnya. Semua orang pasti bercita-cita seperti itu. Termasuk anda yang sedang membaca tulisan ini kan? Hehehe 😁


Apapun motif anda untuk menjadi kaya, itu pilihan anda masing-masing. Yang terpenting adalah cara mencapainya seperti apa. Ini yang masih banyak salah metode mencapainya.

Cara Orang Kaya Menjadi Semakin Kaya Yang Patut Ditiru


Banyak yang beranggapan bekerja keras siang malam banting tulang akan mencapai kehidupan yang terbebas dari beban finansial dan bisa menikmati kekayaannya. Padahal ga kayak begitu. Kerja keras berbeda dengan kerja cerdas.

Para orang-orang kaya di luar sana, yang mereka lakukan adalah kerja cerdas. Mereka menggunakan otak, strategi dan pikiran mereka untuk bisa memperkaya diri mereka. Tentu ada yang memperkaya secara baik dan tidak baik ya, kita akan fokus yang cara baik saja.

Lalu kerja cerdas seperti apa sih yang mereka lakukan?

Cara ini saya temukan ketika melihat salah satu postingan instagram yang membahas bagaimana orang kayak bisa semakin kaya. Menarik banget karena digambarkan dengan cara yang sangat simpel dan dimengerti bahkan oleh orang awam sekalipun.

Sebelum kita bahas caranya, saya akan sedikit membahas mindsetnya dulu, biar pemahaman kita sama saat memasuki pembahasan soal cara orang kaya menjadi kaya.

Mindset orang kaya yang saya pelajari sejauh ini ada 2, apa saja itu?

1. Orang Kaya Tidak Ingin Dilihat Seperti Orang Kaya

Orang kaya beneran, penampilan bukan urusan nomer 1. Mereka tidak peduli apa kata orang tentang penampilan. Karena mereka tidak mengurusi pendapat orang lain yang ga bikin rekening mereka tambah gendut. 

Yang terpenting: mereka tidak berusaha membuat orang lain terkesan dengan hanya modal penampilan saja. Jadi ketika anda ingin menjadi kaya beneran, berusahalah untuk tidak mempedulikan komentar orang lain. Apalagi mereka yang tidak pernah membuat anda jadi pribadi lebih baik.

Berpenampilan sesuai dengan isi dompetmu itu tepat banget. Karena yang berpenampilan serba mewah dan wah tidak serta merta mencerminkan kekayaannya juga. Bisa jadi penampilannya itu berasal dari hutang sana sini, kita ga tau aja gimana.

2. Tidak Perlu Mengeluarkan Uang Untuk Gengsi Semata

Orang kaya ga pernah menuhankan gengsi untuk dirinya. Mereka ga perlu adu gengsi sama yang lain, karena itu hanya menghabiskan energi tanpa menghasilkan apa-apa.

Kalo nurutin gengsi ga akan ada habisnya. Emang buat apa nurutin gengsi? Kayak dapat gelar juara aja dah. Orang kaya itu berkompetisi mereka berkolaborasi. Karna kompetisi menghabiskan energi, sementara kolaborasi menghasilkan energi.

Orang kaya itu bersinergi dan berkolaborasi. Semakin banyak teman, semakin banyak koneksi semakin banyak sumber kekayaan yang bisa dihasilkan. Orang kaya berkumpul ngobrolin bisnis dan mencari cara untuk semakin kaya. Orang miskin berkumpul ngobrolin orang lain dan ngeluh aja kerjanya.

Udah paham ya mindset orang kaya seperti apa? Silakan diaplikasikan di kehidupan masing-masing. Pelan-pelan aja, nurunin gengsi itu ga gampang, apalagi buat anda yang terbiasa hidup dengan standar tinggi tapi isi dompetnya ga bisa ngikutin hehehe..

Kalo udah paham, mari kita masuk ke inti dari tulisan kali ini.

Bagaimana orang kaya menjadi semakin kaya? Cara sederhana ini bisa anda ikuti asal sudah menerapkan 2 mindset yang saya sebutkan di atas. Apa saja caranya?

Cara Orang Kaya Menjadi Semakin Kaya Yang Patut Ditiru

1. Memperbanyak Sumber Pemasukan

Orang kaya, tidak hanya bergantung dari 1 sumber penghasilan saja. Mereka punya setidaknya minimal 5 sumber. Sehingga mereka tidak pernah khawatir ketika salah 1 sumber mereka mengalami penurunan omzet ataupun bangkrut.

Karena para orang kaya masih memiliki sumber penghasilan yang lain. Salahnya diantara oknum yang kebelet kaya justru cuman punya 1 sumber penghasilan dan mati-matian bertahan di sana. Sehingga ketika sumber penghasilannya berhenti, mereka kalang kabut sendiri.

Apa saja sih sumber penghasilan orang-orang kaya ini? Beberapa diantaranya adalah:

1. Pekerjaan Utama.
Yang pasti mereka sendiri punya pekerjaan utama dong? Jadi CEO itu pekerjaan lho, bukan sekadar jabatan terus nganggur doang. Itu bukan CEO tapi pengangguran maksa punya jabatan.

2. Bisnis properti. 
Meskipun memerlukan investasi yang tidak sedikit, tetapi bisnis ini sifatnya jangka panjang. Jadi gapapa inves mahal di depan tapi bisa dapat untung 5-10 tahun berikutnya. Properti memang salah satu lini bisnis yang menjanjikan untuk saat ini.

3. Investasi. 
Jangan salah, mereka justru berinvestasi saham di perusahan orang lain juga, lho! Kalo memang punya orang lain itu bagus dan punya masa depan yang menjanjikan, mereka ga akan segan untuk berinvestasi di sana. Meskipun itu perusahaan kompetitornya sendiri? Iya dong! Ingat mindset orang kaya nomer 2? Mereka ga berkompetisi, mereka berkolaborasi.

4. Bisnis online.
Ini sudah pasti sih, rata-rata orang kaya pasti minimal 1 bisnis online yang mereka jalankan.

5. Royalti
Setiap orang pasti ingin lebih mengenal secara personal sosok orang kaya. Gimana mindset mereka, gimana cara mereka mengelola keuangan dll dkk. Ga mungkin dia kasih tau satu per satu kan? Untuk itu biasanya mereka akan mengeluarkan sebuah buku yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi.

Hasil penjualan dari buku tersebut akan jadi pemasukan tambahan baru buat dia. Kalo dia terkenal banget di seluruh dunia, dapat pemasukan dari hak royalti penjualan bukunya aja udah bisa hidup tuh sebetulnya.

------

Udah tau kan sekarang kalo orang-orang kaya di luar sana itu kerja cerdas bukan kerja keras? 

Mulai sekarang pikirkan baik-baik apa yang bisa dilakukan untuk memperbanyak sumber pemasukan anda. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, pergunakan sebagian dari gaji bulanan anda untuk membuka peluang penghasilan tambahan yang baru.

2. Menekan Pengeluaran Seminimal Mungkin

Orang-orang terkaya di dunia itu ga perlu beli barang-barang mahal. Apalagi belanja barang-barang yang tujuannya cuman untuk nunjukkin status sosial. Ga penting sama sekali.

Sebisa mungkin mereka menggunakan uang untuk bisa menghasilkan uang lebih banyak. Itu prinsip orang-orang kaya. Mereka menggunakan uang untuk bekerja, orang-orang kebanyakan justru berpikir sebaliknya. Mereka mati-matian bekerja untuk dapat uang.

Keluarkan uang hanya untuk sesuatu yang lebih menghasilkan. Kalo ga ada yang menghasilkan, mending ditahan sampai waktu yang tepat. Bukan dihambur-hamburkan demi kesenangan sesaat.

3. Investasi Jangka Panjang Adalah Prioritas

Orang-orang kaya berpikir bagaimana caranya uang bisa bekerja untuk mereka. Mereka berinvestasi jangka panjang dengan membeli saham-saham perusahaan-perusahaan ternama. Sekali lagi, mereka lebih mengutamakan prinsip kolaborasi daripada kompetisi.

4. Selalu Menabung

Salah satu hal yang membedakan orang kaya dengan mereka yang miskin adalah cara menyimpan uangnya. Orang kaya akan selalu menabung sebagian dari penghasilannya yang banyak tadi. Sementara yang miskin, mereka menabung KALAU ada sisa dari penghasilannya. 

Beda banget ya?

Mulai sekarang, anda harus menentukan budget anda untuk menabung.

Cara paling mudah menentukannya adalah cukup sisihkan 20-30 persen dari penghasilan anda setiap bulannya untuk ditabung. Kalo mau lebih monggo, lebih bagus malahan. 

Cara lain yang bisa anda coba adalah hitung pengeluaran anda YANG TIDAK PENTING setiap bulannya. Nah ketika sudah ketemu angkanya, bulan depan angka tersebut anda tabung ke rekening anda yang lain (yang ga diganggu gugat untuk keperluan sehari-hari). Jadi anda bisa mengontrol kebiasaan belanja barang yang tidak perlu.

***

Intinya mereka yang kaya itu lebih pintar atur keuangan. Mereka tau sumber penghasilan mana saja yang bisa dimaksimalkan dan tau harus berbuat apa terhadap pengasilannya. Kita juga bisa seperti mereka kok, asalkan mau mengubah gaya hidup. 

Jangan salah, orang kaya itu juga punya gaya hidup yang mewah. Tapi.. itu semua direalisasikan setelah mereka melakukan 4 hal di atas. Awalnya tetap sakit juga, jatuh bangun juga. Yang sekarang kita liat itu adalah hasil dari konsistensi mereka selama bertahun tahun.

Menghargai proses sama pentingnya dengan menghargai hasil dari sebuah proses. Kalo dalam prosesnya kita melakukan dengan cara yang baik, insya allah hasilnya juga akan baik dan berkah. Kalo dari prosesnya aja sudah ga baik, hasil bisa jadi lebih buruk lagi.

Menurut anda sendiri gimana? Adakah cara lain yang bisa bikin orang kaya jadi semakin kaya? Tuliskan di kolom komentar ya.

TIPS MENGATUR GAJI BIAR GA NUMPANG LEWAT SAAT VIRUS KORONA MELANDA

Buat kita yang jadi karyawan, gaji adalah penyambung hidup. Ga kerja ga dapat gaji. Ga dapat gaji kemungkinan ga bisa makan.⁣⁣⁣
⁣⁣⁣

Ga bisa makan jadinya ga bisa kerja. Nah lo kenapa jadi kayak lingkaran setan gini ya?😂⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Karena gaji adalah penyambung hidup, maka hampir semua karyawan bergantung sama gaji. Bener ga?⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Padahal kalo dipikir-pikir, zaman sekarang ga bisa cuman bergantung sama 1 sumber penghasilan doang.⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Kalo dulu mungkin bisa, tapi sekarang udah ga bisa lagi kayak begitu. Yang ada kita malah keteteran memenuhi kebutuhan hidup. Udah harganya naik terus, gaji segitu-gitu aja kan?⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Trus gimana solusinya mas? Masa mau minta naik gaji? ⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Loohh.. naik gaji bukan satu-satunya solusi kok! 😁⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Emang setelah gaji dinaikin anda jadi bisa memenuhi kebutuhan hidup? Saya hampir yakin jawabannya sudah pasti ga bisa 😂⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Kenapa?⁣⁣⁣
Karena yang jadi masalah bukan jumlahnya, tapi kitanya.⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Maksudnya gimana?⁣⁣⁣
Mari kita bahas sama-sama...⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Gaji, berapapun jumlah sudah pasti ga akan cukup. Kalo kita sendiri yang tidak bisa mengontrol nafsu dan keinginan kita.⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Gaji jumlahnya akan segitu-gitu aja. Ketika kebutuhan hidup biayanya semakin meningkat maka faedahnya akan semakin berkurang.⁣⁣⁣ Terlebih lagi ketika ada Virus Korona seperti sekarang ini.
⁣⁣⁣
Solusi paling efektif (tapi biasanya ogah dilakuin sama anda) adalah mengurangi pengeluaran semaksimal mungkin. Kenapa pada banyak yang ga mau mengurangi pengeluaran? Karena akan secara tidak langsung menurunkan gengsi kita.⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Gengsi itu mahalnya bukan main. Saking mahalnya, orang rela berhutang demi menunjukkan kelas sosialnya sama orang lain! Gila! Padahal orang juga ga peduli sama penampilannya. ⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Gaji akan selalu numpang lewat kalo gengsi anda tidak diturunkan dari sekarang.⁣⁣⁣
⁣⁣⁣
Gaji akan selalu numpang lewat ketika anda ga punya sumber penghasilan yang lain. Makanya saya bilang diawal kita ga bisa mengandalkan gaji aja.⁣⁣
⁣⁣
Sebetulnya, ga perlu nunggu pandemi/corona muncul dulu untuk bisa menurunkan gengsi dan menekan pengeluaran semaksimal mungkin. Harusnya itu sudah dipikirkan dari awal semenjak kita terima gaji.⁣⁣
⁣⁣
Biar gaji ga numpang lewat, lakukan:⁣⁣
⁣⁣

1. Nabung⁣⁣

Setelah melakukan pembayaran bulanan (listrik/telpon/air/dll) sisihkan langsung untuk tabungan. Jumlah bisa hitungan persen atau nominal. Saya sendiri, walaupun ga punya gaji bulanan masih tetap nabung, nabungnya di reksadana sekarang, biar punya investasi yang jangka panjang.⁣⁣
⁣⁣

2. Investasi Untuk Peluang Penghasilan Baru⁣⁣

Anda punya keahlian apa yang bisa diuangkan? Memasak? Open order menu-menu masakan yang bisa dimasak dulu. Bisa nulis? Buka jasa pembuatan artikel promosi. Desain? Buka jasa desain feeds instagram atau edit foto jadi vektor.⁣⁣
⁣⁣
Kalo ga punya ilmunya? Belajar! Ikut ecourse (kuliah online) udah banyak. Semua bidang ada. Tinggal ikuti yang mana jadi minat anda. Investasi ilmu baru itu penting banget lho! 😉⁣⁣
⁣⁣

3. Scale up/Perbesar Pemasukannya⁣⁣

Kalo udah menguasai ilmu baru dan bisa menghasilkan dari sana, saatnya anda "mewariskan" ilmunya kepada yang lain. Kalo ga mau ambil bayaran, ya silakan. Mungkin anda mau dapat amal jariyahnya. Kalo mau ambil bayaran juga gapapa, bebas aja.⁣⁣
⁣⁣
Intinya ga perlu sungkan untuk berbagi sama yang lain. Karena masih banyak yang perlu ilmunya.⁣⁣
⁣⁣
Sudahkah anda memanfaatkan sebagian gaji anda untuk membuka peluang usaha baru? Kalo belum saatnya sekarang manfaatin deh mumpung masih ada waktu.⁣

Sekadar info nih, untuk anda yang pengen tau virus korona lebih detail, saya sarankan untuk mencari informasinya di situs yang relevan dan kredibel. Tentunya bukan di rangkaianabjad.com ya hehehe.. salah satu situs kredibel yang membahas tentang Virus Korona yang saya tau adalah Halodoc.

Di salah satu halamannya Halodoc membahas cukup detail tentang Virus Korona. Anda bisa membaca infonya di sana. Selain itu juga anda bisa membaca artikel-artikel tentang info kesehatan lainnya di sana. Anda juga bisa berkonsultasi kesehatan secara online dengan dokter yang sedang aktif di website itu.

Cara Benar Shalat Tarawih Dan Witir Sendiri Di Rumah

Salah satu ibadah sunnah yang hanya ada di bulan Ramadhan saja adalah salat tarawih. Selama pandemi corona ini memang dianjurkan untuk melaksanakan shalat tarawih di rumah masing masing. Lalu bagaimana tata cara shalat tarawih dan witir di rumah?



 Salat tarawih di rumah pada dasarnya bisa dilakukan sendiri atau berjamaah. Tetapi jika kamu ingin melaksanakannya sendiri di rumah, maka bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini supaya shalat tarawih yang dilakukan sesuai dan benar. Kamu bisa melaksanakan shalat tarawih setelah shalat isya hingga sepertiga malam. Kamu bisa memilih waktu yang paling tepat untuk melaksanakan ibadah shalat tarawih ini supaya lebih khusyu.

Berikut dibawah ini cara benar shalat tarawih dan witir sendiri di rumah diantaranya yaitu :

1. Persiapan Shalat Tarawih

Shalat tarawih sama saja dengan ibadah shalat pada umumnya yaitu baiknya dilakukan dalam keadaan suci dan bersih. Kamu bisa membersihkan badan dengan cara mandi lalu menutupnya dengan cara berwudhu. Kemudian pilihlah pakaian baru yang masih bersih dan wangi. Jika dalam islam wanita tidak dianjurkan memakai wewangian saat hendak pergi ke luar rumah, maka sebaliknya dianjurkan memakai wewangian tersebut saat berada didalam rumah. Saat berada di rumah, wanita dianjurkan memakai wewangian, begitu juga saat akan shalat.

2. Niat Shalat Tarawih

Segala sesuatu memang harus diawali dengan niat, begitu juga saat akan beribadah. Untuk niat shalat tarawih sendiri di rumah, berikut dibawah ini bacaannya :

“Ushollii Sunnatat-taroowiihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’alaa”. 

Yang berarti : “Saya niat shalat sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”. 

3. Cara Salat Tarawih Sendiri Di Rumah

Salat tarawih bisa dilaksanakan dengan jumlah 11 atau 23 rakaat. Untuk 11 rakaat, terdiri dari 8 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat salat witir. Salat tarawih dilaksanakan dalam 2 rakaat dan 1 kali salam, itu berarti ada 4 kali shalat tarawih dan 1 kali shalat witir. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini cara benar shalat tarawih sendiri di rumah untuk perempuan :

· Takbiratul ihram

· Membaca doa iftitah

· Membaca surat Al Fatihah

· Membaca surat di Al Quran

· Ruku

· I’tidal

· Sujud

· Iftirasy (duduk diantara dua sujud)

· Sujud kedua dan berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua

· Membaca surat Al Fatihah

· Membaca surat di Al Quran

· Ruku

· I’tidal

· Sujud

· Iftirasy

· Sujud Kedua

· Tasyahud akhir

· Salam

Diantara satu shalat ke shalat lainnya disunahkan untuk membaca doa, dan salah satunya baca doa kamilin.

4. Niat Shalat Witir 3 Rakaat

Kamu bisa melaksanakan shalat witir dalam dua cara yaitu 1 rakaat atau 3 rakaat. Untuk yang 3 rakaat dengan 1 kali salam, bacaan niatnya adalah :

“Ushali sunnatal witri tsalasa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’ala”. 

Yang artinya : “Saya berniat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala”. 

5. Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat

Saat akan melaksanakan shalat witir 3 rakaat dengan 1 salam, maka berikut dibawah ini tata caranya :

· Niat salat witir 3 rakaat

· Takbiratul ihram

· Membaca surat Al Fatihah

· Membaca surat di Al Quran

· Ruku

· I’tidal

· Sujud pertama

· Iftirasy (duduk diantara dua sujud)

· Sujud kedua

· Berdiri untuk shalat rakaat kedua

· Membaca surat Al Fatihah

· Membaca surat di Al Quran

· Ruku

· I’tidal

· Sujud pertama

· Iftirasy (duduk diantara dua sujud)

· Sujud kedua

· Berdiri kembali pada rakaat ketiga

· Membaca surat Al Fatihah

· Membaca surat di Al Quran

· Ruku

· I’tidal

· Sujud pertama

· Iftirasy (duduk diantara dua sujud)

· Sujud kedua

· Duduk tasyahud akhir

· Salam

6. Doa Setelah Witir

Setelah mengerjakan shalat witir disunnahkan untuk membaca doa dengan mengulangnya sebanyak 3 kali. Inilah doanya :

“Subhaanal malikil qudduus” 

Yang artinya : “Maha Suci Allah yang Maha Merajai dan yang Maha Bersih”. 

Doa tersebut kemudian disambung dengan kalimat :

“Robbul malaa’ikati warruuh” 

Yang artinya : “Yang Menguasai para Malaikat dan Ruh/Jibril”. 

Beberapa Investasi Gratis Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Corona Melanda

Jadi begini, seperti yang sudah kita tau semua bahwa kita sedang berada di masa pandemi. Ketika semua kebiasaan yang jadi rutinitas kita harus terhalang virus kecil yang berbahaya. Ketika pekerjaan harian kita harus terhenti dan penghasilan menurun karena keadaan. Semuanya jadi serba tidak menentu.

Apa yang bisa kita lakukan?




Kerjaan ga ada, sementara kehidupan terus berjalan. Ada orang yang harus diberi makan, ada listrik yang harus dibayar, ada kontrakan yang harus ditanggung, ada hutang dan cicilan yang harus dilunasi.


Apakah mengeluh jadi solusi terbaik? Oh tentu tidak, Markonah!


Mengeluh hanya akan menambah beban hidup kamu.


Mending fokus sama solusi apa yang bisa dilakukan daripada meratapi masalah. Lagian kalo kamu mengeluh, emang orang lain ga ngalamin masalah yang sama? YA SAMA DONG! Jadi ga perlu merasa jadi orang paling menderita karena pandemi ini, karena semuanya juga ngerasain hal yang sama.


Solusinya gimana? Oh ada banyak! Yang kali ini akan saya tuliskan adalah salah satu di antaranya saja.


Tapi tulisan ini ga akan berarti apa-apa begitu sehabis dibaca tanpa ada tindakan selanjutnya: praktik.


Apakah investasinya beneran gratis? Kalo diliat dari sisi finansial/uang yang dikeluarkan jelas gratis. Tapi di sisi lain ada modal yang harus dikeluarkan, misalnya waktu. Kamu harus membayar dengan waktu yang selama ini kamu pergunakan untuk hal unfaedah. Ganti waktumu dengan berinvestasi kepada hal yang lebih bermanfaat.


Makanya disimak baik-baik biar bisa langsung praktik, oke?



1. Baca Ebook/buku

Investasi gratis yang paling gampang kamu lakukan adalah dengan membaca ebook/buku gratis. Kalo ga punya buku, bisa baca online lewat ebook. Trus buku/ebook apa yang dibaca? Bebas terserah kamu, yang penting bisa menambah pengetahuanmu dan membuat dirimu jadi punya skill baru.

Kalo kamu tertariknya tentang kesehatan, bisa baca-baca buku/ebook tema kesehatan. Atau kamu tertariknya sama dunia kuliner, bisa baca buku/ebook resep masakan atau sejarah kuliner dunia. Kalo kamu tertarik ke dunia bisnis online bisa baca-baca buku/ebook tentang bisnis online.

Kalo untuk bisnis online, kebetulan saya ada beberapa koleksi yang bisa saya bagikan gratis kalo kamu mau baca. Komen aja nanti saya kasih tau caranya ya.

2. Belajar Sama Mentor

Mencari mentor untuk belajar juga bisa kamu lakukan saat corona melanda. 

Loh bukannya belajar sama mentor itu bayar?


Ada juga kok yang gratisan. Cari mentor mah gampang banget! bisa di instagram ada, youtube juga ada. Investasi gratis ke mentor ini akan terasa signifikan banget manfaatnya kalo kamu ketemu mentor yang tepat dan praktik langsung.


Semuanya tergantung dari kamu sendiri. Manfaatkan keberadaan mentor ini untuk membuat dirimu jadi semakin berkembang. Tapi perlu diingat untuk belajar dengan mentor yang tidak terlalu banyak. Saya rasa 2-3 mentor saja cukup.

3. Belajar Skill Baru

Investasi gratis ini masih ada hubungannya kayak nomer 2. Ketika mencari mentor usahakan untuk belajar skill yang belum pernah kamu kuasai. Gapapa juga sih kalo kamu mau memperdalam skill yang sebelumnya sudah kamu kerjakan selama ini.

Belajarnya bisa sama mentor atau autodidak ga masalah. Yang penting kamu punya skill baru setelah corona selesai. Kalo mau lebih greget kamu bisa kasih target. Misalnya selama 3 bulan harus punya minimal 3 skill baru.

Kalo saya biasanya belajar di youtube atau di udemy.com. Platform belajar online berbahasa inggris. Walaupun udemy berbayar untuk mengikuti ecourse-nya, tapi ada banyak banget coach yang ngasih ecourse-nya secara gratis secara terbatas.

Kalo kamu ga bisa ketemu kursus di udemy yang gratis, kemungkinan kamu kurang ngulik internet nih hahaha...

4. Stop Menunda-Nunda Pekerjaan

Menurut saya ini adalah investasi gratis yang paling "mahal" dari sisi pengembangan diri. Karena menunda pekerjaan ini adalah hal paling murah untuk dikerjakan tetapi resikonya terlampau mahal kalo terus-terusan dikerjain.

Mulailah untuk menyelesaikan apa yang harusnya kamu kerjakan.

Tipsnya: kerjakan dari yang paling mudah diselesaikan dulu. Ketika sudah berhasil menyelesaikan pekerjaan pertama, biasanya akan ada rasa puas sendiri. Ketagihan pengen ngerasain sensasi itu lagi, kamu akan ngerjain tugas lainnya.

Ubah kebiasaan dari hal yang terkecil dulu ya. Biar terbiasa menyelesaikan sesuatu yang sudah dimulai.

5. Investasi Uang

Setelah 4 hal tersebut konsisten dikerjakan dan mulai kelihatan perbedaannya, baru kamu pelan-pelan investasikan uang yang sudah kamu hasilkan. 

Lho bukannya uang itu buat dibelanjakan mas?

Gini-gini, investasi itu bukannya hanya waktu sama ilmu, kawan-kawan. Ada banyak investasi lain yang bisa dilakukan, nah salah satunya adalah investasi uang.

Maksudnya gimana mas?

Kita investasikan uang kita ke ilmu berbayar misalnya. Ikut seminar, ikut workshop aatau gabung ke komunitas eksklusif dan bisa dapatkan ilmu berharga boleh tuh. Ga cuman itu aja, kamu juga bisa investasikan uang kita ke pasar uang. Entah itu reksadana pasar uang, reksadana obligasi ataupun reksadana saham.

Bebas mau yang mana, asalkan kamu yakin sama apa yang kamu investasikan itu.

***
Mungkin masih banyak lagi jenis investasi gratis lainnya yang bisa kamu lakuin. Tentu saja walaupun namanya gratis tetap ada sesuatu yang harus dibayarkan. Entah itu tenaga, waktu ataupun hal lainnya. Tapi yang penting kan ga perlu keluar uang kan? Ya ga? Hahahah

Bagaimana Cara Bertahan Di Tengah Pandemi Corona

Hampir semua orang di dunia terdampak pandemi baru di tahun 2020 ini. Tidak ada yang siap menghadapi kejadian ini, bahkan negara yang dibilang maju semacam Amerika dan Tiongkok. Bahkan Tiongkok sendiri adalah negara tempat penyebaran virus Corona pertama kali dimulai.

Bagaimana Cara Bertahan Di Tengah Pandemi Corona

Kalo negara maju saja gagap menghadapi hal ini, apalagi Indonesia. Sudah pasti terkejut nyata menghadapinya. Ga pemerintahnya, ga masyarakatnya semuanya terkena dampaknya.

Kalo dulu, meskipun seluruh dunia terdampak pandemi, tetapi efeknya ga terlalu berat. Mungkin karena mata rantai ekonominya masih ga terjalin antar negara. Ga kayak sekarang, dampak ekonominya terasa sekali. Semua sektor menurun pendapatannya, bahkan ada yang ga dapat pendapatan sama sekali.

Perusahaan swasta, BUMN, instansi dan institusi dipaksa beradaptasi dengan cepat terhadap kejadian ini. Kebijakan pemerintah jadi penentunya, ketika ada pemberlakuan physical distancing semuanya semakin terasa perubahannya.

Orang-orang jadi jarang keluar rumah, warung, toko, kios pendapatannya menurun drastis. Restoran, cafe dan tempat nongkrong lainnya jadi mendadak sepi. Ini yang bikin ekonomi jadi lesu dan mengurangi perputaran uang.

Pekerjaan semuanya dikerjakan di rumah, rapat dilakukan secara online, perjalanan dinas ditiadakan. Ga cuman mereka yang penghasilannya minim yang kehilangan pekerjaan, tapi juga perusahaan yang kebingungan harus menggaji karyawannya tapi pemasukan tidak ada.

Udah gitu, pemerintah menekan pemilik perusahaan untuk tetap menggaji dan memberikan THR ke karyawan mereka. Kalo ibarat makanan, perusahaan udah jadi sandwich karena ditekan dari semua sisi. Kasian.

Lantas dari pihak individunya sendiri gimana? Terutama mereka yang ga punya penghasilan bulanan dan hanya mengandalkan pendapatan harian. Gimana bisa bertahan dengan penghasilan yang minim di saat seperti ini?

Saya akan sebutkan beberapa solusi yang mungkin tidak akan disukai oleh kamu yang membacanya. Tapi bertahan hidup dengan hal yang tidak disukai saat seperti ini menurut saya adalah hal yang paling masuk akal yang bisa kita jalani.

Udah siap? Simak baik-baik.


1. Tambah atau Buka Jalur Penghasilan Baru

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menambah jalur penghasilan yang baru. Kalo yang awalnya sebelum krisis cuman punya 2 atau bahkan cuma 1, coba buka 2-3 jalur baru. Bisa melalui offline ataupun online bebas saja yang penting bisa cepat dapat cash dan alur pemasukan lancar kembali.

Saran saya, jual hal-hal kebutuhan mendesak terutama yang ada hubungannya dengan kesehatan. Coba jual masker, hand sanitizer, obat-obatan atau vitamin adalah hal barang paling dicari. Ingat, jual dengan harga wajar dan bukan dijadikan ajang untuk aji mumpung memanfaatkan mereka yang kesulitan mencari barangnya.

2. Belajar Keahlian Baru

Kalo keahlian lamamu disaat situasi corona dan physicall distancing kayak gini ga bisa dipake secara maksimal, tandanya kamu harus cepet-cepet belajar keahlian baru. Walaupun menurut perhitungan saya agak terlambat untuk belajar hal baru di saat seperti ini. Karena seharusnya keahlian ini sudah dilatih sekian lama dan ketika diperlukan di saat situasi seperti ini bisa langsung digunakan.

Tapi okelah karena situasinya sudah darurat, kamu harus memaksa diri untuk bisa belajar keahlian baru. Kalo bisa sih keahlian yang bisa langsung menghasilkan uang dengan cepat dan bisa dilakukan walaupun masih dalam tahap belajar.

Anggaplah kamu bisa meluangkan waktu untuk belajar 2 jam per hari selama 1 minggu secara intens. Minggu berikutnya kamu sudah bisa mulai promosiin keahlianmu ke media sosial yang kamu punya.

Promo lewat status wa, facebook, instagram dan youtube misalnya. Maksimalin di situ aja dulu, sambil bangun personal brandingmu. Perjuangan di awal memang berat untuk sebuah keahlian baru tapi akan lebih berat lagi kalo kamu ga punya keahlian apa-apa.

3. Minimalisir Pengeluaran

Pemberlakuan physicall distancing seharusnya sudah bisa mengurangi pengeluaranmu hampir 50%. Karena kebanyakan orang mengeluarkan uang ketika berada di luar rumah. Apa aja mau dibeli. Sekarang saatnya kamu berhemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Tapikan sekarang bisa belanja online mas? Tahan dulu nafsu belanjanya. Bukan saatnya menghabiskan uang untuk membeli hal yang tidak perlu. Sekarang waktunya berhemat sehemat hematnya. Apalagi kalo kamu ga punya pemasukan.

Stop cari makan di luar, cukup makan di rumah aja. Kurangi belanja barang-barang yang tidak terlalu penting untuk saat ini. Gausah nongkrong juga, ngapain? Mau diciduk sama aparat?

Tapi saya ga biasa makan di rumah mas, kalo ga dibolehin makan di luar terus gimana saya makan?

Makan seadanya dulu aja. Semua orang juga lagi menghadapi situasi yang sama kayak kamu, kok. Jadi ga perlu merasa jadi manusia paling menderita yang ga bisa makan di luar. Lebih baik kamu makan seadanya dulu daripada makan di luar terus pulang-pulang nularin virus ke orang rumah. 

Jangan mikir egois hanya untuk diri sendiri. Pikirkan keselamatan orang-orang disekitarmu juga. Kamu bisa aja ga tertular virusnya, tapi kamu membawanya ke dalam rumahmu. Itu yang sering ga sadari orang-orang tentang bahaya virus ini.

Kalo ga ada uang lagi gimana mas? 

Saya sarankan untuk tidak berhutang di saat kritis seperti ini. Mending jual barang yang bisa dijual aja. Ingat, jual ya bukan gadai. Nanti bingung lagi bayar bulanannya. Jual dan manfaatkan uangnya untuk menutupi kebutuhan hidup dulu, bukan buat beli barang-barang yang tidak penting.

4. Tabung Profit Dari Bisnis atau Gaji

Kalo punya bisnis yang masih jalan, sisihkan profitnya untuk ditabung. Gunakan profit seperlunya untuk keperluan bertahan selama pemberlakuan physicall distancing. Profit bukan omzet ya, ingat baik-baik. Omzet itu hasil kotor dari bisnis kamu, yang belum dikurangi pengeluaran tetap dan tidak tetap.

Ketika omzet udah dikurangi pengeluaran, baru bisa dibilang profit. Jadi profitnya tidak perlu dihabiskan untuk keperluan yang tidak mendesak. Bisnismu juga perlu diselamatkan di saat krisis seperti ini.
***

Semoga kamu tercerahkan dengan adanya artikel ini, ya. Dan saya harap ga lagi mengeluh karena keadaan. Soalnya bukan kamu aja yang terdampak sama kejadian pandemi corona ini, seluruh dunia juga. Jadi stop mengeluh dan langsung ambil tindakan secepatnya biar kamu ga terlena sama masalah dan lupa mencari solusinya.

Bagaimana Membuat 1 Konten Untuk Semua Platform Media Sosial Kamu

Selama menjalani bisnis online, saya semakin tertarik untuk membagikan apa yang saya pelajari selama ini ke semua media sosial saya. Hal ini bermula dari salah satu owner bisnis yang saya ikuti membagikan konten setiap hari di channel telegramnya.

Bagaimana Membuat 1 Konten Untuk Semua Platform Media Sosial Kamu

Dari sana saya terpikir, kalo dia saja bisa apalagi saya. Tapi, apa yang harus saya bagikan sementara ilmu bisnis saya masih cetek? Lalu ketemulah video-videonya Gary Vee yang mencerahkan saya. Dia bilang bagi aja apa yang sudah kamu pelajari ke media sosialmu.

Tips lain yang dikasih tau Gary Vee adalah setiap orang harus eksis di semua media sosial. Itulah kenapa Gary selalu ada dimana-mana. Youtube ada, instagram, twitter, tiktok, spotify, website, email semuanya dia aktif. 

Saya mikir dong gimana caranya bisa se-eksis itu ya? Sementara saya cuman sendirian ngurus semua media sosial. Lagi-lagi Gary Vee ngasih tau caranya, dengan menggunakan 1 konten untuk semua platform.

Dan itu membantu banget!

Dari sisi kreativitas saya ga harus ribet mikirin 1 ide per platform media sosial. Capek kalo mesti kayak gitu. Saya rasa sih sekreatif apapun orangnya ga akan bisa mikirin 1 konten atau ide per media sosial per hari. Bisa gila ntar hahaha.

Dari sisi pembuatan konten lumayan berat sih. Jujur aja, karena masih ngerajin semuanya sendirian, apalagi untuk bikin konten untuk semua platform. Saya perlu tim tapi pemasukan masih belum stabil untuk ngegaji tim, jadilah superman dulu sekarang ini.

Dengan bermodalkan komputer dan handphone saya mencoba tetap eksis di platform media sosial mayoritas. Website, Youtube, instagram, twitter dan facebook. Bagaimana saya membuat konten untuk semua media sosial tersebut hanya dengan 1 konten?

Kalo Gary Vee karena dia punya banyak tim yang ngurusin kontennya di medsos, dari 1 konten bisa dipecah pecah sampai jadi beberapa bagian gitu. Saya masih belum sanggup kayak begitu. Jadi yang saya lakukan adalah mendaur ulang konten yang sudah saya buat ke platform lain dengan menyesuaikan kebiasaan dari pengguna di platform itu.

Langkah-langkah saya membuat konten untuk semua media sosial:

1. Karena saya lebih suka tulis menulis, maka saya akan menuliskan kata per kata pada blog saya. Entah itu di rangkaianabjad.com atau di apabanget.my.id. Pokoknya naskahnya saya tuliskan dulu sampai selesai semuanya, sampai diposting ke halaman blog saya.

2. Setelah menuliskan dan memposting naskahnya di blog, saya bisa membuat 2 opsi konten. Biasanya kalo ga dibikin untuk jadi konten instagram, saya akan bikin versi videonya. Kalo bikin konten instagram, saya rangkum intinya menjadi padat singkat dengan bentuk foto carousel.

3. Anggaplah saya bikin ke instagram duluan, setelah itu akan saya buat versi videonya untuk diupload ke youtube. Saya biasanya minimal bikin videonya 10 menitan, ga terlalu panjang tapi juga ga terlalu pendek. Biar nanti kalo udah bisa dimonetize tinggal pasang-pasang iklan di videonya bisa lebih banyak.

4. Setelah versi videonya jadi, kemudian akan saya ubah ke versi audionya untuk bisa diupload ke anchor fm dan bisa didistribusikan ke spotify.

Gimana? Udah kebayang kan cara membuat 1 ide konten bisa dipake untuk semua platform?

Melihat langkah-langkah tadi, dari 1 ide konten saja saya bisa membuat konten untuk 4 platform sekaligus. Belum lagi kalo kamu punya channel sharing lainnya. Saya juga sering buka kulwa (kuliah whatsapp) dari materi yang ada di blog. Pernah juga saya share tulisan di blog untuk jadi bahan kulgram (kuliah telegram) di channel telegram saya.

Kalo ditambah kulwa dan kulgram barti bisa jadi 6 konten di platform yang berbeda. 

Belum lagi konten instagram carousel itu dimasukin ke whatsapp story, bisa bertambah lagi tuh jadi 7 konten. 

Belum lagi kalo facebooknya aktif, bisa tuh tulisannya diedit trus dijadiin status panjang di facebook, total 8 konten. 
Statusnya dishare lagi ke story fb nya, jadi 9 konten.
Foto ig carouselnya di share lagi ke story fb jadi 10 konten.
Video yang dipake upload ke youtube, bisa juga dipake untuk konten di fans page, 11 konten.

Tuh bisa jadi 11 dari 1 ide doang!

Oiya kenapa saya ga bikin kontennya ke twitter dan tiktok?

Pertama, karena twitter adalah tempat saya menumpahkan kekesalan saya kalo lagi bersosmed, jadi agak kurang cocok dijadikan tempat untuk mem-branding diri di sana hahahaha..

Tiktok saya ga sanggup bikinnya karena udah keburu terkuras tenaga untuk bikin video di youtube. Bukan karena alay atau jelek, ya. Tiktok itu potensial banget untuk membranding diri. Kalo ga, ga mungkin pa Sandiaga Uno bela-belain bikin akun tiktok ya kan? Hehehehe..

Nah sekarang, tinggal kamunya nih kayak gimana. Apakah mau eksekusi sebanyak ini, atau mau fokus di 1 platform aja? Itu semua terserah kamu, karena di sini saya mencoba memberikan perspektif baru. Bukan berarti harus dituruti semuanya.

Namanya juga strategi, boleh dipake semua dipake setengah atau bahkan ga dipake sama sekali juga ga masalah. Strategi ini dipake karena saya orangnya ga mau ribet ngurusnya. Jadi sekali bikin bisa untuk semua platform gitu.

Semoga sharing artikel ini bermanfaat buat kamu yang baca ya.

3 Tips Menggunakan E Money Dengan Aman

Internet sudah semakin mudah untuk diakses oleh siapapun. Sehingga banyak masyarakat yang bisa merasakan kemudahan melakukan kegiatan sehari-hari dengan internet. Dengan hadirnya internet juga membuat banyak inovasi dari berbagai bidang. Akibatnya para pelaku usaha juga harus mengikuti perkembangan zaman.



Salah satu inovasi yang paling mutakhir menurut saya adalah e money. Ketika semua terhubung ke internet, kegiatan sehari-hari seperti transaksi jual beli semakin dipermudah. Bukan saja menguntungkan usaha dan bisnis tetapi juga penyedia jasa fintech (finance technology) juga ikut merasakan dampak positifnya.

Banyak aplikasi pihak ke-3 yang berlomba memberikan pelayanan emoney terbaik. Salah satu promosi yang paling sering mereka pakai adalah bonus cashback apabila user melakukan transaksi menggunakan aplikasi mereka.

Kehadiran e money memang benar-benar memanjakan para online shopper. Karena akan memberikan efek psikologis bahwa mereka sebetulnya tidak boros. Karena mereka tidak melihat uang yang mereka habiskan. "Uang" yang mereka pakai untuk belanja sekarang berbentuk digital, tetapi barang yang mereka dapatkan berbentuk fisik.

Sehingga mereka tidak dapat melihat uang mereka berkurang secara fisik dan memberikan efek bahwa mereka tidak berbelanja dalam jumlah yang banyak. Gila banget kan? Heheheh hati-hati makanya!

Sering-sering cek e money kamu, tau-tau saldonya habis aja. Ingat-ingat lagi kamu pake buat belanja apa aja? 

Untuk itu saya akan memberikan 3 tips untuk para pengguna e money agar bisa tetap berbelanja dengan aman di zaman serba online seperti sekarang.

1. Cari Tau Kekurangan dan Kelebihan E Money

Penerbit e money biasanya berasal dari bank multinasional. Sebelum kamu memilih untuk memakai e money dari bank mana, cek dulu kira-kira mana yang lebih banyak kelebihannya. 

Beberapa e money hanya bekerja sama dengan beberapa merchant tertentu saja. Pembayaranmu bisa aja ditolak karena tempat tersebut ga punya kerjasama dengan e money yang kamu gunakan. Kan rugi kalo gitu?

Kamu pake e money yang bisa diisi ulang dengan mudah. Kadang tuh ada beberapa e money yang cuman bisa diisi ulang pake kartu debit atau ATM dari bank tempat e money itu terbit. Ribet banget kalo kayak begitu.

Perhatikan lokasi tempat tinggalmu juga. Siapa tau e money yang mau pake itu kerjasama dengan merchant yang belum ada di kota kamu. Terkadang ada merchant-merchant tertentu yang belum masuk ke kota kamu kan? Contohnya aja di Banjarmasin, sampai sekarang belum ada merchant Burger King, lho! Nah hal kayak gitu juga mesti kamu perhatikan.

2. Jangan Asal Pinjamin E Money

Perlakukan e money mu selayaknya uang beneran. Jangan asal kasih ke orang yang ga dikenal. Bahkan ke orang yang udah dikenal jangan terlalu gampang untuk ngasihnya. Kita ga akan tau kejadian di depannya seperti apa, daripada kenapa-kenapa mending simpan sendiri aja e money kamu.

Kalopun kamu mau bantu, bantu saat itu juga tanpa harus menyerahkan e money kamu langsung ke orangnya tanpa pengawasanmu. Intinya kalo ga perlu perlu amat, e money yang kamu punya ga boleh berpindah ke orang lain tanpa pengawasan kamu.

3. Selalu Ingat Saldo Terakhir

Karena e money kamu ga ada ciri khas, e money orang lain akan dengan mudah tertukar milikmu. Maka dari itu selalu ingat jumlah saldo terakhir yang kamu mliki. Kalo perlu foto biar ga kelupaan. Buat saya yang pelupa ini, berbahaya banget kalo punya e money dan lupa saldo terakhirnya berapa.

BONUS

4. Gunakan E Money Dengan Desain Unik

Desain e money itu kebanyakan hampir mirip semua bentuknya. Jadi gampang banget untuk tertukar dengan e money milik orang lain. Ga perlu ragu untuk memodifikasi e money milikmu sendiri biar punya kesan eksklusif dan kamu akan mengenalinya dengan mudah. 

Kamu bisa punya desain e money yang kamu banget dengan order desain e money custom ke penjual e money custom langganan kamu. Kalo masih belum punya langganan, kamu bisa langsung cek aja akun ig rekomendasi saya untuk desain produk custom semacam casing hp e money, topi sampai tumbler ke instagram @radstore.

Bilang aja ketemu akun ini di tulisan saya, pasti nanti akan dapat harga spesial.

***

Semoga tips kali ini bermanfaat buat kamu, ya! Kalo ada tips lainnya boleh banget dikasih tau di kolom komentar. Nanti akan saya balas satu per satu. Terima kasih!

Tips Tetap Produktif Saat Work From Home

Awal 2020 ini mungkin tidak terlalu baik buat kita semua sepertinya. Sejak Januari ada banyak kejadian yang tidak mengenakkan untuk kita dengar/lihat. Mulai dari bencana alam, meninggalnya tokoh terkenal, sampai pandemik yang membuat panik.



Mungkin Tuhan sedang pengen ngingetin kita, bahwa terlalu bahagia bukan hal yang baik. Atau mungkin sudah banyak dikasih kebahagiaan tetapi kita manusia justru lupa bersyukur siapa yang memberi itu semua. Jadilah kita dikasih yang sedih-sedih biar inget sama Dia lagi.

Sejak Maret, pandemik yang berawal dari negeri China ini menyebar ke seluruh Dunia. Hingga akhirnya beberapa hari yang lalu masyarakat Indonesiapun ternyata ada yang terinfeksi. Akibat dari menyebarnya virus baru ini, beberapa negara bahkan sudah melakukan lockdown untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 ini. 

Selain China yang terdampak paling besar, Itali merupakan negara Eropa terbanyak kasus terinfeksi Covid-19. Mungkin hal ini disebabkan karena di Itali banyak orang tua yang biasanya tidak memiliki imunitas yang tinggi layaknya orang yang lebih muda.

Indonesia sendiri baru terdeteksi kasus pertama setelah di negara lain sudah banyak terdampak virus Corona. Saya tidak mau berkomentar masalah gosip-gosip pemerintah di blog ini. Kalo di instagram, saya mau hahaha..

Oke skip.

Pemerintah Indonesia akhirnya memberlakukan untuk melakukan work from home kepada semua warga negara Indonesia selama 14 hari ke depan. Kemudian dari BNPB mengumumkan bahwa status keadaan tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat virus Corona di Indonesia diperpanjang sampai dengan 29 Mei 2020.

Menanggapi status work from home ini cukup menarik sebenarnya. Karena baru kali ini pemerintah Indonesia "menyuruh" masyarakatnya untuk kerja dari rumah. Yang mana menurut saya sendiri kerja dari rumah jauh lebih efektif daripada harus kerja di kantor setiap hari.

Untuk para pebisnis online, istilah ini udah ga asing lagi. Dan lebih cost efective daripada harus kerja kantoran. Tapi, bukan berarti semua pekerjaan bisa dikerjakan di rumah ya. Ada banyak pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan di rumah. Teller bank, pelayanan kesehatan dan lainnya.

Kalo macam blogger, afiliate marketing, reseller, dropshipper, bisa sih ngerjain kayak gitu. Saya pribadi lebih suka nulis di rumah daripada harus pergi ke cafe atau restoran. Selain berisik di sana, lebih banyak biaya yang harus saya keluarkan untuk menulis 1 artikel saja. Terlalu mahal menurut saya, tapi buat kamu mungkin biasa aja ya.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk kamu yang baru merasakan bagaimana bekerja dari rumah untuk bisa tetap produktif. Silakan disimak

1. Fokus

Kalo kerja di kantor aja ga fokus gara-gara mikirin rumah, gimana kalo keadaannya kita kerjain kerjaan kantor di rumah? Bisa jadi makin ga fokus. Untuk itu kamu perlu memisahkan antara ruangan tempat kamu kerja di rumah dan kegiatan sehari-hari di rumahmu.

Selain itu meminimalisir gangguan dari sekitar lingkungan rumah, memisahkan diri juga bisa membuat kita memusatkan pikiran pada apa yang akan kamu kerjakan. Kerjaan kantor bisa lebih cepat selesai dan kamu bisa beraktivitas seperti biasa di rumah.

2. Rencanakan Alur Kerja Dengan Baik

Karena perbedaan suasana, ada baik kita buat alur kerja terlebih dahulu. Keadaan yang berbeda dengan kantor akan membutuhkan penyesuaian beberapa saat. Alur kerja yang direncanakan akan membantu kita untuk tetap produktif selama pemberlakuan kerja dari rumah.

3. Nyaman

Buat tempat/ruangan kerjamu senyaman mungkin. Cari posisi wuenak ketika mengerjakan tugas kantor. Usahakan masih dalam posisi duduk bukan kayang ataupun sikap lilin. Selain tidak efektif, posisi mengerjakan tugas kantor dengan sikap lilin atau kayang itu aneh banget.

***
Kamu bisa tambahkan hal lain yang kamu sukai ketika kerja di kantor. Kalo kamu suka ngemil, bisa tambahkan cemilan kesukaanmu waktu ngerjain tugas kantor. Tapi jangan kebanyakan karena terlalu banyak cemilan bisa bikin kamu ngantuk dan jadi ga semangat ngerjain tugas. Hasilnya malah jadi kontra produktif. 


Liburan Untuk Jajan apa Untuk Jalan

Mau makan apa ya nanti kalo udah nyampe sana?

Selalu itu yang ada dalam kepala saya ketika udah mikirin liburan. Tentunya sambil tetap mikirin gimana caranya untuk tetap bisa liburan dan makan enak secara bersamaan agar bisa menikmati hawa liburannya.



Makanan atau kuliner khasnya adalah hal kedua yang saya pikirkan setelah memikirkan tempat apa saja yang akan saya kunjungi di kota tersebut. Walaupun kadang suka random aja mau kemana tergantung keinginan. 

Waktu ke Semarang aja saya malah ga tau kalo di sana ada Lawang Sewu hahaah.. pengennya ya emang jalan-jalan aja terserah mau kemana dah, gampang itu tinggal googling juga bisa.

Tapi entah kenapa kalo mau liburan kota pertama yang tertuju di dalam kepala adalah Jakarta.

Entah kenapa Jakarta selalu jadi destinasi favorit untuk dikunjungi. Mungkin karena banyak temen juga di sana kali, ya? Karena saya lebih nyaman berada diantara temen-temen sendiri. Meskipun sebetulnya belum tentu juga punya kesempatan ketemu sama mereka kalo ke sana hahahha..

Saya tau mereka pada sibuk, tapi yang penting mereka tau kalo saya lagi ada di sekitaran situ. Sebetulnya di Jakarta ga terlalu banyak tempat jalan-jalan juga. Saya cuman penasaran sama kulinernya aja. Soalnya masih banyak makanan yang belum saya cobain.

Apalagi di Jakarta sekarang banyak banget "tumbuh" restoran-restoran baru. Saya jadi makin penasaran. Soalnya di sini masih belum ada restorannya.

Flashback sedikit, karena suka yang berbau kuliner/masakan tentunya saya mencoba "mendekatkan" diri ke sesuatu yang berhubungan dengan hal itu. Salah satunya nge-subscribe channel youtube-nya Chef Arnold Poernomo.



Karena menurut saya tips-tips dan kontennya praticable banget buat pemula yang pengen belajar masak. Kebetulan saya punya mimpi untuk bisa jago masak dan punya kitchen set sendiri dan Chef Arnold adalah contoh yang pas untuk saya jadikan role model.

Dari channel youtube itu, saya tau kalo dia baru aja buka restoran terbaru bernama "Mangkokku" yang berkolaborasi bersama Kaesang dan Ghibran Rakabuming. Saya jadi penasaran menu apa saja yang ada di restorannya ini.

Balik lagi ke cerita liburan yang tadi. Ketika saya iseng buka Traveloka, karna pengen cek tiket murah ceritanya pengen liburan. Ga tau kapan realisasinya yang penting cek aja dulu ya kan? Hahahha..

Waktu cek tiket itu, kebetulan pengen cari tempat rekomendasi kuliner di Jakarta juga, trus ngeliat menu Traveloka Eats yang merupakan salah satu fitur terbaru di aplikasi Traveloka.

Kalo kalian juga berlokasi di Jakarta, pasti akan ketemu fitur yang cuman baru ada di Jakarta aja. NAH! Di fitur Treats By Traveloka Eats ini ada nama resto yang bikin saya penasaran tadi!

Iya Mangkokku punya fitur Treats by Traveloka Eats lho temen-temen!

Dengan fitur ini tuh, kita dapetin promo-promo terbaru di restoran favorit. Kita tinggal cari nama resto yang ada ada di fitur Treats itu, terus save/simpan promonya di Traveloka Eats. Kalo kita mau pake promonya, tinggal datang aja ke resto itu, terus tunjukkin promonya kita bisa nikmatin deh tuh promonya.

Nah di Mangkokku sendiri, promo yang available adalah 3 Menu Free Endog With Burger Slice & Mayo.



Wah ini sih kalo bawa pacar dan temen-temen ke sini udah pasti kenyang semuanya. Karena bisa dapat menu tambahan gratis di Mangkokku cuman pake promonya Treats by Traveloka Eats ini.

Kalo mau cobain sendiri juga bisa, kok. Siapa tau pengen merasakan sensasi makan di restonya anak presiden dan juri dari MasterChef Indonesia, ya kan? Kalo saya sih jelas pengen banget nyobain, tapi ga tau deh antriannya kayak gimana ya?

Kalo kalian gimana? Liburan untuk cobain kulinernya kah atau pengen menjelajahi daerahnya yang selama ini bikin kalian penasaran untuk pengen ke sana?

Komen juga makanan/kuliner khas di kota kalian apa aja? Saya mau tau juga.

Hal Yang Dapat Menumpulkan Kreativitas

Jadi gini, gaes..

Dalam dunia marketing dan sales, kreativitas jadi salah satu senjata yang paling penting untuk digunakan. Entah itu untuk kreativitas visual atau kreativitas tulisan. Semua bermuara pada kreativitas kita.




Kreativitas ibarat pisau, semakin diasah maka semakin tajam. Perlu banyak sumber ide dan sumber inspirasi untuk bisa mempertajam kreativitas yang kita miliki. Banyak bergaul dengan orang kreatif juga bisa menambah khazanah kreativitas yang kita miliki.


Jujur saja, saya bukan orang yang kreatif sekali. Tetapi kalo bukan untuk keperluan marketing dan sales, mau ga mau saya harus belajar untuk bertindak kreatif. Karena dengan kreatifitas saya bisa membedakan diri dari kompetitor saya.


Kreatifitas membentuk sebuah personal brand yang menjadikan ciri khas kita berbeda dengan yang lain. Bisa jadi orang beli produk kita bukan karena butuh, tapi karena kita-nya yang sebagai personal brand dianggap membuat sesuatu yang "mengikat" secara emosi untuk membeli.


Tapi, ada banyak hal yang membuat kreatifitas menjadi tumpul. Berikut akan coba saya jabarkan beberapa hal yang membuat kreatifitas menjadi tumpul. Disimak baik-baik, ya.



1. Meng-halalkan Copas (Copy-Paste)

Ini faktor utama yang bikin tumpul kreativitas seseorang. Susah dihilangkan kalo bukan mindsetnya yang diubah. Bisa sih, asal konsisten riset konten tiap hari dan dipraktikkan hasil risetnya kemudian dibuat kesimpulan. Tapi karena udah terbiasa copas, mikirnya jadi pemalas dan akhirnya ga bakalan riset.

Ingat ya teman-teman, mau apapun tujuannya atau apapun kondisinya, copas bukan hal yang dihalalkan. Meskipun kamu udah izin sama si pemilik konten, tetap aja namanya copas.


Mending modifikasi konten yang ada, bikin sesuai branding yang kamu mau. Itu lebih bagus karena akan terlihat lebih original daripada copas mentah-mentah. Bikin konten original itu sekarang lebih mudah, lho! Cukup pake hp juga bisa, tinggal bikin di canva udah jadi.

2. Malas Mikir

Ini adalah penyebab lanjutan dari copas. Karena mikirnya lebih gampang copas daripada mikirin materi sendiri. Di sinilah yang bikin kreatifitas kita menurun. Otak kita dibikin ga bergerak oleh kelakuan kita sendiri.

Kita ga bisa menyalahkan orang lain karena kita ga kreatif. Karena kita sendiripun ga berusaha untuk jadi orang yang kreatif. Otak yang semakin di asah tentu akan semakin tajam berpikirnya. Kalo dipake mikir aja jarang, gimana dia bisa jadi tajam secara pemikiran?

3. Malas Baca

Yang dimaksud membaca di sini adalah membaca buku gitu, ya! Bukan sekadar baca caption atau artikel akun gossip doang. Membaca sesuatu yang berkualitas yang membuat pikiran kita terbuka, gitu lo! Bukan sekadar tau gossip doang terus ga jadi apa-apa di kepala kita.

Ga ada orang yang bisa berkembang dengan tidak membaca. Jadi ketika kamu malas membaca, maka kamu sudah selangkah lebih dekat untuk menjadi orang yang tidak berkembang secara kualitas. Saya yakin sih yang baca tulisan ini bukan orang yang rajin copas. 

Karena yang rajin copas ga suka baca hiyaa hiya hiyaaa..!

Ga mau di-judge ga suka baca? Makanya rajin baca! Bukan rajin copas, ya.

4. Banyak Tanya Minim Aksi

Orang copas itu, biasanya aksinya minim. Gimana ga minim? Apa-apa aja malas dilakuin. Konten ga original ga pernah bikin, baca males. Lengkap banget paketannya. Dengan begitu aja udah kebaca polanya kan? 

Jadi ga salah kalo dibilang orang tumpul kreativitasnya adalah orang yang jarang banget action rajinnya cuman tanyaaaa melulu. Habis tanya yaudah ga ada aksi tindak lanjutnya. Lah terus ngapain tanya kalo gitu? 

Lagian, kadang-kadang yang ditanyain itu bisa dicari sendiri jawabannya di Google gitu lho! Karena emang mindset-nya udah terkunci, jadi bisanya cuman tanya doang. Menyedihkan ya? Tapi emang begitu kenyatannya. Ugly truth memang pahit teman-teman, kita ga perlu menolak keberadaann hal itu dan cukup terima saja.

***
Artikel ini saya tulis semata untuk mengingatkan diri saya sendiri. Jadi bukan berarti saya tidak suka copas, bukan berarti saya rajin membaca, bukan berarti saya banyak aksi. Tulisan ini salah satu cara saya untuk menginstrospeksi diri sendiri selama ini.

Dan semoga bisa menginspirasi teman-teman yang membacanya. Kalo ga menginspirasi juga gapapa sih. Minimal saya terinspirasi hahahah!

Sampai ketemu di tulisan berikutnya.