EAT SLEEP PROFIT INVEST, REPEAT!

Pelajaran paling berharga adalah apa yang kita alami selama hidup. Pengalaman akan selalu jadi guru terbaik dalam hidup kita. Asal kita bisa mengambil pelajaran yang terjadi saat itu.




Setiap pengalaman berharga itu meninggalkan value yang ada dalam diri kita. Mengkristal dan membentuk kebiasaan yang dilakukan hingga saat ini. Kalo dalam tatanan kemasyarakatan mungkin bisa dibilang budaya. Kalo dalam ukuran personal, mungkin bisa dibilang mindset atau pola pikir.

Kemudian kebiasaan yang terbentuk dari pola pikir kita itu dilihat orang sebagai personal branding kita. Mereka kenal kita karena apa yang sering kita perlihatkan, baik dari dunia luring maupun dunia daring.

Terus apa hubungannya dengan judul?

Kalo saya pribadi, biar gampang bikin orang kenal selalu pake slogan/jargon biar orang cepet kenal. Kalian pasti punya slogan sendiri tentunya kan? Dari segala macam mindset yang saya miliki hingga saat ini, akhirnya saya menemukan formula jargon yang tepat untuk mendefinisikan siapa saya pengen dikenal.

Maka ketemulah "eat sleep profit invest, repeat!"

Saya rasa inilah slogan yang nunjukkin "saya banget" sejauh ini. 5 kata yang saya lakukan terus menerus berulang-ulang secara konsisten sejak 2 tahun belakangan ini.

2 tahun yang banyak sekali mengubah jalan hidup saya.

5 kata ini adalah filter saya untuk menentukan pilihan hidup yang akan saya jalani di masa depan. Ibaratnya Pancasila sebagai dasar negara, maka 5 kata ini adalah fondasi hidup saya. Langkah yang saya ambil, saya pastikan akan selalu ditemani 5 kata ini kemanapun. 

EAT (MAKAN)

Siapa yang ga butuh makan sih? Semua makhluk hidup pasti butuh makan. Tapi makan yang saya maksud di sini bukan sembarang makan juga. Makanlah makanan yang menyehatkan dan membuat kita jadi produktif. Kalo kita makan malah justru bikin sakit kan namanya kontra produktif sama kerjaan kita.

Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat. Gunanya selain menjaga tubuh kita tetap sehat juga membantu kita untuk tetap produktif. Di masa sekarang kalo ga produktif bakalan susah ngapa-ngapain bawaannya mager mulu nanti.

Kalo ga bisa makan makanan yang sehat, minimal bikin kenyang lama deh! Kenyang yang lama itu bisa menghemat waktu untuk ga sering-sering makan, yang ujung-ujungnya bikin ga sehat juga. Yang penting perut kita kenyang dulu aja. Gapapa deh ga enak, setidaknya perut ga kosong aja.

SLEEP (TIDUR)

Sebagaimana seorang manusia, tubuh kita juga butuh istirahat. Selalu usahakan punya waktu tidur yang cukup. Minimal 5 jam idealnya 8 jam. Kalo kurang dari itu biasanya tubuh ga akan bisa fit dan fokus kerja. Kalo lebih pun juga ga bagus karena ada kerjaan yang akan terbengkalai nantinya.

Opsi tidur akan saya pilih ketika saya ga bisa ketemu sumber daya untuk makan. Atau waktu tidur saya kurang dan saya harus segera tidur tanpa harus makan. Dulu, ketika dilanda lapar dan ngantuk saya akan memilih makan. Tapi sekarang seiring berjalannya waktu, saya lebih memilih untuk tidur, karena itu tanda tubuh memang sedang butuh istirahat walaupun sedang lapar.

PROFIT (UNTUNG)

Sekarang orientasi saya adalah profit. Karena kalo segala usaha ga ada untungnya, itu namanya bukan bisnis tapi kerja sosial. Tapi ga semua harus dijadiin ladang cari duit juga. Saya hanya fokus cari profit ke bisnis saya.

Tentu beda kondisinya ketika saya membantu kawan. Profit bukan jadi tujuan utama saya. Ingat, bisnis dan bantu teman itu 2 hal yang berbeda. Ketika berbisnis kita mesti profesional, mau teman ataupun lawan layani dengan baik. Ketika urusan keluarga atau teman, perlakukan mereka selayaknya keluarga kita.

Namun, ketika ada teman yang mau ambil untung dari bisnis kita, minta gratisan misalnya, tentu saya ga akan layani yang kayak begini. Bukan teman saya soalnya. Ngaku temen bukannya bantu bisnis temen sendiri malah mau bikin bangkrut.

INVEST (INVESTASI)

Salah satu langkah yang sering saya lewatkan ketika waktu dulu masih jadi pekerja kantoran. Saya ga kepikiran sama sekali untuk investasi waktu itu. Saya pikirnya hanya bagaimana saya bisa memanfaatkan gaji yang saya miliki untuk menyenangkan diri sendiri.

Hanya ketika kontrak di kantor mau berakhir 2 bulan terakhir baru sadar bahwa investasi itu penting banget. Investasinya bukan sekadar masukin dana ke tabungan/deposito/saham doang, ya. Tapi juga investasi aset digital dan ilmu untuk menghasilkan uang lebih banyak.

Jadi sekarang saya lebih memikirkan investasi ke aset digital dan juga ke otak/ilmu. Saya juga investasi waktu untuk praktik ilmu yang sedang saya pelajari. Hasilnya memang belum terlihat, tapi goal jangka pendek saya saat ini bukan mendapatkan penghasilan dulu.

Tapi lebih ke menemukan pola konsisten dan disiplinnya dulu. Bagaimana saya bisa minimal memposting 1 konten per hari untuk meningkatkan awareness dan value personal branding saya di medsos. Minimal 3 bulan dulu deh biar terbentuk polanya.

REPEAT (ULANGI)

Hal yang selanjutnya saya lakukan adalah mengulangi semuanya. Terutama di profit dan invest ya hahaha.. kalo tidur dan makan kan udah otomatis tiap hari dilakuin.

Saya ketagihan untuk cari profit yang besar dan berinvestasi aset dan ilmu juga. Sekarang saya lebih sering belajar ilmu baru setiap hari dengan tetap menjalankan praktik ilmu yang lama. 

Kombinasi investasi ini membuat saya semakin yakin untuk berkembang di masa depan. Ga ada kata terlambat untuk kita yang mau belajar. Selama kita punya keinginan yang kuat, pasti ada jalan untuk berubah.

***

Kalo kamu, apa pelajaran berharga yang membuatmu menjadi seperti sekarang? 

Artikel Terkait

EAT SLEEP PROFIT INVEST, REPEAT!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.