Piala Dunia 2018 Dalam Angka

Gelaran Piala Dunia 2018 resmi berakhir. Perancis dengan luar biasa menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2 di babak final. Kroasia yang sempat ketinggalan dan kemudian berhasil menyamakan kedudukan dibabak pertama, ga mampu berbuat banyak dibabak kedua. Praktis hampir selama 45 menit babak kedua penguasaan bola ada di Perancis dan terbukti mereka bisa menambah 3 gol lagi.


via makassar.tribunnews.com

Walaupun telah berakhir tapi masih banyak cerita yang bisa dibagikan. Piala Dunia 2018 tidak terlepas dari angka-angka, berikut beberapa fakta menarik Piala Dunia 2018 yang bisa gue rangkum ditulisan kali ini. Enjoy!

Piala Dunia 2018 Dalam AngkaAdalah angka yang pantas untuk seorang Oliver Giroud. Gimana ga? Wong dia itu ga pernah nyetak gol sama sekali di Piala Dunia kali ini. Ga nyetak gol tapi bisa juara dunia. Luar biasa kan? Btw, beliau menyamai rekor Stephen Guivarc'h (yang juga sama-sama kebangsaan Perancis), lho! 
Piala Dunia 2018 Dalam Angka

Super sekali legenda Chelsea ini. Kasian Messi sama Ronaldo yang mati-matian nyetak gol buat timnasnya tapi masih belum bisa juara. Siapa perlu Messi dan Ronaldo kalo udah punya Giroud? 
picture via thesun.co.uk -->


Piala Dunia 2018 Dalam Angka

Cuman 1 pertandingan yang ga pernah ada gol tercipta di Piala Dunia kali ini. Yaitu saat pertandingan Denmark vs Perancis di pertandingan terakhir grup D. Emang sih Piala Dunia kali ini secara jumlah gol lebih baik daripada yang tahun lalu. Mungkin karena sekarang zamannya permainan menyerang, jadi Piala Dunia jadi lebih seru dan menyenangkan untuk ditonton.


Kylian Mbappe adalah pemain termuda ke 2 setelah Pele (Brazil) yang berhasil membawa negaranya juara Piala Dunia. Waktu itu Pele masih berumur 17 tahun. Sementara Mbappe 19 tahun.
Piala Dunia 2018 Dalam Angka
Meskipun Kroasia mendapatkan peringkat ke 2, tetapi gelandang mereka Luca Modric dapat penghargaan pemain terbaik Piala Dunia kali ini. Pengobat luka lara setelah babak belur dihajar Perancis. pict. via bola.net




Belgia menjadi juara ke 3 setelah mengalahkan Inggris dibabak perebutan tempat ke 3. Ada 3 pemain Belgia lain yang dapat penghargaan individual. Seperti Thibaut Courtois (Kiper) yang dapat penghargaan Golden Glove Award. 
Piala Dunia 2018 Dalam Angkavia express.co.uk
Eden Hazard (Gelandang) yang dapat penghargaan Silver Ball Award. Terakhir ada nama Romelu Lukaku (Striker) yang dapet penghargaan Bronze Boot Award dengan raihan 4 gol dan 1 assist-nya.





Meskipun meraih posisi ke 4, perjuangan Timnas Inggris di Piala Dunia 2018 kali ini adalah yang terbaik sejak 20 tahun yang lalu. Terakhir kali Inggris masuk ke babak semifinal adalah tahun 1998. Dan kala itu, juara dunianya juga Timnas Perancis. Apakah Inggris adalah lucky charm-nya Perancis?




Mario Mandzukic jadi pemain ke 5 yang nyetak gol di 2 final berbeda. Yaitu final Liga Champions dan final Piala Dunia. Mandzukic sejajar dengan Prancs Puskas, Zoltan Czibor, Gerd Muller, Zinedine Zidane. 
Piala Dunia 2018 Dalam Angkavia english.manorama.online.com
Buat Rafael Marquez Piala Dunia kali ini adalah yang ke 5 kali dia ikut. Goks ni orang ga tua-tua!



Piala Dunia 2018 Dalam Angka

Adalah jumlah gol yang dicetak oleh Harry Kane. Dia jadi top skorer turnamen kali ini. Lengkap banget penghargaan beliau ini. Di level kompetisi Liga Inggris dia juga jadi top skorer. 
Piala Dunia 2018 Dalam Angkavia cnbc.com
Meskipun rada egois karena sampe klubnya sendiri naik banding ke hakim liga untuk bisa mengklaim gol buat Harry Kane sendiri. Dicibir banyak orang sih tapi meskipun begitu dia terbukti mampu jadi top skorer juga di turnamen kali ini.

Workshop dan Pelatihan: Sepele Tapi Punya Pengaruh

Pembaca blog ini ada yang pernah ikutan workshop atau pelatihan ga sih? Atau malah ga pernah ikutan sama sekali? Atau malah pengen ikutan dapet sertifikatnya aja tapi ga mau ikut pelatihannya?

pentingnya workshop dan pelatihan

Buat kalian yang udah pernah/sering ikutan workshop atau pelatihan gitu, menurut kalian kenapa kita mesti ikutan? Apa untungnya buat kita?

Kalo yang ga pernah ikutan itu alasannya kenapa? 


Dan yang cuman pengen dapet sertifikat itu kayaknya gausah ditanyain deh ya. Emang pada males aja dapet ilmunya kayaknya hahaha.

Workshop atau pelatihan itu keliatannya sepele banget. Kayak ga guna buat dipake hari ini. Padahal konsep workshop dan pelatihan itu kan emang dipake buat masa depan. Istilahnya investasi ilmu dan keahlian.


Pelatihan dan workshop itu berguna banget buat kita kalo mau masuk ke dunia kerja, lho! 

Pasti banyak yang ga nyangka

Jadi belajarnya sekarang, dipakenya bisa bulan depan, tahun depan bahkan ga tau kapan. Ya namanya juga investasi, jadi ga instan yang didapatin. Bisa sih kalo emang udah tau jalannya mau kemana dan pengen diapain hasil workshop atau pelatihannya.

Tapi ternyata ga cuman itu aja yang jadi masalah. Workshop dan pelatihan ini kadang ga gratis. Para calon pesertanya harus merogoh uang untuk bisa ikutan acaranya. Meskipun diiming-imingi beragam macam fasilitas, tapi tetap aja ngeluarin uang yang lumayan juga sebagai gantinya.


Kita tau panitia pasti perlu modal untuk ngeadain acara kayak gitu. Dan menurut gue harga yang ditetapin sama mereka juga emang sesuai sama kualitas pemateri yang mampu didatangkan sama panitianya.

TAPI, bukan berarti semua workshop atau pelatihan itu berbayar! Bukan berarti juga yang ga berbayar itu pematerinya ga berkualitas. Jangan salah, lho! Kalo kita ngiranya zaman sekarang ga ada yang cuma-cuma, itu ga sepenuhnya bener. Soalnya sampe sekarang masih banyak komunitas ataupun himpunan ataupun perkumpulan yang bikin workshop/seminar/pelatihan secara gratis buat kita!



Soalnya gue pernah sekali dapat pengalaman berharga ikutan workshop yang fully funded gitu. Kalo kalian baca waktu gue ke Bogor dan drama yang mengikutinya, pasti tau deh! Itu pengalaman berharga banget karena gue baru tau ada promotor yang berani ngadain workshop yang ngebiayain semua pesertanya.

Gue percaya kalo berbagi ilmu itu ga perlu biaya mahal. Semakin banyak yang dibagi, semakin banyak ilmu yang bisa didapat dan kemudian dibagi lagi. Jadi ga ada salahnya bagi-bagi ilmu secara gratis buat mereka yang emang pengen belajar. Siapa tau dipake sampe akhir hayat mereka, kan? Alhamdulillah jadi amal jariyah.

Semenjak saat itu, gue selalu rajin nyari-nyari info workshop gratis lainnya. Tapi masih belum ada yang sreg di hati, dan emang bukan gue banget juga tema workshopnya. Siapa tau tema itu cocok sama kalian, kan? Makanya kalian perlu tau juga informasi berharga kayak gini.


Karena gue liat masih belum ada akun khusus yang share informasi workshop seminar pelatihan ataupun talkshow gratis, jadilah gue bikin akun @infoworkshopgratis di instagram.

Akun itu khusus berbagi informasi workshop gratis yang bisa kalian ikuti di seluruh Indonesia. Dan semua info pamflet atau e-flyer itu gue share secara cuma-cuma, ga ada kerjasama dengan pihak penyelenggara acaranya. Gue rasa sih mereka juga masih belum tau kalo ada akun itu.


Jadi buat kalian yang suka atau tertarik untuk ikutan workshop seminar ataupun talkshow gratis dan punya manfaat, langsung follow aja. Dan kalo kalian punya acara gratis yang ada hubungannya sama workshop dan sejenisnya, bisa langsung tag akun tadi biar bisa di re-share lagi ke follower yang lain.

Informasi gratis sekecil apapun patut untuk dibagi. Apalagi kalo ada hubungannya sama pengembangan bakat atau nambahin keahlian lain. 

Piala Dunia 2018

Tiap 4 tahun sekali, penikmat dan pencinta sepak bola disuguhkan gelaran akbar sepak bola sedunia. Ya namanya aja Piala Dunia, tentu pesertanya dari seluruh dunia, dikumpulin di satu tempat untuk "bertarung" jadi tim nasional terkuat sedunia.

juara dunia 2018

Waktu gue nulis ini, Ronaldo jadi orang ke-4 sepanjang sejarah yang bisa nyetak gol di 4 Piala Dunia berbeda. Kebetulan di pertandingan Portugal - Spanyol unggul cepat di menit ke-3 lewat penalti sang Dewa Cristiano, begitu gue bisa menyebutnya.


Gelaran kali ini diadain di Rusia, dengan maskot bernama Zabivaka. Nama maskot ini sendiri diambil dari bahasa Rusia yang berarti "orang yang mencetak skor". Zabivaka merupakan penggambaran karakter binatang menyerupai serigala namun punya mata ceria dan pemberani, katanya sih gitu.



Sebagai penikmat bola, sebenarnya ajang Piala Dunia ga terlalu menarik minat gue. Lebih menikmati pertandingan antar klub, mungkin karena lebih kenal karakter permainan klubnya daripada timnasnya, ya.


Tapi, karena even ini diadainnya waktu libur pertandingan sepak bola Eropa, ga ada salahnya buat nontonin pertandingan-pertandingannya. Mumpung liburan juga, jadi pas banget lah buat hiburan.



Piala Dunia 2018 kali ini menurut gue lumayan seru untuk diliat beberapa timnasnya.

Timnas Inggris di Piala Dunia 2018

via tirto.id

Salah satu timnas yang menurut gue patut diperhitungkan adalah skuat Timnas Inggris. Skuat yang dibawa Gareth Southgate kali ini cukup menjanjikan dari segi performa di klub masing-masing. Rataan umur 23 pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2018 ini termuda ke-3 setelah Perancis dan Nigeria dengan 26 tahun.



Bahkan Trent Alexandre Arnold (Liverpool), merupakan salah satu pemain termuda di Piala Dunia 2018 kali ini. Itulah kenapa banyak optimisme yang menghinggapi skuad ini karena banyak dihuni talenta muda berbakat yang lahir.

Kita bisa berharap kalo skuad Timnas Inggris kali ini dapat berbuat banyak. Terlebih karena kompetisi liga Inggris punya 2 top skorer lokal: Harry Kane dan Jamie Vardy. Publik Inggris tentu berharap banyak karena sebagai negara yang dijuluki tempat lahirnya sepak bola justru jarang merengkuh juara di ajang internasional seperti ini.



Timnas Belgia di Piala Dunia 2018

piala dunia 2018 timnas belgia
via bola.com

Belgia bisa dibilang berada dalam generasi emasnya saat ini. Hampir semua pemain inti mereka bermain di klub besar dunia. Sebut saja, Manc. United, Chelsea, Manc. City, Barcelona bahkan sampai ke Jerman bersama Dortmund.

Waktu main Football Manager 2012, pemain-pemain muda Belgia selalu jadi incaran gue waktu ngelatih klub-klub besar. Lukaku waktu itu masih main sama Anderlecht, Hazard masih belum keliatan skill-nya.

Tapi liat mereka sekarang? Main di klub besar bikin mereka makin berkembang jadi pemain bertalenta luar biasa. Meskipun belum ada pemain mereka yang dapet gelar pemain terbaik dunia, menurut gue karena masih perlu sedikit usaha aja.



Timnas Belgia gue jagokan untuk jadi salah satu kontestan tangguh di Piala Dunia 2018 kali ini. Kita liat sejauh apa anak-anak muda Belgia bisa berbicara di ajang internasional ini. Apakah sama bagusnya seperti permainan mereka sewaktu di klub masing-masing?

Timnas Perancis

piala dunia 2018 timnas perancis
via tirto.id

Bukan hal yang baru kalo Perancis banyak dijagokan orang di tiap gelaran Piala Dunia. Untuk edisi yang kali ini pun ga jauh berbeda. Tren Perancis yang selalu bagus jadi penyebab kenapa timnas ini selalu jadi unggulan. Namun sejauh ini mereka cuman baru nyicip Trofi Jules Rimet 1 kali.

Dengan hadirnya sejumlah talenta baru di timnas Perancis kali ini, tentu masyarakatnya menaruh harapan besar. Apalagi beberapa di antara mereka berjaya di klub masing-masing. Terlebih lagi seorang pemain muda yang baru 19 taun ikut diangkut bersama skuad senior yang lain, Kylian Mbappe.



Dengan dalamnya skuad Perancis di edisi World Cup 2018 kali ini, gue rasa mereka bisa berbicara banyak. Yang penting jarak umur antar pemain ga terlalu jomplang jadi mereka masih punya level stamina yang sama. Karena di acara kayak gini, skill dan stamina adalah faktor penting buat timnas yang bertanding.

Timnas Portugal
timnas portugal piala dunia 2018

Yah ini sih personal banget, ya. Karen gue suka sama Ronaldo jadi berharap lebih sama timnas ini. Walaupun kualitas pemainnya ga merata, ya. Praktis timnas ini cuman bergantung sama kualitas permainan Ronaldo seorang. Kalo Ronaldo lagi ga mood, yaudah angin-anginan deh permainannya.



Tanpa bermaksud mengesampingkan kualitas pemain yang lain, kalo cuman mengandalkan Ronaldo seorang ga akan mampu bersaing sama timnas lain yang kemampuan rata-rata pemainnya hampir setara semuanya.

*

Harus diakui kalo Piala Dunia 2018 kali ini penuh kejutan banget. Ada drama (yang emang selalu ada di tiap pertandingan sepak bola dan dunia nyata), ada ketegangan dan keseruan yang lebih banyak daripada yang tahun kemaren.

Korea Selatan ngalahin Jerman (dan bikin Jerman pulang bareng Korsel juga) aja udah kayak juara piala dunia rasanya. Btw, Jerman cuman dapet poin 1, dan ga bisa lolos babak penyisihan grup bikin mereka jadi tim kesekian yang harus menanggung "kutukan" juara bertahan piala dunia.

Semoga juara dunia tahun ini adalah timnas yang memang sudah seharusnya merasakan gelar juara.

3 Pertanyaan Mainstream Waktu Lebaran dan Cara Menjawabnya

Selamat lebaran teman-teman! Semoga selalu sehat.

pertanyaan lebaran dan cara menjawabnya

Pernah pusing ga sih kalo waktu silaturahmi sama keluarga besar itu sering ditodong pertanyaan-pertanyaan mainstream? Atau justru biasa aja? Atau malah menghindari ngejawab pertanyaan itu?

Setelah mencoba nanyain temen-temen di twitter dan temen grup, akhirnya ada beberapa pertanyaan besar yang sering didapat/didenger sama kita waktu kunjungan keluarga di hari lebaran.

Pertanyaan: Udah Ada Calonnya Belum?

3 Pertanyaan Mainstream Waktu Lebaran dan Cara Menjawabnya
Biasanya pertanyaan kayak gini ditanyakan sama yang udah keliatan jomblonya atau yang masih remang-remang statusnya karena ga terlalu kenal deket. Kategori pertanyaan ini masih ringan, karena masih berupa pertanyaan tanpa ada unsur permintaan di dalamnya. Mungkin biar yang jomblo ga merasa menanggung beban hidup yang berat. Keluarga udah kasian sama status kejombloanmu.

Cara Menjawab

Untuk Yang Udah Punya Pasangan:
Bisa dijawab dengan tegas "sudah kok". Kalo pengen sedikit lebih misterius "Ada belum yaa? Heheheh", kayak youtuber gaming cewek yang sering ditanyain relationship-nya sama viewers kalo lagi live stream. Ingat, kalo udah yakin sama hubungan kalian, jawablah dengan tegas. Ga bertele-tele ataupun terkesan ngejawab pake mikir. Iya tau kok kalian punya otak, tapi gausah dipamerin kayak gitu juga.

Untuk Yang Jomblo:
Kalian bisa jawab: WAH NASTARNYA ENAK! Boleh dibawa pulang ga?

Pertanyaan: Kapan Nih Kalian Ke Pelaminan?

3 Pertanyaan Mainstream Waktu Lebaran dan Cara Menjawabnya
via konsultasisyariah.com

Nah kalo udah muncul pertanyaan kayak gini biasanya mereka udah tau kalo kita lagi menjalin hubungan sama seseorang di luar sana. Pertanyaan ini mengandung 2 makna, pertama mereka pengen tau apakah kalian udah ngerencanain hal ini. Atau yang kedua, sekadar memuaskan hasrat kepo aja.

Biasanya pertanyaannya ga akan segamblang ini dikeluarkan. Paling cuman: "kapan, nih?" Tapi kita udah tau maksudnya ke arah mana.

Soalnya jarang banget pertanyaan kayak gini bakalan berakhir dengan kalimat "Yaudah nanti kabarin aja kapan tanggal kalian, ya. Nanti om/tante nyumbang buat dekor pelaminannya". Itu sesuatu yang sangat pasti mustahil. Sesayang-sayangnya om/tante kita ga bakalan mereka pengen ngebayarin dekor pelaminan resepsi kita. Apalagi kalo orang tua kita masih hidup.

Cara Menjawabnya:

Untuk Yang sudah berpasangan:
Karena pertanyaan ini cukup tricky alias mengandung unsur jebakan, yang kita perlukan adalah minimal skill ngeles di atas rata-rata. Kita bisa jawab "Kalo gak Sabtu/Minggu. Hehehe". Kalo mau sedikit serius bisa dengan: "Doain aja yang terbaik, ya, Om/Tante". Atau cukup jawab dengan emot senyum :) kalo ga pengen orang berspekulasi apa-apa.

Untuk Yang Jomblo:
KALIAN GA MUNGKIN DITANYAIN KAYAK GINI, GAUSAH NGAREP!

Pertanyaan: Masih Sama Yang Kemaren Kan?

3 Pertanyaan Mainstream Waktu Lebaran dan Cara Menjawabnya
Biasanya pertanyaan ini muncul kalo sebagian besar keluarga udah tau kita berhubungan cukup lama dengan seseorang. Mereka pengen mengkonfirmasi apa hubungan kita masih berlanjut atau udahan. Tapi bisa jadi ini tricky alias penuh jebakan juga. Kalo kita selingkuh sama yang lain dan ada keluarga yang ngeliat terus nanyain hal ini, ada kemungkinan mereka pengen ngejebak kita untuk mengakui perselingkuhan.

Makanya sebisa mungkin, kalopun pengen selingkuh juga, pilih tempat yang ga terlalu mainstream untuk pacaran. Lokasi konstruksi misalnya, kayaknya keluarga kita ga mungkin nemuin kita lagi selingkuh di situ. Kecuali mereka kerjanya kuli bangunan atau pengawas konstruksi.

Cara Menjawabnya:

Untuk Yang sudah berpasangan:
Kita harus ingat track record selama ini kayak gimana. Ingat terakhir kali ketemu sama keluarga yang bertanya akan pertanyaan ini. Kalo misalnya agak jauh, masih mungkin bisa ngeles dan mencoba mencari tau apakah mereka ngeliat kita selingkuh atau ga (ini kalo kita kondisinya selingkuh, ya!).

Kalo kondisinya kayak gitu, kita bisa jawab "Yang kemaren yang mana ya? Siapa tau om/tante salah liat". Kalo mereka ngaish jawaban dengan tegas dan ngasih tau orangnya yang mana dan emang bukan selingkuhan kita, jawab aja "oh iya kalo sama yang itu masih".

Kalo kondisinya kita emang ga selingkuh sama siapa-siapa ya jawab aja santai "Masih kok, Om/ Tante".

Untuk Yang Jomblo:
Kalo udah putus bilang aja putus. Gausah pura-pura masih berlanjut hubungannya. Lagian ga ada faedahnya juga kalian boong sama mereka. Lama-lama juga bakalan ketauan ga bisa move on-nya.

Semoga postingan kali ini bisa ngebantuin kita yang sering ditodong sama pertanyaan basa-basi busuk kayak gini. Selamat liburan!

Meluruskan Makna Lebaran

lebaran 2018

Selama bulan puasa dan lebaran, sering banget dengerin istilah "kembali suci" atau "kembali ke fitrah" dll. Maknanya adalah kita sebagai manusia yang penuh dosa, di bulan ramadhan "dibersihkan" dari semua dosa karena amal ibadah yang dilakukan di bulan itu. Di hari raya idul fitri, kita kembali menjadi orang yang suci kayak manusia yang baru lahir, ibarat bayi yang tanpa dosa.


Kalo diresapi maknanya bagus dan dalam banget. Proses pensucian diri yang indah banget sebelum akhirnya menjadi orang yang "baru".




Baru baru dan baru!

Kita, sebagai manusia modern, memaknainya secara harfiah. Semuanya harus serba baru, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Buat yang mampu sih bukan masalah ya. Tapi buat yang ga mampu, ini tekanan sosial buat mereka. Selalu ada slogan "Ga lebaran kalo ga pake baju baru". Padahal makna "baru" di sini bukan apa yang dipakai, tapi apa yang ada dalam diri kita.

\lebaran tak harus selalu baru


Gue kesel sama orang-orang yang coba manfaatin hal ini untuk kepentingan bisnis mereka. Kesannya tiap hari raya harus ada baju baru yang dipake. Kita masyarakat Indonesia yang terkenal konsumtif, jadi korban dari strategi marketing kayak gini. Dengan sukarela dan riang gembira mau merogoh kocek untuk beli baju diskonan (yang pada kenyataannya rata-rata udah dinaikin duluan sekian ratus persen) biar bisa lebaran pake baju baru.


Lebaran ga mesti pake baju baru gaes! Ga ada kewajiban sama sekali. Itu cuman strategi jualan mereka aja, biar kita ngabisin duit THR ke sana. Daripada tiap tahun duitnya dipake belanja baju baru mulu, mending dipake buat ngasih ke keponakan ataupun ke sodara yang memerlukan. Atau ditabung aja buat keperluan pribadi kita.




Kembali Fitrah?

Selain makna "baru" yang dimanfaatin sama oknum-oknum pebisnis, ada lagi istilah lebaran yang sering disalah artikan. Kembali fitrah. Tapi apa kita udah bener memaknainya selama ini?

Apa kita emang bener-bener balik ke-kesucian kita lagi? Atau hanya sekadar kata kiasan? Cara paling gampang sih ngeliat perubahan perilaku orang-orang sehabis puasa aja. Kalo makin kalem, makin beradab, makin rendah hati, bisa jadi beneran kembali ke fitrahnya sebagai manusia.


meluruskan makna lebaran
via muslim.or.id

Tapi kalo balik lagi ke kelakuannya dia kayak sebelum puasa, artinya dia cuman kembali, namun belum ke fitrahnya. Memang ini judgemental banget, kita ga bisa me-generalisasi semua. Mungkin diantara kita bakalan ada yang bilang, perubahan diri ga bisa dilihat cuman dari selama proses dia sebulan berpuasa aja, sebuah perubahan ga mungkin instan.

Puasa, banyak yang bilang adalah perang paling sulit. Karena puasa adalah perang melawan diri sendiri. Menahan dan melawan hawa nafsu sendiri adalah hal paling sulit yang harus dilakuin manusia. Kalo bisa mengalahkannya, kemenangan udah pasti ada di tangan kita.



Harap diingat, puasa yang dimaksud bukan cuman menahan lapar dan haus, ya. Tapi juga menahan nafsu ngegosipin orang, ngeliat hal-hal yang ga pantas, berkata-kata kotor, dan lainya. Kita udah kayak gitu belum? Kalo cuman nahan lapar dan haus sih bocah SD juga bisa kayak gitu.

Kalo puasa kayak tadi bisa dilakuin, perubahan dari dalam diri pasti keliatan kok. Asal ada niat buat berubah. Kalo emang niatnya ga ada ya percuma juga. Perubahan itu datangnya dari dalam diri, bukan karena orang lain. Berubah untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain.



Ucapan Selamat Lebaran dan Maaf-maafan yang Sekadar Formalitas

Percuma ngirim ucapan selamat idul fitri mohon maaf bla bla itu kalo ujung-ujungnya sekadar tulisan tanpa tindakan yang tulus.

meluruskan makna lebaran

Jujur aja gue ga pernah ngebalas semua chat broadcast ucapan selamat idul fitri. Karena gue tau itu cuman formalitas. Gue lebih menghargai orang-orang yang tulus ngejapri satu per satu dan pake nama tertuju ke gue. Karena artinya emang niatnya buat minta maaf itu lebih keliatan. Meskipun dalam hati siapa yang tau ya kan.

Chat di grup apalagi bhahaha! Paling gampang buat formal-formalan kalo di grup. Cukup bikin 1 template chat terus sebar deh! Enak ya. Chat panjang-panjang gitu ga akan laku sama gue.


Terkadang kita terlalu gengsi buat minta maaf. Karena itu artinya kita yang mengaku kalah dan salah. Padahal ga gitu juga. Minta maaf duluan bukan berarti kita kalah, kok. Dan ga minta maaf bukan berarti dia jadi pemenang. Untuk urusan ini ga ada pihak yang menang dan kalah, yang penting hanya keikhlasan.


Kalo memang udah ikhlas untuk duluan, silakan. Kalo memang masih ikhlas untuk menerima permintaan maaf juga ga masalah kok. Sekali lagi: yang penting usaha minta maaf personalnya ada, bukan cuman nyebar chat template doang.



Jadi sudahkah kita memaknai lebaran sebagaimana mestinya?