KENALI PERBEDAAN ASURANSI KECELAKAAN DENGAN BPJS KETENAGAKERJAAN

Asuransi kecelakaan saat kerja adalah produk yang didesain untuk menjamin risiko apabila tertanggung mengalami cedera badan yang disebabkan oleh kecelakaan saat melakukan pekerjaannya yang terjadi secara mendadak.



Pada saat ini, tersebut banyak disediakan perusahaan asuransi. Kendati demikian, selain perusahaan asuransi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan juga memiliki program bernama Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang wajib diikuti oleh seluruh pekerja di Indonesia.



Bagi anda yang masih belum mengenal tentang JKK akan dibahas berikut ini:

JKK yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan adalah program yang memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja. JKK melindungi diri atas risiko kecelakaan kerja, mulai dari perjalanan pergi, pulang, dan di tempat bekerja, serta perjalanan dinas.

Apabila kita mengalami kecelakaan, JKK akan menjamin perawatan tanpa batas biaya sesuai kebutuhan medis.

Di samping itu, JKK juga menyediakan santunan upah selama tidak bekerja, yaitu 6 bulan pertama 100 persen, 6 bulan kedua 75 persen, seterusnya hingga sembuh 50 persen. JKK juga menyediakan santunan kematian akibat kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah yang dilaporkan oleh perusahaan (pemberi kerja) atau peserta.

Di samping itu, JKK menyediakan bantuan beasiswa untuk satu orang anak. Beasiswa pendidikan bagi satu orang anak dari peserta yang meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap akibat kecelakaan kerja sebesar Rp12 juta.

Selain JKK yang merupakan program pemerintah, perusahaan asuransi swasta juga menyediakan produk asuransi yang melindungi anda dari risiko kecelakaan.

Ada dua macam asuransi yaitu asuransi kecelakaan kerja dan asuransi kecelakaan diri.

Kamu pasti sering mendengar kedua perlindungan tersebut. Namun, belum pasti tahu apakah keduanya memiliki kesamaan atau justru punya perbedaan yang signifikan.

Kedua asuransi tersebut merupakan dua hal yang berbeda walaupun keduanya punya manfaat yang sama, yaitu memberikan perlindungan terhadap risiko kerja yang tidak terduga.

Pada umumnya, asuransi kecelakaan saat kerja menjamin risiko dari kecelakaan ringan, kecelakaan sedang hingga kecelakaan serius bahkan yang menyebabkan tertanggung meninggal.

Selain biaya pengobatan, manfaat asuransi jiwa terkenal saat kerja juga memiliki skema untuk menyediakan uang santunan bagi keluarga yang ditinggalkan oleh pekerja.

Sebagai contoh, apabila gaji dari tertanggung yang mengalami musibah terhenti akibat meninggal karena kecelakaan kerja maka pihak asuransi akan memberikan santunan bulanan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan yang tercantum dalam polis atau surat perjanjian.

Skema lainnya adalah pemberian uang pertanggungan (UP) dari perusahaan asuransi kepada keluarga yang ditinggalkan oleh pekerja yang meninggal akibat kecelakaan kerja. Uang itu bisa digunakan oleh keluarga untuk modal usaha setelah ditinggalkan oleh pekerja yang meninggal dalam kecelakaan kerja.

Tips Menjaga Silaturahmi Di Saat Pandemi

Untuk kamu yang terdampak pandemi dan ga bisa kemana-mana karena dibatasi, saya harap kamu mematuhi anjuran pemerintah ya. Selalu pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan selalu jaga jarakmu dengan orang lain.

Tips Menjaga Silaturahmi Di Saat Pandemi


Dengan dibatasinya pergerakan kita, mau ga mau silaturahmi juga ikut terdampak. Kita yang terbiasa untuk bersosialisasi, sekarang terpaksa harus mengurangi aktivitas di luar rumah. Quality time with friends pun juga mau ga mau harus berkurang.

Saya yang memang terbiasa jadi anak rumahan ini, memang tidak begitu terasa berdampak ya. Tapi untuk mereka yang tidak terbiasa dengan pembatasan semacam ini, tentu sangat mengganggu rutinitas ya.

Oleh karena itu, saya mencoba memberikan tips untuk tetap bisa menjaga silaturahmi di saat pandemi. Semoga dengan tips ini, nantinya kamu tetap bisa bersosialisasi tanpa harus takut melanggar anjuran dari pemerintah.

1. Manfaatkan Internet Untuk Bersilaturahmi

Keberadaan internet sekarang jadi vital banget di saat pandemi seperti ini. Karena internetlah yang membuat kita tetap terhubung dengan dunia luar. Kita tetap bisa terkoneksi dengan mereka yang jauh di sana.

Aktiflah di grup komunitasmu atau grup keluarga. Tanyakan kabar mereka di saat pandemi. Selalu ingatkan mereka untuk mematuhi anjuran pemerintah dan jaga kesehatan.

2. Gunakan Fitur Video Call

Di saat pandemi seperti ini, perusahaan aplikasi langsung beradaptasi dengan cepat. Salah satunya adalah aplikasi whatsapp yang dengan cepat segera mengaktifkan fitur video group call-nya.

Walaupun masih terbatas hanya untuk 8 orang, namun ini sangat berpengaruh terhadap keadaan sekarang. Saya sering menggunakan fitur ini untuk tetap tau kabar terbaru dari temen-temen akrab saya yang jauh di sana.

Terhalang pandemi ga bisa ngumpul, ada yang lagi merantau juga. Karena teknologi, kami bisa bertatap muka kembali walaupun cuman dari hp masing-masing. Penting untuk tau kabar mereka karena kalo ga ada mereka, mungkin saya udah jadi orang paling introvert sedunia hahaha..

3. Webinar Rutin

Menjaga silaturahmi ga cuman untuk keluarga atau temen dekat aja. Untuk kamu yang juga mungkin sedang menjalankan bisnis, tentu juga wajib menjaga hubungan dengan para customer. 

Coba atur jadwal untuk live stream atau webinar ke para customermu. Mereka juga pengen tau apa yang kamu lakukan untuk tetap menjaga kualitas produk bisnismu di saat pandemi seperti ini. 

Sapa mereka melalui live stream agar bisnismu ga menciptakan jarak antara penjual dan pembeli. Anggap mereka seperti teman/sahabatmu sendiri. Dengan begitu, mereka pun akan loyal dengan brandmu.

***
Apa lagi yang kira-kira mesti kita lakukan untuk menjaga silaturahmi di saat pandemi seperti ini? Coba tuliskan di kolom komentar ya!

Seperti Inilah Cara yang Benar Dalam Membersihkan Kolam Renang

Apabila kamu memiliki kolam renang pibadi di rumah, tentunya kamu harus menghemat biaya perawatan dengan membersihkan kolam tersebut sendiri. Sejatinya, pekerjaan yang satu ini memanglah tidak ringan karena harus mengawasi kadar bahan kimia di kolam minimal 3 kali dalam seminggu.


 

Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa tips untuk merawat dan membersihkan kolam renang. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan dibawah ini. 

1. Bersihkan Permukaan Kolam dengan Skimmer Daun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan, yakni membersihkan permukaan kolam dengan menggunakan skimmer daun. Langkah tersebut harus dilakukan setiap hari, agar kolam renangmu tidak terkontaminasi. Mengenai caranya, pasang skimmer pada tongkat teleskopik untuk memulai, lalu gunakan jaring untuk mengambil kotoran, seperti dedaunan, plastik, dan berbagai jenis kotoran lainnya. 

2. Menyikat Bagian Dinding dan Tangga Kolam

Apabila permukaan kolam renangnya sudah dibersihkan, maka langkah kedua yang harus dilakukan adalah menyikat bagian dinding dan tangga kolam. Kamu bisa menggunakan sikat khusus untuk membersihkan dindind dan tangga kolam tersebut. 

Pasangkan sikatnya pada tongkat teleskopik dan sikat area-area kolam, lalu berikan tenaga lebih jika kotorannya cukup bandel. Disamping itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan area-area dengan sirkulasi air buruk, seperti bagian tangga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini dalam seminggu sekali. 

3. Mengontrol Bahan Kimia Kolam

Ada cukup banyak jenis bahan kimia di dalam air kolam renang, yang berfungsi untuk menjaga kebersihan kolam. Namun, faktor cuaca dapat mempengaruhi kadar pH kolam, sehingga kamu harus mengontrol atau menguji kadar pH kolam setidaknya 3 kali dalam seminggu agar lebih aman saat digunakan. Alat untuk menguji kadar pH ini bisa kamu beli di apotik maupun supermarket, dan disarankan memilih yang bermerk. 

Menurut informasi yang di dapat, kadar pH pada kolam renang itu harus berada di kisaran 7,2 dan 7,6. Apabila kadar pH kolam berada diatas atau dibawah angka tersebut, maka kamu harus menggunakan penambah atau pengurang kadar pH. Dalam hal ini, gunakan sesuai kebutuhan untuk menyesuaikan dengan kadar pH kolam. 

4. Menyalakan Filter Selama 24 Jam Sehari

Kamu harus menyalakan filter kolam selama 24 jam sehari dalam beberapa hari. Pasalnya, hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri serta kotoran yang terkumpul di kolam. Pastikan juga bahwa kamu melakukan backwash pada filter sebanyak 3 – 4 kali sehari, karena jika air kolam sudah berwarna hijau bisa menyumbat dan merusak filter. 

Disamping itu, kamu pun harus memeriksa system penyaringan apabila air kolamnya tidak kunjung jernih dalam 4 – 5 hari. Ya, hal itu menandakan bahwa ada masalah yang terjadi pada system penyaringan. 

5. Bersihkan Dasar kolam Dengan Alat Penghisap Khusus

Untuk kegiatan yang satu ini, sebaiknya kamu gunakan pembersih otomatis karena lebih efektif dalam membersihkan bagian dasar kolam. Gunakan alat penghisap otomatis tersebut untuk membersihkan dasar kolam layaknya membersihkan karpet, dan beri perhatian khusus pada area-area yang membandel. 

Agar kotoran di dasar kolam tidak semakin menumpuk, sebaiknya lakukan cara ini dalam seminggu sekali. Apabila kamu belum berpengalaman dalam membersihkan kolam, sebaiknya gunakan jasa orang lain yang memang ahli dibidang tersebut. 

Nah, itulah beberapa cara dalam merawat dan membersihkan kolam renang pribadi di rumah. 

EAT SLEEP PROFIT INVEST, REPEAT!

Pelajaran paling berharga adalah apa yang kita alami selama hidup. Pengalaman akan selalu jadi guru terbaik dalam hidup kita. Asal kita bisa mengambil pelajaran yang terjadi saat itu.




Setiap pengalaman berharga itu meninggalkan value yang ada dalam diri kita. Mengkristal dan membentuk kebiasaan yang dilakukan hingga saat ini. Kalo dalam tatanan kemasyarakatan mungkin bisa dibilang budaya. Kalo dalam ukuran personal, mungkin bisa dibilang mindset atau pola pikir.

Kemudian kebiasaan yang terbentuk dari pola pikir kita itu dilihat orang sebagai personal branding kita. Mereka kenal kita karena apa yang sering kita perlihatkan, baik dari dunia luring maupun dunia daring.

Terus apa hubungannya dengan judul?

Kalo saya pribadi, biar gampang bikin orang kenal selalu pake slogan/jargon biar orang cepet kenal. Kalian pasti punya slogan sendiri tentunya kan? Dari segala macam mindset yang saya miliki hingga saat ini, akhirnya saya menemukan formula jargon yang tepat untuk mendefinisikan siapa saya pengen dikenal.

Maka ketemulah "eat sleep profit invest, repeat!"

Saya rasa inilah slogan yang nunjukkin "saya banget" sejauh ini. 5 kata yang saya lakukan terus menerus berulang-ulang secara konsisten sejak 2 tahun belakangan ini.

2 tahun yang banyak sekali mengubah jalan hidup saya.

5 kata ini adalah filter saya untuk menentukan pilihan hidup yang akan saya jalani di masa depan. Ibaratnya Pancasila sebagai dasar negara, maka 5 kata ini adalah fondasi hidup saya. Langkah yang saya ambil, saya pastikan akan selalu ditemani 5 kata ini kemanapun. 

EAT (MAKAN)

Siapa yang ga butuh makan sih? Semua makhluk hidup pasti butuh makan. Tapi makan yang saya maksud di sini bukan sembarang makan juga. Makanlah makanan yang menyehatkan dan membuat kita jadi produktif. Kalo kita makan malah justru bikin sakit kan namanya kontra produktif sama kerjaan kita.

Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat. Gunanya selain menjaga tubuh kita tetap sehat juga membantu kita untuk tetap produktif. Di masa sekarang kalo ga produktif bakalan susah ngapa-ngapain bawaannya mager mulu nanti.

Kalo ga bisa makan makanan yang sehat, minimal bikin kenyang lama deh! Kenyang yang lama itu bisa menghemat waktu untuk ga sering-sering makan, yang ujung-ujungnya bikin ga sehat juga. Yang penting perut kita kenyang dulu aja. Gapapa deh ga enak, setidaknya perut ga kosong aja.

SLEEP (TIDUR)

Sebagaimana seorang manusia, tubuh kita juga butuh istirahat. Selalu usahakan punya waktu tidur yang cukup. Minimal 5 jam idealnya 8 jam. Kalo kurang dari itu biasanya tubuh ga akan bisa fit dan fokus kerja. Kalo lebih pun juga ga bagus karena ada kerjaan yang akan terbengkalai nantinya.

Opsi tidur akan saya pilih ketika saya ga bisa ketemu sumber daya untuk makan. Atau waktu tidur saya kurang dan saya harus segera tidur tanpa harus makan. Dulu, ketika dilanda lapar dan ngantuk saya akan memilih makan. Tapi sekarang seiring berjalannya waktu, saya lebih memilih untuk tidur, karena itu tanda tubuh memang sedang butuh istirahat walaupun sedang lapar.

PROFIT (UNTUNG)

Sekarang orientasi saya adalah profit. Karena kalo segala usaha ga ada untungnya, itu namanya bukan bisnis tapi kerja sosial. Tapi ga semua harus dijadiin ladang cari duit juga. Saya hanya fokus cari profit ke bisnis saya.

Tentu beda kondisinya ketika saya membantu kawan. Profit bukan jadi tujuan utama saya. Ingat, bisnis dan bantu teman itu 2 hal yang berbeda. Ketika berbisnis kita mesti profesional, mau teman ataupun lawan layani dengan baik. Ketika urusan keluarga atau teman, perlakukan mereka selayaknya keluarga kita.

Namun, ketika ada teman yang mau ambil untung dari bisnis kita, minta gratisan misalnya, tentu saya ga akan layani yang kayak begini. Bukan teman saya soalnya. Ngaku temen bukannya bantu bisnis temen sendiri malah mau bikin bangkrut.

INVEST (INVESTASI)

Salah satu langkah yang sering saya lewatkan ketika waktu dulu masih jadi pekerja kantoran. Saya ga kepikiran sama sekali untuk investasi waktu itu. Saya pikirnya hanya bagaimana saya bisa memanfaatkan gaji yang saya miliki untuk menyenangkan diri sendiri.

Hanya ketika kontrak di kantor mau berakhir 2 bulan terakhir baru sadar bahwa investasi itu penting banget. Investasinya bukan sekadar masukin dana ke tabungan/deposito/saham doang, ya. Tapi juga investasi aset digital dan ilmu untuk menghasilkan uang lebih banyak.

Jadi sekarang saya lebih memikirkan investasi ke aset digital dan juga ke otak/ilmu. Saya juga investasi waktu untuk praktik ilmu yang sedang saya pelajari. Hasilnya memang belum terlihat, tapi goal jangka pendek saya saat ini bukan mendapatkan penghasilan dulu.

Tapi lebih ke menemukan pola konsisten dan disiplinnya dulu. Bagaimana saya bisa minimal memposting 1 konten per hari untuk meningkatkan awareness dan value personal branding saya di medsos. Minimal 3 bulan dulu deh biar terbentuk polanya.

REPEAT (ULANGI)

Hal yang selanjutnya saya lakukan adalah mengulangi semuanya. Terutama di profit dan invest ya hahaha.. kalo tidur dan makan kan udah otomatis tiap hari dilakuin.

Saya ketagihan untuk cari profit yang besar dan berinvestasi aset dan ilmu juga. Sekarang saya lebih sering belajar ilmu baru setiap hari dengan tetap menjalankan praktik ilmu yang lama. 

Kombinasi investasi ini membuat saya semakin yakin untuk berkembang di masa depan. Ga ada kata terlambat untuk kita yang mau belajar. Selama kita punya keinginan yang kuat, pasti ada jalan untuk berubah.

***

Kalo kamu, apa pelajaran berharga yang membuatmu menjadi seperti sekarang? 

Cara Mengatasi Masalah Vandalisme di Kalangan Remaja

Cara mengatasi masalah vandalisme di Kalangan remaja yang sudah berlangsung sejak lama ini perlu menjadi perhatian kita bersama. Agar ke depannya, tindakan tidak bertanggung jawab dan merusak keindahan lingkungan sekitar tidak terulang lagi.


Baru-baru ini viral kejadian vandalisme anti islam di sebuah Mushola oleh oknum tidak bertanggung jawab. Kejadian ini terjadi Mushola Darussalam, RT 05/08 Perumahan Villa Tangerang Elok, Kelurahan Kutajaya, Kecamatan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang.

Meskipun pelakunya dikabarkan sudah ditangkap, tetapi ini menjadi perhatian khusus bagi kita khususnya kepada mereka yang memiliki gejala vandalisme di lingkungan sekitar kita.

Ini menjadi tanda buat kita bahwa ternyata ada benih-benih kebencian SARA yang sudah masuk ke dalam aliran vandalisme ini. Vandalisme saja sudah perbuatan tidak terpuji, ditambah lagi ada "varian" baru Vandalisme SARA justru semakin tidak terpuji perbuatannya.

Ini perlu jadi perhatian kita bersama untuk selalu saling menjaga kerukunan antar umat dan bisa hidup berdampingan secara damai. Kita bersatu karena perbedaan dan oleh karena itu hal tersebut harus selalu dijaga sampai kapanpun.

Berikut ini hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah vandalisme di kalangan remaja, semoga bisa diterapkan di lingkungan kita masing-masing:

1. Penegakan Peraturan Perundang-Undangan

Penegakan dan penguatan undang- undang perlu dilakukan oleh pihak yang berwajib. Tindakan tegas seperti setidaknya akan memicu efek jera bagi pelaku dan mereka yang melakukan tindak vandal namun masih belum tercium aksinya. 

Salah satu tindakan yang bisa diterapkan adalah pemakaian seragam tersangka terhadap pelaku tindak vandalisme. Diharapkan dengan tindakan kecil seperti ini bisa menurunkan keinginan pelaku vandalisme untuk melakukan aksinya kembali.

2. Peran Orang Tua

Orang tua menjadi filter utama bagi anaknya sebelum memasuki dunia luar rumah. Mereka harus berperan memberikan arahan kepada anak agar menghargai benda dan orang lain yang tidak berhak dirusak oleh siapapun.

Orang tua juga harus bisa melihat bakat anak dan tau cara untuk menyalurkan bakatnya dengan benar. Jika bakatnya ke arah karya seni, maka orang tua bisa menyiapkan media agar anak bisa menuangkan bakatnya ke tempat yang tepat. Atau juga bisa memasukkan anak ke tempat les kesenian.

3. Peran Masyarakat dan Sekolah

Masyarakat di sini berperan sebagai kontrol sosial di lingkungan sekitar. Selain itu juga bisa menjaga anak-anak dari perbuatan yang merugikan terhadap barang ataupun orang lain. Masyarakat perlu proaktif untuk mencegah terjadinya kegiatan vandal ini. 

Di sisi lain, pihak sekolah juga diharapkan bisa memberikan pengendalian kepada anak didik mereka untuk tidak melakukan tindakan merugikan tersebut. Siswa yang terindikasi memiliki gejala vandalisme harus segera dibimbing dan diberikan edukasi tentang perilaku tersebut. Agar tidak melanjutkan kegiatannya dan mempengaruhi siswa lain.

4. Peran Media Massa

Media massa sebagai sumber informasi juga harus bisa mengedukasi masyarakat. Terutama dalam hal perilaku sosial di masyarakat yang ditayangkan. Media massa bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan perilaku sosial yang positif untuk ditiru banyak orang. Bisa juga dijadikan alat untuk mengedukasi bahwa perilaku sosial negatif seperti vandalisme itu adalah merugikan orang lain

Semoga 3 Cara Mengatasi Masalah Vandalisme di Kalangan Remaja ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan diharapkan tidak ada lagi tindakan yang merugikan orang lain maupun benda lain di masa mendatang.