Post Top Ad

Post Top Ad

October 29, 2021

October 29, 2021

Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Keperluan Pribadi

Tahun 2021 udah mau berakhir, apakah kamu masih kesulitan untuk menabung sebagian dari penghasilan/gaji yang kamu dapatkan? Bisa jadi kamu belum ngerti cara atur keuangan. Padahal skill ini penting banget untuk kamu lakukan agar masa depan kamu tetap terjamin.

Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Keperluan Pribadi
 

Karena kalo kamu ga menguasai cara atur keuangan, bisa jadi masa depan kamu juga menjadi tidak pasti. Karena salah 1 kunci untuk bisa membuat masa depanmu terjamin adalah pintar mengatur keuangan pribadimu.

1 Tips yang sering saya dengar dari pengusaha-pengusaha terkenal di luar sana, bahwa mereka tidak menggantungkan penghasilan mereka hanya dari 1 tempat saja. Artinya, mereka punya banyak sumber penghasilan yang dimiliki.

Oleh karena itu, kamu juga mesti punya banyak sumber penghasilan. Ini menjadi salah 2 kunci menjamin kepastian masa depanmu. Karena sekali lagi, masa depan itu tidak ada yang tau pasti seperti apa terjadinya. Jadi lebih baik siapkan dari sekarang.

Lalu bagaimana cara dan tips mengatur keuangan untuk keperluan pribadi. Kita bahas sama-sama ya!

1. Bikin Pos Pengeluaran

Atur pengeluaranmu dengan membuat pos pos tersendiri. Kemudian masukkan sesuai dengan budget yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Uang yang sudah dimasukkan ke posnya tidak boleh digunakan untuk membayar pos lain. Dengan begitu kamu akan lebih disiplin membelanjakan uangmu.

2. Ditabung Dulu, Kemudian Belanja

Orang-orang pada umumnya belanja dulu baru nabung, padahal konsep ini terbalik jika dipandang dari sisi keamanan finansial. Justru seharusnya kamu menabung dulu baru belanjakan sisanya. Dengan begitu, kamu 1 langkah lebih baik untuk mengamankan masa depan kamu melalui keuangan yang lebih terencana.

Bahkan jika perlu, kamu bisa memanfaatkan fitur nabung rutin yang ada di bank yang kamu gunakan. Jadi ga perlu khawatir lagi kelupaan menabung tiap bulan, kan?

3. Bayar Utang Dan Cicilan

Kalo kamu punya utang/cicilan prioritaskan untuk melunasinya lebih dulu. Kalo perlu, langsung dilunasin begitu ada uang lebih atau lagi dapat bonus dari kerjaan. Karena utang itu akan memotong uang kamu sangat banyak biasanya, maka dari itu akan lebih baik kalo kamu bisa melunasinya lebih cepat.

4. Gunakan Formula 40-30-30

Sebetulnya mengatur keuangan pribadi itu susah-susah gampang. Akan lebih mudah ketika kamu mengunakan formula 40-30-30 ini. Dengan rincian:

  • 40% untuk pengeluaran rutin bulanan seperti bayar listrik, makan, bayar kost an, belanja bulanan, service rutin, biaya transportasi, dll dkk
  • 30% untuk hutang/cicilan
  • 30% untuk menabung/investasi

5. Manfaatkan Promo

Siapa yang disini ga suka promo? Manfaatkan event promo untuk bisa menekan pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan barang/produk yang kamu inginkan, dengan harga yang lebih terjangkau. Pastikan juga barang yang akan kamu beli memang kamu butuhkan ya! Bukan sekadar karena kepengen aja, biar uang yang kamu keluarkan tetap punya manfaat.

Dengan memanfaatkan promo seperti ini, kamu bisa saja memiliki dana keuangan tersisa. Jadi kamu bisa manfaatkan sisa kelebihan dana itu untuk keperluanmu yang lain. Atau bisa jadi kamu investasikan saja, biar makin berkembang aset yang sudah kamu miliki.


Artikel dibuat dalam rangka memeriahkan Hari Keuangan yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober.

October 26, 2021

October 26, 2021

1 Langkah Untuk 1 Generasi

Sebagai manusia yang sok-sok an memperhatikan hal-hal berbau lingkungan, jadi lebih sering memperhatikan lingkungan sekitar terutama dari kacamata pelestarian lingkungan. Terlebih ketika emisi gas rumah kaca semakin ke sini semakin sering dibahas di media massa dan media sosial.

 

Karena seperti yang kita tau, seiring dengan perkembangan teknologi, emisi gas rumah kaca yang dihasilkan semakin banyak. Sehingga mengakibatkan banyak dampak yang terjadi salah satunya adalah perubahan iklim dan bencana alam yang ekstrim.

Oleh karena itu, banyak negara yang sudah mulai melakukan mitigasi perubahan iklim untuk bisa mengurangi emisi gas rumah kaca ini. Alhamdulillah-nya Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam aksi ini. 

Aksi ini sangat relevan dengan keadaan alam Indonesia yang memiliki hutan seluas 126 juta hektare. Luas ini sama dengan sekitar 10% total luas hutan dunia, ujar Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar pada saat peringatan Hari Hutan Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Maret yang lalu.

Mungkin di antara #MudaMudiBumi yang lagi baca masih ada yang bingung. Emangnya Mitigasi Perubahan Iklim itu apa sih?

Pengertian Mitigasi menurut KBBI daring adalah tindakan mengurangi dampak bencana. Sehingga jika dikaitkan dengan mitigasi perubahan iklim, maka bisa dibilang sebagai tindakan mengurangi dampak perubahan iklim.

Lalu kemudian pertanyaan berikutnya: apa itu perubahan iklim? Kita mungkin sering mendengarnya sebagai sesuatu yang penting tapi tidak tau apa arti sebenarnya.

Perubahan iklim menurut situs wikipedia adalah perubahan pola dan intensitas unsur iklim dalam periode waktu yang sangat lama. Bentuk perubahan berkaitan dengan perubahan kebiasaan cuaca atau perubahan persebaran kejadian cuaca. Penyebabnya adalah karena pemanasan global yang terjadi karena semakin meningkatnya gas efek rumah kaca yang ada di atmosfir Bumi.

Sehingga, Mitigasi Perubahan Iklim sangat perlu dilakukan sejak dini agar tidak bertambah parah dan kalo bisa berkurang dampaknya untuk kelangsungan kehidupan seluruh makhluk hidup di Bumi.

Kayaknya berat banget ya topik bacaan kamu hari ini 😂 

Sebenarnya ga berat-berat banget, kok! Kalo kamu peka, harusnya kamu tau ada kejadian-kejadian yang mungkin seumur hidup kamu sebelumnya belum pernah terjadi, akhirnya kejadian juga. 

Salah satu dampak perubahan iklim yang paling terasa di tempat saya adalah ketika beberapa bulan yang lalu terjadi curah hujan yang sangat tinggi. Bahkan ada hujan yang bisa bertahan 3 hari berturut-turut tanpa berhenti. Padahal, hujan itu terjadi dimana seharusnya bulan itu justru "jadwalnya" kemarau. Aneh kan?

Akibatnya, komplek perumahan yang saya tinggali, yang sebelumnya sejak pertama kali tinggal di sana tidak pernah banjir, akhirnya banjir juga. Walaupun mungkin banjirnya tidak separah dibeberapa tempat lainnya, tapi tetap aja ini sudah cukup membuat saya sadar bahwa alam sedang tidak baik-baik saja.

mitigasi perubahan iklim, banjir kalimantan selatan
sumber foto: jatengdaily.com

Itu adalah salah satu dampak perubahan iklim yang paling ekstrim yang pernah saya rasakan selama ini. Jadi, kalo kita ga melakukan aksi mitigasi ini dari sekarang, kemungkinan generasi berikutnya akan menerima dampak yang jauh lebih besar daripada kita sekarang.

Sebetulnya kita ga perlu melakukan hal yang ribet atau yang teknis semacam bikin peraturan atau membangun infrastruktur ramah lingkungan begitu. Biarlah bagian yang agak susah sedikit itu jadi tanggung jawab pemerintah kita. Kita bantu dengan cara lain yang bisa dilakukan aja.

Kita bisa mulai dari hal terkecil dari diri kita aja dulu. Salah satunya melalui hobi yang kita miliki. 

Misalnya saya yang kebetulan punya beberapa hobi. Salah satu yang paling saya suka adalah hobi jalan-jalan. Walaupun aslinya saya anak rumahan, tapi saya juga suka jalan-jalan. Makanya kalo bisa ketika jalan-jalan saya dokumentasikan dalam bentuk foto dan video. Biar ada kenang-kenangannya pernah ke tempat itu dan kesan pertamanya ga hilang begitu aja.

Salah satu aksi nyata saya #UntukmuBumiku adalah dengan jalan-jalan menggunakan transportasi massal atau bahkan berjalan kaki. Selain menghemat budget jalan-jalan, kegiatan ini juga bisa menghemat energi dan mengurangi emisi gas rumah kaca di lingkungan sekitar.

Seandainya, semua yang punya hobi travelling melakukan hal kecil ini saja dampaknya pasti akan berpengaruh besar untuk lingkungan hidup. Untuk kamu yang mungkin masih travelling pake motor/mobil pribadi, coba deh sesekali pake transportasi massal atau jalan kaki gitu.

Dengan berjalan kaki, kita akan ngeliat detail-detail kecil yang mungkin akan terlewat kalo kita pake motor/mobil pribadi. Kita baru sadar ternyata selama ini jalan yang kita lewati ternyata ada ini-nya, ada itunya, dll dkk. 

Dengan pake transportasi massal, kita akan merasakan hidup berkomunitas. Kita bisa berdesakan dengan orang yang mungkin belum kita kenal. Kita juga membantu pemerintah untuk bisa memanfaatkan pelayanan publik yang mereka sediakan. Menggunakan transportasi masal juga jadi satu cara kita menggunakan hasil pajak kita dengan bijak.

Saya lebih menganjurkan kamu untuk memperbanyak jalan kaki saat kamu travelling. Karena seperti yang kita tau sendiri, kualitas transportasi massal di Indonesia belum merata seluruhnya. Ada yang sudah bagus, ada yang masih biasa aja.

It is #TimeForActionIndonesia guys!

Kalo bukan kita yang ngejagain, kalo bukan kita yang beraksi terus siapa lagi? Jangan nunggu lingkungan rusak dulu baru gerak! Itu mah udah telat geraknya. Inilah kenapa aksi ini disebut "mitigasi" gengs! Karena mitigasi pada intinya adalah mencegah dan mengurangi dampaknya menjadi lebih besar.

Oleh karena itu saya menyerukan untuk kamu semua melakukan gerakan "1 Langkah Untuk 1 Generasi".

Dengan berjalan kaki, kita bisa menyelamatkan 1 generasi di belakang kita. Dengan berjalan kaki, kita bisa menyelamatkan Bumi dari kehancuran, yang dibuat oleh kita sendiri.

Gerakan ini dari kita, oleh kita dan untuk kita juga.


Kalo kamu ngerasa ga ada kontribusi dalam hidup ini, setidaknya kamu bisa melakukan hal kecil seperti ini. Atau minimal, kamu bisa melakukan mitigasi perubahan iklimmu sendiri dengan hobi yang sedang kamu lakukan.

1 Langkah, bukan berarti kamu harus jalan kaki terus. Tapi 1 langkah bisa berarti 1 perubahan kecil dalam hidupmu yang bisa menyelamatkan Bumi di masa depan untuk generasi kita.

Manfaatin momentum Sumpah Pemuda yang sebentar lagi akan berlangsung, kita upgrade sumpah pemuda versi masing-masing:

"Kami Muda Mudi Bumi, bertempat tinggal di Bumi, akan menjaga tempat tinggal kami sepenuh jiwa raga kami, untuk generasi berikutnya!"

Apa mitigasi perubahan iklim dan sumpah pemuda versi kamu gengs? Coba tuliskan di kolom komentar ya!



October 13, 2021

October 13, 2021

Telah Hadir Ekspedisi Jakarta Surabaya dari TrawlBens, Inilah Kelebihannya!

Jakarta menjadi ibukota sekaligus pusatnya segala bentuk kegiatan perekonomian, tidak heran jika banyak industri besar tumbuh dan berkembang pada kota tersebut. Namun hal itu tidak akan berjalan lancar tanpa kehadiran beberapa aspek penting didalamnya. Seperti profesional SDM, konsultan bisnis, perusahaan pengiriman barang, cargo dan masih banyak lagi lainnya. 

Dengan memiliki jasa layanan kirim barang terbaik, tentu secara langsung akan memberikan kelancaran pada bisnis yang sedang berjalan. Tidak heran jika laju perekonomian di Jakarta terus mengalami peningkatan dan semakin meninggalkan kota-kota di Indonesia lainnya.

Selain industri besar, banyak pula pelaku UMKM yang muncul meramaikan pasar perdagangan Indonesia. Jangan salah, adanya UMKM sendiri sebagai bentuk cikal bakal perusahaan industri besar di Indonesia. Meskipun masih dalam taraf kecil, ternyata kehadiran jasa kirim barang juga diperlukan untuk pelaku UMKM. 

Telah Hadir Ekspedisi Jakarta Surabaya dari TrawlBens,
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Untung saja sudah ada TrawlBens yang hadir memberikan segala bentuk kebutuhan pengiriman barang antar kota ataupun ke pulau lainnya. Misalnya saja ekspedisi Jakarta Surabaya yang semakin aktif, karena Surabaya sendiri menuju perkembangan ekonomi yang pesat.

TrawlBens sudah sangat populer di Jabodetabek, hal itu membuat Anda tidak perlu khawatir mengenai pemilihan jasa kirim barang terbaik. Mulai dari pengiriman kecil sampai dengan cargo murah ke Surabaya bisa Anda dapatkan dari TrawlBens. 

Sebelumnya memang perusahaan jasa tersebut hanya hadir di Jabodetabek, namun seiring perkembangan jaringan tersebut diperluas sehingga memudahkan para pelaku bisnis kecil ataupun industri besar. Jakarta Surabaya sendiri sering menjadi kota yang sering lalu lalang truk besar, karena masing-masing sebagai kota industri besar.

Dari pada yang lainnya, Anda bisa memilih TrawlBens karena memiliki berbagai kelebihan yang akan memberikan keuntungan kepada Anda sebagai pelaku usaha seperti:

1. Kemudahan melakukan pengiriman dengan menggunakan aplikasi smartphone.
2. Banyak rute pengiriman terbaru yang semakin luas dan bisa menjadi solusi para pelaku industri.
3. Menawarkan ongkir yang jauh lebih terjangkau dari pada perusahaan lain.
4. Memberikan berbagai pelayanan tambahan yang menguntungkan seperti layanan jemput barang gratis.
5. Pengiriman mulai dari barang yang kecil sampai dengan yang paling besar 1 ton.

Setelah melihat beberapa ulasan diatas semakin percaya jika memang pemilihan perusahaan jasa pengiriman barang untuk kelancaran usaha industri itu sangat penting. Akan memberikan sesuatu yang menguntungkan apalagi jika mendapatkan perusahaan yang tepat atau terbaik. 

Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir setelah berhasil menemukan TrawlBens sebagai solusi pengiriman barang kemana saja. Untuk melakukan kerjasama atau mendapatkan informasi penting lainnya, bisa kontak saja admin melalui 021-22908000 atau menuju kantor di Jl, Rasamala Raya no.35 rt7/wr9 Menteng Dalam Tebet Jakarta Selatan khusus ibukota Jakarta 12870.



October 12, 2021

October 12, 2021

40 Contoh Rangkaian Nama Bayi Perempuan Terindah Di Dunia

Memilih nama untuk bayi perempuan memang bisa membuat pusing. Namun jangan khawatir, dibawah ini akan diberikan contoh nama – nama bayi perempuan terindah dan unik di dunia yang bisa dijadikan referensi. Nama adalah sebuah doa dan anugerah pemberian orang tua.



Selain menjadi identitas diri, nama pun bisa mencerminkan sifat dan pribadi seseorang. Karena itu, Anda sebagai orang tua tidak bisa sembarangan memilih nama. Namun, memilih satu nama dari jutaan nama diluar sana bukanlah perkara mudah. Apalagi jika Anda menginginkan nama yang memiliki arti indah dan penuh makna.

Daripada pusing – pusing, lebih baik Anda simak 40 contoh rangkaian nama bayi perempuan terindah di dunia yang bisa dijadikan referensi, diantaranya yaitu :

Rangkaian Nama Bayi Perempuan Terindah Di Dunia

1. Nama Bayi Perempuan Terindah Di Dunia Yang Berarti Pintar


Jika ingin si kecil memiliki nama dengan arti yang cerdas, Anda bisa mengambil idenya dari nama – nama bayi perempuan dibawah ini :

· Auristela memiliki arti bintang emas, bintang paling bersinar

· Clalondra memiliki arti perempuan pintar

· Clara memiliki arti pintar dan cermat

· Elina memiliki arti wanita pintar dan cerdas

· Faatina memiliki arti perempuan pintar yang memikat hati

· Gita memiliki arti cerdas dan beruntung

· Jungmi memiliki arti terhormat, cerdas, dan cantik

· Naura memiliki arti cahaya paling terang

· Nararya memiliki arti wanita pandai yang dimuliakan

· Zellda memiliki arti wanita pejuang yang cerdas

2. Nama Bayi Perempuan Terindah Di Dunia Yang Berarti Paras Rupawan


Beberapa nama bayi perempuan terindah di dunia dibawah ini akan mencerminkan seorang anak perempuan yang cantik luar dalam.

· Adena memiliki arti seorang wanita yang indah

· Almeda memiliki arti wanita dengan fisik yang indah

· Callista memiliki arti wanita paling cantik

· Dollie memiliki arti anak cantik pemberian Tuhan

· Eleanor memiliki arti perempuan elegan dan cantik

· Gamila memiliki arti paras rupawan

· Hwayoung memiliki arti cantik dan rupawan

· Leyna memiliki arti malaikat kecil yang cantik

· Shinju memiliki arti mutiara terindah

· Yonna memiliki arti bunga teratai indah

3. Nama Bayi Perempuan Terindah Di Dunia Yang Berarti Mulia


Memberikan nama yang memiliki arti mulia tentu merupakan ide yang cemerlang. Jika Anda belum menemukan nama yang cocok, simak ide dari rangkaian nama anak perempuan dibawah ini :

· Adira memiliki arti kuat, mulia, dan bersemangat

· Aneira memiliki arti mulia dan seputih surga

· Aretha memiliki arti berbudi tinggi

· Ceysa memiliki arti perempuan pemberani dan mulia

· Citrani memiliki arti perempuan dengan citra yang baik

· Elvina memiliki arti ramah dan bijaksana

· Federica memiliki arti anak pembawa kedamaian

· Helma memiliki arti pejuang yang gagah dan berani

· Kirania memiliki arti wanita yang berpegang teguh pada prinsip

· Zalika memiliki arti seorang ratu yang berani dan mulia

4. Nama Bayi Perempuan Modern Terindah Di Dunia


Selain modern, nama bayi perempuan terindah di dunia dibawah ini juga jarang dimiliki orang lain.

· Anneke memiliki arti anak perempuan yang murah hati

· Angie memiliki arti pembawa pesan dari surga

· Ainsley memiliki arti padang rumput yang indah

· Carol memiliki arti lagu gembira

· Champa memiliki arti bunga mekar yang wangi

· Deepshika memiliki arti wanita yang teguh

· Emilia memiliki arti anak pekerja keras

· Emiko memiliki arti anak perempuan yang indah

· Estela memiliki arti bintang terang, mahkota paling bersinar

· Faransia memiliki arti wanita yang menyebarkan kebahagiaan

October 11, 2021

October 11, 2021

Tidak Hanya Wanita, Kenali 15 Penyebab Rambut Rontok pada Pria

Rambut rontok itu wajar dan pasti akan tumbuh kembali. Namun jika kerontokan terjadi hingga 100 helai ke atas setiap hari, Anda pasti akan merasakan kecemasan.







Nah, untuk mengetahui apa saja faktor yang bisa menyebabkan rambut rontok pada pria? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Faktor Keturunan


Faktor keturunan atau genetik merupakan penyebab rambut rontok yang tidak bisa Anda hindari. Kebotakan di usia muda pada pria bisa saja diwariskan oleh ibu ataupun ayah Anda.


2. Proses Penuaan


Siklus pertumbuhan rambut akan semakin melambat ketika Anda semakin tua. Ketika memasuki usia 30an tahun, biasanya rambut pria akan mengalami penipisan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan transplantasi rambut namun harus mengeluarkan biaya yang cukup besar tentunya.


3. Keramas tidak bersih

Ketika Anda tidak bersih saat keramas, maka kotoran akan tertinggal di kepala dan tidak terangkat dengan maksimal sehingga memicu munculnya ketombe dan kerontokan. Maka Anda perlu membilas rambut dengan bersih agar semua kotoran dan sisa sampo terangkat.


4. Keseringan Keramas

Rambut Anda akan menjadi kering jika terlalu sering keramas. Keseringan keramas akan membuat minyak alami yang ada pada rambut dan kulit kepala menjadi terkikis dan hilang. Sehingga, nutrisi pada rambut pun akan hilang dan perlahan menjadi rontok.


5. Tidak menggunakan shampo yang tepat

Mungkin saja Anda perlu memperhatikan komposisi pada shampoo yang Anda gunakan. Maka Anda harus menemukan shampo yang tepat dan bisa merawat kulit kepala dengan baik.

6. Ketombe Parah

Ketombe yang sudah sangat parah, bisa menyebabkan kerontokan pada pria. Ketombe akan menumpuk dan menutupi folikel-folikel rambut sehingga menyumbat minyak alami untuk keluar sehingga sulit untuk mendistribusikan nutrisi secara merata.

7. Pola makan yang buruk

Kekurangan protein dapat menjadi menyebabkan utam kerontokan rambut pada pria. Sehingga, Anda perlu mencukupi asupan protein Anda agar terhindar dari anemi yang bisa berakibat pada rambut rontok.


8. Sering mengikat rambut

Para pria rambut gondrong, kerap kali mengikat rambutnya dan mungkin terlalu kencang. Ini bisa menyebabkan akar rambut Anda tertarik terlalu kuat sehingga menyebabkan kerontokan.

9. Sering mewarnai rambut

Pemakaian zat kimia yang berlebihan pada rambut dapat memicu terjadinya kerontokan yang parah hingga menyebabkan kebotakan. Sehingga, sebaiknya Anda menghindari dan mengurangi penataan dengan mewarnai rambut terlalu sering.

10. Merokok

Studi yang dilakukan pada tahun 2007, menemukan bahwa rokok dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan manusia termasuk mengalami kebotakan. Jika seorang pria mengalami kerontokan, bisa jadi penyebab utamanya adala rokok.

11. Memakai helm atau topi terlalu lama

Memakai helm atau topi terlalu lama ternyata juga bisa menyebabkan rambut menjadi berkeringat sehingga membuat produksi minyak pada kulit kepala secara berlebihan. Terlebih jika helm dan topi yang Anda gunaka kotor dan membuat kulit kepala tidak sehat.

12. Menggosok rambut menggunakan handuk terlalu keras

Ketika mengeringkan rambut sebaiknya Anda menepuk-nepuknya saja dan tidak menggosoknya terlalu keras. Hal ini karena gesekan yang terlalu keras pada handuk menyebabkan kutikula rambut menjadi rusak dan berisiko rambut menjadi mudah patah serta rontok.

13. Stress

Perubahan hormon akibat stress dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, terlebih bila Anda mengalami stress yang hebat.

14. Masalah kesehatan

Rambut rontok bisa disebabkan karena Anda menderita penyakit tertentu, seperti anemia, toroid dan psoriasis sehingga berujung kerontokan pada rambut.

Demikianlah 14 penyebab rambut rontok pada pria, yang mungkin salah satunya menyebabkan kerusakan pada rambut Anda. Sebaiknya lakukan perawatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda agar rambut menjadi lebih sehat.





October 10, 2021

October 10, 2021

7 Tempat Kuliner Favorit Di Jakarta

Jakarta sebagai Ibukota negara tentunya menyimpan segudang keunikan dan juga keindahan untuk dikunjungi. Selain karena Jakarta ini merupakan salah satu kota tertua yang berdiri di Indonesia, Jakarta juga menjadi salah satu kota tempat singgahnya orang-orang asing sejak zaman penjajahan dulu.



Hal-hal seperti itulah yang membuat Jakarta menjadi kota yang kaya akan perpaduan banyak kultur yang membuat kota ini semakin indah. Salah satu yang membuat kota Jakarta ini semakin menarik yaitu ragam kuliner Jakarta yang sangat menarik untuk dicoba.

Ternyata dibalik hiruk pikuk kota Jakarta yang padat masih banyak sekali hal yang bisa di eksplor seperti ragam kulinernya. Berikut ini merupakan list dari ragam kuliner di Jakarta yang sudah terkenal karena kelezatannya dan wajib kamu coba saat mengungjungi kota ini. Apa sajakah ragam kuliner tersebut?, yuk kita simak yang berikut ini.

1. Soto Betawi H. Ma’ruf

Salah satu makanan khas kota Jakarta adalah soto Betawi ini dan salah satu soto Betawi yang terkenal kelezatannya yaitu soto Betawi H. Ma’ruf yang berlokasi di Jalan Cikini Raya No.73 Jakarta Pusat. Harga yang ditawarkan untuk seporsi soto Betawi dengan daging ini sekitar 45 ribu. Bagi anda yang tidak ingin mencoba soto anda juga bisa mencoba laksa dan juga sate di rumah makan ini.

2. Bakmie Gang Kelinci

Makanan populer lainnya di kota Jakarta yang wajib dicoba yaitu Bakmie Gang kelinci. Tempat makan mie ini sudah memiliki banyak sekali cabang di Jakarta, menu andalan dari tempat makan ini yaitu bakmie special yang saru porisinya dihargai sekitar 27 ribu saja. Jika anda ingin langsung mencicipi bakmie ini dipusatnya maka anda bisa langsung datang ke jalan Kelinci raya No.1 Jakarta Pusat.

3. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Makanan populer selanjutnya yang wajib anda coba yaitu nasi goreng kambing kebon sirih. Bagi anda para pecinta kambing pasti anda akan sangat menikmati makanan ini karena dengan harga 27 ribu rupiah saja anda bisa langsung mencicipi nasi goreng ini dengan porsi yang cukup besar. Jika anda tertarik untuk mencoba anda bisa langsung menuju ke Jalan Kebon Sirih No.9 Menteng.

4. Nasi Uduk Gondangdia

Makanan populer Jakarta lainnya yaitu nasi uduk gondangdia yang beralamat di Jalan Cikini IV no.12 Jakarta Pusat. Ciri khas dari nasi uduk ini yaitu penyajian nasinya yang dibungkus dengan daun pisan dan dibentuk seperti bentuk nasi tumpeng. Anda bisa bebas memilih lauk pemdamping untuk dimakan bersama nasi uduk ini. Harga per porsi nasi uduk ini sekitar 20 ribu rupiah saja.

5. Gado-gado Bon Bin

Makanan populer di Jakarta yang wajib anda coba selanjutnya yaitu gado-gado bon bin yang terletak di Jalan Cikini IV no.5 Jakarta Pusat. Meskipun gado-gado ini sederhana tetapi tempat gado-gado ini tidak pernah sepi pembeli bahkan anda harus memesan terlebih dahulu jika ingin kebagian mencoba rasa dari gado-gado ini. Selain gado-gado tempat ini juga menjual asinan yang tidak kalah lezat.

Itulah beberapa kuliner populer kota Jakarta yang wajib anda coba saat datang ke kota ini karena sepertinya belum lengkap jika kita berlibur ke suatu tempat tanpa mencoba kuliner khas dari tersebut. Semoga ini bisa menjadi referensi untuk anda-anda yang akan atau sedang berkunjung di kota Jakarta.

October 9, 2021

October 09, 2021

Berikut Bacaan Surat At Takwir, Ayat 1-29 Membahas Pengulungan Matahari, Simak!

Kali ini kami akan mambahas bacaan surat At Takwir dari ayat 1-29 dimana ayat tersebut adalah salah satu ayat yang membahas hari kiamat. Beberapa bacaan ayat lain seperti bacaan surat Al-Waqiah, An-Naba, dan Al-Mursalat yang juga membahas seputar hari kiamat


 

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam Sunan At-Tarmidzi dan Ahmad melalui sahabat Rasulullah SAW., Ibn ‘Umar ra., ditemukan bahwa Rasulullah saw. Bersabda: “Siapa yang ingin melihat hari Kiamat bagaikan melihatnya dengan pandangan mata kepala, maka hendaklah dia membaca Idza Asy-Syamsu Kuwwirat, dan Idzaas-Sama’Infatharat dan Idza as-Sama’ Insyaqqat.

Nah berikut ini kami akan memberikan bacaan surat At Takwir ayat 1-29 dan terjemahannya, simak berikut.

 

1.Izash shamsu kuwwirat

Apabila matahari digulung,

2.Wa izan nujuumun kadarat

dan apabila bintang-bintang berjatuhan,

3.Wa izal 'ishaaru 'uttilat

dan apabila gunung-gunung dihancu.rkan,

4.Wa izal wuhuushu hushirat

dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak terurus),

5.Wa izal bihaaru sujjirat

dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan,

6.Wa izan nufuusu zuwwijat

dan apabila lautan dipanaskan,

7.Wa izal maw'uudatu su'ilat

dan apabila roh-roh dipertemukan (dengan tubuh),

8.Bi ayyi zambin qutilat

dan apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya,

9.Wa izas suhufu nushirat

karena dosa apa dia dibunuh?

10.Wa izas samaaa'u kushitat

Dan apabila lembaran-lembaran (catatan amal) telah dibuka lebar-lebar,

11.Wa izal jahiimu su'-'irat

dan apabila langit dilenyapkan,

12.Wa izal jannatu uzlifat

dan apabila neraka Jahim dinyalakan,

13.'Alimat nafsum maaa ahdarat

dan apabila surga didekatkan,

14.Falaaa uqsimu bil khunnas

setiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya.

15.Al jawaaril kunnas

Aku bersumpah demi bintang-bintang,

16.Wallaili izaa 'as'as

yang beredar dan terbenam,

17.Wassubhi izaa tanaffas

demi malam apabila telah larut,


18.Innahuu laqawlu rasuulin kariim

dan demi subuh apabila fajar telah menyingsing,

19.Zii quwwatin 'inda zil 'arshi makiin

sesungguhnya (Al-Qur'an) itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril),


20.Mutaa'in samma amiin

yang memiliki kekuatan, memiliki kedudukan tinggi di sisi (Allah) yang memiliki 'Arsy,

21.Wa maa saahibukum bimajnuun

yang di sana (di alam malaikat) ditaati dan dipercaya.

22.Wa laqad ra aahu bilufuqil mubiin

Dan temanmu (Muhammad) itu bukanlah orang gila.

23.Wa maa huwa 'alal ghaibi bidaniin

Dan sungguh, dia (Muhammad) telah melihatnya (Jibril) di ufuk yang terang.

24.Wa maa huwa biqawli shaitaanir rajiim

Dan dia (Muhammad) bukanlah seorang yang kikir (enggan) untuk menerangkan yang gaib.

25.Fa ayna tazhabuun

Dan (Al-Qur'an) itu bukanlah perkataan setan yang terkutuk,
26.In huwa illaa zikrul lil'aalamiin

maka ke manakah kamu akan pergi?

27.Liman shaaa'a minkum ai yastaqiim

(Al-Qur'an) itu tidak lain adalah peringatan bagi seluruh alam,

28.Wa maa tashaaa'uuna illaaa ai yashaaa 'al laahu Rabbul 'Aalamiin

(yaitu) bagi siapa di antara kamu yang menghendaki menempuh jalan yang lurus.

29.Liman shaaa'a minkum ai yastaqiim

Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan seluruh alam.

Nah itulah bacaan surat At Takwir dimana sejatinya surat tersebut adalah penjelasan tentang hari Kiamat dan balasan yang akan diterima oleh masing-masing manusia. Peringatan tersebut bukan hanya untuk orang mukmin saja melainkan untuk non muslim.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar agama. Dan jangan lupa untuk mengamalkannya.

October 8, 2021

October 08, 2021

Arti Dari Weton Jodoh, Mencocokkan Hasil Penjumlahan Kedua Pasangan!

Bagi kamu yang sudah mengetahui bagiamana car menjumlahkan weton Jawa, tentu kamu adalah orang yang cukup mengerti soal weton Jawa. Tetapi, apakah kamu sudah tahu bagaimana arti dari penjumlahan tersebut?


 

Pasalnya banyak sekali pertanyaan terkait hitungan weton Jawa untuk pernikahan. Nah, informasi berikut ini untuk mengetahui apakah angka yang sudah dijumlahkan dari masing-masing pasangan memiliki makna yang baik atau tidak. Penasaran seperti apa? simak ulasannya sebagai berikut.

1.PEGAT (Hasil penjumlahan dari 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Ketika hasil penjumlahan weton masing-masing mempelai memiliki jumlah angka 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36 maka hitungan tersebut masuk ke dalam PEGAT. Untuk PEGAT sendiri memiliki masalah yang sering ditemui di masa yang akan datang. Masalah tersebut cukup beragam seperti ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan atau bahkan masalah yang dapat membuat kedua pasangan bercerai.

2.RATU (Hasil 2, 11, 20, 29)

Jika hitungan weton kedua mempelai memiliki hasil 2, 11, 20, 29 maka mempelai tersebut masuk ke dalam RATU. Dimana RATU sendiri memiliki arti bahwa kedua pasangan tersebut merupakan jodoh sebagaimana mestinya. Selain itu jika mereka menikah, maka akan menjadi keluarga yang terpandang dan disegani oleh lingkungannya. Ada pun mereka akan hidup harmonis ketika memiliki keluarga.

3.JODOH (Hasil 3, 12, 21, 30)

Selanjutnya jika hitungan weton memiliki hasil yaitu 3, 12, 21, 30 maka pasangan tersebut masuk ke dalam kategori JODOH, dimana JODOH sendiri memiliki arti bahwa kedua pasnagan tersebut adalah jodoh yang sebenarnya. Selain itu mereka juga akan menerima segala kekurangan yang dimiliki satu sama lain dan mereka akan menjalani hidup yang tenang hingga masa tua.

4.TOPO (Hasil 4, 13, 22, 31)

TOPO memiliki hasil penjumlahan antara lain 4, 13, 22, 31 dimana pasangan yang memiliki jumlah tersebut dipercaya akan sering mengalami kesulitan pada saat awal pernikahan. Tetapi karena mereka saling memahami satu sama lain, maka mereka dapat melewati smeua masalah tersebut. Biasanya masalah yang akan mereka alami seperti masalah ekonomi, pertengkaran, dan lainnya. Pada saat mereka memiliki buah hati, maka hubungan rumah tangga mereka akan menjadi lebih bahagia dan semua masalah akan dapat dengan mudah dilalui.

5.TINARI (Hasil 5, 14, 23, 32,)

Pasangan yang memiliki jumlah weton 5,14, 23, 32 masuk ke dalam TINARI, dimana TINARI sendiri berarti kedua pasangan akan menemukan kebahagiannya. Ketika mereka menikah maka rezeki mereka akan dipermudah dan hampir tidak pernah mengalami kekurangan. Adapun hidup mereka juga sering dihiasi dengan keberuntungan, maka dari itu pasangan TINARI adalah pasangan yang bahagia.

6.PADU (Hasil 6, 15, 24, 33)

Pasangan PADU memiliki makna bahwa mereka akan sering cek cok atau bertengkar ketika sudah menikah. Namun pertengkaran mereka tidak sampai mengakibatkan perceraian sebab pertengkaran tersebut disebabkan karena hal-hal kecil saja.

7.SUJANAN (Hasil 7, 16, 25, 34)

Pasangan SUJANAN memiliki makna bahwa mereka akan mengalami pernikahan yang cukup sulit sebab sering bertengkar atau bahkan berselingkuh. Hal itu dapat dipicu karena perempuan mau pun lelaki yang memulai perselingkuhan.

8.PESTHI (Hasil 8, 17, 26, 35)

Yang terakhir ada PESTHI yaitu pasangan yang akan menjalani kehidupan damai dan harmonis hingga mereka menua bersama. Hampir tidak ada masalah yang tidak bisa mereka selesaikan dengan kepala dingin, maka dari itu pasangan ini adalah pasangan yang didamba-dambakan.

Baiklah itu saja informasi yang dapat kami sampaikan seputar arti dari weton jodoh dan mencocokkan hasil weton. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, terimakasih.

October 7, 2021

October 07, 2021

Fortune Indonesia Meningkatkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa

Fortune Indonesia pada tanggal 19 Agustus 2021 merilis edisi perdananya, setelah sebelumnya telah resmi diperkenalkan ke tanah air oleh IDN Media. Fortune merupakan media bisnis yang didirikan pada 1929 di New York, Amerika Serikat.



Bisnis Fortune sendiri terfokus pada majalah, konferensi dan platform digital yang ditujukan untuk menambah khazanah bagi pegiat bisnis. Dengan hadirnya Fortune diharapkan membuat mahasiswa sebagai motor perubahan semakin tergerak untuk berkecimpung dalam dunia bisnis.
 


1. Fokus Pada Kualitas

Sedari awal pembentukannya, Fortune mentargetkan pembaca dari golongan pelaku bisnis yang mencakup para pemimpin bisnis, termasuk didalamnya para eksekutif, pengusaha, dan para penanggung jawab pemangku kuasa.

Distribusi informasi pada media Fortune Indonesia terdiri atas berbagai macam kategori diantaranya pasar modal, ekonomi syariah, perkembangan teknologi dan lainnya. Informasi yang dirilis dikemas dalam sebuah karya berkualitas untuk kepentingan bisnis pembaca setia mereka.
 

2. Mengangkat Keberhasilan Perusahaan Besar

Edisi pertama yang dirilis mengangkat tema “game changer” dengan membawa cerita dari super-merger antara dua unicorn Indonesia, Gojek dan Tokopedia. Merger dua perusahaan raksasa ini melahirkan perusahaan baru bernama GoTo yang langsung memberikan perubahan besar terhadap ekosistem online-shopping di Indonesia, semua dikemas secara berkelas pada edisi perdana ini.
 

3. Perwujudan Nyata Dari Visi IDN Media

Fortune Indonesia hadir selaras dengan Visi IDN media untuk mendemokrasikan perkembangan informasi masyarakat Indonesia. Hadirnya Fortune di tanah air merupakan salah satu perwujudan visi dari IDN media, terutama untuk memberikan akses dari informasi bisnis yang berkualitas kepada khalayak umum.

Hadirnya majalah ini juga berproyeksi mengantarkan energi positif bagi mahasiswa sebagai generasi emas bangsa dengan menyajikan cerita-cerita inspiratif dunia bisnis.
 

4. Penebar Inspirasi

Peluncuran edisi perdana menghadirkan berbagai cerita inspiratif bagi para pembaca. Mulai dari langkah-langkah kebijakan yang diambil PT. Bank Central Asia Tbk.

Dalam suramnya badai pandemi, kehadiran teknologi 5G di Indonesia, perkembangan digital banking yang kian pesat, hingga strategi Unilever untuk menaikkan market share ditengah ekosistem keuangan yang masih berada dalam jurang krisis.
 

5. Membawa Fortune Ranking ke Indonesia

Dalam peluncuran edisi perdannya, direksi juga mengatakan akan membawa serta bagian yang telah mengikuti nama besar Fortune, yaitu Fortune Ranking.

Sebuah komitmen untuk menghadirkan Fortune ranking seperti Fortune 500, Fortune 40 under 40 dan berbagai daftar lainnya namun dengan versi lokal. daftar peringkat ini diharapkan menjadi parameter yang terus membakar semangat para pelaku bisnis di tanah air.
 

6. Angin Segar Arus Informasi

Di tengah derasnya aliran arus infornasi, Fortune Indonesia menyatakan komitmen untuk selalu menghadirkan konten informasi aktual dan berkualitas. Dengan jalan menghadirkan berbagai kisah penuh inspirasi dari sudut pandang berbeda.

Semangat optimisme yang dibawa dalam setiap tulisannya memmbawa rasa percaya diri untuk menjadi “game changer” dalam arus informasi tanah air.
 

7. Dedikasi Kepada Pembaca

Dengan dukungan penuh dari IDN Media, tentunya juga memiliki kapabilitas untuk memanfaatkan basis pengguna, jaringan distribusi hingga inovasi teknologi dari IDN media yang kreatif dan inovatif. Media ini didedikasikan oleh IDN Media sebagai penunjang mindset bisnis para pembaca, dalam rangka mencapai kesuksesan bisnis dengan penyajian informasi yang lengkap, aktual dan cara penyampaian yang segar.

Keberhasilan Fortune Indonesia meluncurkan edisi perdananya kali ini diharapkan akan dapat memberikan penyegaran bagi iklim bisnis Indonesia yang sedang mengalami penurunan. Penyegaran ini yang dimaksud adalah inspirasi bagi para pengembang bisnis baru, termasuk para mahasiswa yang berjiwa wirausaha.