#BanggaJadiSingle

Saya heran, kenapa di dunia ini status single itu identik dengan sebuah kehinaan atau ketidakpantasan. Kaum single selalu di bully oleh yang sudah punya pasangan. Kenapa harus seperti itu?

Seharusnya mereka (kaum couple) berfikir bahwa mereka itu minoritas di dunia ini. Seperti yang pernah bang @pandji bilang di show StandUpnya yang bertajuk "Mesakke Bangsaku" : "Di Indonesia, yang mayoritas belagu sama yang minoritas. Yang minoritas merasa kecil dihapadan yang mayoritas"

Faktanya, lebih banyak kaum single daripada kaum couple. Lihat aja sekeliling kamu, misalnya kalian lagi kumpul ber 10, tapi cuman 1 diantara 10 itu yang punya pasangan. Artinya dia minoritas dihadapan kaum single. Kita (kaum single) harusnya jumawa dihadapan mereka yang couple.

Orang-orang cendrung memandang negatif terhadap kaum single. Padahal, kan ya sama aja. Sama-sama manusia, sama-sama bisa makan. Emang ada orang kalo single jadi ga boleh bergaul sama orang gitu? Semacam penyakit menular ke orang lain. Ga gitu juga. Single itu bukan suatu hal yang negatif kalo menurut saya.

Orang menjadi single tentu punya alasan, dan orang punya pasangan juga tentu punya alasan. Orang menjadi single bisa saja karena terpaksa, mungkin karena dia terlalu sibuk dengan pekerjaannya atau memang ingin fokus mengejar mimpinya. Atau dia tidak ingin terikat dengan lawan jenis. Hanya ingin memperbanyak teman saja. Single bisa saja karena pilihan, memilih untuk sendiri daripada bersama tapi saling menyakiti.

Single lambang dari sebuah keikhlasan diri. Menjadi single membuat kita punya banyak waktu untuk belajar melihat siapa diri kita sebenarnya. Apakah kita pantas untuk mendapatkan pasangan yang seperti kita inginkan selama ini? Zaman terus berkembang, begitu pula selera wanita terhadap pria ataupun sebaliknya. Menjadi single membuat kita bisa mengobservasi banyak variasi selera untuk mencari pasangan. 

Saat punya pasangan, kita belum tentu bisa seperti itu. Karena kita hanya memfokuskan diri agar bisa memantaskan diri untuk pasangan kita saja. Tap bukan berarti saat single kita jadi memantaskan diri untuk semua calon pasangan, kewalahan yang ada.

Menjadi single adalah kesempatan untuk bisa jadi lebih baik untuk pasangan yang lebih baik. Masa lalu dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk kita. Buktikan kita bisa berubah.
#BanggaJadiSingle karena kita tidak perlu repot-repot untuk membahagiakan pasangan kita (ya iyalah. emang ga ada pasangannya -_- ). Jika saat berpasangan semua yang kita lakukan adalah untuk membahagiakan dia, maka ketika single, semua yang kita lakukan adalah untuk kebahagiaan kita sendiri. Kita yang ciptakan kebahagiaan kita sendiri, tanpa harus bergantung pada orang lain.

Kadang saat menjadi couple kita harus bisa meredam ego kita sendiri agar pasangan bahagia. Misal, ketika seorang cowo yang hobi nonton pertandingan bola dihadapkan dengan 2 pilihan : 1. Menonton pertandingan bola  di rumah karena ini pertandingan yang menentukan siapakah yang juara pada musim ini dan kamu ga mau kalo cuman nonton beritanya aja esok harinya. 2. Harus nemenin pasangan ke salon (dan kalo kamu nolak dia bakal ngambek) yang kalo pergi ke sana harus kena macet, di jalan pasangan kamu lagi PMS dan ga bisa salah sedikit, terus pas udah nyampe salon, salonnya malah tutup dan pulangnya kamu yang dicuekin sama dia karena bete ga bisa nyalon, cueknya berlanjut sampai 3 hari kemudian.

See? Yang ada kita harus memilih pilihan nomer 2 dan menelan ego kita sendiri untuk membahagiakan pasangan kita, yang mungkin bisa saja berakhir lebih parah atau lebih happy ending dari ilustrasi yang digambarkan tadi.

Kita harus bangga menjadi kaum single. Karena kita mayoritas. Jangan takut di bully oleh kaum couple. Mereka itu minoritas. Ingat ! MINORITAS.

Menjadi single atau couple itu pilihan. Dan masing-masin pilihan punya konsekuensi sendiri. Tiap orang punya alasannya sendiri ketika memilih single atau couple.

Tidak perlu memandang hina kepada yang single dan tidak perlu iri kepada yang couple.

Sudah banyak keuntungan jadi single yang saya paparkan di atas. So, silahkan deklarasikan diri anda jika anda #BanggaJadiSingle !

45 comments:

  1. #BanggaJadiSingle
    gue bangga jadi singgel, bener kata kk "Menjadi single membuat kita punya banyak waktu untuk belajar melihat siapa diri kita sebenarnya" aku jadi punya banyak waktu buat memahami diri sendiri, dari pada sibuk-sibuk memahami pacarnya yang kadang suka bikin ribet haduuuuh.

    Dan yang paling enak adalah, jadi punya banyak waktu untuk membahagiakan diri kita sendiri. seperti menhgabiskan waktu dengan melakukan hal yang kita suka, tanpa memiliki keterbatasan harus meluangkan waktu untuk pacar hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kann?hhahaha
      semoga setelah baca ini jadi termotivasi buat jd lebih baik :)

      Delete
  2. lama gak blog walking dan begitu jalan ke blog orang dapet postingan kayak gini... dan SAYA SETUJU BANGET! dan aku suka quotenya bang pandji. beberapa orang mayoritas suka belagu. beberapa lho yah... bukan semua.

    single itu lho enak bangeet~ punya me time yang banyak... punya waktu yang banyak buat ngebahagiain diri sendiri. #BanggaJadiSingle! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kan? kalo sama pacar me time itu hampir ga ada. kita selalu mencurahkan perhatian buat pacar aja..

      Delete
  3. Kesalahan kaum single itu; kebanyakan merasa minder ama kaum couple. Gak bisa nyalahin kaum couple juga sih. Tapi kalau mau disalahin juga bisa. soalnya kaum couple itu kebanyakan belagunya... waktu ngumpul2 bareng teman, mentang2 dia bawa pasangan, dianya jadi nggak fokus bergaul dengan teman2 yang lain. harusnya berbaur. bukan begitu?
    ngomong apa sih gue.....
    Hadehh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh gimana gimana? gue ga nyimak nih :))

      Delete
  4. #BanggaJadiSingle! Karena selain gak berdosa, terus ke pelajaran juga lebih fokus. Bisa ngerencanain dan melakukan apa-apa dengan tenang, apalagi jadinya tiap pagi bangun fresh, soalnya malemnya gak begadang buat chat atau galau dulu gitu gara gara doi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwahahaha sepertinya pengalaman pribadi nih :))
      gue justru pas single bisa bangun siang. soalnya ga ditelpon pacar waktu dia pergi kerja :D

      Delete
  5. gilak ini postingan udah kayak demokrasi banget. emang bener ya yang single selalu dikucilkan? di daerahku enggak sih.. oh iya, kamu nonton mesakke bangsaku ya? keren. coba aja turnya pandji

    oh iya aku single juga loh. #Kode

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwahahaha semacam orasi demonstran gitu ye?maklum lah gue kesel sama kaum couple yang sok-sok ngehina yang single :D

      gue single,kuh. tapi walaupun gue single, gue pasti milih2 mau nerima kode yang mana -_-

      Delete
  6. Keren. Ini tulisan motivasi apa curhat yah: *kabuuuurrr

    *balik lagi:D

    Single adalah pilihan, punya pasangan juga pilihan, karena hidup adalah pilihan. Terserah kamu maunya apa. Mau single atau enggak, yang penting kamu yakin ngejalaninnya. #tsaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. errr.. curhat juga sih sebenernya. sekalian promosi kalo yang nulis lagi single gitu hahahaha :D

      Delete
  7. Wah, keren juga nih. Gue bangga jadi singel. #kode

    Gue suka sama kalimat ini "Menjadi single adalah kesempatan untuk bisa jadi lebih baik untuk pasangan yang lebih baik." Gue setuju banget.

    Untung aja saya single jarang dihina atau dibully, hehehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. good job broo.. kalo lo dihina tenang aja, lo mayoritas ! hahahah

      Delete
  8. setujuuuuu :)
    walau aku sudah menikah dan punya pasangan tapi aku gak setuju tuh ada orang yg selalu ngebully kaum jomblo atau single
    bagiku itu pilihan hidup mereka, bukan hak kita utk meminoritaskan mereka
    salut sama postingannya
    smg yg single2 tetap semangat, dan yg sudah punya pasangan gak sombong
    toh pada dasarnya pilihan ke-2 lbh sulit daripada yg ke-1

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mba meii..
      mungkin karena pilihan berpasangan itu lebih sulit drpd yang single, makanya oknum2 couple itu banyak yang iri, tp ngirinya dengan cara ngebully..
      menyembunyikan kedok sebenarnya :p

      Delete
  9. Sebenernya sih aku nggak pernah masalah sama status single atau couple. Toh mau jadi apapun itu pilihan diri sendiri. Jadi single emang bisa memilih-milih dan memantaskan diri buat dapet masa depan yang terbaik. Tapi, saat udah punya couple pun kan sebenernya lagi mencari kecocokan sama pasangan. Tiap pilihan pasti ada lebih kurangnya. Entah single, entah couple. Yang penting gimana pinter-pinter kita ngejalaninya aja sih kalo kata aku :D

    Dan yang terpenting, jangan sampe ledek-ledekan single vs couple. Mau single atau couple sama aja kan inti tujuannya buat hidup berbahagia^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kata2 kamu menarik nih "saat udah punya couple pun kan sebenernya lagi mencari kecocokan sama pasangan"
      berarti intinya kita itu sama2 mencari. yg couple mencari kecocokan, yang single mencari yang sama pantasnya dengan kita.
      Sip ! nambahin ide buat nulis lagi,nih

      Delete
  10. #GUESINGLE tapi gue pengen couple, hahahaha
    yang jelas jadilah single yang berkualitas, bukan single yang ditindas

    dijadiin pidato kayaknya asik nih. :D

    kalo ga skalian bikin partai, PARTAI SINGLE. Isinya kaum jomblo semua
    kan udah mayoritas tuh, lumayan kalo menang
    hahahaha. *ngomong opo sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai broohh. jangan terlalu ngebet buat punya couple. ntar dikira sange lagi hahaha :)))
      ga ah.. gue males bikin partai, ntar gue mesti koar2 di tv trus blusukan gitu. repot.

      Delete
  11. Menjadi single membuat kita bisa mengobservasi banyak variasi selera untuk mencari pasangan.

    ini gue suka bingittt, emang bener gue pun single tapi gue malahan nyaman seperti ini karna gue bisa lebih dan lebih dan lebih memacu diri untuk bisa menjadi pantas, biar Alloh ngasih yang pantas dan dipantaskan sama gue..khan yang baik ketemu yang baik...hehehehe..

    emang kadang pacaran malahan bikin menyiksa karena kita nggak bisa jadi lebih ngembangin diri kayak kao single karena merasa 'udah ada yang punya', udah gitu kalo bertengkar apa gunanya coba?? menua bersama juga belum tentu hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener.. laki2 baik untuk perempuan yang baik. dan sebaliknya :) udah ada dalam al quran tuh.
      kalo pas couple bertengkar sih wajar aja kalo menurutku, asal ga keseringan aja. kalo keseringan mah berarti emang udah ga cocok lagi hahaha

      Delete
    2. tapi kan lo biasanya galau mey?

      Delete
  12. setuju nih! apalagi buat pelajar kayak aku. blm tau arti cinta. pecaran bukan suatu hal yang baik untuk dibanggakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo kamu udah bisa pacaran. pasti ngerasain deh yang namanya pamer kemesraan itu kaya gimana :) just wait and see

      Delete
  13. sebenernya si ketika seseorang punya pasangan mereka juga dilatih untuk bersabar... tpi bukan yg single juga enggak bisa dilatih bersabar, malah lebih ektras sabarnya.
    yg membuat kata single itu berbeda hanyalah persepsi orang yang hanya menyudutkan satu sisinya saja, sehingga membuat kata single itu "hina" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh bener banget.. single ataupun ga itu sebenernya sama2 bersabar :)
      maka dari itu aku nulis di sini biar mereka2 itu ga mandang single di satu sisi aja

      Delete
  14. Saya bangga jadi single. Tapi kalau ada yg mau jadi couple saya, ya ga nolak pasti. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih juga mauu.. maksudnya ketika jadi single itu jadilah single yang gagah berani, bukannya terpuruk dan jadi galau berkepanjangan. gitu loh :))

      Delete
  15. #BanggaJadiSingle itu ketika mereka(couple) harus ngenes dan mewek grgr pasangannya, dan aku yg single lebih memilih utk bahagia drpd mereka. Eyaaaak. #SalamJomblo dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam jomblo hahaha..
      hidup single atau berpasangan itu pilihan masing2 semua ada resikonya

      Delete
  16. bhahaha gue jadi pengen single lagi, bergabung sama kaum-kaum kreatif ini :'' . tapi gimanalah gue terlalu ganteng buat single. :p muehehe


    http://www.semutboy.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalo muke kaya lu aja terlalu ganteng buat single, mestinya gue udah merit.

      Delete
  17. gue punya cara bro supaya status single lo ketutup, cek aja di blog gue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. entar ye kapan2
      dan kayanya ga perlu juga sih buat nutup2in status. buat apa?

      Delete
  18. #BanggaJadiSingle !

    Kalo ada yang ngehina single/jomblo, coba mention ke si Juki deh. Capres Juki sangat membela kaum single/jomblo. Hidup Juki! #lah

    Btw, quote Mas Pandji di MB keren-keren banget, dan itu FAKTA abis! Gue pengin beli DVDnya tapi gak ada duit. :( #curco

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli yang digital download aja bro.
      lebih murah daripada dvd :))

      Delete
  19. pulang ngampus bebas mau langsung balik atau maen kemana aja #BanggaJadiSingle
    mau makan gak mikirin sms/telpon pacar buat ngingetin dia makan juga #BanggaJadiSingle
    pulsa awet #BanggaJadiSingle
    abungan gak abis-abs #BanggaJadiSingle

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap broo !!
      bener tabungan gue membengkak habis putus dari pacar gue hahaha :))

      Delete
  20. single tuh seakan akan hina ya?
    padahal mah itu cuma pengelabuan perspektif dari masyarakat (anggep aja anak muda tengil sok gaul) aja kalo single itu kesannya hina.
    ah padahal kalo algi single seru loh, bisa eksplor diri ke berbagai kegiatan tanpa takut ada yang bilang "kamu jangan gitu dong yang, nanti waktu buat aku kapan?"

    yeee ngomong nih sama colokan listrik.

    berdua emang lebih asik, tapi kalo bikin singit mending sendirian :3

    visit juga dong hihiw --> http://girlinsidecamera.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwahahahha
      sebenernya yang nganggap single itu hina ya para single desprate aja. mereka yang nganggap ga punya pasangan itu = kerendahan martabat seorang manusia. sehingga orang-orang pun jadi ga simpatik dan ngehina hina dia juga.

      Delete
    2. mere iri doang kok hihiw :3 gatau cara menyikapi jadi single yang selo

      Delete
    3. nah itu dia. semacam ga bisa nerima kenyataan kalo dia itu mesti single. seolah dia paling ganteng/ cantik sedunia gitu hahaha

      Delete
  21. "Kita (kaum single) harusnya jumawa dihadapan mereka yang couple."
    haha setuju banget :D
    Mending single tapi simple daripada couple bikin trouble :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha keren rhyme nya.
      single tapi simple. daripada couple tapi trouble :))

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.