Tidak Hanya Wanita, Kenali 15 Penyebab Rambut Rontok pada Pria

Rambut rontok itu wajar dan pasti akan tumbuh kembali. Namun jika kerontokan terjadi hingga 100 helai ke atas setiap hari, Anda pasti akan merasakan kecemasan.







Nah, untuk mengetahui apa saja faktor yang bisa menyebabkan rambut rontok pada pria? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Faktor Keturunan


Faktor keturunan atau genetik merupakan penyebab rambut rontok yang tidak bisa Anda hindari. Kebotakan di usia muda pada pria bisa saja diwariskan oleh ibu ataupun ayah Anda.


2. Proses Penuaan


Siklus pertumbuhan rambut akan semakin melambat ketika Anda semakin tua. Ketika memasuki usia 30an tahun, biasanya rambut pria akan mengalami penipisan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan transplantasi rambut namun harus mengeluarkan biaya yang cukup besar tentunya.


3. Keramas tidak bersih

Ketika Anda tidak bersih saat keramas, maka kotoran akan tertinggal di kepala dan tidak terangkat dengan maksimal sehingga memicu munculnya ketombe dan kerontokan. Maka Anda perlu membilas rambut dengan bersih agar semua kotoran dan sisa sampo terangkat.


4. Keseringan Keramas

Rambut Anda akan menjadi kering jika terlalu sering keramas. Keseringan keramas akan membuat minyak alami yang ada pada rambut dan kulit kepala menjadi terkikis dan hilang. Sehingga, nutrisi pada rambut pun akan hilang dan perlahan menjadi rontok.


5. Tidak menggunakan shampo yang tepat

Mungkin saja Anda perlu memperhatikan komposisi pada shampoo yang Anda gunakan. Maka Anda harus menemukan shampo yang tepat dan bisa merawat kulit kepala dengan baik.

6. Ketombe Parah

Ketombe yang sudah sangat parah, bisa menyebabkan kerontokan pada pria. Ketombe akan menumpuk dan menutupi folikel-folikel rambut sehingga menyumbat minyak alami untuk keluar sehingga sulit untuk mendistribusikan nutrisi secara merata.

7. Pola makan yang buruk

Kekurangan protein dapat menjadi menyebabkan utam kerontokan rambut pada pria. Sehingga, Anda perlu mencukupi asupan protein Anda agar terhindar dari anemi yang bisa berakibat pada rambut rontok.


8. Sering mengikat rambut

Para pria rambut gondrong, kerap kali mengikat rambutnya dan mungkin terlalu kencang. Ini bisa menyebabkan akar rambut Anda tertarik terlalu kuat sehingga menyebabkan kerontokan.

9. Sering mewarnai rambut

Pemakaian zat kimia yang berlebihan pada rambut dapat memicu terjadinya kerontokan yang parah hingga menyebabkan kebotakan. Sehingga, sebaiknya Anda menghindari dan mengurangi penataan dengan mewarnai rambut terlalu sering.

10. Merokok

Studi yang dilakukan pada tahun 2007, menemukan bahwa rokok dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan manusia termasuk mengalami kebotakan. Jika seorang pria mengalami kerontokan, bisa jadi penyebab utamanya adala rokok.

11. Memakai helm atau topi terlalu lama

Memakai helm atau topi terlalu lama ternyata juga bisa menyebabkan rambut menjadi berkeringat sehingga membuat produksi minyak pada kulit kepala secara berlebihan. Terlebih jika helm dan topi yang Anda gunaka kotor dan membuat kulit kepala tidak sehat.

12. Menggosok rambut menggunakan handuk terlalu keras

Ketika mengeringkan rambut sebaiknya Anda menepuk-nepuknya saja dan tidak menggosoknya terlalu keras. Hal ini karena gesekan yang terlalu keras pada handuk menyebabkan kutikula rambut menjadi rusak dan berisiko rambut menjadi mudah patah serta rontok.

13. Stress

Perubahan hormon akibat stress dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, terlebih bila Anda mengalami stress yang hebat.

14. Masalah kesehatan

Rambut rontok bisa disebabkan karena Anda menderita penyakit tertentu, seperti anemia, toroid dan psoriasis sehingga berujung kerontokan pada rambut.

Demikianlah 14 penyebab rambut rontok pada pria, yang mungkin salah satunya menyebabkan kerusakan pada rambut Anda. Sebaiknya lakukan perawatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda agar rambut menjadi lebih sehat.





Tidak Hanya Wanita, Kenali 15 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Tidak Hanya Wanita, Kenali 15 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Reviewed by Radhian on October 11, 2021 Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.

Powered by Blogger.