Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Keperluan Pribadi

Tahun 2021 udah mau berakhir, apakah kamu masih kesulitan untuk menabung sebagian dari penghasilan/gaji yang kamu dapatkan? Bisa jadi kamu belum ngerti cara atur keuangan. Padahal skill ini penting banget untuk kamu lakukan agar masa depan kamu tetap terjamin.

Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Keperluan Pribadi
 

Karena kalo kamu ga menguasai cara atur keuangan, bisa jadi masa depan kamu juga menjadi tidak pasti. Karena salah 1 kunci untuk bisa membuat masa depanmu terjamin adalah pintar mengatur keuangan pribadimu.

1 Tips yang sering saya dengar dari pengusaha-pengusaha terkenal di luar sana, bahwa mereka tidak menggantungkan penghasilan mereka hanya dari 1 tempat saja. Artinya, mereka punya banyak sumber penghasilan yang dimiliki.

Oleh karena itu, kamu juga mesti punya banyak sumber penghasilan. Ini menjadi salah 2 kunci menjamin kepastian masa depanmu. Karena sekali lagi, masa depan itu tidak ada yang tau pasti seperti apa terjadinya. Jadi lebih baik siapkan dari sekarang.

Lalu bagaimana cara dan tips mengatur keuangan untuk keperluan pribadi. Kita bahas sama-sama ya!

1. Bikin Pos Pengeluaran

Atur pengeluaranmu dengan membuat pos pos tersendiri. Kemudian masukkan sesuai dengan budget yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Uang yang sudah dimasukkan ke posnya tidak boleh digunakan untuk membayar pos lain. Dengan begitu kamu akan lebih disiplin membelanjakan uangmu.

2. Ditabung Dulu, Kemudian Belanja

Orang-orang pada umumnya belanja dulu baru nabung, padahal konsep ini terbalik jika dipandang dari sisi keamanan finansial. Justru seharusnya kamu menabung dulu baru belanjakan sisanya. Dengan begitu, kamu 1 langkah lebih baik untuk mengamankan masa depan kamu melalui keuangan yang lebih terencana.

Bahkan jika perlu, kamu bisa memanfaatkan fitur nabung rutin yang ada di bank yang kamu gunakan. Jadi ga perlu khawatir lagi kelupaan menabung tiap bulan, kan?

3. Bayar Utang Dan Cicilan

Kalo kamu punya utang/cicilan prioritaskan untuk melunasinya lebih dulu. Kalo perlu, langsung dilunasin begitu ada uang lebih atau lagi dapat bonus dari kerjaan. Karena utang itu akan memotong uang kamu sangat banyak biasanya, maka dari itu akan lebih baik kalo kamu bisa melunasinya lebih cepat.

4. Gunakan Formula 40-30-30

Sebetulnya mengatur keuangan pribadi itu susah-susah gampang. Akan lebih mudah ketika kamu mengunakan formula 40-30-30 ini. Dengan rincian:

  • 40% untuk pengeluaran rutin bulanan seperti bayar listrik, makan, bayar kost an, belanja bulanan, service rutin, biaya transportasi, dll dkk
  • 30% untuk hutang/cicilan
  • 30% untuk menabung/investasi

5. Manfaatkan Promo

Siapa yang disini ga suka promo? Manfaatkan event promo untuk bisa menekan pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan barang/produk yang kamu inginkan, dengan harga yang lebih terjangkau. Pastikan juga barang yang akan kamu beli memang kamu butuhkan ya! Bukan sekadar karena kepengen aja, biar uang yang kamu keluarkan tetap punya manfaat.

Dengan memanfaatkan promo seperti ini, kamu bisa saja memiliki dana keuangan tersisa. Jadi kamu bisa manfaatkan sisa kelebihan dana itu untuk keperluanmu yang lain. Atau bisa jadi kamu investasikan saja, biar makin berkembang aset yang sudah kamu miliki.


Artikel dibuat dalam rangka memeriahkan Hari Keuangan yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober.

Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Keperluan Pribadi Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Keperluan Pribadi Reviewed by Radhian on October 29, 2021 Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.

Powered by Blogger.