Ingin malu atau dipermalukan?

Pagi ini sebuah artikel dari NatGeo Indonesia menggelitik rasa malu saya akan Indonesia.

Berawal dari tulisan seorang warga Negara Bulgaria, yang menulis dengan judul yang ofensif "Bandung, The City of Pigs" di sini 

Saya bukan orang Bandung, namun saya secara tidak langsung ikut malu. Karena orang luar negeri menilai warga Bandung, yang seingat saya itu juga warga Negara Indonesia, hidup dalam lingkungan yang lebih kotor daripada tempat tinggal babi.

Sebegitu kotor,kah?

Mungkin iya, mungkin tidak. Relatif. Tapi yang terpenting adalah, artinya kesadaran masyarakat untuk hidup bersih masih sangat kurang. Termasuk di kota saya sendiri.
Di sini dikenal dengan julukan 1000 sungai, karena kota ini dikelilingi oleh aliran sungan yang panjang dan besar. Banjarmasin. Itu kota tempat saya tinggal.

Karena banyak sungai, otomatis banyak masyarakatnya yang tinggal di pinggiran sungai. Dan melakukan kegiatan sehari-hari di atasnya. Termasuk membuang sampah/kotoran. Saya pernah melakukan wawancara dengan salah satu ketua RT di lingkungan dimana banyak masyarakatnya tinggal di pinggiran sungai. Dan ternyata masih banyak warga yang membuang sampahnya ke sungai. Karena menurut mereka lebih gampang membuang ke sungai daripada harus ke TPS.

Jika masih ada orang yang membuang sampahnya ke sungai, kenapa TPS tetap saja selalu menumpuk sampah? Jika kita menghitung jumlah sampah yang dibuang ke sungai, dan kita kumpulkan, mungkin jumlah akan menyamai jumlah timbulan sampah di TPS.
Jika memang demikian, maka lingkungan di kota Banjarmasin pun tak kalah kotor dari Bandung. Seharusnya kita malu, karena untuk sampah saja sudah malas membuang ke tempatnya. Di Banjarmasin ini banyak orang yang memakai mobil-mobil mewah dan berkelas, tapi terkadang masih saja ada yang melempar sampah sembarangan ke luar jendela. Memalukan !


Pilih mana? malu karena membuang sampah sembarangan, atau dipermalukan orang lain karena tingkah laku yang menjijikkan itu?

Ubah perilaku dari sekarang, sebelum semuanya terlambat. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Sehat itu mahal harganya. Budayakan hidup sehat sedari kecil agar tua-nya nanti menjadi panjang umur.
STOP BUANG SAMPAH SEMBARANG ! STOP MENCEMARI LINGKUNGAN SENDIRI !

38 comments:

  1. Di mana ada keramaian, di situ banyak sampah. Bukan karena kurangnya tempat sampah, toh di rumah pasti ada tempat sampah kan? Yang ada itu masyarakat kita seperti nggak mau dekat-dekat dengan sampah yang mereka hasilkan sendiri. Sebisa dan secepat mungkin sampah harus dibuang, dan jadilah City of Pigs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masuk akal sih.. jadi sebetulnya mereka itu higienis ya. tapi higienisnya males buang sampah ke tempanya, malah buangnya suka sembarangan. jadilah seperti sekarang..

      Delete
  2. Gue warga bandung, dan cukup kaget juga pas denger kabar gitu. Kenapa yang nyadar, harus orang bule? Warga asing? Sementara warga sendiri gak ada yang menyadari dan ingin membenahi.

    Dan, berkat artikel itu juga gue jadi lebih sadar. dan gak pernah buang sampah sembarangan lagi B-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah setidaknya ada yang masih peduli untuk menyadarkan kita. iya ga? kalo udah ga ada yang peduli lagi bisa2 kacau hehe

      Delete
  3. orang bule tuh asal ngomong. Indonesia tuh bersih man, gak percaya? Lo liat aja, berapa banyak yang makan di warung tenda pecel lele? Bejibun... Bule mana biasa makan di tempat begituan. hehe...

    Masalah sampah? Indonesia ini pemales? Percaya gak? harus percaya.
    Makanya, kalo sampah masih berserakan di pinggir jalan dan manusianya sendiri susah dibilangin. Harusnya ada alternatif lain, contohnya perbanyak tukang sampah keliling.

    selalu ada alasan diatas alasan.

    itulah Indonesia

    dan itu juga karena komen ini nongol disini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan saya :
      1. apa hubungannya warung tenda pecel lele sama kebersihan lingkungan?

      percuma banyak2 tukang sampah keliling kalo manusianya emang ga pernah peduli sama lingkungannya sendiri. Apalagi manusia yang bisanya cari alasan doang. Apa-apa nyalahin orang lain. Berubahlah untuk diri sendiri, kalo memang ga mau buat orang lain.

      Delete
  4. dan orang indonesia tuh benci captah...

    nulis angka2 itu gak penting banget, mending pake moderasi komentar. hihihi...

    ReplyDelete
  5. Nah ini gue setuju.. kalo belum ketemu tempat sampah, pegang aja dulu sampahnya. Sebenernya belajar di biasain sih, toh engga ada ruginya buat kita hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah ya itu.. ada aja manusia yang males. kalo udah males apa2 juga susah hahaha..

      Delete
  6. keren nih postingannya, bisa menyadarkan masyarakat meskipun dalam hal yang sangat sepele, membuang sampah pada tempatnya.

    sebenarnya semua itu tergantung kebiasaan kita sendiri. kalo aja semua orang di Indonesia ini membuang sampah pada tempatnya. mungkin jalanan di Indonesia bisa bersih seperti jalanan di kota Eropa.

    ga usah jauh2 ke Eropa deh kita lirik aja negara tetangga, Singapura. lingkunngannya bersih banget kan. semua tergantung kebiasaan warganya.

    btw gue udah follow blog lo nih, follow back ya biar makin erat pertemanannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebiasaan warganya dan ketegasan pemerintahnya dalam menerapkan aturannya. kalo pemerintahnya tegas, mau ga mau warga harus membiasakan dirinya juga,kan?

      sudah difollowbalik mas. makasih :)

      Delete
  7. Coba nyari orang kreatif yang bisa ngolah sampah itu semudah bertemu sampah, mungkin permasalahan sampah ini akan cepat selesai.

    Oh iya, CAPTHCA itu nyebelin. Setuju nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga sih jadi solusi, tapi kalo nyari aja susah. gimana kalo kita sendiri yang jadi orang itu?hehehe

      baiklah captchanya udah dihilangkan...

      Delete
  8. gampangnya ya seperti,mba bilang. mulai dari keluarga sendiri aja. nanti lama-lama mereka sadar kok. intinya budayakan untuk selalu menjaga lingkungan bersih dan sehat sedari kecil :)

    ReplyDelete
  9. hihi,, langsung melakukan dari tindakan kecil dengan memberi contoh buang sampah pada tempatnya. kemudian ngajak yang lain dengan cara yang kreatif. Maka jadilah komunitas, dari sanalah biasanya akan mudah tertransfer niatan untuk buang sampah pada tempatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk komunitas bisa jadi salah satu solusinya juga. semoga makin banyak komunitas yg tergerak buat memerhatikan lingkungan di kotanya :)

      Delete
  10. Artikel ini jika dikemas dengan baik dari segi pemakaian bahasa dan kaidah EYD, bisa dikirim ke koran. Ada kalimat yang tak efektif. Kalau mau, kirim saja ke inbox FB untuk "dibabat". Gak apa belajar secara privat jika akunya sempat.
    Soalnya untuk berbagi tips menulis agar dimuat media tak bisa cepat saji alias instan. Ada proses yang lumayan panjang. Kayak trial and error, tapi harus dengan revisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah begitu ya,bu? terimakasih sarannya. nanti saya kirim via inbox ke FB ibu :)

      Delete
  11. betul ! harus mulai dari diri sendiri dan untuk diri sendiri jika malas berbuat untuk orang lain :)

    ReplyDelete
  12. Padahal buang sampah pada tempatnya itu gampang. Tinggal buang ke tempatnya, udah deh gak pake ribet. Tapi masih aja ada yg buang sampah sembarangan, ngeselin emang :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah.. kadang kemalasan bisa bikin orang menyulitkan yang gampang sepertinya hahaha

      Delete
  13. bener banget berarti kutipan bang juki "sampah itu kotoran eek itu kotoran
    kalau lo malu boker sembarangan seharusnya lo malu buang sampah sembarangan" visit balik ya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kann.. berarti juki sepaham sama gue hahaha..
      link blognya mana gan??

      Delete
  14. <- Ngerasa dipermalukan juga. Ga dipungkiri, gue juga pernah nyelipin sampah di laci meja:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mulai sekarang ubah kebiasaan ya :) terimakasih sudah mampir

      Delete
  15. sebener nya bukan malu, atau kenapa-kenapa nih ya, indonesia itu orang nya terlalu sok, lu tau kenapa? apa-apa mau nya praktis, misalkan bos nih di kantor nya, mana ada bos buang sampah langsung ke tps? ga ada. paling bilang nya "itu udah ada yang urus" iya sih bener, tapi kebiasaan dikantor lebih sering di bawa ke sosial sehari-hari, buang sampah dijalanan = "AH UDAH ADA YANG URUSIN" bilang nya gitu. Jangan mentang-mentang di indonesia banyak pemulung nya malah jadi bodo amatin karena ada yang urusin, setelah baca ini, gua jadi bercita-cita buat proyek buat tukang sampah, jadi tukang sampah ini nanti gua kumpulin di satu kantor, dia ngambil sampah pake mobil & motor yang sudah dimodif sedemikian rupa untuk menampung sampah di kota-kota besar, dan pemulung gua ini udah bakal gua jamin bersih, lengkap dengan seragam, dan disiplin, ini emang baru mimpi, tapi kalo bisa jadi kenyataan kenapa engga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren bro ! gue dukung lu bikin program kaya gitu. kalo beneran kejadian, artinya 'level' tukang sampah naik setingkat lebih tinggi. udah ga pake gerobak lagi. mereka jadi ga cape. semoga tercapai :)

      Delete
  16. Itulah susahnya memberi edukasi ke masyarakat kalau buang sampah semabrangan itu enggak ada untungnya sama sekali. Lihat saja Jakarta. Karena warganya banyak yang buang sampah di kali, kali dnagkal, banjir. Warganya malah nyalahin pemerintah. Fiuhh.

    Untuk masalah sampah juga pernah tuh disangka pemulung, gara gara sering bawa kantong plastik buat mungutin sampah di jalan. Sampai sampai di sekitar rumah kalau ada sampah saya pungut, tetangga melihatnya aneh.

    Yasudah, tidak usah main salah salahan. Yang penting abreng bareng kita sosialisasikan pentingnya hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan.:)

    Kau ngetik pakai hape ya? Ini tak ada spasi enter untuk paragraf baru:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setuju. kalo main salah-salahan semua pasti ga mau disalahin :)
      pake laptop loh padahal. itu emang sengaja ga dipisah karna masih dalam satu kesatuan sama yang diatasnya hehe

      Delete
  17. susah sekali kalo buang sampah pada tempatnya karena takut dihukum

    sadar kebersihan harus didasari dari dalam diri :D

    ReplyDelete
  18. iyaa..rasanya maluu banget... city of pig...kieliatan joroknya,,,ampun deh....
    tapi kadang kita sendiri juga ngelakuin itu loh...emang butuh kesadaran yang lebih tinggi dari masing2 orang..yah...harus sama2 introspeksi lah...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. emang mesti kaya gitu. semoga bisa tulisan ini bisa jadi lingkungan sekitar kalian jadi lebih bersih :)

      Delete
  19. itu tulisan blogger darimana yaa? Sebegitu hina nya Bandung di julukin sedemikian kata yang ehem banget.

    Emang Indonesia makin menjadi-jadi saja kalo masalah sampah. Memang musti di hilangkan budaya kotor ini !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu orang bulgaria. mungkin ga separah itu. bisa jadi cuman triknya dia biar orang pada ngebaca :)
      mulai dari diri sendiri aja dulu. biasakan hidup bersih. pasti bisa

      Delete
  20. kalau neglohat orang yang naik mobil mewah tapi baung sampah sembarangan, gampang men, deketin ttuh mobil lalu baret catnya dengan kunci motor atau uang logam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. habis itu kita2 dikejar2 sama yang punya mobil menn hahaha

      Delete
  21. Kami RAJA PLASTIK INDONESIA menjual berbagai produk plastik termasuk tempat sampah plastik yang dijual ke seluruh kota di Indonesia. Kantor kami berada di Jakarta, Telp : 021-87787043 / 081953841039, atau klik website kami di : www.rajaplastikindonesia.com atau www.tempatsampahplastik.net

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.