Seperti Inilah Cara yang Benar Dalam Membersihkan Kolam Renang

Apabila kamu memiliki kolam renang pibadi di rumah, tentunya kamu harus menghemat biaya perawatan dengan membersihkan kolam tersebut sendiri. Sejatinya, pekerjaan yang satu ini memanglah tidak ringan karena harus mengawasi kadar bahan kimia di kolam minimal 3 kali dalam seminggu.


 

Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa tips untuk merawat dan membersihkan kolam renang. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan dibawah ini. 

1. Bersihkan Permukaan Kolam dengan Skimmer Daun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan, yakni membersihkan permukaan kolam dengan menggunakan skimmer daun. Langkah tersebut harus dilakukan setiap hari, agar kolam renangmu tidak terkontaminasi. Mengenai caranya, pasang skimmer pada tongkat teleskopik untuk memulai, lalu gunakan jaring untuk mengambil kotoran, seperti dedaunan, plastik, dan berbagai jenis kotoran lainnya. 

2. Menyikat Bagian Dinding dan Tangga Kolam

Apabila permukaan kolam renangnya sudah dibersihkan, maka langkah kedua yang harus dilakukan adalah menyikat bagian dinding dan tangga kolam. Kamu bisa menggunakan sikat khusus untuk membersihkan dindind dan tangga kolam tersebut. 

Pasangkan sikatnya pada tongkat teleskopik dan sikat area-area kolam, lalu berikan tenaga lebih jika kotorannya cukup bandel. Disamping itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan area-area dengan sirkulasi air buruk, seperti bagian tangga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini dalam seminggu sekali. 

3. Mengontrol Bahan Kimia Kolam

Ada cukup banyak jenis bahan kimia di dalam air kolam renang, yang berfungsi untuk menjaga kebersihan kolam. Namun, faktor cuaca dapat mempengaruhi kadar pH kolam, sehingga kamu harus mengontrol atau menguji kadar pH kolam setidaknya 3 kali dalam seminggu agar lebih aman saat digunakan. Alat untuk menguji kadar pH ini bisa kamu beli di apotik maupun supermarket, dan disarankan memilih yang bermerk. 

Menurut informasi yang di dapat, kadar pH pada kolam renang itu harus berada di kisaran 7,2 dan 7,6. Apabila kadar pH kolam berada diatas atau dibawah angka tersebut, maka kamu harus menggunakan penambah atau pengurang kadar pH. Dalam hal ini, gunakan sesuai kebutuhan untuk menyesuaikan dengan kadar pH kolam. 

4. Menyalakan Filter Selama 24 Jam Sehari

Kamu harus menyalakan filter kolam selama 24 jam sehari dalam beberapa hari. Pasalnya, hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri serta kotoran yang terkumpul di kolam. Pastikan juga bahwa kamu melakukan backwash pada filter sebanyak 3 – 4 kali sehari, karena jika air kolam sudah berwarna hijau bisa menyumbat dan merusak filter. 

Disamping itu, kamu pun harus memeriksa system penyaringan apabila air kolamnya tidak kunjung jernih dalam 4 – 5 hari. Ya, hal itu menandakan bahwa ada masalah yang terjadi pada system penyaringan. 

5. Bersihkan Dasar kolam Dengan Alat Penghisap Khusus

Untuk kegiatan yang satu ini, sebaiknya kamu gunakan pembersih otomatis karena lebih efektif dalam membersihkan bagian dasar kolam. Gunakan alat penghisap otomatis tersebut untuk membersihkan dasar kolam layaknya membersihkan karpet, dan beri perhatian khusus pada area-area yang membandel. 

Agar kotoran di dasar kolam tidak semakin menumpuk, sebaiknya lakukan cara ini dalam seminggu sekali. Apabila kamu belum berpengalaman dalam membersihkan kolam, sebaiknya gunakan jasa orang lain yang memang ahli dibidang tersebut. 

Nah, itulah beberapa cara dalam merawat dan membersihkan kolam renang pribadi di rumah. 

Artikel Terkait

Seperti Inilah Cara yang Benar Dalam Membersihkan Kolam Renang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.