Anti Lemot, Ini Tips Memperkuat Sinyal WiFi di Smartphone Agar Stabil!

Dijaman sekarang, internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak masyarakat. Apalagi kini hampir semua kegiatan yang dilakukan membutuhkan jaringan internet. Seperti mengerjakan pekerjaan kantor, kampus, menghubungi seseorang, hingga mencari berbagai informasi tertentu.




Untuk memenuhi kebutuhan internet, banyak orang memilih memakai WiFi. Ini karena kita dapat mengakses internet tanpa ada batasan kuota.


Tapi sayangnya, jaringan WiFi yang tersedia kerap lemot. Koneksi internet yang buruk pastinya akan mempengaruhi segala aktivitas internetan, bahkan membuat mood kita jadi kurang baik karena jaringan internet yang bermasalah. Agar aktivitas internetan lancar, mengetahui tips and trik memperkuat sinyal WiFi di Smartphone tentunya penting sekali. 

Karena ini adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah sinyal WiFi yang buruk. Nah, di artikel kali ini kami telah merangkum beberapa tips memperkuat sinyal WiFi di smartphone yang bisa kamu simak di bawah ini.


1. Setting Frekuensi

Smartphone Android tipe lama umumnya memakai frekuensi 2.4 Ghz yang mempunyai cakupan sinyal yang luas dan kuat. Namun sudah banyak smartphone yang menggunakannya sehingga suka terjadi gangguan. Sementara frekuensi 5 GHz mempunyai banyak tempat kosong sebab gak tumpang tindih. Maka dari itu, disarankan untuk mengganti frekuensi kamu jadi 5 GHz. Untuk mengubahnya cukup buka Setting - WiFi - Advanced Setting- WiFi Frequency Band.

2. Update Firmware

Kalau koneksi WiFi pada smartphone kamu sangat buruk, maka salah satu masalahnya bisa disebabkan oleh firmware yang jarang di update. Firmware merupakan perangkat lunak yang melakukan banyak proses rutin pada ROM (Read Only Memory). Agar bisa meng-update firmware, kamu bisa lewat Settings - About Phone - Software/System Update. Dengan meng-update firmware, diharapkan bisa membantu melancarkan jaringan WiFi pada HP kamu.

3. Pakai Aplikasi Khusus Penguat Sinyal WiFi

Cara paling simple yang banyak dilakukan oleh pengguna smartphone agar sinyal WiFi-nya bisa lancar, yaitu dengan memakai aplikasi khusus penguat sinyal. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu instal di HP Android Realme C11 dan iOS, salah satunya WiFi Booster & Analyzer. Terdapat banyak fitur yang dapat diandalkan, seperti tombol Boost yang bisa memperkuat sinyal WiFi di smartphone milikmu. Kamu bisa menikmati aktivitas internetan di HP tanpa takut nge-lag dengan aplikasi ini.

4. Pastikan Tidak Ada Orang Lain yang Memakai WiFi Kamu

Kalau di rumah kamu ada WiFi tapi sinyalnya kurang bagus, bisa jadi ada orang lain yang memakainya. Mungkin saja teman, tetangga atau orang lain yang gak kamu kenal. Untuk itu, pakailah password WiFi yang rumit supaya tidak gampang dibobol. Solusi terbaik yang bisa dilakukan agar hal ini tidak terjadi, yaitu dengan mengaktifkan Broadcast SSID. Kamu bisa mengaktifkannya di pengaturan WiFi sehingga orang lain gak bakal bisa menemukannya.


5. Simpan Router di Spot yang Tepat

Sinyal router WiFi yang tidak kuat dapat disebabkan karena penempatan router yang kurang pas. Mengingat router mempunyai jangkauan sinyal yang sangat terbatas. Oleh karena itu, pastikan router WiFi milikmu tidak terhalang oleh dinding dan dekat dengan barang elektronik lainnya. Sehingga router WiFi mendapatkan sinyal yang bagus dan juga kuat. Kalau kamu kesulitan mencari tempat yang bagus, mungkin kamu bisa memakai aplikasi seperti WiFi FDTD Solver agar sinyal WiFi jadi kuat.



Nah, itu dia tips memperkuat sinyal WiFi di smartphone yang sudah kita simak bersama. Tips-tips di atas semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian yang mempunyai masalah dengan sinyal WiFi yang kurang bagus. Selamat mencoba guys!

Rekomendasi artikel lainnya:

Cara Mengelola Bisnis Di Era Pandemi itu seperti apa sih? Klik aja linknya di sana.

Artikel Terkait

Anti Lemot, Ini Tips Memperkuat Sinyal WiFi di Smartphone Agar Stabil!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.