Memaknai Kemerdekaan: Membebaskan Diri Dari Mental Block



Sedang berjuang untuk membebaskan diri dari krisis selama ini?




Sama!

Kita semua juga berjuang kok, ga cuman kamu, anda, engkau dan beberapa orang saja. Seluruh orang di dunia ini sedang berjuang. Ga memandang status sosialnya. Jadi ga perlulah kamu ngerasa jadi orang yang paling menderita sedunia.

Ngeluh boleh aja, tapi bukan berarti ngeluh dijadikan alasan untuk tidak berkembang sebagai pribadi ataupun sebagai seorang punya skiil/keahlian. Justru dengan adanya krisis ini, kamu harus makin berkembang dalam hal kapasitas diri.

Masalahnya, ada banyak yang manfaatin krisis ini untuk jadi kambing hitam keadaan dirinya atau finansialnya yang memburuk.

Pemerintah sudah memberlakukan yang namanya "new normal" untuk warga negara Indonesia. Artinya masyarakat sudah bisa melakukan kegiatan mereka seperti biasa dengan terbatas dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Kalo menurut saya, momen ini harus kamu manfaatkan sebagai momentum yang bagus untuk mengubah kebiasaan. Salah satunya adalah membebaskan diri dari kebiasaan memanfaatkan mental block yang ada dalam diri kamu sebagai penghalang untuk meningkatkan kapasitas dirimu.

Kamu semestinya bisa merdeka dari kemalasan, dengan cara membentuk kebiasaan baru yang lebih produktif. Misalnya, dari yang sekadar scrolling timeline medsos beralih cari konten yang edukatif dan menambah ilmu baru buat kamu.

Dari yang sekadar nonton youtube buat hiburan doang, sekarang beralih cari tontonan yang edukatif dan produktif buat diri sendiri.

Sekarang mah di medsos banyak banget yang sharing-sharing ilmu gratis. Yang perlu kamu temukan adalah mentor yang tepat untuk belajar.

Di zaman serba internet seperti ini, sebetulnya ga ada lagi alasan untuk ga ada waktu buat belajar atau ga ada guru yang ngajarin. Alasan kayak gitu terlalu klasik dan ga relevan lagi buat keadaan kita sekarang.

Faktanya, anak sekolah sekarang belajarnya daring kan? Masih mau bilang ga ada guru buat ngajarin?

Jangan kalah dong sama bocah SD yang lebih rajin belajar daripada kamu yang udah tua bangkotan itu.

Kalo mental block itu bisa kamu kalahkan, kamu bukan cuman dapat ilmu/kebiasaan baru tapi juga peluang baru. Dengan demikian kamu akan lebih mudah 1 langkah untuk punya kesempatan baru untuk berkembang jadi lebih baik.

Karena setiap hari adalah kesempatan, setiap hari adalah peluang baru untuk bertumbuh. Jadi jangan sia-siakan 1 harimu dengan bermalas-malasan tanpa kegiatan produktif yang bisa membuatmu jadi manusia yang lebih baik.

Artikel Terkait

Memaknai Kemerdekaan: Membebaskan Diri Dari Mental Block
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.