Hitung Berat Badan Ideal untuk Anak dan Ibu Hamil

Kegemukan dan obesitas menjadi sumber berbagai penyakit serius yang bahkan bisa mengancam nyawa. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk melakukan pengecekan berat badan secara rutin.



Dengan mengontrol berat badan kita akan memiliki tubuh yang ideal dan sehat. Jika badannya sempurna, kemungkinan besar Anda juga akan terhindar dari masalah kesehatan yang biasa dialami oleh orang yang kelebihan berat badan. Orang yang mengalami kelebihan berat badan akan berisiko diabetes, penyakit jantung, kolesterol dan lainnya.

Anda juga perlu tahu bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh merupakan pandangan subjektif, maka penimbangan merupakan hal yang obyektif. Apakah menurut Anda siluet Anda tidak sempurna? Tunggu sebentar, sosok Anda mungkin tidak sempurna untuk Anda, tetapi mungkin sempurna untuk pengukuran berat badan.

Namun bagaimana cara menghitung berat badan ideal bayi dan bagaimana cara menghitung berat badan ideal ibu hamil? Tenang saja, artikel berikut ini merangkum cara menghitung berat badan ideal bayi dan cara menghitung berat badan ideal ibu hamil.

1. Hitung Berat Badan Ideal Anak

Dari 1 sampai 10 tahun. Berat badan ideal = 2 n + 8. Keterangan: n adalah umur anak dalam tahun. Contoh: Saat anak berumur 3 tahun 4 bulan, (2 x 3.4) + 8 = 14.8. Kemudian berat badan ideal anak usia 3 dan 4 bulan adalah 14,8 kg. Menghitung berat badan ideal anak-anak di atas memang mudah, tapi bisa ribet.

Contoh: seorang anak berusia 3 tahun 10 bulan. Jadi jika Anda dikonversi ke 3.10. Kemudian gandakan menjadi 6.20. Itu artinya 6 tahun dan 20 bulan. Kemudian hitung lagi, 20 bulan adalah 1 tahun 6 bulan. Kemudian angka 6,20 ditambah 1,6 menjadi 7,8, kemudian dengan 8 berat badan idealnya adalah 15,8 kg.

Untuk bayi 0-12 bulan, berat badan ideal = {umur (bulan): 2} + 4. Contoh: pada 5 bulan = (5: 2) + 4 = 2,5 + 4 = 6,5 kg. Dengan cara ini Anda dapat menghitung berat badan ideal untuk berat badan bayi Anda.

2. Hitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Tentunya ibu hamil harus benar-benar menjaga berat badannya demi menjaga kesehatan calon buah hatinya. Berikut cara menghitung Berat Badan Ideal untuk ibu hamil: BBIh = BBI + (UH x 0,35). Keterangan: BWIh = berat ibu hamil, BWI = berat badan ideal, UH = umur kehamilan dalam minggu. 0.35 = Berat ekstra kg per minggu. Untuk mengetahui berat badan ideal Anda, lihat rumus Brosca.

Contoh: seorang wanita hamil dengan tinggi 155 cm dan usia kehamilan 27 tahun menurut rumus Brosca memiliki berat 46,75 kg. BBIh=46,75+(27 x 0,35)= 46,75 + 9,45 = 56,2 kg. Berat badan ideal ibu hamil adalah 56,2 kg.

Berbekal beberapa rumus di atas, ayo ambil kalkulator dan langsung hitung berat badan ideal anda sebagai ibu hamil ataupun anak anda. Ini berguna karena Anda dapat menyesuaikan pola makan dengan berat badan ideal Anda. Terapkan gaya hidup sehat sekarang juga!

Jika, terlepas dari semua metode yang dijelaskan di atas, Anda masih belum puas atau tidak yakin. Cara lain untuk hitung Berat Badan Ideal Anda adalah dengan langsung membuka situs web untuk penghitungan Berat Badan Ideal. Semoga bermanfaat.
Hitung Berat Badan Ideal untuk Anak dan Ibu Hamil Hitung Berat Badan Ideal untuk Anak dan Ibu Hamil Reviewed by Radhian on December 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.

Powered by Blogger.