Tips Travelling Murah Saat Sendirian

Beberapa tahun ini, mencoba travelling ke luar Kalimantan sendirian. Meskipun ga terlalu sering, ternyata jalan-jalan sendiri itu menyenangkan. Bukan berarti gue ga seneng jalan rame-rame, ya. Cuman travelling sendirian itu bikin gue lebih leluasa untuk menelusuri daerah-daerah yang bikin gue penasaran.


Photo by Porapak Apichodilok from Pexels


Yah anggaplah kayak main games petualangan, karakternya kita bikin explore daerah-daerah lain dulu, sebelum ke main mission. Begitu juga gue waktu jalan-jalan sendirian. Kalo lagi travelling sendirian gue punya main mission sendiri dan juga beberapa side mission. Terkadang justru lebih menyenangkan menjelajahi side mission gue sendiri daripada misi utamanya.

Kayak waktu gue ke Semarang, tujuan utama udah pasti Lawang Sewu. Tapi banyak sampingannya. Nongkrong sama temen blogger, ke Pasar Semawis waktu malam minggu, rame banget anjir, ga ngerti lagi.

Nah untuk itu gue mau ngasih beberapa tips buat kalian yang mau berpergian sendirian dalam waktu dekat. Silakan disimak artikel ini sampai habis ya gaes!

1. Rencanakan Sejak Jauh Hari

Buat kalian yang mau travelling sendirian persiapa paling pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan perjalananmu sejak jauh hari. Yang perlu diperhatikan paling utama adalah tanggal keberangkatan dan kepulangan. Rencanakan secara matang agar kita bisa membagi waktu mengerjakan misi utama kita.

Biasanya untuk perjalanan yang murah, 5 hari gue rasa udah cukup sih. Kalo kelamaan bakal banyak keluar biaya lagi, kalo terlalu sebentar nanti ga semua misi utama bisa dikerjain.

Pastikan pilih tiket perjalanan yang paling murah. Mau itu pake pesawat, pake kereta api pake ojek terserah aja. Tapi yang jelas kalo berangkat dari Banjarmasin ke Jakarta pake ojek kan ga mungkin juga ya? Jadi pilih yang paling realistis aja ya teman-teman.

Kalo perlu asuransi perjalanan juga bisa dimasukin ke rencana travelling kalian juga. Ga ada salahnya jaga-jaga duluan kan?

2. Pilih Harga Termurah

Memilih harga yang termurah bukan berarti murahan dan bikin kalian jadi keliatan ga menikmati perjalanan. Cari penginapan yang berkualitas tapi tetap bisa menghemat budget kalian. Pastikan memilih penginapan yang punya akses dekat dengan lokasi-lokasi yang akan dituju nantinya.

Jauh tapi murah juga ga masalah, asal masih bisa diakses minimal menggunakan ojek online. Lebih bagus lagi kalo deket akses transportasi umum seperti kereta atau bus dalam kota yang murah misalnya. Karena menurut gue alat transport itu jauh lebih murah daripada harus sewa motor atau mobil kemana-mana.

3. Rajin Jalan Kaki

Ini yang harus dilakukan tapi gue yakin ga semua dari kalian mau ngelakuin. Saat travelling sendirian, gue lebih banyak jalan kaki kalo tempat yang akan gue tuju jaraknya ga terlalu jauh. Selain menghemat dari segi biaya, dengan jalan kaki kita akan lebih meresapi atmosfir kota yang kita tinggali saat ini.

Kalo pake motor atau mobil, kita ga akan terlalu merasakan atmosfirnya. Percaya sama gue deh. Waktu dulu ke Madiun, karna sama Benaaa juga waktu itu, kita ber-3 lebih banyak jalan kaki daripada pake mobil/ojek online. 

Waktu gue ke Semarang sendirian, karna lokasi hotel deket sama Lawang Sewu gue ke sana jalan kaki. Dengan jalan kaki gue jadi lebih deket dengan kota itu. Gue jadi tau kalo di deket hotel gue ada 2 sekolah yang sebrang-sebrangan. Dan pastinya di sekolah ada street food yang khas banget cuman ada di Semarang. Sayangnya gue ga sempet cobain karna pengen buru-buru ke Lawang Sewu.

4. Cukup Bawa Ransel

Travelling sendirian biar keliatan murah cukup pakai backpack saja. Selain lebih ringkas tanpa harus keliatan fancy dan norak bawa-bawa koper kemana-mana, backpack nunjukkin kalo kita ga punya duit. Jadi potensi kejahatan bisa diminimalisir.

Kalo masih kurang pakai ransel, saran gue adalah bawa tas kecil untuk masukkin barang-barang yang sering dipake sehari-hari. Misalnya Handphone, charger, powerbank, dompet, parfum, kacamata, dan lainnya. Pokoknya barang-barang yang sering keluar masuk kantong.
***
Sekian tips travelling murah saat sendirian versi gue semoga bisa menginspirasi kalian untuk melakukan perjalanan sendirian nantinya. Tentunya masih banyak lagi hal yang perlu diperhatikan ketika bepergian sendirian ke kota lain. Tapi ga cukup gue tulis dalam 1 artikel saja. 

Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Artikel Terkait

Tips Travelling Murah Saat Sendirian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.