Jadi Karyawan dan Punya Bisnis Kenapa Tidak?

Di era internet cepat sekarang, zaman sudah berubah. Koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer hampir semua orang. Termasuk kita yang sedang membaca blog ini, ya kan?

Dengan adanya koneksi internet yang sangat mudah diakses, informasi semakin mudah diakses hanya dalam hitungan detik. Informasi yang lebih mudah diakses ini, bisa jadi pisau bermata 2. Kita bisa mengakses informasi yang bisa bermanfaat untuk pengembangan diri, bisa juga diakses untuk tindak kejahatan.



Kuncinya ada di dalam diri sendiri. Kitalah yang jadi perisai pertama dalam menyaring konten yang ada di internet. Kalo kita mau diri ini berkembang, maka kita harus mengakses informasi yang berhubungan dengan pengembangan diri.

Kalo saya, dulu manfaatin akses internet untuk kesenangan pribadi. Nonton youtube puas-puas, twitteran, facebook-an sebagai hiburan doang, biar ga bosan. Tapi lama-lama saya sadar, konten di internet ini potensial banget untuk menambah pengetahuan baru buat saya.

Mulai dari saat itu, saya mencoba untuk menggunakan akses internet lebih banyak untuk menambah ilmu baru dan membuka mindset saya. Salah satunya adalah ilmu marketing/jualan. Sampai sekarang, saya sudah 1 tahun lebih belajar ilmu marketing ini, ternyata menyenangkan! Selain dapat ilmu baru, saya juga bisa dapat penghasilan tambahan.

Dulu waktu masih kerja kantoran, penghasilan saya cuman berharap dari gaji bulanan. Terlalu nyaman sama penghasilan sendiri, sehingga lupa kalo sedikit aja mau berusaha lebih banyak daripada orang lain, kita bisa menambah penghasilan lebih banyak dari mereka.

Itulah yang saya kerjakan selama ini. 

Mengedukasi diri dengan ilmu-ilmu marketing dan personal branding membuat saya mendapat banyak pencerahan. Bahwa ternyata, menjadi seorang karyawan dan salesman adalah 2 hal yang bisa dilakukan secara bersamaan. Berkat apa? Internet tentu saja!

Dengan adanya internet, saya bisa memiliki 2 pekerjaan dalam 1 waktu. Bisa jadi karyawan di dunia offline, dan juga jadi salesman di dunia online. Menarik bukan? Tentunya dengan 2 pekerjaan ini, penghasilan saya pun juga punya perbedaan. Dari yang tadinya datar-datar aja, menjadi meningkat sedikit lebih banyak daripada biasanya.

Oleh karena itu, saya heran sama orang yang masih suka mengkotak-kotakkan antara karyawan dengan bisnisman. Seolah-olah 2 pekerjaan itu ga bisa digabung jadi satu. Karyawan dan bisnisman diibaratkan sama mereka tuh kayak air dan minyak.

Saya bisa membuktikan kalo hal itu ga benar. Justru dengan menggabungkan keduanya, kita punya revenue stream lebih banyak. Kalo bisa dapat lebih banyak, kenapa ga dilakukan ya ga?

Prinsip saya sih gini, selama uang yang saya hasilkan dari cara yang halal, semua kesempatan akan saya coba untuk bisa menghasilkan uang.

Dulu marketing/sales adalah salah 1 hal yang paling tidak saya sukai. Sampai akhirnya, Tuhan menyadarkan saya bahwa ternyata apa yang tidak kamu sukai sebenarnya adalah hal yang paling kamu cintai nantinya. Itulah hubungan saya terhadap dunia sales, dari benci jadi cinta.

Karena dari sales dan marketing ini saya belajar banget hal yang tidak bisa saya dapatkan di tempat saya bekerja. Jadi karyawan "jualannya" hanya di awal ketika interview pekerjaan, sisanya saya jualan keahlian yang memang sudah seharusnya saya kerjakan. Jadi ga terlalu banyak berinteraksi dengan sales secara langsung.

Dari internet saya bisa mendapatkan ilmu yang ga diajarkan di kampus dan sekolah. Karena saya kuliah di fakultas Teknik, tentu saja tidak ada hubungannya dengan marketing apalagi sales. Maka dari itu, beruntunglah kita yang hidup di zaman internet yang bisa diakses dengan mudah seperti sekarang.

Tidak ada lagi alasan ga bisa, ga mampu kerjain, ga punya ilmunya segala macam. 

Hey! Sekarang ada youtube, ada blog ada podcast dan itu semua bisa diakses asal kita punya akses internet, dimanapun! Jadi stop buang-buang waktu mencari alasan karena itu sudah terlalu klasik. Alasan ga punya modal itu udah ga relevan lagi karena sekarang dengan internet saja kita bisa jualan dengan cara gratis!

Gila sih kalo masih ada orang yang masih beralasan 'ga bisa' karena sekarang ilmu bisa diakses secara gratis. 

Jadi mulai dari sekarang, coba hal baru yang bermanfaat untuk diri sendiri di masa depan. Berapapun umurmu, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yang ada hanya orang yang mau belajar dan tidak mau belajar.

Artikel Terkait

Jadi Karyawan dan Punya Bisnis Kenapa Tidak?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.