Perbedaan Pilek dan Flu

Musim pancaroba sering kali membuat Anda mudah terserang penyakit pilek dan flu. Ini karena perubahan musim membuat cuaca menjadi tidak jelas. Perubahan tersebut terkadang menjadikan daya tahan tubuh menjadi menurun yang berakibat menjadi mudah terserang penyakit. 




Saat penyakit mulai mengerang, gejala yang biasanya muncul adalah bersin-bersin, sakit tenggorokan atau hidung mampet. Beberapa menganggap itu merupakan gejala flu, sebagian lagi memahami sebagai gejala pilek. Tidak banyak yang mengetahui perbedaan antara flu dan pilek. Padahal kedua penyakit tersebut jelas-jelas berbeda.

Pilek

Pilek merupakan gangguan saluran pernapasan yang disebabkan infeksi virus. Ada beberapa virus yang menyebabkan terjadinya pilek seperti coronavirus, adenovirus, human parainfluenza (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV). Namun jenis virus yang paling sering menyebabkan pilek adalah rhinovirus.

Pilek bisa muncul kapan saja dan mudah menular. Anda bisa tertular pilek melalui percikan bersin di udara atau memegang permukaan benda yang sudah terkontaminasi oleh virus pilek. Gejala pilek biasanya muncul dua sampai tiga harus setelah virus masuk ke dalam tubuh.

Penyakit ini biasanya sembuh dalam waktu 7 hingga 10 hari. Ada beberapa orang yang sembuh dengan sendirinya setelah mengalami pilek selama 7 sampai 10 hari. Namun ada juga yang gejala menjadi semakin parah. Jika Anda terserang pilek disarankan untuk cukup beristirahat dan mengkonsumsi makanan kaya serat.

Anda juga disarankan memperbanyak konsumsi air putih untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh. Apabila gejala pilek menunjukkan tanda-tanda semakin parah, segera konsumsi obat pilek untuk anak. Obat ini banyak dicari karena menghindari efek yang akan mengganggu aktivitas atau pekerjaan karena mengantuk.

Flu

Flu biasa disebut dengan influenza yang merupakan infeksi virus pada sistem pernapasan. Terdapat tiga jenis virus penyebab flu, yaitu influenza A, influenza B, dan influenza C. Virus yang sering menyebabkan flu adalah tipe A dan B. Flu tidak seperti pilek yang bisa menyerang tubuh kapan saja. Penyakit ini termasuk penyakit musiman.

Penularan virus flu sama sama seperti pilek melalui bersin pengidap atau benda yang terkontaminasi. Namun perkembangan penyakit flu lebih serius dibanding dengan pilek. Virus flu berkembang seperti pneumonia. Ini rentan terhadap anak-anak, ibu hamil, orang lanjut usia, pengidap penyakit kronis, dan orang yang daya tubuhnya rendah.

Gejala flu bertambah parah dalam jangka waktu 2 sampai 5 hari. Selama mengalami gejala flu, sebaiknya Anda mengkonsumsi banyak air putih dan beristirahat yang cukup. Anda bisa mengkonsumsi Obat pilek ampuh yang tidak ngantuk untuk mengurangi gejala yang dirasakan.

Artikel Terkait

Perbedaan Pilek dan Flu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.