Latar Belakang Pendidikan Itu Penting Ga Penting Buat Dunia Kerja

Ada yang bilang ngapain sekolah tinggi-tinggi kalo ujung-ujungnya cuman jadi pengusaha. Bill Gates ga lulus kuliah aja bisa jadi orang tekaya di dunia. Kenapa kalian mesti capek-capek sekolah? Jawabannya simpel: karena kita bukan Bill Gates!


Ada lagi yang bilang, kok ga nerusin sekolah? Kan sayang udah nyampe segitu? Kalo ga sekolah tinggi, nyari kerja bakalan susah. Apalagi zaman sekarang, apa-apa serba susah. Saingan nyari kerja bejibun. Pengangguran banyak, lulusan kuliah makin banyak. Kalo ga sekolah tinggi-tinggi kita bisa kalah saing sama yang lain.

Jadi mestinya gimana!?




Jawabannya: kedua-duanya bener, kok.


Bingung ya?

Mari kita telaah sama-sama, deh. Kita pasti punya temen atau sodara yang kuliahnya jurusan apa terus dapat kerjanya bidang apa. Intinya ga nyambung-lah antara jurusan kuliahnya sama kerjaan yang dia dapat.

Fenomena kayak gini udah lama banget kejadian. Bahkan sebelum kita sekolah udah ada. Sebenernya apa yang bisa nyebabin kayak gitu, sih? 



Kesempatan

Pertama adalah kesempatan. Sewaktu lulus kuliah, pasti banyak yang idealis untuk bisa diterima kerja sesuai sama jurusan yang kita ambil waktu kuliah. Termasuk gue waktu itu. Jadi dengan congkaknya cuman ngelamar ke posisi yang terbuka buat jurusan kuliah, Teknik Lingkungan.


Lama-lama sadar sendiri, susah juga ya nyari kerjaan yang sesuai sama jurusan kuliah. Meskipun ada, pasti bersaing juga sama yang lain. Kalo ga ditambah sama kemampuan lain, gimana kita bisa jadi beda daripada yang lain dan di-notice sama perusahaan/instansi?

Dari situlah gue mulai berpikir untuk masukin lamaran ke perusahaan yang nerima S1 semua jurusan. Tapi gue ngelamarnya juga ke posisi yang emang gue yakin bakal bisa dipegang. Ga mungkin kita ngelamar S1 semua jurusan kalo posisinya calon polwan. Lagian mana ada polwan nerima pembukaan lamaran buat S1?



Adanya kesempatan adalah kuncinya. Nyari kerja zaman sekarang ga semudah dulu. Habis lulus bisa langsung kerja. Gue aja dulu nganggur 6 bulan habis lulus baru dapet kerjaan pertama. Dan begitu ada kesempatan untuk kerja, langsung diamblil! Bukan karena pengen dapet gajih doang, tapi juga mau nyari pengalaman.

Punya Keahlian Lain

Udah bukan zamannya lagi 1 orang cuman bisa 1 keahlian doang. Sayang banget hidup di dunia ini cuman sekali tapi ga nyobain banyak hal. Termasuk menambah keahlian di bidang lain.


1 hal yang mesti kalian tau, kemampuan akademis aja ga cukup kalo mau masuk ke dunia kerja. Harus ditunjang sama kemampuan lain yang mendukung kita di dunia kerja. Misalnya, kalo kita kerja di dunia jurnalistik, bukan cuma kemampuan menulis berita aja yang diperluin. Biar beda sama yang lain, bisa ditambah dengan kemampuan editing video atau teknik fotografi yang mumpuni misalnya.

Semakin banyak keahlian yang kita kuasai, maka semakin gampang buat perusahaan/instansi untuk memakai jasa kita di dunia kerja. Tapi ingat! Kadang ada perusahaan/instansi yang "nakal". Mereka pengen ngerekrut 1 orang dengan berbagai macam keahlian sekaligus.



Contoh sederhana, temen gue pernah nemuin lowongan kerja yang nyari orang ahli software perencanaan, desain grafis, dan jago ngitung, dan paham sama struktur bangunan. Sampe di situ aja? Ga! Ditambah bisa nyetir juga!

Jadi anggapannya mereka nyari desainer grafis, ahli perencanaan, dan jago ngitung plus bisa jadi driver juga! Itu cuman dihandle sama 1 orang, lho! Goks! Kalo gue yang punya semua skill kayak itu, mending buka perusahaan sendiri dah kayaknya wahahah sayangnya gue belum bisa nyetir dan ga jago software perencanaan. Apalagi ahli desain grafis, boro-boro dah!

Passion

Nah yang terakhir ini biasanya jadi faktor penentu kenapa orang bisa kerja di dunia yang beda banget sama latar belakang pendidikannya. Passion atau renjana bisa jadi salah satu kunci sukses kita di dunia kerja.


Karna bisa aja orang yang punya latar pendidikan yang linier sama kerjaan dia renjananya justru ga di sana. Ada banget kayak gitu, banyak pasti dah. Mungkin temen/sahabat kita pernah ngalamin sendiri.

Passion itu datangnya dari hati, jadi ga bisa dipaksain. Semakin dipaksain semakin ga bisa. Jadi ya daripada maksain sesuatu, mending cari yang ga bikin kita kerja ga terpaksa tapi kita seneng ngelakuinnya, ya ga?
* * *
Tulisan ini bukan melarang kalian untuk sekolah setinggi-tingginya. Justru pendidikan itu penting banget! Buat yang masih sekolah atau udah kuliah, targetin kalo bisa minimal itu lulus S1 dengan IPK 3 ke atas. Itu udah standar minimal, lho ya! Jan kaya gue, lulus S1 udah lama IPK masih nanggung juga.



Karna sekarang hampir semua perusahaan (termasuk instansi) udah menaikkan standar mereka buat ngerekrut karyawan baru. Jadi kalian harus bersiap untuk belajar lebih keras lagi demi masa depan yang lebih baik.

Setelah ngeliat uraian di atas tadi, menurut kalian latar belakang pendidikan bakalan punya pengaruh untuk dapetin kerja di masa depan? Kasih tau di kolom komentar, ya!

Artikel Terkait

Latar Belakang Pendidikan Itu Penting Ga Penting Buat Dunia Kerja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.