Supaya Acara Bakti Sosial Bulan Puasa Tepat Sasaran dan Manfaatnya

Bulan puasa kata orang bulan yang paling ditungguin sama semua orang. Karna amal dan perbuatan baik yang dilakuin di bulan itu bakal dihitung lebih banyak daripada bulan yang lain. Ga cuman yang muslim, yang non muslim pun nungguin bulan puasa, karna biasanya banyak promo hadir di bulan puasa.



Dengan terbatasnya waktu, orang-orang udah duluan "ngebooking" panti asuhan yang emang udah sering jadi langganan buat acara bakti sosial buat bulan puasa. Bahkan bisa berbulan-bulan sebelumnya. Karna panti yang udah terkenal itu biasanya ga bisa dipesan kalo udah bulan puasa.

Nah di sinilah masalahnya.

Bakti sosial di bulan ramadhan itu (apalagi yang komunitas) fokusnya cuman di tempat yang udah gede dan donaturnya banyak. Bahkan kalo yang di daerah ibukota, nyari yang udah sering didatangin sama artis-artis!

Kita pengen nyari enaknya doang, sih. Karna kalo panti asuhan gede udah pasti punya aula gede dan bisa nampung orang banyak. Kalo yang kecil mah boro-boro punya aula gede. Buat nampung mereka aja udah syukur bisa muat.


Padahal, panti yang kayak gini yang harusnya kita bener-bener bantuin. Di panti asuhan kecil kita bisa beneran berbakti sosial. Bantu panti asuhan mereka jadi makin berkembang, punya fasilitas yang lebih bagus, dan juga ngasih sedikit bantuan sama pengurusnya.

Kalo yang udah gede, sih, kayaknya, udah pasti banyak donatur tetapnya di sana. Bisa jadi pengurusnya udah dapat gaji bulanan dari ngurus pantinya.

Panti asuhan kecil belum tentu kayak gitu. Bisa jadi pengurusnya masih ngebantuin secara sukarela. Mereka juga masih ngarep sumbangan dari donatur yang kadang ada kadang ga ada. Kondisi yang kayak gini seharusnya uluran tangan kita diperlukan.

Kita ga ngelarang orang untuk ngasih bantuan ke panti asuhan yang udah gede. Tapi, alangkah baiknya, kalo bantuan yang udah kita kumpulin itu dikasih sama yang bener-bener memerlukan. Bukan yang keliatannya dari luar memerlukan tapi di dalam udah lebih dari cukup.

panti asuhan

Ciri panti asuhannya gimana? Well, ini bukan ciri yang mesti kita pukul rata semua. Tapi bisa kita jadiin patokan lah ya.


Jumlah Anak Asuhnya Ga Terlalu Banyak

Ciri pertama bisa kalian liat di jumlah anak asuhnya. Kalo misalnya udah bisa nampung ratusan anak, itu udah bisa diyakinkan kalo panti asuhannya punya donatur tetap. Meskipun ga sia-sia juga ngasih sumbangan ke sana, tapi alangkah baiknya kita cari ke panti asuhan yang lebih membutuhkan.

Biasanya panti asuhan yang baru itu anak asuhnya masih sedikit. Bisa dibilang jumlahnya paling cuma 20 - 30 orang aja. Kalo yang kayak gini kita wajib banget bantu mereka. Meskipun bantuan kita ga banyak minimal udah ngurangi beban operasional pantinya.

Kelengkapan Fasilitasnya Masih Minim


Ciri kedua yang bisa kita liat: fasilitas. Kalo yang udah "mapan" biasanya udah jadi bangunan permanen kayak sekolah asrama atau gedung pesantren. 

Nah kalo bangunannya masih kayu atau pun sekadar rumah kecil (kayak yang ada di deket rumah gue) wajib untuk kita bantuin, gaes. Kalo bantuan kita masih ada lebihnya, bisa mereka pake untuk bikin fasilitas yang lebih bagus dan lengkap buat anak asuhnya. Dengan begitu, uang yang kita sumbangin bakalan terus "ada" di sana sampai kapanpun.

Sekecil apapun bantuan yang kita kisah sama mereka, asalkan didasari niat tulus ikhlas insha allah bakalan jadi berkah yang baik buat semuanya. 

Tulisan ini dibuat karna gelisah ngeliat orang-orang pada rame ngasih santunan ke panti asuhan mainstream. Padahal masih banyak panti yang lebih memerlukan bantuan kita. Tujuannya biar bakti sosial yang kita adakan itu berjalan lebih efektif dan efisien buat semua. Dan biar manfaatnya terasa juga buat yang nerima bantuan.

Semoga bulan puasa tahun ini kita dapat banyak rezeki dan berkah biar bisa dibagi sama orang lain, ya gaes! Aamiin!

Artikel Terkait

Supaya Acara Bakti Sosial Bulan Puasa Tepat Sasaran dan Manfaatnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.