5 Langkah Mudah Ngatasin Ruam Popok

Karna gue ga tau apa itu ruam popok. Mau ga mau gue googling dulu buat nyari tau. Jadi menurut situs alodokter dot com, ternyata ruam popok itu adalah peradangan di kulit bayi yang ketutupan sama popok. Umunya sering terjadi di bokong. Kulit yang kena ruam ini bakalan tampak kemerahan gitu.

tips mengatasi ruam popok

Ruam popok muncul karena reaksi kulit yang terus menerus bersentuhan sama urine dan tinja. Sebagian besar bayi katanya pasti bakal mengalami ruam popok. Ruam kayak gini biasanya sih ga membahayakan. Tapi walaupun ga bahaya biasanya bikin bayi ga nyaman dan jadinya tambah rewel.

Biasanya, buat ngatasin ruam ini, biasanya dipakein krim khusus anti ruam. Tapi pasti bakalan balik lagi karna make diapernya masih dilanjutin.

Kok bisa sih ada ruam popok?


Namanya aja udah ruam popok. Ada kata "popok"nya di sana. Popok cuman dipake bayi (ya walaupun sekarang udah ada popok buat orang dewasa tapi mereka ga masuk itungan dipembahasan kita di sini). Karna popok cuman dipake bayi, bisa disimpulin kalo bayi masih punya kulit yang sensitif. Kulit bayi masih ga punya pelembab alami sebanyak orang dewasa.

Selain itu, kenapa bayi lebih sering kena ruam popok, karena kulit bayi lebih mudah kehilangan cairan daripada orang dewasa. Jadi kulit mereka lebih gampang kena iritasi akibat popok yang dipake itu.

Ada beberapa tips yang bisa klita pake untuk cegah bayi kena ruam popok. Alergi ini bisa dicegah dengan perawatan yang tepat. Selain ngejaga kebersihan dan make produk perawatan yang aman buat bayi, kita mesti perhatikan beberapa hal berikut ini:


1. Bersihkan Daerah Popok Dengan Benar

Kita mesti telaten buat ngebersihin area badan bayi yang sering ketutupan popok. Di daerah alat kelamin, bokong itu area yang paling sering kena alergi ini. Bersihinnya dari arah depan ke belakang, ya gaes! Karena bayi masih belum bisa ngomong buat ngasih tau mana yang mesti dibersihin, jadi ada baiknya kita bersihkan semua area bayi yang emang rawan kena alergi ruam popok.

Ngeringkannya cukup ditepuk-tepuk sama handuk aja ya gaes! Bukan digesekin kayak orang dewasa habis mandi. Malah luka nanti kulit bayinya.

2. Ga Usah Pake Bedak

Banyak yang ngira kalo pake bedak di daerah yang sering ketutupan popok bakal bikin kulit bayi jadi kebal sama alergi. Padahal ga ada pengaruhnya sama sekali. Bahkan justru bahaya, gaes! Bedak yang menggumpal di sekitar area bokong atau genital bayi bisa jadi sarang berkembangnya jamur dan bakteri!



Selain itu, beberapa kulit bayi juga sensitif sama bedak. Bisa jadi kulit mereka iritasi. Dan bukan ga mungkin bedak yang terbang bisa terhirup dan masuk ke paru-paru si bayi dan bikin iritasi paru-parunya.

3. Pakai Produk Perawatan Yang Melembabkan

Kulit bokong bayi yang kering bikin gampang teriritasi. Jadi kita harus cari produk perawatan kulit bayi yang melembabkan. Kita bisa pilih sabun atau baby cream dengan bahan alami. Kita juga bisa pakai krim atau salep pencegah ruam popok, tiap kali gantiin popok bayi kita. Obat oles kayak gitu biasanya punya bahan dasar zinc oxcide.


4. Ga Sering-Sering Pake Popok

Bayi kita ga perlu dipakein popok tiap saat. Selain bakalan boros popok kalo tiap kali pup atau pipis diganti mulu, bayi juga bakal ga nyaman kalo dipakein itu mulu. Kalo emang lagi ga kemana-mana bisa dikasih popok kain aja. Kecuali emang harus pergi bawa bayi, baru deh dipakein popok. Itu pun kalo bisa ga kelamaan dipakenya.

5. Pilih Popok Elastis dan Berdaya Serap Tinggi

Kalo bayi kita udah mulai aktf gerak, gesekan kulit sama popok sering kali bikin kulit bayi iritasi. Usahakan beli popok yang elastis, gaes! Biar bayi lebih nyaman bergerak dan kulit mereka juag ga gampang kena iritasi. Dan yang paling penting sih biar ruam popok ga balik lagi.

Semoga 5 tips mengatasi ruam popok ini bikin cara ngurus bayi jadi makin gampang ya. Orang tuanya juga ga jadi stress karena ruam popok.

Artikel Terkait

5 Langkah Mudah Ngatasin Ruam Popok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.