3 Program Sahur Favorit Bulan Puasa Yang Paling Dikangenin

Bulan puasa selalu jadi pembeda dari bulan yang lain karena di sini katanya setiap kebaikan yang dilakuin bakalan dapat ganjaran lebih banyak daripada bulan yang lain. Bahkan tidur aja dapet ganjaran kebaikan, saking penuh berkahnya bulan ini.

program sahur favorit

Ga cuma ibadah aja yang berubah makin rajin. Stasiun tv pun berlomba bikin acara unggulan di bulan puasa. Kalo yang biasanya nyuguhin berita-berita yang menjurus ke ghibah atau gossip, di bulan puasa mereka biasanya "puasa" dulu ngeberitain hal kayak gitu.

Acara unggulan stasiun tv itu pun ikut bergeser. Yang biasanya disuguhin di prime time sekarang dipindahin di jam sahur sama jam buka. Kalo jam buka mungkin orang rada ribet nyiapin menu buka kali, ya. Ratingnya ga terlalu tinggi biasanya. Jadi acara unggulan lebih banyak di jam sahur.

Ada 3 acara bulan puasa yang  dikangenin waktu sahur. 3 acara ini, ganti-gantian nemenin keluarga kita di rumah. Mungkin diantara kita juga ada yang tau acara ini, siapa tau bisa nostalgia bareng-bareng haha..


1. Sahur Kita

Ini acara yang udah ga tayang lagi. Tontonan favorit gue waktu sahur zaman dulu. Anak '90-an pasti tau acara yang ini. Dengan tagline mereka yang khas banget "Sahur Kita? Nyam.. nyam.. nyam.. nyam.." selalu nemenin subuh gue sama keluarga.

Acara ini dulu dipandu sama 2 komedian no.1 waktu itu (Olga sama Billy Syahputra belom lahir kayaknya) Tante Ulfa Dwiyanti sama Om Eko Patrio. Sumpah mereka berdua ini kalo diduetin lucunya ampun-ampunan dah! Sayang banget duo ini harus memilih jalan masing-masing.

sahur kita, lorong waktu
via travel.tribunnews.com

Tante Ulfa udah mulai ga kedengaran lagi kiprahnya di dunia hiburan tanah air. Om Eko yang sekarang jadi anggota DPR RI masih sering sesekali nongol di acara tv produksi PH-nya sendiri. Walaupun udah jarang main bertiga bareng PATRIO grup lawaknya yang dulu.

Di youtube cuman nemu video ini, semoga bisa mengobati rindu kita sama  acara kocak ini

2. Lorong Waktu

Selain nyuguhin acaranya "Sahur Kita" SCTV juga punya program unggulan lain waktu sahur. Sinetron religi yang dikemas ringan tapi tetep ada unsur mendidiknya. Namanya "Lorong Waktu". 

Diperanin sama Deddy Mizwar, Jourast Jourdy sama Ustad Adin (Dicky Chandra). Perihal ustad Adin ini, sering banget diganti-ganti. Jadi ketika udah hapal namanya, eh episode berikutnya udah diganti yang baru lagi. Bingung jadinya yang nonton.

Intinya sih sinetron ini ga ngebosenin. Nyeritain si Zidan sama Pa Ustad Husin yang ngelakuin perjalanan waktu entah itu ke masa lalu ataupun masa depan. Tujuannya cuman satu, mencari solusi atau sekadar ngasih edukasi sama Zidan dan karakter lainnya di sinetron ini melalui sisi agama.




Saking favoritnya sinetron ini, sampe dibikin beberapa season, lho! Kalo kita ingat, pemeran Zidan dan Pa Haji Husien dari Zidannya masih kecil umuran anak SD kali, sampe dia masuk SMP kalo ga salah. Si Pa Haji Husien dari cuma artis sampe di ujung karir keartisannya dia memilih untuk jadi politikus.

Dulu masih sempat ditayangin ulang kalo ga salah di bulan puasa tahun lalu, tapi ga lama kayaknya. Karna begitu ditungguin lagi udah ga tayang lagi. Sayang banget padahal itu tayangan favorit waktu bulan puasa.

Selain ceritanya yang ringan, OST-nya juga ear catching banget waktu itu. Dinyanyiin sama sekumpulan anak-anak dan liriknya juga gampang dihapalin.


3. Tafsir Al Misbah

Acara ini masih tergolong cukup baru. Mungkin udah ada sekitar 6-7 tahun yang lalu kalo ga salah, ya. Metro TV emang ga punya program unggulan sahur di bulan puasa. Tapi entah kenapa dulu sempat ganti-ganti channel tv dan ketemu acara ini.

quraish shihab
via mediaindonesia.com

Yang bikin acara ini favorit adalah narasumbernya yang seorang professor. Quraisy Shihab, ayahanda dari Najwa Shihab. Selain narasumbernya, pembawaan beliau yang santai dan bahasa yang dipake untuk ngejelasin itu sederhana banget jadi orang awam yang nonton pasti bisa langsung paham.

Seperti yang kita tau, bahasa Al Quran dan kitab suci manapun ga bisa dipahamin cuman melalui apa yang ditulis aja. Karena kebanyakan pake bahasa kiasan, jadi yang bisa menafsirkan pun ga sembarangan orang. Kalo yang baca dan mengartikannya sembarangan, bisa jadi bakal bikin paham yang nyeleneh dan menyesatkan.



Nah, Bapak Quraisy Shihab yang kita tau adalah ahli tafsir. Kita udah tau lah track record beliau kayak gimana. Pernah jadi mantan Menteri Agama di Indonesia juga, lho! Jadi bukan orang sembarangan. Semoga dibulan puasa tahun ini masih bisa nonton beliau di Metro TV. 

* * *

Sekarang acara sahur udah pada ga berkualitas semua. Kadang malah cuman mentingin rating daripada kualitas. Sedih sayap.

Artikel Terkait

3 Program Sahur Favorit Bulan Puasa Yang Paling Dikangenin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 comments

June 8, 2018 at 4:40 AM delete

Masyaallah sampe ada videonya segala. Kangen banget dengan ramadan masa kecil ya :) makasih udah menuliskan hal ini. :)

@omnduut

Reply
avatar
June 11, 2018 at 1:02 AM delete

Hahaha iyaaa! Ngubek-ngubek youtube ternyata ada yang upload. Langsung aja deh ditontonin hahaha.. kangen banget sama sinetron kayak begini :(

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.