Belajar Menghargai Karya Orang Lain

Zaman sekarang bikin seseorang jadi terkenal itu gampang banget. Media sosial punya peran gede banget untuk bikin pamor seseorang jadi makin meningkat. Makanya, banyak orang yang ga bisa jadi artis ngincer ketenaran di media sosial. Karna lebih cepet dan ga perlu banyak modal.

blog favoritmu rangkaianabjad.com

Akibatnya sekarang banyak yang bikin karya asal-asalan. Karya yang ga dari hati, ga punya pesan. Orang-orang bikin karya semata cuman karna pengen cepet terkenal. Ga peduli lagi kualitas karyanya kaya gimana.

Orang-orang jadi semakin ga ngerhargain arti sebuah karya. Karya jadi kurang dihargai karna mereka. Karna ada oknum yang pengen cepet terkenal tadi. Padahal esensi dari sebuah karya justru dari usaha dan pesan yang pengen disampein ke penontonnya. Bukan semata-mata pengen jadi terkenal. 

Karya-karya sampah itu sering banget gue temuin di youtube. Gue akui, channel youtube gue juga ada karya sampah. Tapi habis itu gue nyesel bikin begituan. Ga guna banget rasanya. Makanya sekarang gue nontonin video orang yang bener-bener bikin dengan hati dan udah pasti original.

Karya datang dari kumpulan proses, usaha, dan daya kreativitas seseorang. Mikirin karya dan punya pesan ke penonton itu ga gampang. Gue tau susahnya bikin 1 video di youtube itu kaya gimana. Apalagi kalo sampe bikin konten yang ada pesannya segala. Pasti susah banget.

Kalo karya lu pengen dihargain orang lain, belajarlah untuk menghargai karya mereka terlebih dahulu. Ini maunya dihargain doang, tapi begitu ngeliat karya orang malah dipandang sebelah mata. It does'nt work that way.

Menghargai karya orang itu ga perlu berlebihan. Misalnya kalian suka liat youtube, coba deh iklannya ga usah diskip, tonton aja sampe habis. Itu juga salah satu cara lu ngehargain karya orang lain. Ga perlu ribet, kan?

Walaupun menurut lu kecil, tapi buat mereka itu semacam penghargaan. Karna udah rela ngasih sesuatu dari karya mereka. Lu udah ngehargain keringat yang mereka keluarkan untuk bisa bikin video/karya yang ditonton sekarang.

Siapa tau, hasil dari iklan yang ga lu skip ditonton itu, mereka bisa beli perlengkapan haji dan umroh. Lu kan jadi punya amal jariah. Karna udah bisa berangkatin mereka pergi haji/umroh gitu. Siapa tau nanti lu juga bisa berangkat haji karna karya lu sendiri. Aamiin.

rangkaianabjad.com blog favoritmu

Kalopun channel youtube yang lu tonton ga ada iklannya, misalnya kaya channel youtube gue, kalian bisa bantu mereka dengan ngeshare videonya. atau sekadar mencet tombol like di videonya juga cukup. Ngehargain karya orang ga sesulit yang lu pikir. Minimal jadi subscriber-nya, lah.

Atau misalnya temen lu ada yang bikin buku. Ngehargain karyanya dia ya dengan beli bukunya. Bukannya malah minta dia karna lu ngerasa temennya. Ngehargain karya temen bukan berarti harus minta-minta. Gue juga yakin kalo lu minta bukunya lu bakalan baca. Kalo beli, lu ngerasa rugi kalo ga ngebaca.

Kalo lu ga bisa beli bukunya, minimal bantu dia promosi ke temen-temen lain yang doyan baca. Siapa tau diantara temen-temen lu ada yang tertarik buat beli bukunya. Sama aja kan? Walaupun ga beli tapi lu udah berkontribusi buat hasil keringat dia.

Contohnya lagi, kalo temen lu punya jasa desainer grafis, ga perlulah minta harga temen mulu! Gimana mereka bisa makan kalo lu minta harga kawan terus? Lagian udah maunya murah trus desainnya mesti bagus lagi. Udah dikasih udel mau jeroannya juga. Kampret emang.

Hargai kerjaan mereka dengan beli sesuai harga yang udah mereka tentuin. Kalo lu udah sering ngeliat karya mereka, lu bakal mikir kalo harga segitu bisa jadi udah paling murah. Ga perlu nawar ga perlu minta diskon. Emang lu kata mereka kerja cuman pake dengkul?

Ingat, menghargai karya seseorang itu ga bikin mereka sedih ketika lu make/beli sesuatu dari mereka.  

Artikel Terkait

Belajar Menghargai Karya Orang Lain
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.