Tips Membuat Bento Sederhana

Bento adalah istilah bahasa Jepang untuk bekal makan berupa nasi dan lauknya. Salah satu ciri khas bento yang bikin banyak orang tertarik adalah penyusunan lauknya yang unik dan bikin ngiler yang liat.

Sekarang udah banyak bento yang disusun dengan gaya kyaraben. Kyaraben itu bento yang dibuat mirip karakter anime, manga, atau lainnya.


bikin bento sederhana

Kalo mau bikin kyaraben emang perlu waktu lebih lama dari bento biasa. Siapkan waktu sekitar 15 menit untuk bikin bento kalian atau bekal buat ade ke sekolah asal paham dan ngerti teknik dasar bikin bento yang bakal dijelasin di bawah ini.

1. Bento Box

Kotak makan adalah hal yang paling penting. Pastiin kotak makan kalian aman waktu nyimpen makanan panas atau dingin. Jadi ga bakal bahaya buat makanan di dalamnya.

2. Silicon Baking Cups
Kalo kalian doyan bikin kue, bisa juga pake mangkuk silicon yang biasa dipakai bikin kue. Alat ini fungsinya untuk misahin makanan satu sama lainnya.

3. Tempat Saus dan Tusukan Berwarna
Tusukan ngebantu banget buat makanan kecil biar tetap rapi. Pilih tusukan yang warna warni biar makin menarik. Kalo ada saus, letakkin di tempat terpisah jadi ga gabung sama lauknya.

Ini beberapa hal dasar untuk bikin bento:

  • Bagi Porsi Makanan 
Dengan membagi porsi makanan, bakal ngebantu kita nyeimbangin bahan makanan. Dalam satu bento setidaknya ada empat tipe makanan yaitu karbohidrat, protein, buah, dan sayur. Rasio untuk makanannya sendiri bisa 4:2:1:1 (karbo:protein:sayur:buah).
  • Pertimbangkan Warna Makanan 
Waktu bikin bento, pilih warna bahan makanan yang mencolok tapi tetap alami. Warna-warna tadi bisa ngasih daya tarik biar makin lahap makannya.
  • Susun Makanan Serapat Mungkin 
Biar lauk makanan ga berantakan, susun serapat mungkin. Jadi waktu dibuka pas jam makan siang, posisinya tetap sama kayak waktu pertama di susun. Triknya kayak gini:

- Susun makanan yang gampang berantakan duluan.
- Taro makanan yang lebih fleksibel di ruang yang tersisa.
- Tambahin hiasan di makanan kayak cherry tomato, brokoli, dan lain-lain.
- Letakkin nasi atau karbohidrat lain.
- Masukkin protein, kayak telur, tahu, dan ayam.
- Terakhir, letakkin sayuran dan buah.

Perlu diingat untuk membuat kyaraben tidak semudah bento biasa, karena kita membutuhkan keahlian dan peralatan yang memadai untuk mencetak bentuk karakter. Jika ingin membuat resep bento sederhana, yuk klik disini agar semakin jago membuat bentonya!

Artikel Terkait

Tips Membuat Bento Sederhana
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

April 13, 2018 at 10:42 AM delete

kirain cara membentuk bentonya hehe

Reply
avatar
April 16, 2018 at 10:30 PM delete

Hehehe sayangnya bukan, Mbak!
Terimakasih sudah mampir!

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.