Lebaran Harus Punya Mindset Baru

Bentar lagi lebaran ya? Bulan puasa terasa cepet berlalu, maksimalkan beberapa hari tersisa untuk ngelakuin hal-hal yang produktif, ya!

lebaran punya mindset baru

Gimana persiapan lebarannya? Udah dapat baju baru untuk dipake? 

Kenapa ya lebaran selalu identik sama baju baru? 

Akhir-akhir ini saya sering gelisah sama pertanyaan itu.

Kenapa harus selalu nyari baju baru untuk dipake buat lebaran? Emang baju yang kemaren udah ga bisa dipake lagi? Emang selama ini kalo pake baju lama akan dijadiin bahan gosip tetangga sekomplek? Kayaknya ga juga deh ya?

Menurut saya, lebaran pake baju baru itu udah ga relevan lagi di zaman sekarang. 

Kenapa ga relevan? Kita jadinya cuman fokus nyari baju baru daripada membuat diri jadi lebih baik. Padahal, makna lebaran sesungguhnya adalah kita yang lahir sebagai manusia baru setelah dibasuh oleh bulan puasa sebulan penuh.

Baju baru cuman manifestasi istilah yang dimanfaatkan oleh pihak marketing retail dengan jenius. Sebetulnya, ga punya baju baru pun ga masalah. Yang terpenting diri kita imannya dan ketakwaannya meningkat daripada tahun lalu. Seharusnya ini yang kita pegang.

Lagian percuma juga punya baju baru tapi level keimanannya ga meningkat jadi lebih baik. Beli baju baru cuman buat pencitraan doang. Buat apa? Itulah kenapa saya rada kurang suka dikasih baju waktu hari lebaran. Dan lebih males lagi kalo diharuskan pake baju baru waktu mau solat ied ke mesjid. Aneh banget rasanya.

Pake baju yang kemaren aja kenapa sih memangnya?

Daripada sibuk mikirin baju baru apa yang dipake, mending ubah konsepnya. Gimana kalo gini: Lebaran harus punya mindset baru.

Mindset yang kayak gimana? Karna saya sedang bisnis online, jadi udah pasti mindsetnya tentang bisnis online. Karna ternyata masih banyak hal yang belum saya tau di dunia bisnis, terutama soal mindset ini.

Mindset mindblowing sejauh yang saya pelajari adalah "target harus ngotot, caranya bisa fleksibel". Artinya seberapapun targetnya, harus dicapai dengan cara apapun asal halal. Dan target ga boleh diubah-ubah segimanapun caranya.Yang boleh diubah adalah cara untuk mencapai targetnya.

Saya dulu kebalik, yang saya ubah targetnya, caranya ya gitu-gitu aja. 

Berkat nonton video-video empowering mindset dari DewaSelling, akhirnya saya tercerahkan. Selama bulan puasa, saya mencekoki diri dengan materi video yang berhubungan sama mindset bisnis. Karna saya ngerasa masih kurang banget dalam hal itu.

Saya berterima kasih banget sama mentor jarak jauh saya, Mas Dewa Eka Prayoga dan Abang Rendy Saputra (yang ternyata sesama keturunan Banjar walaupun beda provinsi) yang membantu saya punya mindset baru untuk bertumbuh.

Jadi, saya ngajakin temen-temen semua untuk punya mindset bertumbuh di hari lebaran nanti. Ga cuman punya baju baru doang tapi pola pikirnya masih segitu-gitu aja. Kita sebagai umat muslim diajarkan untuk terus bertumbuh. Waduh jadi dakwah nih.. udah bukan porsi saya.

Intinya saya cuman mau ngasih konsep baru aja. 

Bahwa baju baru tidak sama dengan diri yang baru. Daripada uangnya dipake buat beli baju baru yang ujungnya cuman buat pencitraan, mending dipake untuk investasi leher ke atas yang manfaatnya bisa digunakan untuk kita semakin bertumbuh di masa depan.

Selamat hari raya Idul Fitri,mohon maaf lahir dan batin, ya!
Semoga tulisan saya ini ada manfaatnya.

Channel telegram

Artikel Terkait

Lebaran Harus Punya Mindset Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.