Workshop dan Pelatihan: Sepele Tapi Punya Pengaruh

Pembaca blog ini ada yang pernah ikutan workshop atau pelatihan ga sih? Atau malah ga pernah ikutan sama sekali? Atau malah pengen ikutan dapet sertifikatnya aja tapi ga mau ikut pelatihannya?

pentingnya workshop dan pelatihan

Buat kalian yang udah pernah/sering ikutan workshop atau pelatihan gitu, menurut kalian kenapa kita mesti ikutan? Apa untungnya buat kita?

Kalo yang ga pernah ikutan itu alasannya kenapa? 


Dan yang cuman pengen dapet sertifikat itu kayaknya gausah ditanyain deh ya. Emang pada males aja dapet ilmunya kayaknya hahaha.

Workshop atau pelatihan itu keliatannya sepele banget. Kayak ga guna buat dipake hari ini. Padahal konsep workshop dan pelatihan itu kan emang dipake buat masa depan. Istilahnya investasi ilmu dan keahlian.


Pelatihan dan workshop itu berguna banget buat kita kalo mau masuk ke dunia kerja, lho! 

Pasti banyak yang ga nyangka

Jadi belajarnya sekarang, dipakenya bisa bulan depan, tahun depan bahkan ga tau kapan. Ya namanya juga investasi, jadi ga instan yang didapatin. Bisa sih kalo emang udah tau jalannya mau kemana dan pengen diapain hasil workshop atau pelatihannya.

Tapi ternyata ga cuman itu aja yang jadi masalah. Workshop dan pelatihan ini kadang ga gratis. Para calon pesertanya harus merogoh uang untuk bisa ikutan acaranya. Meskipun diiming-imingi beragam macam fasilitas, tapi tetap aja ngeluarin uang yang lumayan juga sebagai gantinya.


Kita tau panitia pasti perlu modal untuk ngeadain acara kayak gitu. Dan menurut gue harga yang ditetapin sama mereka juga emang sesuai sama kualitas pemateri yang mampu didatangkan sama panitianya.

TAPI, bukan berarti semua workshop atau pelatihan itu berbayar! Bukan berarti juga yang ga berbayar itu pematerinya ga berkualitas. Jangan salah, lho! Kalo kita ngiranya zaman sekarang ga ada yang cuma-cuma, itu ga sepenuhnya bener. Soalnya sampe sekarang masih banyak komunitas ataupun himpunan ataupun perkumpulan yang bikin workshop/seminar/pelatihan secara gratis buat kita!



Soalnya gue pernah sekali dapat pengalaman berharga ikutan workshop yang fully funded gitu. Kalo kalian baca waktu gue ke Bogor dan drama yang mengikutinya, pasti tau deh! Itu pengalaman berharga banget karena gue baru tau ada promotor yang berani ngadain workshop yang ngebiayain semua pesertanya.

Gue percaya kalo berbagi ilmu itu ga perlu biaya mahal. Semakin banyak yang dibagi, semakin banyak ilmu yang bisa didapat dan kemudian dibagi lagi. Jadi ga ada salahnya bagi-bagi ilmu secara gratis buat mereka yang emang pengen belajar. Siapa tau dipake sampe akhir hayat mereka, kan? Alhamdulillah jadi amal jariyah.

Semenjak saat itu, gue selalu rajin nyari-nyari info workshop gratis lainnya. Tapi masih belum ada yang sreg di hati, dan emang bukan gue banget juga tema workshopnya. Siapa tau tema itu cocok sama kalian, kan? Makanya kalian perlu tau juga informasi berharga kayak gini.


Karena gue liat masih belum ada akun khusus yang share informasi workshop seminar pelatihan ataupun talkshow gratis, jadilah gue bikin akun @infoworkshopgratis di instagram.

Akun itu khusus berbagi informasi workshop gratis yang bisa kalian ikuti di seluruh Indonesia. Dan semua info pamflet atau e-flyer itu gue share secara cuma-cuma, ga ada kerjasama dengan pihak penyelenggara acaranya. Gue rasa sih mereka juga masih belum tau kalo ada akun itu.


Jadi buat kalian yang suka atau tertarik untuk ikutan workshop seminar ataupun talkshow gratis dan punya manfaat, langsung follow aja. Dan kalo kalian punya acara gratis yang ada hubungannya sama workshop dan sejenisnya, bisa langsung tag akun tadi biar bisa di re-share lagi ke follower yang lain.

Informasi gratis sekecil apapun patut untuk dibagi. Apalagi kalo ada hubungannya sama pengembangan bakat atau nambahin keahlian lain. 

Artikel Terkait

Workshop dan Pelatihan: Sepele Tapi Punya Pengaruh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.