Piala Dunia 2018

Tiap 4 tahun sekali, penikmat dan pencinta sepak bola disuguhkan gelaran akbar sepak bola sedunia. Ya namanya aja Piala Dunia, tentu pesertanya dari seluruh dunia, dikumpulin di satu tempat untuk "bertarung" jadi tim nasional terkuat sedunia.

juara dunia 2018

Waktu gue nulis ini, Ronaldo jadi orang ke-4 sepanjang sejarah yang bisa nyetak gol di 4 Piala Dunia berbeda. Kebetulan di pertandingan Portugal - Spanyol unggul cepat di menit ke-3 lewat penalti sang Dewa Cristiano, begitu gue bisa menyebutnya.


Gelaran kali ini diadain di Rusia, dengan maskot bernama Zabivaka. Nama maskot ini sendiri diambil dari bahasa Rusia yang berarti "orang yang mencetak skor". Zabivaka merupakan penggambaran karakter binatang menyerupai serigala namun punya mata ceria dan pemberani, katanya sih gitu.



Sebagai penikmat bola, sebenarnya ajang Piala Dunia ga terlalu menarik minat gue. Lebih menikmati pertandingan antar klub, mungkin karena lebih kenal karakter permainan klubnya daripada timnasnya, ya.


Tapi, karena even ini diadainnya waktu libur pertandingan sepak bola Eropa, ga ada salahnya buat nontonin pertandingan-pertandingannya. Mumpung liburan juga, jadi pas banget lah buat hiburan.



Piala Dunia 2018 kali ini menurut gue lumayan seru untuk diliat beberapa timnasnya.

Timnas Inggris di Piala Dunia 2018

via tirto.id

Salah satu timnas yang menurut gue patut diperhitungkan adalah skuat Timnas Inggris. Skuat yang dibawa Gareth Southgate kali ini cukup menjanjikan dari segi performa di klub masing-masing. Rataan umur 23 pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2018 ini termuda ke-3 setelah Perancis dan Nigeria dengan 26 tahun.



Bahkan Trent Alexandre Arnold (Liverpool), merupakan salah satu pemain termuda di Piala Dunia 2018 kali ini. Itulah kenapa banyak optimisme yang menghinggapi skuad ini karena banyak dihuni talenta muda berbakat yang lahir.

Kita bisa berharap kalo skuad Timnas Inggris kali ini dapat berbuat banyak. Terlebih karena kompetisi liga Inggris punya 2 top skorer lokal: Harry Kane dan Jamie Vardy. Publik Inggris tentu berharap banyak karena sebagai negara yang dijuluki tempat lahirnya sepak bola justru jarang merengkuh juara di ajang internasional seperti ini.



Timnas Belgia di Piala Dunia 2018

piala dunia 2018 timnas belgia
via bola.com

Belgia bisa dibilang berada dalam generasi emasnya saat ini. Hampir semua pemain inti mereka bermain di klub besar dunia. Sebut saja, Manc. United, Chelsea, Manc. City, Barcelona bahkan sampai ke Jerman bersama Dortmund.

Waktu main Football Manager 2012, pemain-pemain muda Belgia selalu jadi incaran gue waktu ngelatih klub-klub besar. Lukaku waktu itu masih main sama Anderlecht, Hazard masih belum keliatan skill-nya.

Tapi liat mereka sekarang? Main di klub besar bikin mereka makin berkembang jadi pemain bertalenta luar biasa. Meskipun belum ada pemain mereka yang dapet gelar pemain terbaik dunia, menurut gue karena masih perlu sedikit usaha aja.



Timnas Belgia gue jagokan untuk jadi salah satu kontestan tangguh di Piala Dunia 2018 kali ini. Kita liat sejauh apa anak-anak muda Belgia bisa berbicara di ajang internasional ini. Apakah sama bagusnya seperti permainan mereka sewaktu di klub masing-masing?

Timnas Perancis

piala dunia 2018 timnas perancis
via tirto.id

Bukan hal yang baru kalo Perancis banyak dijagokan orang di tiap gelaran Piala Dunia. Untuk edisi yang kali ini pun ga jauh berbeda. Tren Perancis yang selalu bagus jadi penyebab kenapa timnas ini selalu jadi unggulan. Namun sejauh ini mereka cuman baru nyicip Trofi Jules Rimet 1 kali.

Dengan hadirnya sejumlah talenta baru di timnas Perancis kali ini, tentu masyarakatnya menaruh harapan besar. Apalagi beberapa di antara mereka berjaya di klub masing-masing. Terlebih lagi seorang pemain muda yang baru 19 taun ikut diangkut bersama skuad senior yang lain, Kylian Mbappe.



Dengan dalamnya skuad Perancis di edisi World Cup 2018 kali ini, gue rasa mereka bisa berbicara banyak. Yang penting jarak umur antar pemain ga terlalu jomplang jadi mereka masih punya level stamina yang sama. Karena di acara kayak gini, skill dan stamina adalah faktor penting buat timnas yang bertanding.

Timnas Portugal
timnas portugal piala dunia 2018

Yah ini sih personal banget, ya. Karen gue suka sama Ronaldo jadi berharap lebih sama timnas ini. Walaupun kualitas pemainnya ga merata, ya. Praktis timnas ini cuman bergantung sama kualitas permainan Ronaldo seorang. Kalo Ronaldo lagi ga mood, yaudah angin-anginan deh permainannya.



Tanpa bermaksud mengesampingkan kualitas pemain yang lain, kalo cuman mengandalkan Ronaldo seorang ga akan mampu bersaing sama timnas lain yang kemampuan rata-rata pemainnya hampir setara semuanya.

*

Harus diakui kalo Piala Dunia 2018 kali ini penuh kejutan banget. Ada drama (yang emang selalu ada di tiap pertandingan sepak bola dan dunia nyata), ada ketegangan dan keseruan yang lebih banyak daripada yang tahun kemaren.

Korea Selatan ngalahin Jerman (dan bikin Jerman pulang bareng Korsel juga) aja udah kayak juara piala dunia rasanya. Btw, Jerman cuman dapet poin 1, dan ga bisa lolos babak penyisihan grup bikin mereka jadi tim kesekian yang harus menanggung "kutukan" juara bertahan piala dunia.

Semoga juara dunia tahun ini adalah timnas yang memang sudah seharusnya merasakan gelar juara.

Artikel Terkait

Piala Dunia 2018
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.