PENSIUN

Pagi itu, seperti biasa Mama ngechat gue. Karna gue sekarang ngekos (lagi), jadi kita lebih banyak ngobrol lewat aplikasi chatting. Waktu itu tanggal 17, tiap tanggal itu semua PNS pasti apel resmi pake baju KORPRI. Kebetulan gue lagi kerja di dinas jadi ngeliatin mereka pake baju itu bikin gue inget bapak sendiri.



Waktu gue lagi keinget itu, tiba-tiba Mama ngechat:


 "Abah hari ini nerima SK pensiun"


Anjir.. seketika itu hati gue langsung mencelos. Mau nangis tapi kan lagi di kantor jadi ga mungkin. Ada rasa yang bercampur aduk dalam hati. Sedih, seneng, getir, macam-macam. Akhirnya tiba juga saatnya, kata gue dalam hati.


Sedih karna itu artinya bapak gue udah tua. Dia harusnya udah memasuki masa istirahat dia di rumah. Nemenin Mama yang sering ditinggal keluar kota selama dia kerja. Apalagi gue yang sekarang jarang ada di rumah. Mereka cuman beduaan jadinya.


Sementara gue yang jadi satu-satunya harapan mereka buat menikmati masa tua dengan tenang masih belum bisa memberikan yang terbaik. Kerjaan masih kontrak-kontrak pendek doang. Pengen masuk BUMN tapi persyaratan tinggi badan sama IPK kurang. Harapannya cuman masuk swasta atau dinas tapi belum PNS.


Seneng karna Bapak bakalan bisa santai di rumah setelah beberapa tahun terakhir ngeluh capek karna harus berangkat perjalanan dinas terus. Saking sibuknya dulu itu bahkan sampe 1 bulan 4 kali bolak balik perjalanan dinas doang. Kasian gue sama Mama yang ditinggal terus di rumah. Iya kalo gue ada di rumah, kalo lagi dinas juga ya sendirian dong dia.


Getir karna mikirin gimana bapak bisa ngejalanin hari-hari setelah dia pensiun cuman di rumah aja. Setelah selama berpuluh-puluh tahun terbiasa kerja tiap hari. Yah meskipun dia bisa ngerjain kerajinan tas handmade yang lagi dirintis tapi pasti atmosfirnya ga sama antara kerja kantoran sama kerja di rumah.

Tapi gue percaya Bapak orangnya ga bisa berhenti berkarya gitu aja. Wong lagi kerja aja masih sempet mikirin bikin tas rajut gitu. Dia emang orangnya ga pernah bisa nganggur sih. DIa diemnya cuman waktu tidur doang wahahaha..

Kayaknya gue mewarisi sifat bapak gue yang emang ga bisa diem juga. Rasanya sayang banget kalo ada waktu terbuang cuman buat leyeh-leyeh doang. Mending dipake buat ngelakuin hal yang bikin produktif.



Dengan pensiunnya bapak gue, otomatis penghasilan keluarga juga bakalan berkurang. Artinya udah ga bisa kayak dulu lagi gaya hidupnya. Jelas dari segi pengeluaran harus lebih efisien. Ga bisa lagi seenaknya mau makan di luar atau mau belanja yang lain.

Walaupun begitu gue masih yakin pepatah yang bilang "Akan ada pelangi setelah hujan" Ada banyak kesempatan untuk berkembang buat Bapak. Meskipun udah ga kerja kantoran lagi, Bapak masih tetap bisa berkarya di tempat lain.

Gue pernah bercanda minta Bapak buat maju jadi Calon Legislatif. Dia langsung nolak dengan tegas hahaha.. kalo aja di-iya-in sama dia, bisa jadi proses kampanye bakalan jalan dari sekarang. Hahahaha..

Yah apapun nanti kegiatan Bapak setelah pensiun, gue berharap beliau tetap produktif seperti biasa. Dan ga berdampak sama kesehatan dia. Soalnya Bapak jarang banget olahraga dan ngerokoknya susah distop. Susah banget ngajakin Bapak untuk ngubah ke gaya hidup back to nature.

Kalo kalian mau lebih produktif lagi bisa gabung ke komunitas Blogger Banjarmasin. Di sana kita belajar jadi blogger dan pegiat sosial media yang baik. Atau kalian bisa juga gabung sebagai penulis keroyokan di website karya anak banua. Biar kita semakin punya banya kegiatan positif lainnya.

Artikel Terkait

PENSIUN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

August 9, 2018 at 12:22 AM delete

Uwoooo, bapaknya pekerja keras dan gak bisa diam ya kak. Mantap, mungkin pas pensiun nanti beliau bisa buka usaha tas rajut yangdibikin sendiri. Mantap juga..

Reply
avatar
August 9, 2018 at 3:01 PM delete

Begitulah bapak saya hahaha..
Aamiin.. nanti kalo ada produk yang kamu suka, kamu beli ya hahaha

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.