Post Top Ad

Post Top Ad

26 September 2022

REVIEW SERIES BIG MOUTH BAHASA INDONESIA

Awalnya gue mengira kalo Big Mouth ini ga lebih dari drakor standar yang sering ditonton sama para penggemar drakor selama ini. Percintaan menye-menye romantis, scene kiss berhamburan. Ternyata gue salah! Setelah melihat twit-twit dari netizen di twitter gue akhirnya penasaran sama series ini.


big mouth kdrama review

Dari cover posternya sih seakan-akan menceritakan 2 sejoli yang dipisahkan sesuatu begitu. Ada benernya juga sih, tapi inti dari serial ini tuh sebetulnya lebih kompleks daripada yang terlihat. Pastinya berbeda dengan drakor kebanyakan yang ceritanya hanya berputar cinta-cintaan begitu. 

ALUR CERITA BIG MOUTH

REVIEW SERIES BIG MOUTH



Aeries Big Mouth/Big Mouse mengisahkan seorang pengacara amatir bernama Park Changho (Lee Jung Suk) yang baru saja meniti karir di dunia advokat. Dibiayai pacar yang kemudian menjadi istrinya, Ko Miho (Lim Yoon A), Park akhirnya bisa lulus kuliah jurusan hukum dan membuka kantor pengacaranya sendiri dengan biaya hutang kepada rentenir.

Karena dia masih baru, tentu saja pendapatannya masih belum stabil. Akibatnya, hutangnya tidak terbayarkan sementara kebutuhan hidupnya harus tetap jalan. Akhirnya, Park dan keluarganya terjerat hutang dan Park sebagai kepala keluarga berusaha mencari cara apapun untuk bisa melunasi hutang rentenir ini.

Singkat cerita, Park dipertemukan dengan Choi Doha (Kim Joo Hun) yang merupakan walikota dari tempat tinggalnya, Gucheon. Entah darimana sumbernya, Choi Doha tau kalo Park lagi BU (Butuh Uang) banget. Walikota ini menawarkan pekerjaan kotor dengan nominal uang yang cukup untuk melunasi hutang Park.

Karena faktor BU tadi, mau tak mau Park pun menerima pekerjaan "aneh" ini. Aneh karena Park sebagai pengacara dari 3 tersangka pembunuhan seorang dokter di RS Gucheon dan harus membela mereka tanpa perlu "keluar keringat".  Park hanya perlu mengikuti skenario yang sudah disiapkan sebelumnya, untuk membebaskan para tersangka.

Btw, tersangka pembunuhan ini adalah 3 manager yang menjabat di RS Gucheon dan diberikan fasilitas khusus di penjara. Karena mereka kaya, makanya bisa dapat perlakuan khusus di penjara dengan menyuap para sipir dan kepala penjaranya. Bisa dibilang "penjara" yang disebutkan di sini sebetulnya lebih layak disebut aula pertemuan karena tempatnya sangat luas dan memiliki fasilitas layaknya di ruang direktur.

Park Changho diperankan Lee Jung Suk

Dari sinilah awal mula Park mengetahui hal kotor yang dekat dengan dunia yang dicintainya ini. Karena persidangan yang sudah terencana ini bertentangan dengan prinsip Park, dia mencoba untuk berkhianat dari Choi Doha. Bukannya mengikuti perintah Doha, Park malah berubah memanfaatkan keadaan untuk bisa menjatuhkan Doha berbekal bukti kotor yang dimlikinya.

Tapi karena masih pemula, tentu saja Park dengan mudah bisa dikalahkan oleh mafia ini. Akhirnya Park dimasukkan ke penjara karena difitnah menggunakan narkoba saat berkendara. Padahal aslinya, Park dikasih minuman beracun agar bisa disingkirkan dan tidak menjadi beban masa depan para mafia.

Sayangnya, penulis Big Mouse tentu ga mau Park mati begitu saja. Makanya dia tetap hidup dan didakwa menggunakan narkoba saat berkendara. Park dijebloskan ke penjara yang sama dengan 3 tersangka pembunuhan itu. Tentu saja di ruangan yang berbeda. Bukan hanya itu, Park juga diduga sebagai seorang "Big Mouse" yang merupakan salah 1 penjahat paling dicari di Gucheon karena telah melakukan berbagai tindakan kejahatan namun tidak pernah tertangkap.

Gemparlah 1 Gucheon karena Big Mouse akhirnya ditangkap. Lengkap dengan bukti-bukti yang mengarahkan kalo Park ini memang Big Mouse sebenarnya. Semakin besarlah niat Park untuk membalaskan dendamnya terhadap mafia-mafia ini. Selain karena difitnah, dia juga harus menanggung beban sebagai orang yang paling dicari di Gucheon, padahal dia ga tau apa-apa.

Choi Do Ha diperankan oleh Kim Joo Hun

Sejak dari episode 3 seingat gue, series ini berfokus mencari siapa Big Mouse yang sebenarnya. Karena kita semua tau kalo Park bukanlah Big Mouse yang sebenarnya. Semua karakter di series ini berusaha mencari Big Mouse dengan segala cara mereka. 

Park berusaha membongkar identitas Big Mouse dari dalam penjara, sementara istri dan pengacaranya mencoba mencari info dari luar penjara. Di series ini juga sudah diperlihatkan villain utama dari Big Mouse, yaitu Kang. Orang tua veteran tentara yang memiliki berbagai macam perusahaan Gucheon. Bahkan bisa dibilang dia adalah presiden seumur hidupnya Gucheon.

Diceritakan Kang membangun Gucheon dari tanah tandus sampai menjadi kota modern seperti sekarang. Namun layaknya pemilik banyak perusahaan, dia juga tidak terlepas dari tangan kotor untuk menjadi seorang pemimpin. Sehingga, bisa dibilang Kang juga sama jahatanya dengan Big Mouse. Namun terlihat "lebih bersih" karena bukan dia sendiri yang melakukan pekerjaan "kotor" itu.

REVIEW BIG MOUTH

Menurut gue, Big Mouth jadi sangat ramai diributkan sama netizen karena penuh dengan hal misterius. Orang-orang suka  dibikin penasaran dan nungguin banget rasa penasarannya itu bisa terjawab di series ini. Jujur gue juga awalnya ga niat nonton series ini, tapi karena netizen ribut menebak-nebak, gue jadi kepo dan akhirnya ikut nonton juga sampai tamat.

Gue pribadi suka series ini karena ga banyak drama percintaan yang ditampilkan. Karena memang aslinya series ini kan bergenre crime mistery gitu kan. Jadi gue nyaman banget untuk nontonnya.

Ko Mi Ho vibes istri mafia

Kita juga belajar bahwa ternyata politik itu ga cuman terjadi di pemerintahan aja, tapi juga di segala lini kehidupan. Kita ga bisa terlepas dari hal yang berbau politik. Jadilah orang yang punya previlage lebih untuk bisa punya kekuatan politik yang mumpuni, niscaya hidup akan lebih mudah.

Pengembangan karakternya pun keren banget menurut gue. Park yang awalnya hanya seorang pengacara cupu yang ga pernah menang dipersidangan, akhirnya bisa menjadi seorang pengacara paling terkenal dengan bayaran termahal setelah keluar dari penjara.

Mungkin kalo ada karakter pendukung yang patut diapresiasi menurut gue adalah si Gong Ji Hoon yang diperankan sama Yang Kyung Won. Difitnah jadi orang yang menjarain Park, dikucilkan dari lingkaran orang-orang kepercayaan Kang, sampai hampir kehilangan jabatan di perusahaannya sendiri. 

Tapi karena di detik terakhir dia memilih sisi yang benar, dia kecipratan berkahnya juga. Saingannya hancur, dan dia jadi CEO di perusahaan warisan Kang. Memang benar orang bilang kalo sabar itu awalnya pahit, tapi diakhirnya akan terasa manis.

Meskipun ada 1 plot hole yang menurut gue ga dibahas di series Big Mouth ini, tapi ga mengurangi inti cerita perjalanan Park dan koleganya. Tapi, andai saja plot hole ini dibahas, mungkin akan ada hukuman yang lebih setimpal lagi untuk pelakunya. Sayangnya hanya Mi Ho (Lim YoonA) yang ngeh 1 karakter ini ga ada.

Bahkan anehnya, kawanan Big Mouth sendiri ga tau keberadaannya. Cukup membingungkan kalo dipikir-pikir. Sayang aja gitu, 1 karakter ini akhirnya jadi karakter yang agak terpinggirkan. Padahal di awal episode dia yang ngebantu Park Changho untuk mengungkap kasus para manager korup itu.

Gong Ji Hoon diperankan oleh Yang Kyung Won

1 lagi yang menurut gue agak kurang. Penggambaran karakter Big Mouse yang cukup inkonsisten di tiap episodenya. Di 1 episode digambarkan Big Mouse adalah "seseorang" penjahat kriminal. Di lain episode digambarkan sebagai "organisasi kriminal". 

Gue yang nonton cukup kebingungan, tapi kalo make logika sederhana aja, harusnya kita tau kalo Big Mouse ini lebih cocok dibilang sebagai organisasi kriminal. Karena ga mungkin cuman 1 orang aja yang bisa ngejalanin semua hal yang terjadi di series ini.

Big Mouse memiliki 16 episode dengan durasi 1 jam tiap episodenya. Cukup panjang jika dibandingan dengan series lain. Squiad Game saja cuman 45 menit per epsiode. Tapi meskipun memiliki durasi yang cukup panjang, Big Mouse tetap nyaman untuk ditonton.

TEORI KONSPIRASI

Karena series ini banyak sekali memancing rasa penasaran penontonnya, ada saja yang mengembangkan teori konspirasi tentang siapa sebenarnya Big Mouse di series ini. Kalo kamu nonton seriesnya sih gue rasa pasti akan melakukan hal yang sama. 

teori-konspirasi-big-mouse



Terlebih lagi untuk kamu yang suka melakukan deduksi melalui teori konspirasi ataupun teori cocoklogi. Mengumpulkan fakta dari adegan-adegan yang ada di series ini meskipun hanya dalam beberapa episode, kemudian menyimpulkannya.

Tapi kayaknya sih ga ada yang bisa jawab dengan tepat siapa sosok pemimpin Big Mouse sebenarnya, sampai akhir epsisode ya hehe. Gue sendiripun ga menyangka kalo ternyata beliau lah orangnya.

Yah namanya juga teori konspirasi ya kan? Tujuannya buat seru-seruan aja, biar tambah rame tontonannya. Jadi ga perlu harus tepat juga tebak-tebakannya. 

SEASON 2?

perlukah season 2 big mouse diadakan?

Meskipun menurut gue ada plot hole yang cukup mengganggu, tapi menurut gue season 2 ga perlu diadain deh kayaknya. Karena semuanya udah terjelaskan dengan tuntas sampai akhir episode. Kalo pun mau dilanjutin lagi, mau nyeritain tentang apa lagi? Kayak ga ada yang perlu diceritain lagi gitu loh.

Bahkan penulisnya sendiri bilang kalo terlalu dini ngomongin season 2. Mungkin karena dia belum kepikiran mau ngelanjutin kayak gimana lagi. Bisa jadi juga karena dia ngerahasiain proyek berikutnya dari Big Mouse.

Mumpung series Big Mouse udah tamat dan masih belum ada kejelasan tentang season 2-nya, mending kamu nonton dulu deh. Karena episode series ini cukup panjang, 16 episode dengan durasi 1 jam. Jadi mungkin bisa siapkan konsumsis cemilan sambil menikmati tayangan ini di Disney Plus Hotstar yes!

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.