Post Top Ad

Post Top Ad

September 5, 2022

7 Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Anak Dengan Menggunakan Bahan Alami Dan Tanpa Obat

Hampir sebagian orang tua kebingungan saat buah hatinya panas karena demam. Mereka bingung mencari cara cepat untuk menurunkan panas yang dialami anaknya. 

Cara Cepat Menurunkan Panas Pada AnakPhoto by Matteo Fusco on Unsplash

 
Perlu Bunda pahami bahwa demam adalah hal yang seringkali dialami anak dan kerap membuat para orang tua kebingungan. Pada dasarnya, demam adalah hal yang wajar dialami anak – anak. Secara umum, aktivitas yang dilakukan dan suhu lingkungan bisa mempengaruhi suhu tubuh.

Saat anak panas, Bunda perlu memantau kondisinya, nafsu makan, dan pantau juga jumlah cairan urin yang keluar. Bunda pun bisa berikan obat – obatan penurun panas pada si kecil. Meski demikian, Bunda disarankan untuk memberikan terlebih dahulu pengobatan secara alami untuk mengatasi demam serta mengatasi dan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Sebab, terdapat beberapa jenis obat penurun panas yang diketahui bisa menimbulkan sejumlah efek samping bagi anak antara lain gangguan fungsi hati, asma, atau perdarahan saluran pencernaan.

Berikut 7 cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat yang bisa Bunda lakukan.

1. Membalurkan Bawang Merah

Mayoritas masyarakat India membalurkan bawang merah ke kaki si kecil yang dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh dan meredakan rasa nyeri. Cara memanfaatkan bawang merah untuk menurunkan panas pada anak adalah dengan memotong 1 siung bawang merah menjadi 2 bagian, kemudian balurkan pada telapak kaki anak. Lakukan cara ini hingga 2 kali sehari untuk membantu menurunkan demam.

2. Berendam Dalam Air Jahe

Jahe dipercaya mampu membunuh bakteri sekaligus meningkatkan produksi keringat. Cara memanfaatkan jahe untuk turunkan panas cukup mudah yaitu ambil 2 sendok makan jahe, lalu masukkan ke dalam air hangat di dalam bak mandi si kecil.

3. Memberi Teh Chamomile Dan Madu

Jika usia anak sudah lebih besar, Bunda bisa berikan teh chamomile yang dicampur madu. Berikan ramuan ini 2 kali sehari. Teh chamomile dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh anak.

4. Lemon Dan Madu

Buah lemon mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Bunda juga bisa manfaatkan hal itu sebagai salah satu cara untuk menurunkan panas pada anak dengan cara alami.

Cara memanfaatnya sangat mudah, ambil satu sendok makan madu dan 1 sendok makan air perasan lemon, kemudian berikan ramuan ini pada anak untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya.

5. Minyak Mustrad Dan Bawang Putih

Cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak mustard dan bawang putih. Selain bisa menurunkan panas pada anak, kedua bahan itu juga mampu mengurangi nyeri pada tubuh dan meningkatkan produksi keringat.

Caranya mudah, Bunda hanya perlu siapkan 2 sendok makan minyak dan 1 sendok makan bawang putih yang sudah dihaluskan, kemudian campurkan dan diamkan sekitar 2 menit. Ramuan yang dipercaya ampuh bisa mengurangi demam ini bisa Bunda balurkan pada dada, kaku, telapak kaki, punggung, dan leher anak.

6. Sup Ayam

Jika usia anak sudah lebih besar, Bunda bisa berikan sup ayam yang terdiri dari beragam sayuran dan mengandung protein yang bisa membantu anak melawan infeksi dalam tubuh dan sebagai tips untuk menurunkan panas secara alami.

7. Buah – Buahan

Cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat yang terakhir adalah dengan memberikan buah – buahan yang kaya akan antioksidan dan menjadi sumber nutrisi yang baik untuk membantu anak melawan infeksi penyebab demam. Bunda bisa berikan beberapa jenis buah pada anak sebagai makan camilan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.