Jangan Ulangi Kesalahan Saya Ini Dalam Hidupmu

Tulisan kali ini bukan bermaksud untuk menggurui kamu apalagi mengajarkanmu tentang hidup. Saya hanya mencoba untuk memberikan pelajaran tentang pilihan hidup yang selama ini saya jalani.

Semua pilihan hidup itu, ada konsekuensinya. Semuanya ga saya pikirin waktu dulu itu. Saya taunya cuman senang-senang dan nyantai doang. Terlalu mengikuti hawa nafsu dan pikirannya masih pendek.Dan sekarang saya merasakan dampaknya. 

Jangan Ulangi Kesalahan Saya Ini Dalam Hidupmu

 

Ternyata pilihan hidup yang kamu ambil hari ini, bisa aja dampaknya ga terasa besok. Tapi bisa jadi beberapa tahun kemudian.

Saya hari ini adalah apa yang saya pilih di hidup saya 5-10 tahun ke belakang.

Apa yang saya pilih?

1. Malas-malasan

Saya dulu memilih untuk malas-malasan daripada berinvestasi jangka panjang untuk kehidupan di masa depan. Padahal, kalo saja saya memanfaatkan waktu luang saya yang banyak untuk belajar sesuatu yang berfaedah, mungkin sekarang saya udah ga perlu ribet lagi belajar dari awal.

Ketika saya memilih untuk bermalas-malasan di hari itu, maka diri saya di masa depan yang akan terkena dampaknya. Yaitu hari ini, dimana saya harus berjuang untuk bangkit dari kemalasan dan mengubah kebiasaan malas menjadi disiplin.

Mengubah kebiasaan itu sama sulitnya dengan mengubah budaya suatu bangsa. Makanya banyak yang akhirnya menyerah untuk mengubah dan memilih untuk pergi meninggalkan. Karena memang sesulit itu.

Kalo aja bukan karena keinginan sendiri yang ingin berubah, mungkin sekarang tulisan ini ga akan selesai saya buat.

2. Membuang Waktu Berharga

Dulu saya ga tau tuh kalo waktu itu sumber kekayaan paling berharga buat manusia. Saya kira uang adalah yang paling berharga. Ternyata saya salah, sayangnya saya tau hal ini saat sudah dalam hitungan terlambat.

Kalo saja saya memanfaatkan waktu saya yang berharga, mungkin saya sudah lebih kaya daripada yang sekarang. Jadi peribahasa yang bilang "Waktu adalah uang" itu bener banget adanya. Orang-orang zaman dulu itu emang ga salah kalo ngomong.

3. Ga Dengerin Omongan Orang Tua

Dulu saya tuh bandel banget. Ga dengerin apa kata orang tua. Bisa dibilang cuman dengerin omongan orang tua tu sekitar 60% doang, sisanya memberontak gitu dah. Intinya ga suka diatur dan ga pengen disuruh suruh.

Padahal, kalo aja saya dengerin apa kata orang tua waktu itu, mungkin saya sekarang bisa lebih produktif dan lebih menghasilkan. Sayangnya penyesalan selalu datang terlambat, jadi ya saya harus merasakan akibat dari perbuatan saya sendiri.

4. Ga Investasi Apa-apa

Saya dulu ga kenal yang namanya ecourse/kelas onine/tempat belajar internet apapun. Taunya cuman nonton film, download film dan main game sama temen-temen sampe begadang.

Kalo aja saya investasiin waktu saya yang dipake buat nonton dan begadang tadi untuk belajar skill, mungkin sekarang skill itu yang menghidupi penghasilan saya. Tapi sayangnya, saya malah ga serius mikirin masa depan saat itu.

5. Ga Tambah Networking

Sebetulnya dengan gabung ke organisasi kampus udah cukup, tapi menurut saya akan lebih baik lagi jika bisa menjangkau organisasi luar kampus sendiri. Dengan begitu teman jadi tambah banyak, pergaulan makin luas dan koneksi jadi makin bertambah.
 
Untuk pembaca blog yang sedang memiliki waktu luang yang banyak, saya sangat menyarankan untuk memperluas koneksi selebar-lebarnya. Karena kita ga akan pernah tau darimana rezeki itu datang. Makin banyak teman makin memperbesar peluang rezeki kita bertambah.
 
Tapi tetap hati-hati pilih teman ya! Karena ga semuanya bisa dipercaya.
 
***
Semoga pembaca bisa mengambil sisi positif dari pengalaman saya kali ini. Saya harap tulisan kali ini bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita semua. Bahwa sesungguhnya yang paling berharga adalah waktu. Kalo kita membuangnya, kita ga bisa mengambilnya kembali.
 
Jadi hargailah waktu yang kita miliki dengan sesuatu yang bisa membuat kita semakin kaya. Ga perlu kaya dalam bentuk uang, bisa kaya ilmu, kaya pertemanan dan lainnya.
 
Jadikan tulisan kali ini sebagai bahan introspeksi bersama dan saya berharap tidak ada lagi yang mengulangi kesalahan ini kedua kalinya. Cukup saya saja yang mengalaminya.
Jangan Ulangi Kesalahan Saya Ini Dalam Hidupmu Jangan Ulangi Kesalahan Saya Ini Dalam Hidupmu Reviewed by Radhian on December 10, 2021 Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.

Powered by Blogger.