JANGAN MENABUNG!

Kita udah didoktrin dari kecil dengan pepatah "hemat pangkal kaya". Jadi apapun yg kita lakuin berhubungan dengan duit, harus dihemat biar bisa cepat kaya.

Apa apa hemat, dikit dikit nabung dikit dikit nabung, nabung kok cuman sedikit?




Dulu mikir kalo nabung uangnya bisa disimpan untuk kemudian dipake di masa depan. Jadi gapapa kerja mati-matian sekarang, nanti hasilnya bisa dinikmatin belakangan.

Setelah saya belajar tentang marketing, terutama digital marketing, mindset saya berubah. Ga lagi hemat pangkal kaya, karna kalo dihemat bisanya ya cuman "kaya" ga "kaya banget" gitu. Paham ya maksudnya? 😂

Mindset saya berganti, daripada nabung buat jadi kaya, kenapa ga uangnya yang digunain buat investasi dapetin ilmu baru? Istilah kerennya "investasi leher ke atas". Investasinya bisa berupa apa aja. Entah itu ikut seminar bisnis, beli ebook premium, beli e-course tentang digital marketing dan sebagainya.

Jadi daripada ngendap jadi saldo tabungan mending 
uang yang kita dapetin itu diubah jadi sumber daya baru yang lebih bermanfaat. Jadi sekarang investasi kita ga berupa uang aja, tapi juga ada ilmu yang bisa kita pake dikemudian hari. Gimana? Asik kan?

Misalnya, kita ga ngerti ilmu marketing ikut kursus marketing sama mentor yang udah terbukti menghasilkan. Ga ngerti ilmu public speaking kursus public speaking. Ga ngerti ilmu nulis, beli buku/ikut pelatihan kepenulisan. Semua ada ilmu dan semua bisa dipelajari. Tinggal kitanya, mau apa ga berinvestasi dengan cara kayak begitu?

Semua ilmu itu bisa dipelajari kok asal ada niat dan kemauan. Apalagi kalo berbayar ilmunya, rasanya sayang banget udah bayar tapi ga kepake kan ilmunya? Kecuali kamu anak sultan yang bingung ngabisin duit buat apa, ya mungkin ga akan nyesal sih beli tapi ga dimanfaatin hahaha.


Tapi intinya adalah take action! Karna mau gratis ataupun bayar, kalo kita ga langsung praktek dna suka nunda-nunda sesuatu, ya sama aja bohong. Seorang yang sukses itu tidak ada alasan untuk menunda kesuksesannya. Hanya orang malas yang suka menunda kebahagiaan dirinya sendiri :D

Jadi stop menabung dan investasi knowledge biar bisa berkembang jadi pribadi yang lebih bermanfaat buat orang banyak 😄😄


Ga pengen ketinggalan tulisan tentang mindset marketing lainnya? Silakan tulis email kalian di bawah ya!



Berlangganan Email Mindset Bisnis

Masukkan email Anda yang paling aktif di bawah ya!
Powered by Kirim.Email

Artikel Terkait

JANGAN MENABUNG!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.