Cara Perawatan AC Agar Awet Bertahun-Tahun

Sebagai negara yang termasuk ke dalam daerah yang beriklim tropis, kebutuhan AC sebagai salah satu teknologi zaman modern sangat diperlukan. Apalagi di lingkungan kantoran, udah pasti perlu banget yang namanya AC biar bikin karyawannya nyaman dan makin produktif ngerjain tugas kantor.



Ga jarang AC bisa dinyalain sepanjang hari biar ruangan tetap sejuk meskipun di luar udaranya panas banget. Tapi yang namanya mesin, makin lama dipake makin menurun kualitas kinerjanya. Nilai keawetannya pun makin menurun dan ujung-ujungnya malah rusak terus ga bisa dipake, deh.

Biasanya AC akan ngalamin kendala penggunaan diumur 2-4 tahun pemakaian. Padahal dengan pemakaian yang benar, AC bisa dipake lebih lama dari umur kegunaannya. Bahkan bisa bertahan sampai 10 tahun! Berikut beberapa tips dari rangkaianabjad.com yang bisa diaplikasikan ke alat elektronik AC kalian di rumah masing-masing:


Gunakan Timer 

Gue rasa fitur yang satu ini jarang banget dipake sama kalian ya kan? Entah itu kipas angin ataupun AC. Padahal fitur ini salah satu yang paling berguna untuk menghemat energi dan juga menjaga umur AC tetap panjang. 

Dengan timer, AC akan mati secara otomatis tepat waktu. Dan mesin akan jadi lebih awet karena penggunaan yang masih batas wajar. Sebaiknya AC dimatikan setelah periode pemakaian 5 jam. Agar mesin dingin kembali, sehingga komponen di dalamnya akan tetap panjang umur.

Bersihkan Filter AC

Bersihkan filter AC secara rutin. Jadwalkan pembersihan filter 1-2 bulan sekali. Kalo udah kotor banget disarankan untuk segera diganti sama filter yang baru. Biar kualitas udaranya tetap terjaga dengan sehat.

Karena filter yang kotor oleh debu akan menyebabkan aliran udara terhalang dan mengganggu fungsi AC. Kalo fungsi AC terganggu akibatnya AC akan lebih cepat rusak.

Manfaatkan Teknologi Terkini

Kalo beli AC yang terbaru, biar kegunaannya makin maksimal coba manfaatin teknologi terkini yang mereka punya. Contohnya kayak teknologi AC DUAL COOL with watt control. Dengan teknologi ini kita sebagai pengguna dimudahkan untuk mengatur sendiri pemakaian watt AC-nya.


Cara mengendalikannya pun terbilang mudah. Sebagai gambaran, kepemilikan AC LG Dualcool with Watt Control tipe T06EV4 (Eco Model) dan E06SV4 (Smart Model) berkapasitas 1/2 PK dengan daya listrik 495 watt. Pengaturan pada konsumsi 80 persen cukup dilakukan dengan sekali tekan pada tombol Watt Control pada kendali remote control, akan langsung membuat AC bekerja dengan besaran daya 419 watt dengan menghemat 76 watt yang bisa digunakan untuk LED TV 32 inci.

Selain bisa memperpanjang usia pakai barang elektroniknya, teknologi ini juga bisa menghemat penggunaan listrik rumah kita. Punya 2 manfaat sekaligus.

Bersihkan Kumparan AC

Selain filter AC, komponen lain yang wajib rutin dibersihkan adalah kumparan AC. Karena kumparan juga merupakan salah satu tempat dimana debu sering menempel. Debu yang numpuk di komponen AC ini bisa bikin AC jadi kelebihan beban. Kalo udah kelebihan beban, AC kemungkinan akan terjadi korslet. 

Dengan menjadwalkan pembersihan kumparan secara rutin maka kita udah memperpanjang usia pakai AC kita. Periksa kumparan secara rutin setap tahun dan bersihkan debu-debu yang menempel di komponennya.

Servis Secara Berkala

Selain membersihkan komponen AC secara mandiri, kita juga mesti percayain AC kita ditanganin sama ahlinya. Atur jadwal service AC kita secara berkala ke jasa layanan perbaikan AC yang terpercaya.

Biasanya sih produsen AC udah nyediain service centre buat pelanggan mereka biar ga bingung nyari tempat service AC terpercaya. Kalo udah ada service centre-nya biasanya mereka bisa betulin kerusakan yang ringan-ringan sampe yang berat dan harus ganti komponen-komponen penting lainnya.

Kalo ga ngerawat AC dari sekarang, ke depannya kita akan boros uang karna mesti make AC butut yang ga bikin adem rumah tapi malah bikin panas. Udah keluar uang banyak tapi ternyata ga ngaruh karna ga ada perawatan apapun.

Artikel Terkait

Cara Perawatan AC Agar Awet Bertahun-Tahun
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 comments

December 25, 2018 at 11:38 PM delete

Ac di ruma ga pernah diservis dulu jd aja sekrg rusak

Reply
avatar
December 27, 2018 at 4:57 AM delete

Waini penting bgt tipsnya. Terimakasih sudah berbagi 😀

Reply
avatar
December 28, 2018 at 1:50 AM delete

Teknologi terkini mah adanya di LG DualCool with Watt Control yah kak, asyik bgt

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.