Dokter Makin Dekat Karena Aplikasi SehatQ.com

Isu kesehatan zaman sekarang tuh makin lama makin krusial. Bener ga? Kesehatan sekarang udah jadi kebutuhan primer buat semua orang. Karena badan yang sehat adalah modal utama kita untuk bisa kerja dan mendapatkan penghasilan.



Pengalaman saya waktu kerja kantoran dulu, kalo udah sakit dan ga enak badan tuh rasanya apa-apa malas kerja. Badan meriang, kepala panas, mata panas hidung meler, serba salah pokoknya.

Akibatnya bisa ditebak, kerjaan jadi tertunda dan di kegiatan di kantor jadi terhambat. Ga produktif banget jadinya. Pokoknya kalo bisa jaga kesehatan buat kalian-kalian yang kerja kantoran. Tapi bukan berarti yang kerja rumahan jadi ga wajib jaga kesehatan ya. 

Setiap orang berhak untuk sehat, oleh karena itu setiap orang juga berhak mendapatkan akses fasilitas kesehatan yang layak. Mau kaya mau ga kaya, sama aja. Karena itu pemerintah menyediakan BPJS Kesehatan.

Tapi walaupun hak mendapatkan kesehatan itu dimiliki setiap orang, masih banyak penduduk Indonesia yang kesulitan untuk mengakses fasilitas kesehatan. Belum lagi kurangnya jumlah dokter di Indonesia semakin menambah banyak masalah kesehatan.

Kebutuhan dokter di Indonesia cukup mendesak apalagi di daerah terpencil yang sulit dijangkau. Pekerjaan menjadi dokter juga tidak mudah. Teman-teman saya yang kuliah di fakultas kedokteran harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk bisa sampai mendapatkan gelar dokter. Untuk buka praktik sendiri? Ada sekolahnya lagi, biaya lagi.

Mencapai gelar "dokter" itu ga gampang, sementara masalah kesehatan penduduk Indonesia juga semakin penting di masa depan. Apalagi di tahun ini Presiden Jokowi menetapkan sebagai tahun untuk mengembangkan sumber daya manusia.

Untungnya, sekarang kita hidup di zaman serba digital dan internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Apa-apa udah serba internet,bayar-bayar aja sekarang bisa lewat internet. Termasuk bayar iuran BPJS kesehatan juga bisa lewat internet sekarang.

Ga cuma BPJS Kesehatan aja sih, hampir semua bidang usaha/jasa mengembangkan jaringan mereka di internet. Termasuk startup jasa kesehatan bernama SehatQ.com. SehatQ menyediakan beragam layanan kesehatan yang bisa kita akses secara gratis lewat internet. Mau itu dari laptop/hp kita langsung.

SehatQ juga punya aplikasi mobile yang bisa diunduh langsung di ponsel android maupun ios kita. Layanan yang disediakan oleh mereka juga cukup lengkap. Mulai dari ensiklopedi penyakit dan obat-obatan, artikel kesehatan sampai dokter yang siap melayani konsultasi kesehatan kita.

Dokternya juga beragam dan cukup lengkap menurut saya. Ada lebih dari 6000 dokter yang terdaftar di aplikasi ini. Mulai dari bidang psikologi, syaraf sampai dokter mata juga ada.



Kita juga bisa konsultasi langsung dengan dokter secara online dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam. Jadi buat teman-teman yang terhalang waktu dan tempat untuk langsung ke tempat praktik dokter, bisa konsultasi via chat online lewat aplikasi SehatQ ini, praktis banget, kan?

Kita juga bisa cek fasilitas kesehatan apa yang terdekat dari tempat tinggal kita. Untuk wilayah Jakarta jumlah faskes yang terdaftar cukup lengkap saya lihat. Tapi untuk wilayah lain seperti  tempat tinggal saya di Banjarmasin, itu masih belum lengkap. Hanya ada 1 fasilitas kesehatan, itu pun hanya laboratorium kesehatan, belum ada rumah sakit dan klinik lainnya.

Semoga ke depannya nanti SehatQ bisa menambah database faskes yang ada di dalamnya. Sehingga para pengguna dari seluruh Indonesia bisa mendapatkan akses kesehatan yang layak tanpa harus kesulitan mencari-cari rumah sakit mana yang bisa di booking untuk merawat keluarganya yang sedang sakit.

Artikel Terkait

Dokter Makin Dekat Karena Aplikasi SehatQ.com
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.