Hidup Berawal Dari Mimpi

Waktu SMA, saya suka banget dengerin lagu-lagunya Bondan and Fade To Black. Dengan aliran musik yang cukup mengehentak dan bikin saya bersemangat tiap mendengarnya. Namun diantara lagu-lagu mereka yang kadang menghentak itu ada 1 lagu akustik yang motivasional banget buat saya. Salah satu judul lagu yang paling saya inget adalah Hidup Berawal Dari Mimpi.

Walaupun dibagian lirik rap nya saya banyak yang ngehapalin, tapi bagian reff-nya adalah bagian yang memotivasi hidup saya. Kira-kira begini liriknya:

Tinggalkanlah gengsi, hidup berawal dari mimpi

Gantungkan yang tinggi, agar semua terjadi
Rasakan semua, peduli itu ironi tragedi
Senang bahagia, hingga kelak kau mati


Buat saya lirik ini punya pengaruh yang besar dalam hidup. Karena dari lirik inilah, saya percaya bahwa mimpi bisa diwujudkan. Dengan mempercayai sebuah mimpi, maka Anda (dan juga saya) akan punya target yang akan sekeras mungkin bisa diwujudkan. Mengejar mimpi adalah tujuan kita hidup. Bener ga?

Filosofi lirik ini pun menurut saya cukup menarik. Misalnya di kalimat "tinggalkanlah gengsi, hidup berawal dari mimpi". Intinya meninggalkan gengsi yang cuman bawa keburukan dan bikin buntung. Harusnya mengejar mimpi untuk dapat untung dan bermanfaat buat orang lain, bukan sebaliknya.

Membuang gengsi untuk mengejar mimpi adalah hal yang terpenting. Karna gengsi hanya bikin makan hati, kalo ga kesampaian. Tapi mimpi bisa bikin kita punya ketahanan diri dan berani berkomitmen untuk mencapainya.

Tapi walapun udah dimotivasi kayak begitu, saya kadang juga masih bisa turun semangatnya. Untuk menjaga diri saya tetap termotivasi, saya harus bergabung dengan orang-orang yang positif. Sehingga pikiran saya selalu dimasuki sugesti dan kalimat-kalimat positif.

Pikiran yang positif adalah salah 1 kunci penting untuk mengejar mimpi agar bisa terwujud. Dengan pikiran yang positif, segala sesuatu yang buruk pun akan menjadi positif dampaknya terhadap diri kita. Sehingga kita ga gampang nyerah untuk berani mewujudkan mimpi, meskipun kelihatan mustahil buat orang lain.

Bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif itu ada banyak cara. Bisa dengan berkumpul melalui jejaring komunitas offline. Kopdar bersama dengan teman-teman baru yang sama-sama mengejar mimpinya. Awalnya mungkin sungkan atau malu, tapi seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa berkumpul dengan mereka.

Kalo masih malu juga, bisa masuk ke grup/channel online dulu. Istilahnya PDKT dulu, sebelum beneran ketemuan. Hilangkan gengsi dulu, biar ga malu dan sungkan untuk ketemuan dan tatap muka bersama teman baru.

Satu cara lain yang bisa Anda ikuti untuk bisa menambah atmosfir positif dalam hal mengejar mimpi adalah mengikuti event yang sesuai dengan mimpi Anda. Sekarang sudah banyak kok event maupun kegiatan yang bermanfaat dan menambah wawasan anak muda Indonesia. Di event itu juga menjadi kesempatan Anda untuk networking, berkenalan dengan orang baru yang mungkin bisa membantu mewujudkan mimpi Anda.

Kebetulan saya pernah mendengar salah satu gerakan sosial yang menyuarakan dan mendukung semangat anak muda Indonesia dalam bermimpi yaitu Kejar Mimpi. Ternyata gerakan ini merupakan inisiasi dari Bank CIMB Niaga dalam memajukan masyarakat Indonesia yang berkualitas. Jarang sekali ada institusi perbankan yang memiliki gerakan sosial dengan semangat positif seperti ini.

Kejar Mimpi sendiri punya komunitas yang tergabung dari beberapa anak muda dengan passion di bidangnya masing-masing. Menariknya, Kejar Mimpi memiliki program Leaders Camp, sebuah kegiatan seminar satu hari, yang melibatkan nama-nama besar dari latar belakang yang berbeda.

Salah satu tokoh inspiratif saya yang terlibat di acara Kejar Mimpi yaitu Dewa Eka Prayoga. Dia adalah praktisi digital marketing yang membantu mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia melalui peluang usaha bisnis online. Kang Dewa pernah berbagi cerita pengalamannya
 di Leaders Camp Bandung tahun lalu.

Dewa Eka Prayoga memberikan motivasi dan pengalaman baru di Leaders Camp Bandung 2018 (Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)
Selain Kang Dewa, Kejar Mimpi juga melibatkan para pekerja seni seperti Maudy Ayunda dan Nia Dinata hingga pemimpin muda dan cerdas Emil Dardak, wakil gubernur Jawa Timur terpilih. Ada juga inventor muda kreatif seperti Leonika Sari, pendiri ReBlood Indonesia dan Arief Susanto, pendiri Dus Duk Duk. Sosok inspiratif di acara Kejar Mimpi membuat para pesertanya ikut termotivasi untuk mewujudkan mimpi, tidak peduli dari manapun mereka berasal.

Menurut saya, gerakan sosial ini sangat cocok buat anak muda yang sedang mengejar mimpi dan ingin mencurahkan segala ide maupun inovasinya. Buat Anda yang sedang mengejar mimpi dan bingung harus ngumpul kemana, bisa ikut komunitas Kejar Mimpi ini. Kejar Mimpi saat ini sudah memiliki beberapa komunitas di kota besar seperti Jakarta, Malang, Medan, Bandung dan tahun ini akan ada komunitas Kejar Mimpi di kota besar lainnya.


Komunitas #KejarMimpi Medan (Photo: www.instagram.com/kejarmimpi_medan)
Coba follow deh sosial media mereka biar tau kegiatannya apa aja. Saya yakin ini pasti kegiatannya positif semua. Soalnya ga mungkin saya promoin kegiatan yang bawa dampak negatif. Nanti blog saya jadi bukan blog favorit anda lagi dong?

Cek deh instagram kejar mimpi dan juga website resmi Kejar Mimpi. Semoga bermanfaat dan share juga info ini ke teman-teman Anda yang mimpinya masih belum terwujud seperti yang lainnya.


Artikel Terkait

Hidup Berawal Dari Mimpi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.