Tips Travelling Naik Bus

Bus sebetulnya bukan moda transportasi yang sering gue naikin. Apalagi di Banjarmasin yang masih banyak pake kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-hari. Di Kalimantan Selatan umumnya bus hanya digunakan untuk perjalanan yang menempuh jarak lumayan jauh. Bisa antar kota dalam provinsi, bisa juga antar kota antar provinsi.



Beda halnya di pulau Jawa dimana bus udah dipake sebagai alat tranportasi sehari-hari pengganti kendaraan pribadi. Di Kalimantan Selatan, bus gede selain dipake buat ngangkut penumpang antar kota antar provinsi juga sering disewa untuk keperluan wisata. Semakin gede dan banyak fasilitas busnya, semakin mahal harga sewanya.

Kalo ke Jakarta, dari Bandara gue suka banget naik bus untuk nyampe ke kotanya. Soalnya males banget ngeliat kemacetan kota Jakarta di dalam mobil. Agak kurang nyaman aja gitu, mending naik bus bisa ngeliat pemandangan yang lain yang ga cuman macet. AC-nya juga kenceng, jadi ngademnya enak banget, hahaha.

Yang belum pernah gue lakuin adalah ngelakuin perjalanan jauh di Pulau Jawa naik bus doang. Sebelumnya gue pernah berangkat dari Jakarta ke Yogja naik kereta api. Nah di Jogja sendiri gue belum pernah naik bus. Gue baru tau ada bus dari Jogja yang rutenya bisa sampe Jambi. Gile! Jalur darat nyebrang pulau coy!

Waktu itu iseng nyari di Traveloka transportasi darat yang punya fasilitas cukup lengkap. Ketemu sama bus Putra Remaja yang punya bus kelas eksekutif. PO Putra Remaja nyediain 2 rute yang bisa kita ambil melalui Traveloka. Yaitu Yogja-Baturaja dan Yogja-Jambi. Jauh ya. Iya Yogja-Jambi itu menurut perhitungan durasinya kurang lebih 41 jam!

Hampir 2 hari untuk ke Jambi lewat jalur darat. Harga tiket bus Putra Remaja rute Yogja-Jambi dengan kelas eksekutif itu sekitar 500ribu. Udah dapat fasilitas toilet, AC, selimut sama bantal.

Apa yang mesti dilakuin selama 2 hari di atas bus? Yah walaupun ga selama itu juga di dalam, pasti ada mampir-mampirnya juga yakan? Tapi pasti ngebosenin banget, ya! Mungkin beberapa tips ini bisa kalian lakuin ketika travelling naik bus:

1. Main HP

Siapa sih ga main hp? Dimana-mana juga main hp adalah salah satu cara membunuh kebosanan. Karna di hp ada banyak hal yang bisa kita jelajahi. Apalagi sekarang internet udah ada dimana-mana. Semakin luas jangkauan kita untuk bisa dapatin info menarik.

Selain itu juga kalian bisa ngabarin orang-orang rumah biar mereka ga khawatir. Meskipun cuman bilang "ini sudah di dalam bus" atau "bentar lagi otw naik bus", itu udah cukup. Kalo bisa nelpon mereka sih lebih bagus. Biar bisa denger suara mereka dan juga ngebunuh waktu selama di perjalanan.

2. Ngeliatin Jalanan

Mungkin ini keliatannya remeh sekali, tapi buat gue ngeliatin jalanan di luar adalah pemandangan yang mengasyikkan. Ngeliat budaya lain di kota orang itu pengalaman yang ga akan bisa diganti sama uang. Perasaan yang timbul ketika ngeliat keragaman yang ada itu bikin kita ngerti yang namanya persatuan. Anjay! Berat banget tulisan barusan, ya!

Intinya, gue suka ngeliat keragaman budaya yang dimiliki Indonesia. Dengan ngeliatin jalanan kota lain di Indonesia, sedikit banyak gue jadi tau gimana budaya mereka. Kalian pun mestinya begitu, ngeliatin jalanan waktu di dalam bus ga cuman ngebunuh waktu tapi juga sekalian mengagumi keragaman budaya yang ada di tempat lain.

3. Baca Buku

Dari tahun 2017, gue mencoba untuk sedikit demi sedikit untuk nyicil namatin buku yang gue kumpulin dari 2010. Udah ga kehitung buku yang dibeli tapi sampe sekarang belum dibaca. Mumpung ada waktunya, biasanya akan gue baca sebanyak yang gue bisa.

Salah satu cara efektif membunuh waktu yang panjang selama perjalanan di dalam bus adalah baca buku. Bawa buku bacaan favorit kalian 1 atau 2 buah, ga perlu banyak nanti bikin berat bawaan doang. Intinya bawa buku yang pengen dibaca aja. Tapi tips ini ga berlaku buat kalian yang ga tahan baca sambil ada goncangan, bisa-bisa pusing.

4. Tidur

Tips paling ampuh menurut gue adalah tidur. Selain bisa nyimpan tenaga, tidur juga bisa bikin waktu jadi terasa lebih pendek. Ya namanya juga tidur, waktu akan terasa berlalu lebih cepat. Tau-tau udah jam segini aja pokoknya.

Tapi kekurangan tidur, kita ga bisa ngelakuin 3 tips lainnya yang ada di atas. Ga bisa liat jalanan, ga bisa baca buku, dan yang penting ga bisa main hp! Hahahha..

Selalu ingat untuk jaga barang bawaan kalian selama di perjalanan ya. Apalagi yang sering berangkat sendiri kemana-mana. Harta benda berharga harus selalu melekat di badan. Bawa tas kecil yang bisa digantung di badan. Dompet, hp ga perlu dikeluarin kalo ga penting-penting amat. Ga usah pake perhiasan yang mencolok, kalo perlu simpan aja.

Segitu dulu deh tipsnya, ya! Semoga berguna dan bermanfaat buat temen-temen semua. Selamat liburan!

Artikel Terkait

Tips Travelling Naik Bus
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 comments

March 23, 2019 at 7:53 PM delete

wow Yogya - Jambi naik bus?

Pastinya ada Bandung - Jambi juga ya?

nyobain ah ...

Reply
avatar
March 23, 2019 at 10:18 PM delete

Tipsnya bermanfaat sekali, terimakasihhhh :) Bikin gak jenuh naik bus jarak jauh..

Reply
avatar
March 24, 2019 at 1:22 AM delete

Aku kalo lagi kemana-mana gitu tak luput bawa buku macam novel. Supaya nggak bosen. Nice article mas!

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.