Kenapa Produk/Jasa Saya Ga Laku-Laku?

Saya jadi kepikiran untuk nulis ini karna terinspirasi dari video youtube-nya Koh Denny Santoso tentang orang gagal yang tidak pernah sukses. Inti dari video itu adalah tentang anda yang harus menyadari permasalahan marketingnya dimana.



Tetapi kebanyakan orang (mungkin juga termasuk anda), selalu melihat dari sisi eksternalnya. Produknya lah yang salah, mentornya lah yang ga bener ngajarinnya, harganyalah yang kemahalan. Alasan-alasan yang dicari-cari untuk menutupi kelemahan diri sendiri yang sebetulnya GA BISA JUALAN.

Tau solusinya? Ya belajar! Ubah mindset-nya.

Ubah pikiran dari menyalahkan orang lain dengan memperbaiki kualitas diri. Kalo orang lain bisa, kenapa anda tidak? Barti masalahnya ada di anda, bukan dia, apalagi sampe nyalahin calon buyer. Itu bukan mental bisnis banget, coy!

Kalo anda ngerasa harga produk anda kemahalan untuk ditawarkan, tambahin value produknya + harga value-nya juga kalo perlu. Biar orang ngerasa produk yang anda tawarkan menjadi "murah" di pikiran mereka. Gausah takut produk anda kemahalan, toh Ferrari yang harganya bermilyar-milyar itu laku juga, kok.

Belajar berdamai dengan diri sendiri itu penting banget. Karna dari situ anda bisa tau kekurangan anda dimana dan bisa memperbaikinya. Trus hubungannya dengan produk ga laku dimana?

Berdamai dengan diri sendiri membuat anda menjadi seorang yang peka. Diri anda menjadi lebih peduli terhadap apa yang terjadi di sekeliling. Sehingga lebih mudah menerima kekurangan dan memperbaikinya.

Ketika anda menjual produk/jasa anda, tentu anda bisa mengevaluasi apa yang kurang. Kalo masih belum ahli dalam teknik closing, belajar teknik closing. Gratisan bisa di youtube, mau berbayar banyak ecourse yang ngajarin teknik closing. Usaha lebih keras kalo mau jadi lebih baik.

Kalo masih belum ngerti teknik marketing, belajar teknik marketing. Saya dulu buta banget soal jualan kayak begini. Berasa goblok banget, ga ada bakat dan sebagainya. Tapi entah kenapa hati saya tergerak untuk mempelajari ilmu ini. Dan setelah mengerti kayak gimana, ternyata asik banget! 

Semua hal itu bisa dipelajari, kok. Setiap 1 masalah, Tuhan selalu kasih minimal 1 solusi. Ga ada masalah yang ga ada solusinya. Tinggal anda, mau nyari solusi untuk ngelarin masalahnya atau nyalahin orang karna ga bisa mecahin masalah anda?

Mindset internal ini menurut saya krusial banget. Karna ini adalah pondasi awal saat anda akan mulai menjalankan bisnis. Ketika mindset-nya udah salah, maka ke depannya juga bisa salah. Ujung-ujungnya nyalahin orang lain juga, padahal anda-lah masalah sebenarnya.

Orang yang tidak mau belajar, sesungguhnya adalah orang paling sombong di dunia. Bahkan orang sukses macam Mark Zukerberg, Bill Gates terus menerus belajar untuk meningkatkan kapasitas diri. Masa anda yang bukan siapa-siapa malah malas belajar?

Kalo pengen dapetin info terupdate tentang mindset bisnis dan info tips trik mengenai sosial media marketing bisa join langsung ke channel telegram saya

Bulan Februari ini saya juga curhat terselubung tentang instagram marketing di blog saya yang lain. Kalo pengen dapetin materinya langsung bookmark blog teknologi saya, ya!

Artikel Terkait

Kenapa Produk/Jasa Saya Ga Laku-Laku?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.