Tips Menghadapi Writer's Block

Sejauh ini walaupun kerjaan udah berganti, tapi hobi ngeblog gue tetap bertahan sampai sekarang. Semenjak zaman kuliah, gue selalu berusaha untuk selalu konsisten ngeblog. Apalagi beli domain baru, jadi lebih sedikit memaksakan diri untuk rajin nulis.

writer's block

Buat yang masih make domain gratisan mending beli yang berbayar deh. Biar makin termotivasi buat ngeblog lebih rajin. Ampuh banget buat kalian yang sering males nulis. Kalo ngerasa udah "investasi" sama sesuatu, rasanya sayang banget kalo ga diseriusin sekalian. Update minimal 4 kali sebulan udah cukup sih menurut gue.

Meskipun udah lama ngeblog, kadang masih sering ngalamin yang namanya writer's block. Writer's block adalah keadaan dimana penulis mengalami kebuntuan ide akibat kekurangan inspirasi. Kebanyakan yang bikin masalah ini muncul adalah karna kelamaan ga nulis, ngerasa terlalu perfeksionis, atau terlalu khawatir sama omongan orang.

Writer's block sebetulnya bukan penyakit, hanya semacam kondisi "malas menulis" saja. Tapi bedanya, malas yang ini bukan karena ga pengen nulis. Lagi pengen nulis tapi ga tau apa yang harus ditulis.

Beberapa tips yang mungkin bisa kita praktekkin sama-sama biar ga keterusan dapet writer's block:

1. JALAN-JALAN

Salah satu cara untuk membuka "blokir" ide buat nulis adalah dengan mencari suasana baru. Mungkin ide kita mentok karena kita ga punya referensi baru di lingkungan sekitar. Sesekali kita perlu keluar dari situ untuk ngeliat hal baru.

Jalan-jalan bisa jadi cara paling efektif untuk menghilangkan penat di badan. Otak kita juga perlu jalan-jalan. Mereka tiap hari dipake buat ngerjain hal-hal yang berat tapi jarang dikasih liburan. Makanya kita bisa terkena writer's block

2. MEMBACA

Kita ga bisa nulis apa yang mau kita tulis bisa jadi karena kekurangan kosakata. Bahan bacaan kita kurang banyak sehingga kita ga punya lagi cara baru untuk mengekspresikan sesuatu.

Kadang kita selalu kesulitan untuk bisa menemukan paragraf pertama yang bagus, kan? Nah bisa jadi itu karena kurang referensi. Semakin banyak referensi bacaan, semakin kaya perbendaharaan kosakata kita.

Tapi harap diingat yang dibaca itu bukan cuma caption akun gossip di instagram aja. Tapi bacaan yang bener-bener berkualitas. Misalnya baca buku favorit kita atau menamatkan novel yang selama ini teronggok lesu ga kita terusin ngebacanya.

3. FREEWRITING

Cara ini bisa dilakuin kalo kita mesti maksain diri untuk nemuin ide. Dengan cara ini kita bisa lebih dapat feel menulis yang pengen dirasain. Karna menurut beberapa orang, bunyi dan sentuhan jari ketika mengetik itu adalah salah satu alat untuk mencari ide paling ampuh.

Kadang, otak kita itu perlu "ditipu" sedikit untuk bikin dia bekerja lagi. Jadi mengetiklah sebanyak yang kita mau, tanpa memperdulikan apakah itu EYD-nya sudah bagus, atau punya cerita yang menarik atau ga. Pokoknya ketik sebanyak-banyaknya sampai nanti ketemu idenya sendiri.

4. GABUNG KOMUNITAS

Dengan bergabung ke komunitas, kita ga cuma dapat kawan baru tapi juga ide-ide menulis yang mungkin ga akan terpikirkan sebelumnya. Celotehan-celotehan temen-temen waktu ngumpul bisa jadi salah satu ide menulis yang bagus kalo kita kembangkan.

Salah satu komunitas yang bisa kalian ikuti adalah Komunitas Blogger Banjarmasin. Ga cuma aktif berkegiatan di online aja, tapi juga punya kegiatan offline yang seru banget dan sayang kalo sampe dilewatkan. Kalo lagi di Banjarmasin kontak instagram mereka untuk diajakin meet up, ya! Tenang aja mereka ga gigit, kok. Udah disuntik jinak soalnya.



Artikel Terkait

Tips Menghadapi Writer's Block
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.