Perbedaan Jenis Mobil dan Penggunaannya Buat Masyarakat Kota Banjarmasin

Sebagai orang yang awam sama istilah permobilan, tipe-tipe mobil yang beragam bikin gue sedikit bingung pada awalnya. Istilah otomotif emang jarang banget digunain sama orang-orang di sekitar gue. Jadi ketika ada orang yang ngomongin masalah mesin ataupun hal-hal yang berbau otomotif gue sering ngerasa jadi anak kecil di tengah-tengah orang dewasa.

Perbedaan Jenis Mobil dan Penggunaannya Buat Masyarakat Kota Banjarmasin

Tapi walaupun begitu gue udah bisa ganti busi motor sendiri, lho! Sebuah pencapaian dari seorang anak yang ga tau apa-apa soal motor.

Ada beberapa istilah mobil yang sering gue denger tapi belum tau arti yang benernya kayak gimana. Jadi setelah gue cari-cari akhirnya dirangkum jadi sebuah artikel ini dan sekalian dicocokin sama karakteristik jalanan kota Banjarmasin yang tiap hari dilewatin.


SUV (Sport Utility Vehicle)

Istilah yang paling sering kita denger di dunia otomotif. Mobil tipe kayak gini didesain untuk bisa melewati berbagai macam medan. Bisa ngelewatin jalanan off road ataupun on road. Mobil bertipe SUV juga bisa ngangkut banyak orang karna baris kursi yang banyak, biasanya bisa ngangkut 7-8 penumpang.

Mobil SUV juga bisa bawa muatan di bagasi yang lumayan banyak. Efisien banget buat kita yang tinggal di daerah perkotaan yang jalanannya ga banyak medan ekstrem. Tenaga mesin yang gede juga ga bikin khawatir kalo misalnya mobli ini dibawa ke medan yang cukup berat.

Kalo buat jalanan di Banjarmasin sendiri sih mobil SUV kayak gini udah lebih dari cukup. Beda halnya kalo udah keluar daerah Banjarmasin, ya. Terutama di bagian yang medannya memang lumayan ekstrem. Apalagi harus masuk-masuk ke pelosok daerah gitu. 

Harga mobilnya berkisar 300-500 jutaan, tergantung tipe dan kondisinya. Kalo misalnya mobil SUV terbaru mungkin akan sedikit lebih mahal harganya. contoh kendaraan SUV yang biasa kita liat itu kayak Terios, Rush, Fortuner, Pajero dan lainnya.

MPV (Multi Purpose Vehicle)

Dari jenisnya aja udah jelas kalo mobil ini dipake untuk berbagai keperluan. Istilah kerennya untuk mobil ini di Indonesia adalah mobil keluarga. Karna bisa memuat banyak orang dengan body yang lumayan gede.

Tapi meskipun punya badan yang gede, mobil jenis ini justru irit bahan bakar, lho! Makanya sering disebut sebagai mobil sejuta umat, karna sering jadi pilihan utama keluarga baru untuk memiliki mobil yang secara fungsi lebih diutamakan.

Buat karakter jalanan di Banjarmasin sendiri, mobil bertipe seperti ini cocok untuk digunakan keperluan sehari-hari. Apalagi untuk kita yang punya personil keluarga yang banyak dan perlu angkutan yang bisa bawa orang banyak sekaligus.

Kita udah tau kalo mobil kayak gini itu contohnya udah pasti kayak Avanza, Xenia, Mobilio, Ertiga dan kawan-kawannya.

City Car

Awalnya gue mengira kalo mobil kayak gini tuh macam Avanza atau Xenia gitu. Tapi ternyata beda banget. City Car berarti mobil yang cuman cocok digunakan untuk jalan perkotaan aja.

Desainnya juga dibuat minimalis untuk menampung 4-5 penumpang aja. Dengan body yang lumayan kecil, mobil ini bisa bergerak secara agresif tapi juga irit bahan bakar. Cocok banget buat ngelewatin jalanan perkotaan yang terkadang suka macet dijam tertentu.

Banjarmasin udah mulai macet dikala weekend, tuh. City Car cocok banget dipake buat bepergian dengan jarak yang ga terlalu jauh dengan medan yang masih relatif aman. Kekurangan dari mobil jenis ini adalah mesinnya yang cepet panas.

Contoh mobil jenis ini adalah Brio, Agya, Ayla Splash, Sirion dan lainnya.

* * *
Dari ketiga jenis mobil ini, semuanya cocok untuk dijalankan di Kota Banjarmasin. Hanya saja, untuk keperluan jarak jauh dan menempuh medan yang cukup sulit disarankan untuk memakai mobil jenis SUV saja.

Menggunakan mobil sesuai dengan peruntukkannya adalah salah satu cara untuk bikin masa penggunaannya menjadi lebih lama. Kita ga mau dong beli mobil buat dipake 2-3 bulan doang terus diganti cuman gara-gara cepet rusak?

Artikel Terkait

Perbedaan Jenis Mobil dan Penggunaannya Buat Masyarakat Kota Banjarmasin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.