Sumber Nutrisi Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Diabaikan!

Buat kalian yang punya istri sedang hamil, wajib tau apa-apa aja yang harus diperhatikan buat mereka. Ga cuman kesehatan istri, tapi juga bayi dalam kandungan juga mesti dijaga biar semuanya sehat.

Sumber Nutrisi Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Diabaikan!

Karna ga sedikit ibu hamil yang harus mengalami keguguran karena berbagai macam hal. Keguguran buat seorang calon ibu itu bisa berdampak langsung sama mentalnya. Jadi usahakan sebagai suami selalu siaga untuk memenuhi kebutuhan istri.

Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah sumber nutrisi ibu hamil. Sangat dianjurkan untuk menjaga asupan nutrisi supaya kesehatan janin dan ibunya tetap terjaga. Beriku beberapa jenis nutrisi yang wajib ada di dalam setiap makanan ibu hamil:

Sumber Nutrisi Ibu Hamil #1: Telur dan Daging

Protein punya peran penting dalam pertumbuhan janin di dalam kandungan ibu hamil. Nutrisi ini juga berperan menjaga kesehatan si ibu. Jadi buat para suami selalu bawakan makanan yang punya protein cukup.

Salah satu contoh makanan yang punya protein cukup adalah telur, ikan dan daging ayam. Pembagian sumber proteinnya pun harus seimbang antara nabati dan hewani. Untuk mendapatkan sumber protein nabati bisa diambil dari makanan seperti tahu, tempe, dan aneka kacang-kacangan.

Sumber Nutrisi Ibu Hamil #2: Pisang Dan Ikan Salmon

Pisang dan ikan salmon punya sumber nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan janin. Asam folat yang dikandung oleh 2 bahan makanan ini bisa mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Selain itu juga, asam folat juga membantu mencegah kelainan pada sumsum tulang belakang. Selain pada pisang dan ikan salmon, nutrisi asam folat juga dapat ditemukan pada bahan makanan seperti bayam, jagung, buah alpukat dan kacang polong.

Jumlah konsumsi asam folat yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah 500 micro gram per hari.

Sumber Nutrisi Ibu Hamil #3: Bayam dan Hati Ayam

Peran zat besi dalam pertumbuhan janin cukup penting jangan sampai disepelekan. Karena tubuh ibu hamil memproduksi lebih banyak volume darah untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin.

Oleh karena itu, konsumsi zat besi oleh ibu hamil harus diperbanyak jumlahnya. Guna mencegah anemia. Karena anemia adalah salah satu hal yang menyebabkan bayi lahir prematur dan mempunya berat lahir yang rendah.

Bayam dan hati ayam adalah salah 2 sumber makanan yang punya kandungan zat besi yang cukup banyak. Ibu hamil wajib mengkonsumsi 35 mg zat besi selama kehamilan. Selain pada bayam dan hati ayam, sumber nutrisi zat besi juga bisa didapat di brokoli, bayam, daging merah.

Sumber Nutrisi Ibu Hamil #4: Susu dan Ikan Teri

Susu adalah sumber nutrisi kalsium paling bagus buat manusia, apalagi bayi. Terutama Air Susu Ibu (ASI). Tapi kalo bayinya masih belum lahir maka seorang ibu dianjurkan untuk selalu minum susu selama masa kehamilan.

Kalsium diperlukan oleh ibu sebagai pencegah osteoporosis. Buat bayi, kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Selain pada susu, ikan teri juga termasuk sumber nutrisi kalsium yang paling baik.

Menurut Indian Council of Medical Research (ICMR) kebutuhan kalsium ibu hamil adalah 1.200 mg per hari.

Sumber Nutrisi Ibu Hamil #5: Mentega, Telur dan Ikan

Ternyata telur dan ikan ga cuman kaya akan protein. Selain protein ada juga kandungan vitamin A yang terkandung dalam bahan makanan ini. Oleh karena itu meningkatkan konsumsi telur dan ikan saat masa kehamilan adalah salah satu cara mendapatkan asupan nutrisi yang terjaga.

Sumber Nutrisi Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Diabaikan!

Vitamin A diperlukan untuk menunjang penglihatan yang sehat, selain itu juga vitamin bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Untuk bayi sendiri vitamin A punya peran penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka sewaktu dalam kandungan.

Ibu hamil rentan banget sama kekurangan vitamin A, terutama di trimester ketiga. Hal ini disebabkan pertumbuhan janin yang cepat dan juga peningkatan volume darah. Para suami harus selalu ngejaga asupan vitamin A buat istrinya biar gak kekurangan.

* * *

Artikel Terkait

Sumber Nutrisi Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Diabaikan!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.