SEMUA YANG HILANG DAN TAK BISA KEMBALI

Lu pasti punya masa dimana lu ngerasa kalo disaat itu adalah masa paling "terbuang" dalam hal waktu, uang dan tenaga serta produktifitas kan? Bisa dibilang itu adalah zaman paling kelam yang pernah lu lalui dan penuh penyesalan ketika sadar sudah melewati itu semua.

Gue juga punya, dan akan gue ceritakan semuanya ditulisan kali ini.

Disclaimer dulu, gue nyeritain hal ini bukan berarti gue bangga sama apa yang gue lakukan. Lu liat aja judul tulisannya, ada kata PENYESALAN di sana. Gue sangat menyesal atas apa yang pernah gue lakukan di zaman itu dan gue pengen lu yang baca tulisan ini ga mengulangi kesalahan yang sama kayak gue waktu itu.

Oke mari kita mulai cerita penuh penyesalan ini.

Sejak pertama kali gue hidup, kuliah adalah masa dimana gue merasa "bebas" dari orang tua karena itu pertama kalinya gue ngekos. Waktu kuliah jadi zaman kebebasan yang menurut gue paling bebas sebebasnya. Karna selama ini waktu di rumah gue cukup terkekang sama aturan orang tua. 

Karena merasa ga ada yang ngawasin, akhirnya gue jadi terlalu santai menjalani kehidupan perkuliahan. Bukan cuman dunia kuliah, tapi juga dunia di luar kuliah akhirnya ikut-ikutan terlalu santai. Maksudnya terlalu santai itu, gue banyak membuang waktu untuk hal-hal yang ga produktif. Ketika kuliah ya sekadar kuliah, meskipun gue juga ikutan organisasi kampus, menurut gue pribadi, gue ga maksimal di sana. 

Ketika udah menjalani hidup 5 tahun setelah kuliah, baru berasa penyesalannya. Banyak banget hal-hal yang harusnya bisa gue lakuin waktu itu, tapi ga dilakuin karna terlalu santai. Waktu itu gue hanya mikirin hidup untuk hari ini, ga mikir untuk masa depan gue sendiri. Gue melalui hari-hari selama kuliah itu dengan malas dan santai tanpa mikir akibat yang akan gue rasakan di masa depan.

SEMUA YANG HILANG DAN TAK BISA KEMBALI

Hal pertama yang paling gue sesali adalah banyaknya waktu yang harus terbuang sia-sia. Gue mikir, kayaknya kalo semua waktu yang terbuang saat kuliah itu gue pake untuk hal yang lebih produktif, pasti akan jadi "sesuatu" yang bermanfaat untuk gue pribadi. Entah itu manfaatnya bisa gue rasakan sekarang, atau mungkin nanti 5-10 tahun ke depan.

Andai saja waktu yang gue buang itu gue manfaatin untuk belajar internet marketing, mungkin sekarang gue udah jadi expert. Andai waktu yang gue buang itu dipake untuk baca buku, mungkin sekarang gue udah jadi reviewer buku dengan subscriber 50k di youtube. Kalo aja gue manfaatin waktu yang terbuang itu untuk ngedalamin ilmu kuliah, mungkin sekarang gue bisa kerja di instansi/perusahaan yang sesuai sama pengalaman gue.

Hal kedua yang gue sesali adalah ke-insecure-an diri sendiri saat kuliah. Meskipun saat itu punya pacar, tapi gue masih suka cemburuan sama dia. Bahkan saking insecure-nya gue, pacar gue sering banget gue cemburuin. Kalo dia chat atau ngobrol sama cowo lain, gue cemburuin. 

Trus pas lagi bergaul sama temen-temen gue jadi orang yang rada ga asik. Ketika ada yang becandain gue, bukannya direspon dengan ketawa gue justru marah. Karna insecure gue jadi gampang tersinggung dan baperan. Temenan juga jadi ga enak kalo kayak begitu. Gue ngerasa banget kok, meskipun temen-temen gue coba memaklumi, tapi gue yakin mereka juga ga nyaman kalo ada orang yang baperan kalo dibecandain.

Gue nyesel kenapa waktu itu jadi orang yang insecure. Banyak banget kerugian yang gue rasain karna hal ini. Gue udah pernah bahas sedikit tentang ketidakpercayaan diri ini, salah satunya bikin gue jadi melewatkan banyak kesempatan untuk bisa berkembang. Karna ngerasa ga percaya diri, jadinya mau ikut suatu kegiatan minder duluan. Padahal belum tentu juga orang tau kita insecure atau ga kan?

Karena insecure ini juga yang bikin gue jadi takut untuk mencoba hal baru. Gue ga PD sama diri sendiri dan mencoba sesuatu di luar kebiasaan itu sangat susah buat gue. Merasa nyaman di zona nyaman dan ga kemana-mana. Terjebak oleh keadaan yang menurut gue "enak", padahal berbahaya banget untuk masa depan.

Hal terakhir yang gue sesali ketika di zaman itu adalah gue pemalas banget jadi orang. Sebenarnya kalo diliat-liat sih ga males-males amat, kasur tetap rapi, kamar tetap bersih. Malas disini adalah malas ngembangin diri sendiri. Jarang baca buku, jarang ikut pelatihan/seminar. Saat itu emang ga ada duit juga sih untuk ikut begituan. Karna zaman dulu kan masih jarang ada seminar/pelatihan yang gratis. Internet udah ada, tapi ga semudah sekarang untuk aksesnya.

Nah semua itu "berkolaborasi" bersama-sama bikin gue jadi anak yang minim pengembangan diri. Ikut seminar jarang karna duitnya ga cukup, kalo pun ada yang gratis juga males datangnya. Belajar di internet perlu duit lagi karna harus ke warnet, sementara internet masih susah waktu itu. Belajar dari buku bisa, sih, cuman lagi-lagi kepentok males dan duitnya ga cukup juga. Sehingga membuat semuanya menjadi lengkap.

Padahal kalo dipikir-pikir, seandainya gue nabung waktu itu, berhemat dengan maksimal, setidaknya gue bisa memenuhi keinginan untuk bisa belajar skill baru atau ngembangin konten sendiri. Intinya bisa punya sesuatu pada saat itu. Tapi sayang sekali semuanya hanya tinggal penyesalan.

PERMINTAAN MAAF KEPADA SEMUA PIHAK

Dengan penuh kesadaran diri dan tanpa paksaan, di tulisan ini gue juga mau minta maaf sama semua pihak yang pernah merasa dirugikan secara langsung maupun tidak langsung karena kelakuan di masa lalu. Tidak ada niat untuk secara sengaja membuat kalian jadi jengkel, marah ataupun bete karna kelakuan gue. Karna emang guenya aja yang tolol waktu itu, mungkin juga sekarang masih, tapi alhamdulillah lebih sadar diri sekarang. Pastinya kalo sekarang ini gue udah ga se-insecure dulu lagi.

Di zaman penuh penyesalan itu, gue terlalu gengsi untuk meminta maaf atas perbuatan yang gue lakukan. Egois banget, gue tau. Ga ada orang lain yang patut disalahkan selain diri gue sendiri karena kelakuan di zaman itu.

Untuk yang meninggalkan gue karna perbuatan yang pernah gue lakukan ke mereka, ga ada yang bisa gue sampaikan selain meminta maaf sebesar-besarnya dan membuka pintu ikhlas untuk kalian. Untuk yang masih setia bersama gue hingga hari ini, terimakasih banyak karena masih rela menyisakan satu tempat untuk gue di hati kalian.

Hidup yang gue jalanin saat ini, adalah "hasil" yang gue terima dari perbuatan di masa lalu, termasuk ketika berada di zaman penuh penyesalan itu. 

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.