CARA MENGATASI BURNOUT SAAT BEKERJA

Lagi-lagi tulisan ini terinspirasi dari salah satu wawancara kerja yang saya lakukan. Mungkin karena dunia digital marketing/social media specialist ini dunia yang kreatif jadi pertanyaan yang dilontarkan juga unik. Mungkin ini juga bisa menjawab keresahan kamu yang sering mengalami hal ini di dunia kreatif.

Jawaban ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan juga observasi ke sesama content creator yang saya kenal. Jadi mungkin saja jawaban yang keluar berbeda dari yang kalian harapkan. Meskipun berbeda, saya berharapnya kamu bisa mendapatkan inspirasi atau setidaknya memiliki sudut pandang yang baru ketika mengalami burnout beserta cara mengatasinya.

Tulisan kali ini bukan ajakan/himbauan/paksaan untuk melakukan apa yang saya tulis. Semuanya balik lagi ke kamu. Kalo mau ngikutin ya silakan, ga ikut juga gapapa. Saya hanya mencoba membagi sesuai pengalaman saja.

KENAPA BURNOUT BISA TERJADI?

Sebelum memulai menjawab pertanyaan utama, ada baiknya kita mengerti dulu istilah "burnout" itu sendiri. Menurut artikel dari halodoc.com, berdasarkan kamus psikologi American Psycological Association (APA), pengertian burnout adalah kelelahan fisik, emosional atau mental, disertai dengan penurunan motivasi, penurunan kinerja dan sikap negatif pada diri sendiri dan orang lain. Dalam konteksnya kali ini ke lingkungan kerja dan performa kerja kita.

Penyebabnya bisa macam-macam, sepengalaman gue, ada beberapa penyebab burnout:

  • Workload yang terlalu berat sehingga memberikan efek lelah pada fisik
  • Waktu istirahat yang tidak cukup sehingga mental masih belum siap untuk menghadapi tumpukan kerjaan
  • Lingkungan tempat kerja yang toxic dan tidak supportif sehingga terasa sendirian dan ga punya teman senasib yang saling menyemangati
  • Merasa tidak dihargai di tempat kerja padahal sudah memberikan seluruh kemampuan terbaiknya
  • Mulai tidak menikmati pekerjaan yang dilakukan karena terlalu banyak tuntutan yang harus dipenuhi
Jika itu semua kejadian di kamu, ada kemungkinan potensi terjadinya burnout tinggi. Masalahnya, orang-orang tu kadang ga kenal sama kesehatan mentalnya sendiri. Taunya cuman sakit badan doang. Padahal mental juga penting untuk diperhatikan karna bisa ngaruh ke kejiwaan kamu. 

Oke kalo udah tau konsep burnout dan penyebabnya, kita akan bahas gimana cara mengatasinya.

CARA MENGATASI BURNOUT

Kita akan masuk ke inti dari tulisan ini. Pertanyaan dari interviewer perusahaan kepada saya "Kalo lagi burnout biasanya ngapain?" Jawaban dari pertanyaan ini akan sangat relatif, ya. Karena setiap orang pasti punya cara tersendiri untuk mengatasi stress yang dihadapinya. Kalo kita punya pandangan berbeda mengatasi burnout, itu sangat wajar.

Perbedaan itu tidak perlu diperdebatkan, terlebih hal ini sangat personal untuk setiap orang. Justru harusnya bersyukur, karna kamu jadi bisa punya sudut pandang yang terhadap suatu hal. Kamu memperkaya pengetahuanmu dengan menghargai perbedaan sudut pandang orang lain. Siapa tau dari sudut pandang yang baru itu kamu jadi terinspirasi untuk melakukannya juga.

Nah, gue pribadi punya cara sendiri untuk mengatasi burnout yang dialamin. Cara mengatasi burnout ala gue antara lain:

  • Tidur. Salah satu cara paling sering gue lakuin ketika ngalamin burnout. Soalnya tidur tu sangat berguna untuk menyegarkan otak. Otak itu ibarat komputer, pasti perlu "reset" biar tetap beroperasi dengan maksimal. Biar resetnya maksimal, maka tidur yang cukup adalah salah satu caranya.
  • Keluar rumah. Sebagai seorang anak rumahan, kegiatan di luar rumah tu jarang banget gue lakuin. Karena kerjaan di dalam rumah tu ga pernah ngebosenin buat gue. Tapi sesekali gue juga perlu untuk keluar menghidup udara bebas. Sekalian jalan-jalan juga cari inspirasi biar ga mentok di situ situ aja. Ngeliat orang-orang random di jalan tu sangat memancing kegelisahan gue untuk menuliskan suatu topik.
  • Nongkrong sama temen. Kadang kita butuh insight baru dari orang lain terhadap suatu masalah/topik. Tujuannya biar kita juga punya sudut pandang yang beda dan bisa ngeliat suatu topik itu dari berbagai sisi. Dengan begitu, konten yang kita bikin akan jadi lebih kaya secara wawasan. Diharapkan juga jadi lebih berimbang dan ga berat sebelah.
  • Baca buku. Memilih bacaan yang sesuai topik akan membuat pikiran jadi lebih terbuka. Selain nambah wawasan, membaca juga bisa menambah perbendaharaan kata dalam menulis. Buat gue membaca jadi salah satu alternatif untuk bisa menemukan kelanjutan dari sebuah tulisan/konten yang lagi dikerjakan.

Sebenarnya nulis pun juga jadi salah satu alternatif untuk menghindari burnout. Tapi terkadang, karna keseringan nulis justru bisa kena burnout juga. Makanya gue perlu banyak cara mengatasi burnout. Jangan menyepelekan burnout ya, apapun yang kamu kerjakan saat ini. Mau kamu sesenang dan sebahagia apapun ngerjainnya, pasti suatu saat ada rasa jenuh dan bosannya juga.

Kegiatan menulis akhir-akhir ini jadi sebuah paradoks buat gue. Karena di satu sisi nulis jadi alat terapi stress gue selama ini. Tapi lama-lama kalo keseringan nulis justru bikin gue jadi burnout. Bingung ga lu kalo jadi gue?

Kesimpulannya, apapun yang lu kerjakan saat ini, nikmati selagi bisa. Kalopun kerjaan lu bikin lu capek fisik dan mental, istirahat dulu. Gue ga pernah setuju sama orang yang keluar dari kerjaannya hanya karena capek. Meskipun memang kadang atasan suka ga ngotak kalo ngasih kerjaan, tapi solusinya ga berhenti dari kerjaan juga dong.

Gue pengen lu cari jalan keluar yang lain dulu, sebelum lu memutuskan untuk keluar dari kerjaan itu. Usaha dulu yang banyak sampe mentok. Kalo lu mau keluar dari sana, pastikan lu udah punya kerjaan baru yang siap nerima. Jangan cuman keluar terus jadi beban keluarga. Itu namanya enak di elu ga enak di keluarga.

Burnout itu level stressnya bisa dikurangi kalo lu bisa mengatasi peluang-peluang burnout itu sendiri. Mungkin lu bingung "gimana caranya gue tau kalo mau burnout?" Nah ini memang agak sulit, karena memang kadang dianggap cuman bosan/jenuh doang. Kalo misalnya lu ga ngeremehin tanda-tanda ini, nanti jatohnya numpuk dan akhirnya stress akut.

Bosan dan jenuh itu salah 2 gejala burnout sebenarnya. Kalo lu udah mulai ngerasa apa yang lu lakukan sudah terlalu monoton dan membosankan, segera antisipasi. Entah itu tidur, cari kegiatan lainnya, atau ambil cuti dari kerjaan. Intinya jangan dicuekin rasa bosan dan jenuh lu itu. Lakukan sesuatu yang berbeda atau yang lebih menyenangkan selain kerjaan monoton itu.

Tapi kalo lingkungan kerja lu udah terlalu beracun/toxic ya emang harus keluar sih. Asal lu udah punya cadangan, jangan asal keluar tanpa persiapan. Itu tolol namanya kalo begitu. Gue sih ga menyarankan lu keluar sebelum punya kerjaan baru, ya. Tapi kalo ngerasa udah ga tahan lagi sama lingkungannya, ya silakan aja.

Gue tau ketahanan mental tiap orang tuh beda-beda. Jadi di tulisan ini gue ga akan memaksa lu untuk ngikutin apa yang gue tulis. Ini hanya sudut pandang gue yang dirasakan selama ini ketika menghadapi burnout. Selebihnya gue menyerahkan segala keputusan pada lu sendiri. Karna yang paling tau tentang diri lu adalah lu sendiri. Kenali diri lu lebih dalam, maka lu akan jauh lebih siap menghadapi tantangan di mas depan.

Kalo lu sendiri gimana caranya mengatasi burnout? Tuliskan pengalaman lu mengatasi burnout saat bekerja di kolom komentar dong!

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.