SEHAT TERUS MANUSIA KUAT

Dulu tuh sekitar tahun 2000-an, gue orang yang ga terlalu perhatiin kesehatan diri sendiri. Karna ngerasa sehat-sehat aja dan kalopun sakit paling demam flu batuk, yang standar. Gue masih sering begadang, kurang tidur, jarang olahraga. Bener-bener ga sehat secara gaya hidup, tapi badan gue masih bisa nahan. Kalo udah ga tahan, paling demam 2-3 hari, istirahat tiduran seharian juga udah sembuh.

Kesehatan badan jadi prioritas nomor 1 gue ketika beberapa tahun yang lalu sempat terkena gejala Covid. Gue ga terlalu yakin itu Covid karna ga pernah periksa juga.Cuman gue percaya itu Covid karna gejalanya mirip banget. Kayak, demam, lemes banget, nafsu makan turun drastis dan indra penciuman gue "hilang".

Waktu kena gejala itu, gue bener-bener ga bisa ngapa-ngapain selain rebahan. Jualan online ga jalan, konten ga bisa bikin. Sangat tidak produktif dan ga nyaman banget. Waktu kena flu/batuk/demam, masih bisa nulis di blog, masih bisa jualan online juga di twitter. Pas kena Covid itu, bener-bener ga mood untuk ngapa-ngapain karna ga punya tenaga.

Sejak saat itu, gue mulai mikirin kesehatan diri sendiri. Tidak ada toleransi untuk kesehatan diri sendiri, karna sangat berdampak sama produktivitas dan pendapatan gue. Prinsip "mencegah lebih baik daripada mengobati" tu coba gue terapkan untuk ngejagain biar ga gampang sakit. Pokoknya sebisa mungkin menghindari hal-hal yang justru bikin sakit. 

Misal ujan-ujanan, kalo terlanjur ujan di jalan harus wajib kudu pake jas hujan. Banyak minum air putih, ngurangin minum minuman kemasan, ngurangin makan gorengan juga. Sekarang juga udah jarang banget makan mie instant. Tiap kali habis megang uang atau salaman sama orang, harus pake hand sanitizer.

Tapi masih tetap makan jajanan pinggir jalan hehehe.. kalo yang itu susah banget nahannya untuk ga jajan ges mohon maaf ya hehe..

Dulu masih mau makan di rumah 1 gelas rame-rame, sekarang jangankan 1 gelas, 1 sendok rame-rame aja gue udah ga mau lagi. Ngeri gue kalo misalnya nularin penyakit ke orang rumah. Ga kebayang kalo misalnya ternyata orang rumah jadi sakit karna gue penyebab utamanya.

Isu kesehatan tu jadi isu paling anti toleransi saat ini buat gue. Karna sangat-sangat berbahaya kalo sampe lengah ataupun nyepelein hal ini. Mungkin sekarang masih ga berasa, tapi nanti kalo imun tubuh udah ga sekuat dulu, organ tubuh udah ga berfungsi maksimal baru deh berasa sakitnya. Nah gue ga mau tuh kayak begitu.

Mumpung masih bisa dihindari, lebih baik dihindari. Kalo sakit, bukan cuman kita yang repot tapi orang disekitar juga. Mereka mungkin ga akan ngeluh depan, tapi akan ngerasa sendiri kalo kita tu jadi beban buat orang lain. Gue ga mau jadi beban orang lain karna kelalaian diri sendiri.

Kalo lu ngerasa masih gapapa memaksa badan lu untuk ngelakuin aktivitas yang berlebihan, itu salah 1 faktor terbesarnya karna tubuh lu masih sanggup. Sayangnya, hal itu juga yang bikin tubuh lu jadi lebih cepet "rusak" di masa depan. Karena di masa lalu dia udah kerja keras banget sampe akhirnya organ tubuh lu kemampuannya menurun drastis untuk menopang kehidupan.

Percaya sama gue, badan lu cepet "rusak" kalo maksain ngelakuin aktivitas ekstrim. Terlebih lagi lu yang suka minum minuman berenergi untuk jadi "boosting". Minuman berenergi itu justru memaksa tubuh lu untuk bekerja di saat mereka sudah lelah dan seharusnya butuh istirahat. Kondisi itu berbahaya banget buat badan lu di masa depan.

Untungnya, badan ini dibikin sama Tuhan, ya. Bisa bertahan sampe 60-an tahun (mungkin), itu udah bagus banget. Coba kalo dibikin sama manusia? Gue rasa sih paling lama bertahannya 40-50 tahun, itu pun kalo kualitas barangnya bagus. Manusia, kan, doyan ngakalin barang-barang biar bisa lebih banyak cuannya. Disuruh beli barang nilainya 10, di beli 8 atau 7 biar cuannya gede. Akhirnya kualitas barangnya jadi lebih jelek dan ga tahan lama.

Untuk lu yang baca tulisan ini, gue mohon banget jaga kesehatan badan lu dari sekarang. Biar ga ngerepotin diri lu dan orang sekitar lu. Sehat-sehat terus, manusia-manusia kuat!

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.