PASSION KAMU APA?

Sepanjang gue ngikutin sesi seleksi wawancara kerja, baru beberapa hari yang lalu gue dapat pertanyaan menarik. Gue ngelamar di posisi yang berbeda banget dari latar belakang pendidikan. Gue memang punya opsi untuk ngelamar "2 alam". 

Gue bisa ngelamar kerja di posisi yang relevan sama pengalaman kerja sebagai profesional berdasarkan latar belakang pendidikan. Gue juga bisa ngelamar di posisi yang relevan dengan pengalaman freelance.

Menjawab pertanyaan "passion kamu apa?"

Karena gue ngejadiin pengalaman freelance sebagai salah satu advantage untuk dimasukin ke CV. Kebetulan juga memang dari sisi freelance tu ada beberapa pencapaian yang bisa dijadikan amunisi untuk ngelamar kerja.

Sejauh ini, sisi freelance masih belum ketemu celahnya untuk bisa lolos kerja. Masih berkutat di sesi interview-interview doang. Paling jauh sih sesi interview ke usernya, kalo itu lolos sebetulnya bisa kerja, tapi takdir berkata lain. Gue anggap itu sebagai proses untuk "menghabiskan jatah gagal".

Dari sekian banyak interview yang gue lakukan, ada 1 pertanyaan menarik. Karena pengalaman gue ada 2 macam, freelance dan full time, pewawancaranya (sepertinya orang HR) nanya "apa sih sebenarnya passion kamu?"

Sebenarnya Passion Kamu Apa?

Gue cukup kaget ketika ditanya hal ini, karena belum pernah ada perusahaan yang nanya sampe segitunya. Mungkin yang lain ga sadar kali ya kalo pengalaman gue terbagi 2 begitu. Bisa juga mereka emang ga terlalu mikirin pengalaman kerja gue. Mau yang manapun itu, pertanyaan ini ternyata dalam banget buat gue, sampe kepikiran setelah wawancaranya selesai.

Sebelum gue jawab passion gue apa, ada baiknya kita ngerti dulu arti kata "passion". Biar paham konteks pertanyaan dari wawancara ini. Menurut KBBI. passion adalah kegemaran, gairah, keinginan yang besar. Kalo kata Pandji Pragiwaksono, passion itu sesuatu yang lu lakuin mau ada bayarannya/ga, mau ujan/panas, mau sakit/sehat, pokoknya lu seneng kalo ngerjainnya.

Semoga aja pengertian passion yang dimaksud sama pewawancara gue itu seperti yang di atas. Kalo memang seperti itu persepsi mereka, gue bisa jawab dengan yakin kalo passion gue ada di menulis/digital marketing. Gue suka banget sama 2 hal itu meskipun belum terlalu menghasilkan. Gue seneng bikin kontennya, gue seneng baca analitiknya, apalagi kalo misalnya ada hasilnya makin suka deh haha!

Sejak 2013 gue udah mulai nulis di blog, sampai sekarang. Kalo ngarepin penghasilan dari blog aja, kayaknya gue udah berhenti ngeblog sejak bertahun tahun yang lalu, deh! Karena emang ga semenghasilkan itu. Waktu pertama kali ngeblog juga ga ada niat sama sekali untuk ngejadiin tulisan gue sebagai sumber penghasilan. Dulu itu pengennya nyari "pelarian" dari penatnya tugas kuliah doang.

Ngeblog awalnya dijadikan hobi, ga kepikiran kalo ternyata dari blog itu bisa menghasilkan sesuatu. Pencapaian tertinggi gue dari ngeblog adalah ikut Fully Funded Workshop Climate Blog tahun 2017 di Bogor. Acara ini diselenggarain salah satu LSM Jerman yang memiliki cabang di Indonesia. Kebetulan waktu itu gue cukup sering bikin tulisan tentang lingkungan di blog, mungkin itu jadi salah 1 pertimbangan panitianya untuk meloloskan gue ikut.

Ngeblog jadi "pintu masuk" untuk lebih kenal dunia internet. Sejak kenal blog, gue baru tau ga perlu keluar rumah untuk bisa menghasilkan pemasukan. Sampe akhirnya kenal sama ilmu digital marketing secara otodidak. Tepatnya di 2018 gue mulai mencoba untuk terjun jualan online di instagram. Sejak saat itu sampe sekarang gue terus mendalami dunia digital marketing. 

Sambil mempelajari dunianya, gue coba mencatat perjalanan belajar tentang digital marketing di youtube dan instagram. Hampir semua catatan perjalanan itu gue jadikan konten di channel youtube. Meskipun ga berformat vlog, setidaknya gue happy bikinnya dan ga ada beban untuk bikin video dengan editing yang "wah".

Cara Menemukan Passion

Gue ga tau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ketemu passion. Ketika ketemu ketertarikan sama dunia menulis, saat itu gue di umur SMP kelas 2 (atau 3?). Kemudian semakin tertarik saat masuk SMA kelas 2. Menulis makin gue seriusin pada tahun 2013 dan lahirlah blog ini. 

Gue bisa memahami ada yang belum ketemu passion nya sampai bertahun-tahun. Karena memang butuh waktu untuk ketemu. Passion itu terkadang ada yang keliatan, ada juga yang ga. Tergantung faktor lingkungan yang ngedukung kita kayak gimana.

cara menemukan passion

Cara paling mudah menemukan passion berdasarkan dari artikel dan video yang gue konsumsi, cuman satu: COBA SEMUANYA. Karena dengan mencoba kita tau potensi diri sendiri. Dengan banyak mencoba, lu sedang menggali dan mengenali siapa diri lu sebenarnya. Kalo lu ga kenal diri sendiri, gue rasa akan butuh waktu lebih lama untuk ketemu passion lu.

Kunci untuk ketemu passion adalah mengenal siapa lu sebenarnya. Kuatnya dimana, lu ga sukanya dimana, kelemahan diri lu apa. Penting tau dimana kelemahan lu, karena artinya ga ada kesombongan dalam diri. Biar lu sadar kalo lu tuh juga manusia yang apa adanya. Manusia yang mengakui memiliki kekurangan adalah manusia yang seutuhnya.

Bagus kalo misalnya lu udah tau kekuatan lu dimana. Sekarang selanjutnya adalah mengasah kekuatan itu untuk jadi lebih baik, lebih tajam, dan lebih berkualitas hasilnya. Mempertajamnya bisa dengan sekolah lagi, ikut kursus atau ikut sertifikasi atau ikut bootcamp.Kalo lu ga punya budget untuk belajar di kelas yang premium, mulai dulu dari internet secara gratis. Ikut webinar gratis, nonton video di youtube.

Kalo lu belum kenal diri lu siapa, banyak-banyak mencoba sesuatu. Ikut komunitas, organisasi, relawan, apapun yang lu bisa punya kontribusi di sana. Gue nyuruh gabung ke komunitas tu bukan berarti jadi "banci komunitas", ya. Ketika lu masuk komunitas, pastikan lu bisa kasih kontribusi ke sana. Ga cuman numpang nama doang tapi ga ngasih apa-apa.

Hindari masuk ke perkumpulan yang lu rasa ga bakalan bisa nambah apa-apa. Kecuali lu emang pengen belajar skill baru di sana dan minta ajarin sama anggota-anggotanya, kalo itu mindset yang lu pegang, silakan masuk ke sana.

Intinya buat diri lu lebih produktif ketika bergabung ke sebuah organisasi/relawan. Jangan sampai lu cuman diem doang ga punya inisiatif untuk ikut terlibat. Kalo kayak gitu ngapain masuk kegiatan relawan? Mending di rumah aja, ga perlu capek keluar.

Tips dari gue untuk bisa nentuin lu mau masuk ke komunitas apa, pake 3 patokan ini. 

Pertama, gabung ke komunitas yang lu bisa menghasilkan income dari sana. Mau itu gabungnya berbayar/gratis itu lu pilih sendiri aja. Pokoknya lu tau kalo gabung ke situ, bisa nambah duit. Kedua, bergabung kalo lu ngerasa bisa memperluas dan memperbaiki network lu jadi makin berkualitas. Zaman sekarang networking itu penting banget, kalo circle lu segitu-gitu aja, lu ga bisa berkembang.

Terakhir, gabung ke sana kalo lu ngerasa ada tambahan ilmu yang bermanfaat untuk masa depan lu. Karna ilmu itu investasi penting banget. Kalo lu ga punya kerjaan tetap, asalkan punya ilmunya, lu tetep bisa dapatin penghasilan. Asalkan lu mau belajar, kesempatan untuk dapat ilmu itu makin gede. Mau setua apapun umur lu sekarang saat baca tulisan ini, gue berharap lu ga pernah berhenti untuk belajar. Otak mesti tetap diajak kerja biar daya kerjanya ga menurun di masa tua nanti.

Cobain sebanyak apapun kegiatan yang lu bisa, siapa tau ketemu momennya "ini dia passion gue". Kalo lu ga pernah nyoba, gimana lu bisa ketemu momennya? 

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.