Tips Berkunjung Ke Perpustakaan Di Saat Pandemi

Pada saat sebelum pandemi, Perpustakaan bisa dibuka setiap hari kerja dengan jam pelayanan normal. Namun pada saat pandemi seperti ini, Perpustakaan juga terdampak pada jam pelayanan mereka.

Seperti di Perpusnas, dalam pengumuman di situs resmi mereka jika pelayanan perpustakaan ditutup selama pemberlakuan PPKM di DKI Jakarta masih ada. Bisa jadi perpus di daerah kamu juga kayak begini aturannya.

Tips Berkunjung Ke Perpustakaan Saat Pandemi

Namun bukan berarti kamu ga bisa ke perpus karena pandemi. Kamu bisa tetap ke perpus dengan menerapkan beberapa tips berkunjung ke perpustakaan di saat pandemi berikut:

1. Pastikan Udah Tau Buku Apa Yang Mau Kamu Baca

Biar kamu ga kelamaan berada di dalam perpustakaan, tentukan dulu jenis buku/judul buku yang ingin kamu baca/pinjam di perpus. Jadi ketika udah nyampe sana, kamu udah tau mau menuju kemana. Dengan begitu waktu kamu akan menghemat waktu berada di dalam ruang tertutup.

Tapi kemungkinan perpus juga membatasi waktu kunjungan di dalam ruangannya juga sih. Demi mengurangi potensi penularan virusnya. Aturan aturan seperti ini perlu kamu patuhi demi kebaikan diri sendiri.

2. Tetap Taati Prokes Mulai Dari Rumah

Gunakan pakaian yang bersih dan kalo bisa menutup seluruh permukaan kulit kamu dari atas sampai bawah. Pakai masker 2 lapis/masker yang sudah sesuai standar kesehatan yang dianjurkan. Gunakan sarung tangan jika memungkinkan.

Selalu sedia handsanitizer kemanapun kamu pergi. Terutama ke tempat yang agak sulit ketemu akses cuci tangan + sabun. Bahkan selalu gunakan hand sanitizer setiap kali pindah tempat. Karena kadang kita lupa/ga tau apa yang kita pegang ketika ada di tempat itu. 

Gunakan handsanitizer terlebih setelah kamu menerima/ngasih uang dari/ke orang lain. Karena seperti yang kita tau uang merupakan salah satu tempat paling banyak terdapat kuman/virus.

3. Cek Jam Pelayanan Perpustakaan

Jangan sampai kamu berangkat ke perpus yang sudah tutup atau sedang libur pelayanannya. Sebelum kamu ke sana, coba cek dulu media sosial mereka/orang yang bisa dihubungi untuk tau jam pelayanan perpustakaannya. Apalagi di masa PPKM seperti ini, jam pelayanan tiap instansi berbeda seperti hari biasa. 

Sekian untuk tips berkunjung ke perpustakaan di saat pandemi kali ini. Kalo kamu punya tips lainnya silakan tulis di kolom komentar ya! 

Tetap jaga kesehatan, jaga jarak dan jaga kewarasan. Mari kita lawan pandemi ini bersama-sama agar cepat selesai dan kita bisa kembali ke kehidupan yang normal. 

Artikel ini ditulis dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap tanggal 14 September. 

Tips Berkunjung Ke Perpustakaan Di Saat Pandemi Tips Berkunjung Ke Perpustakaan Di Saat Pandemi Reviewed by Radhian on September 13, 2021 Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.

Powered by Blogger.