Kelebihan Sholat Istikharah

Ketika hidup tengah dilanda kebimbangan berat, entah untuk memutuskan sesuatu atau ketika ingin menjalankan sesuatu, maka Islam memberikan memberikan cara bagi para penganutnya untuk melakukan sholat istikharah. Sholat ini ditujukan bagi kita umat muslim agar senantiasa memohon kepada Allah SWT untuk memberikan petunjuk. Sholat istikharah sendiri adalah sunah yang dianjurkan ketika kita tengah menghadapi pilihan yang berat dan ingin segera menemukan jawaban dari pilihan tersebut.


Tata Cara Sholat Istikharah


Tata cara sholat istikharah sendiri memiliki kemiripan dengan sholat sunah yang lain, sebab sholat ini juga tidak mematok waktu tertentu untuk dijalankan. Bisa pada siang hari, sore hari, sepertiga malam awal, atau pada sepertiga malam akhir. Namun yang pasti, doa dan niat yang kita panjatkan kepada Allah SWT dalam usaha agar kita memperoleh jawaban haruslah tulus.

Sebagian umat muslim ada yang berpendapat bahwa jawaban dari sholat istikharah ini dikirim Allah SWT lewat mimpi, sedang sebahagian lainnya berpendapat bahwa jawaban dari sholat sunah ini berada pada kemantapan hati kita dalam memilih suatu jawaban. Kita bebas untuk meyakini sisi sebelah mana yang ingin kita percayai agar Allah SWT bisa memberikan kita jawaban, sebab tentu saja kedua hal tersebut adalah kekuasaan Allah SWT.

Allah SWT yang maha mengetahui dan maha membolak balikkan hati sudah tentu bisa memberikan kita jawaban melalui media manapun yang Allah SWT kehendaki. Tugas kita hanyalah menjalankan perintahnya, juga anjuran untuk menjalankan sholat istikharah ketika kita sedang menghadapi permasalahan yang rumit dan menuntut kita untuk memilih. Karena sholat istikharah sendiri adalah perintah Allah melalui Nabi Muhammad SAW yang kemudian menyampaikan kepada kita umatnya, agar senantiasa mengingat Allah dalam keadaan apapun, termasuk di dalamnya ketika kita bimbang dalam memutuskan sesuatu.

Umat muslim yang telah melaksanakan sholat istikharah, maka di dalam hatinya akan mendapatkan ketenangan serta ketentraman dalam menjalani hidup yang sebelumnya dirasa bimbang. Hal ini tentu saja bisa membuat seorang muslim menjadi lebih mantap dalam memilih sesuatu, serta menjadikan hati jadi lebih yakin. Selain itu, sholat istikharah juga dimaksudkan untuk membuat hamba menjadi lebih dekat kepada sang pencipta, Allah SWT.

Maka dari itu, hendaklah ketika seorang muslim tengah merasakan kebimbangan dalam hati, sebaiknya segera melaksanakan sholat sunah istikharah ini. Sebab begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan ketika melakukan sholat istikharah, seperti telah ditulis sebelumnya. Selain itu, sholat ini juga memiliki manfaat lain seperti menambah kadar ketaqwaan kepada Allah SWT, dan tentu saja membuat doa-doa yang kita panjatkan menjadi lebih mudah untuk dinyatakan oleh Allah SWT.

Terakhir, admin juga menyampaikan bahwa dalam melaksanakan sholat ini hendaklah terlebih dahulu seorang muslim bersuci, baik dari hadats besar maupun hadats kecil. Ada baiknya untuk mandi wajib terlebih dahulu, guna memastikan tubuh kita telah suci dari sisa-sisa hadats besar yang ada. Kemudian berwudhu agar supaya mensucikan diri dari hadats lain yang masih tersisa.

Kegiatan lain yang sebaiknya kita lakukan sebelum melaksanakan sholat istikharah adalah bersiwak, memotong kuku, menyisir rambut dengan rapi, menggunakan wewangian seperti parfum non alkohol, dan juga membersihkan ruangan setidaknya dengan menyapunya terlebih dahulu. Kegiatan ini dilakukan agar ruangan tempat kita hendak melaksanakan sholat istikharah menjadi lebih rapi dan bersih, yang tujuannya adalah membuat sholat kita menjadi lebih khusuk.

Itu adalah tulisan singkat mengenai kelebihan serta mengapa seorang muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunah yang satu ini. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari tulisan singkat ini, amin ya rabbal alamin.

 

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.