Pentingnya Punya Sumber Penghasilan Lebih Dari 2

Selama beberapa tahun belakangan, gue menyadari bahwa sumber penghasilan itu bisa kita dapatkan dari berbagai cara. Ga kayak dulu yang mungkin cuman 1 atau 2 cara aja. Karna sumber dayanya yang terbatas dan pengetahuan yang kurang banyak.

sumber penghasilan

Sekarang, apalagi di zaman yang serba digital ini, penghasilan itu sumbernya bisa darimana aja. Lebih mengasyikkan lagi, kita bisa dapat penghasilan dari hobby kita sendiri! Kata orang, ga ada yang lebih menyenangkan daripada hobi yang dibayar. Dan sekarang itu semua bisa kita rasain! Kalo dulu kan belum tentu.


Nah karena ketatnya persaingan di dunia kerja ini, punya 2 atau lebih sumber penghasilan itu adalah hal penting! Kita ga bisa ngandelin hidup dari 1 sumber penghasilan aja. Karena peluang untuk punya sumber penghasilan yang lebih dari itu terbuka lebar! Tinggal kitanya aja, mau apa ga untuk ngelakuinnya.


Punya sumber penghasilan yang banyak, berarti ada yang harus dikorbankan terutama waktu. Itu resikonya, karna waktu adalah uang jadi kita mesti manfaatin waktu yang kita punya sebaik mungkin untuk bisa menambah penghasilan. Semakin efisien dan efektif pekerjaan yang kita lakuin, semakin banyak waktu buat nyari tambahan penghasil dari sumber yang lain.


Misalnya, pekerjaan utama kalian itu adalah mahasiswa. Tapi karna suka make up dan punya insting ala-ala fashion stylist temen-temen kalian sering nanya model baju yang cocok dipake buat mereka. Nah dari situ kalian bisa share tips kecantikan atau tips padu padan busana di blog atau youtube. Asal konsisten dan rajin update kontennya, pasti ada aja itu yang minta diendorse-in atau diiklanin produknya di tempat kalian. Mayan kan? Dari hobi bisa jadi tambahan penghasilan.


Selain ketatnya persaingan di dunia kerja, punya penghasilan dari sumber yang banyak bikin kita punya ilmu yang beda dari orang-orang di sekitar lingkungan kerja. Kita bisa stand out (jadi pembeda) dari temen-temen yang lain karna ada ilmu yang mereka ga punya tapi dikita ada, dan penting untuk kemajuan perusahaan.


Nah kalo punya ilmu yang beda dari lingkungan kerja kita, bisa dimanfaatin juga untuk nambah penghasilan di luar dari penghasilan tetap sebagai anak kantoran. Misalnya kalian tau/punya pengalaman soal bikin brand, barti kalian punya ilmu di personal branding. Bisa tuh dipake buat bikin branding perusahaan di media sosial dan media massa. Siapa tau bisa naik gaji karna bisa ngebantu perusahaan berkembang lebih baik.


Kalo ga punya bakat jualan gimana, bang?


sumber penghasilan

Ya belajar, dong! Semua orang sukses itu awalnya juga belajar. Ga ada yang tau-tau sukses jadi orang terkaya. Karna dari belajar itu kita tau mana yang boleh dilakuin, mana yang ga boleh dilakuin. Dari belajar itu kita tau mana hal yang bisa dikembangin jadi lebih besar lagi, mana yang bakalan stuck di situ aja.


Kalo ga bisa belajar sendiri, cari mentor yang bisa ngajarin. Atau paling gampang cari komunitas yang sama minatnya kayak kalian, deh. Mayan kan dapat temen baru sekalian belajar ilmu baru gratis. Kalo ga ketemu di luring (offline) coba cari di daring (online).


Kalo ga ketemu juga, cari yang berbayar. Join grup eksklusifnya, tanya-tanyain membernya yang mau bantuin. Tapi jangan nyolot atau maksa harus dijawab saat itu juga. Sabar aja, iya tau kok kalian semangat belajarnya lagi menggebu-gebu tapi ga mesti ganggu orang lain, ya.

Yang penting sabar, rajin, ulet, fokus, kerja keras dan ga berharap hasil yang instan. Anak yang dapat ranking 1 di kelas itu ga didapat dari dia belajar pake sistem kebut semalam. Kalo pun ada itu pasti keberuntungan. Usaha ga akan mengkhianati hasil, kok. Tenang aja.

Gue selalu ingat kutipan "work hard will beat talent if talent doesnt work hard"

Menurut gue yang paling penting itu gabung ke komunitas, sih. Karna dari sana biasanya kita punya ide-ide segar dari temen-temen yang udah punya pengalaman. Semakin sering sharing semakin banyak masukan dan saran yang bisa kita dapatkan. Yang paling penting adalah ga pernah malu untuk bertanya dan ikut nimbrung sama mereka. Gue rasa ga ada yang akan sok jadi senior deh kalo di komunitas. Karna tujuan utama komunitas itu kan berbagi pengalaman/ilmu dari hobbi yang kita punya.

Terus hubungannya dengan sumber penghasilan apa, bang?

Bukannya udah jelas, ya? Kalo pengen punya sumber penghasilan tambahan barti kita perlu ilmu di luar jalur yang selama ini kita punya. Gimana cari ilmunya? Belajar dan sambil praktik. Percuma kalo tau teori doang tapi praktiknya ga ada.

Ga usah terlalu banyak mikir macam-macam. Jalanin aja dulu, gausah takut salah karna yang namanya belajar itu ga ada yang langsung jadi pinter. Goblok aja dulu, gapapa. Dengan menjadi goblok barti kita mengosongkan memori kita dan siap untuk menerima ilmu baru secara maksimal.

Tulisan ini diikutkan dalam rangka memeriahkan arisan blognya komunitas Blogger Banjarmasin, Pena Blogger Banua. Komunitas ini punya website karya anak banua yang berisikan informasi ringan khas anak muda zaman sekarang. Mau gabung komunitasnya?

Pentingnya Punya Sumber Penghasilan Lebih Dari 2

Artikel Terkait

Pentingnya Punya Sumber Penghasilan Lebih Dari 2
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.