Beragam Manfaat Kayu Manis

Pernah ga kalian kepikiran kalo bumbu-bumbu yang ada di dapur itu bisa jadi punya manfaat yang lebih dari sekadar bumbu masakan? Dari dulu kayu manis udah dikenal sebagai salah satu campuran buat berbagai macam makanan. Ibu kalian pasti paling tau deh soal bumbu yang satu ini.

Bahkan katanya rempah yang 1 ini udah dipake dari zaman Mesir kuno dulu! Gila tua amat ini bumbu, ya! Ga cuman bermanfaat jadi campuran kue atau masakan aja, kayu manis ternyata juga bisa dimanfaatin buat kecantikan dan kesehatan. Keren! Kayu manis itu ibarat gedung ya, serbaguna!

manfaat kayu manis

Salah satu senyawa yang dihasilkan kayu manis adalah senyawa yang menimbulkan wangi khas kayu manis itu sendiri, Cinnamaldehyde. Katanya senyawa ini bisa ngebantu ningkatin proses metabolisme dalam tubuh kita. Buat yang mau diet bisa nih dimanfaatin, karna senyawa yang ada di kayu manis ini efektif untuk jadi bahan makanan penurun berat badan.

Kayu manis juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Meskipun banyak yang memperdebatkan hal ini tapi marilah kita semua berpositif thingking kalo hal itu benar. Berarti akan semakin banyak manfaat yang bisa kita ambil dari tumbuhan yang satu ini.

Salah satu penelitian yang ngedukung pernyataan ini adalah hasil riset dari Richard Anderson dan peneliti lainnya. Mereka menguji efek kayu manis terhadap penurunan kadar gula dalam darah, total kolestrol, trigliserida, HDL kolesterol, LDL Kolesterol.

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil yang lumayan mencerahkan buat penderita diabetes, khususnya penderita diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi kayu manis sebesar 1-6 gram per hari buat penderita diabetes tipe 2 bisa nurunin kadar gula darah dan resiko komplikasi diabetes yang berhubungan dengan darah tinggi dan jantung.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tau kalo manfaat kayu manis ini banyak banget. Dan kalian hoki banget karna gue coba rangkumin manfaatnya dari beberapa sumber yang bisa kalian baca di blog favoritmu ini.

Memperbesar Bibir

Kalian pasti baru tau, kan, kalo kayu manis ternyata bisa bikin bibir jadi seksi? Siapa coba yang ga mau bibirnya jadi gede dan seksi? Bahkan sampe ada yang rela operasi dengan biaya yang ga tanggung-tanggung buat punya bibir seksi idaman kaya Angelina Jolie.

manfaat kayu manis

Caranya gimana? Gampang aja, cukup campurin jelly sama sedikit bubuk kayu manis. Terus olesin campuran tadi ke bibir dan pijat beberapa menit sampe dirasa meresap. Tapi perlu diingat jangan sampe ngolesin kayu manisnya langsung ke bibir, karna bisa bikin iritasi.

Masker Jerawat

Jerawat tuh ya, biarpun kecil tapi ganggu banget. Apalagi kalo jerawatnya sakit, bisa bikin senewen seharian. Jerawat yang nongol bikin kegantengan menurun beberapa persen. Jerawat juga bisa bikin kita jadi ga pede kalo ketemu sama orang.

manfaat kayu manis

Nah biar terhindar dari jerawat, masker kayu manis bisa jadi salah satu solusi alternatif buat kalian. Caranya campurin 3 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis. Terus olesin ke muka yang berjerawat dan diemin sampe kering alami. Terakhir bilas wajah sampai bersih.

Kayu manis bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada muka kita. Terus kalo madu udah taulah khasiatnya karna bisa ngilangin kemerahan akibat jerawat yang muncul dan bisa melembabkan kulit juga.

Masker Rambut

Jujur aja gue baru tau ada yang namanya masker rambut! Wahahaha. Gue kira masker cuman buat muka doang. Jangan-jangan ntar ada juga masker buat kaki, tangan sama paha. Saking banyaknya jenis masker yang berkembang.

manfaat kayu manis


Rambut jadi salah satu tampilan yang paling bisa langsung dilihat sama orang. Kalo rambut acak-acakan bisa jadi orang ngira lagi banyak pikiran atau belum mandi. Ngeselin kan? Apalagi kalo udah kena yang namanya rambut rontok.

Nah untuk cegah kerontokan pake kayu manis sebagai campuran masker rambut yang bakal kalian pakai. Kayu manis berguna banget untuk merangsang pertumbuhan rambut di kepala.

Untuk bikin masker rambut caranya mudah. Siapin 1 sendok bubuk kayu manis dan 1 sendok madu. Terus aduk sama setengah cangkir minyak zaitun. Setelah itu tambahin 1 butir telur sebagai perekatnya. Olesin ke seluruh rambut dan diamkan 10 menit. Rambut kalian bakal jadi sehat dan lebat kembali.

Mencegah Diabetes

Seperti yang udah dikasih tau kalo kayu manis juga punya manfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Karna menurut penelitian, salah satu penyakit yang paling banyak membunuh manusia adalah diabetes. Untuk itu lebih baik mencegah daipada mengobati.


manfaat kayu manis


Salah satu cara untuk menghindari diabetes adalah mengonsumsi kayu manis. Caranya dengan mengonsumsi bahan herbal yang mengandung kayu manis sebagai bahannya. Produk yang bisa kalian pakai adalah Glucoscare Tea yang sekarang udah banyak dijual bebas di pasaran.

Kegunaan teh ini selain mencegah diabetes juga lumayan banyak, diantaranya:
  • mencegah dan mengurangi gula berlebih di dalam tubuh
  • menurunkan kadar gula dalam darah
  • sebagai antioksidan

Artikel Terkait

Beragam Manfaat Kayu Manis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.