Haram Tidak sama dengan Halal

Akhir-akhir ini saya sering melihat di timeline twitter orang-orang yang memposting foto sehabis memburu binatang liar di hutan, semacam anjing, babi, babi hutan, bahkan yang paling update, ada yang menembaki lutung. Saya sedih sekali melihatnya. Jujur saya orang yang mudah iba melihat binatang yang tersakiti seperti itu. Dulu saya sempat menangis gara-gara melihat kucing yang menggelepar-gelepar sehabis tetabrak mobil dan orang di dalamnya seolah-olah ga tau apa-apa.

Begini, memang betul binatang semacam anjing, babi, babi hutan itu haram untuk yang muslim. Haram untuk dimakan jelas. Namun haram untuk hidup? Saya rasa tidak. Memburu mereka karena mereka itu haram itu tidak adil bagi mereka. Toh, seharam-haramnya binatang, mereka juga makhluk hidup. Sama seperti kita manusia. 

Binatang yang haram tidak sama dengan halal untuk dibinasakan ! 

Membunuh sesama makhluk hidup saya rasa tidak ada diajaran agama mana pun. Membunuh hewan seperti itu hanya dalam keadaan yang memang benar-benar perlu, seperti akan dimangsa atau mereka menyerang kalian lebih dulu. Jika tidak dalam keadaan seperti itu, jangan membunuh.

Tiap makhluk hidup berhak untuk hidup. Terlepas mereka itu halal atau haram dalam agama. Memusnahkannya hanya karena untuk kesenangan semata itu buat saya mengerikan. Manusia yang bukan manusia. Saya membaca salah satu komentar dari oknum pemburu anjing liar yang menganggap memburu anjing liar itu adalah sunnah. What !? benarkah? Saya tidak percaya. Tuhan itu Maha Penyayang, tapi makhlukNya yang katanya paling sempurna di muka Bumi ini, malah tidak punya kasih sayang antar sesama makhluk. Saya tidak akan memberikan screenshot nya silahkan cari sendiri.

Lebih mengerikan lagi, para oknum pemburu tak berbelas kasihan ini memajang hasil buruan mereka di media sosial. Terlihat muka mereka yang bangga dengan hasil buruan mereka. Sayang sekali saya tidak menyimpan foto-foto mereka.

Saya punya 1 pertanyaan untuk pemburu-pemburu ini : Tega kah kalian?

Tegakah kalian memburu hewan yang tidak membahayakan diri kalian? Tegakah kalian menghilangkan nyawa mereka hanya untuk bersenang-senang? Dimana rasa kasihan kalian? apa jangan-jangan kalian sudah tidak memiliknya lagi? Kalian punya Tuhan, tapi ajaran Tuhan kalian jadikan tameng untuk membunuh. Tega.

Coba pikir, bagaimana jika seandainya keadaannya menjadi terbalik? Pernah berfikir seperti itu?
Bagaimana jika yang diburu adalah anda? Bagaimana jika yang diburu adalah anak anda? Istri anda? Keluarga anda?
Bagaimana jika sehabis mereka memburu anda, mereka memajang foto anda yang tidak bernyawa di sosial media dan membanggakan hasil buruan mereka?
Bagaimana jika mereka menganggap anda itu haram dan halal untuk dibunuh, meskipun anda tidak mengancam keselamatan mereka?

Jangan bangga karena telah menghilangkan nyawa makhluk hidup lain. Tapi bangga karena telah menyelamatkan hidup sesama makhluk ciptaanNya.

Haram Tidak sama dengan Halal Haram Tidak sama dengan Halal Reviewed by Radhian on March 13, 2014 Rating: 5

36 comments:

  1. Jadi ingat kasus pemburu kucing baru-baru ini. Saya setuju, kalaupun memang mau mengontrol pertumbuhan (anjing liar yang terlalu banyak) mungkin bisa dilakukan sesuai dengan aturan dan tidak asal tembak begitu apalagi sampai memajang hasilnya di jejaring sosial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap. menurut saya sellama ga meresahkan orang-orang sekitar, ya ga masalah. ga perlu sampe diburu begitu

      Delete
  2. Setuju. Meskipun binatang-binatang itu haram untuk beberapa agama, tapi mereka tetap makhluk hidup yang berhak untuk hidup.

    Miris liatnya waktu denger berita kayak begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah setuju dan berkunjung ke sini :)

      Delete
  3. akal-akalan saja tuh. tapi yang jelas, hukum sebab akibat berlaku. Ketika seseorang membunuh hewan yang gak berdosa. Nanti orang tersebut pasti akan mendapatkan akibatnya. Lihat saja ntar. Jadi kita lakukan yang baik agar mendapatkan yang baik pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ! jika ingin dihargai, kita harus menghargai orang terlebih dulu. semoga diberikan ganjaran setimpal buat mereka

      Delete
  4. apapun bentuknya ,, menyakiti binatang liar sengaja ato tidak sangatlah perbuatan yg keji terlebih dgn bangganya dipamerkan dimedia sosial seolah2 bak sang penakluk binatang,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju. kalo saya sih ga ada bangga2nya habis ngebunuh binatang yang ga nyakitin kita

      Delete
  5. Ternyata kamu sebagai lelaki perasa juga sama binatang. Tapi saya setuju banget, binatang juga punya hak buat hidup seperti layaknya manusia.

    Nyakitin makhluk hidup aja gak boleh apalagi nyakitin perasaan. Huft bingit

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah abang ni bisa aja..

      nah iyakan. nyakitin makhluk hidup aja ga boleh, apalagi nyakitin perasaan orang. apalagi sampe bikin orangnya galau, terus stress akhirnya nulis di blognya sendiri terus curhat. *ehh

      Delete
    2. ah, kamu juga bisa aja *pukul pundak

      hahha, iya, terus dikomen sendiri sama dibalas sendiri juga.

      Delete
    3. ya ampun forever alone banget -_- ga kenal komunitas bloggerenergy kayanya. eaaaa promosi :)))

      Delete
  6. Setuju! Lagiaan walopun haram dan najis ada cara2nya buat ngatasinnya, gak main bunuh aja. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap. ada cara ngebersihinnya, tapi bukan dengan dibunuh hehe

      Delete
  7. ngeliat berita2 semacam ini, rasanya marah banget ya, tapi bingung mau marah sama siapa... dan yang saya herankan, senjata yang mereka gunakan untuk memburu itu, mereka dapat darimana yah? apakah barang itu dijual bebas? heemmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih pemburu itu udah punya izin buat punya senjata sendiri. ga gampang buat punya senjata kalo untuk warga sipil. setau saya sih gitu...

      Delete
  8. pemburu jaman sekarang, sikap teganya sudah dibawah akal sehat.. soalnya kalau gak begitu mereka gak bisa makan, bayar ini itu dan keperluan lainnya.. jadinya serba salah.. hidup memang keras. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup memang keras, tapi jangan sampe bikin kita ga waras :D

      Delete
  9. berburu malah mereka jadikan pekerjaan ya.. mksudnya :(

    ReplyDelete
  10. nice post nih bro! gue juga kasihan melihat hewan-hewan yang ga punya salah dan layak untuk menikmati hidupnya harus mati ditangan para pemburu itu. ya meskipun hewan itu termasuk golongan hewan haram haram, tapi hewan itu juga makhluk Tuhan yang layak hidup. entah dimana letak hati mereka, mungkin udah pindah dilutut kali *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue ngeduganya sih mereka hatinya udah ga ada bro hahaha

      Delete
  11. Yap, gue setuju. Gue juga salah satu pecinta hewan, khususnya sugar glider. So, perburuan liar dan nggak mempertimbangkan ekosistem alam sekitar kayak gitu, gue paling nggak demen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pecinta SG ternyata. sip bro kalo orang pecinta hewan gue rasa pasti ga suka sama perburuan liar.

      Delete
  12. Ternyata ada juga orang yang berpikiran kayak gini, dulu juga gue pernah berfikiran gini.
    Kasian juga ngebayangin hewan-hewan diburu cuma buat kesenangan.

    Gue pernah nemu orang di Instagram yang hobi berburu, tapi dia juga ngejelasin alasan dia berburu. Selain hobi dia juga gak sembarangan berburu, harus ada ijinnya. Ijinnya aja susah didapat dan mahal. Selain itu hasil buruannya juga dibagiin buat rakyat afrika yang kelaparan. Semoga aja pemburu-pemburu yang cuma mentingin kesenangan semakin berkurang dan sadar terhadap apa yang udah dilakuinnya ya ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih mulia yg kaya gitu sih bang. setidaknya mereka masih berguna juga buruannya. daripada dibunuh cuman buat dipajang2 doang. yg ada bikin orang marah. bukan seneng..

      Delete
    2. Kayaknya lo penyayang binantang ya. Pasti punya hewan peliharaan nih :)

      Delete
    3. iya bang.. gue punya kucing 8 ekor di rumah :D

      Delete
  13. Bener banget. Kebanyakan orang memburu hewan cuma untuk kesenangan semata, malah ada hewan yang disiksa habis-habisan sampai mati. Hewan juga makhluk ciptaan Tuhan yang gunanya bukan untuk di benci atau dijadikan alat untuk kesenangan yang ga baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap. sesama makhluk tuhan harus saling menyayangi :)

      Delete
  14. kalimat belakangnya ngena broo :))

    ReplyDelete
  15. -Binatang yang haram tidak sama dengan halal untuk dibinasakan-

    Tuhan kan menciptakan semua nya penuh dengan maksud dan makna dari masing-masing yang ada. Toh sekalipun haram, bukan berarti harus di bunuh. Mereka diciptakan oleh Tuhan loh. Punya hak buat hidup.

    Gue pernah liat video binatang anjing di siksa habis-habisan sampe dia mati. Iya dia anjing. Haram. Tapi apa harus di bunuh? Seakan Tuhan menciptakan hal yang gak seharusnya diciptakan. Gak kan gitu kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. astaga ada yang upload videonya? tega banget :(
      ga ada salah dengan ciptaan Tuhan, Tuhan menciptakan tiap makhluk dengan gunanya masing2. tapi bukan untuk dibunuh.

      Delete
    2. Iya ada. Videon nya berhasil bikin gue gak sanggup boker 3 hari 3 malem.

      Yap bener banget !!

      Delete
  16. Gak ngerti. Sebenernya apa yg ada di otak mereka? Ngebunuh para hewan yg gak bersalah itu. Yg lebih ngeselinnya lagi, pake dipamerin ke socmed segala. Bangga gitu? Emang keuntungan apa yg bakalan dia dapet? Gak ada! Dasar kampret &*#(&#!^#!#!( *marah2 gak jelas* Maaf jadi marah2, Lia paling kesel sama orang yg ngelakuin kekerasan pada hewan soalnya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kamu punya hewan peliharaan ya? bagus bagus. tapi walaupun ga punya, mesti tetep harus kudu wajib menyayangi hewan :)

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.

Powered by Blogger.