KETAKUTAN TERBESAR ORANG INDONESIA: JADI MISKIN

Indonesia itu orang-orangnya unik-unik. Belahan dunia lain, ketika ditanya "apa yang paling ditakuti?" maka otomatis mayoritas akan menjawab "hantu" atau mungkin "kematian" dan lainnya. Intinya hal-hal menakutkan yang bisa terbayangkan oleh pikiran manusia, bisa disebutkan.

Negara lain takut hantu, Indonesia takut miskin

Tapi ketika orang Indonesia ditanya "apa yang paling mereka takuti?" maka saya bisa pastikan mayoritas akan menjawab "miskin". Kalian ga salah baca kok. Karna memang begitulah adanya. Silakan survei mandiri dan perhatikan jawaban mereka.

Kenapa ga takut hantu? Mungkin ini pengaruhnya karena orang Indonesia yang dikenal religius. Ketika "ketemu" hantu langsung dibacain ayat suci. Kalo yang muslim tinggal dibacain Ayat Kursi udah beres. Jadi ga ada takutnya lagi sama hantu.

Ada beberapa faktor yang bikin saya yakin orang Indonesia itu lebih takut miskin daripada hantu ataupun mati sekalipun. Berikut ini tanda orang Indonesia itu takut miskin:

1. Hukuman Mati Tidak Memberikan Efek Jera Pada Pelaku dan Calon Pelaku Kejahatan

Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa vonis hukuman mati terhadap tersangka/terdakwa di Indonesia tidak memberikan efek apapun. Tentu pemerintah berharap pelaku kejahatan berat akan menurun ketika hukuman mati diterapkan, tapi nyatanya? Tidak berpengaruh signifikan juga terhadap tingkat kejahatan berat.

Dikutip dari website amnesty.id, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid bilang "Sepanjang 2020, kami mencatat ada setidaknya 117 orang yang divonis dengan hukuman mati, 101 di antaranya terkait kasus narkotika. Jumlah 117 vonis ini adalah kenaikan signifikan dari 80 vonis mati yang dijatuhkan pada 2019, dan 48 vonis pada 2018".

Tapi, meskipun ga menimbulkan efek jera, hukuman mati menurut gue cukup pantas diganjar untuk manusia-manusia ga punya hati. Kayak maling duit rakyat dan pembunuh sadis + berencana.

2. Ketika Razia Banyak Yang Putar Balik

Pasti pernah kan ngeliat polisi lagi razia dan buaaanyak sekali yang puter balik? Begitulah orang Indonesia. Lebih takut kena razia karna bakalan kena denda mahal. Padahal, ngurus surat-surat berkendara itu biayanya ga mahal-mahal banget, loh! Kalo aja diurus surat-suratnya, ga akan takut lagi kalo kena razia.

Perkaranya, cuman karna ga mau keluar duit doang. Takut jadi miskin. Akhirnya kucing-kucingan sama razia. Kalo udah kena razia, biayanya bisa lebih mahal daripada bikin surat-surat resminya. Aneh ya? Suka banget nyusahin diri sendiri. Hidup udah susah, eh ditambah susah karna takut miskin.

3. Sanksi Uang Terbukti Lebih Efektif Daripada Sanksi Sosial

Di Indonesia itu budaya malunya udah ga ada lagi. Terbukti ketika maling duit rakyat yang diumumkan jadi tersangka justru tersenyum ketika dipasangi rompi oranye. Bahkan hujatan masyarakat Indonesia tidak mampu membuat seseorang yang sudah terbukti jadi maling ini menjadi malu.

Dia yang salah, dia yang marah, dia yang ngamuk.

Namun kalo bicara duit, langsung deh kepancing emosinya. Sanksi ga pake masker denda 100ribu, marah-marah. Ditilang karena ga pake helm dan didena, ngamuk-ngamuk. Pokoknya kalo ada hubungannya sama duit/denda uang, pasti reaksi pertamanya marah dulu aja. Urusan malu mah belakangan.

4. Ngomongin Duit/Harta Kekayaan Bisa Sampe Kolong Langit Bohongnya

Kalo lagi adu harta, masing-masing pada ga mau kalah. Pokoknya ga boleh ada yang lebih kaya daripada dia. Bahkan harus berdusta pun dilakukan, yang penting menang. Perkara nanti dimintain bukti sama lawan ngobrolnya mah ntar aja.

Keliatan miskin sedikit aja, udah kepanasan. Gapapa punya tas KW yang penting merknya kayak yang asli. Gapapa punya rumah kontrakan, tapi mobil bagus. Kalo ga bisa bayar kontrakan, bisa tidur di mobilnya. Gaya nomor satu, kenyamanan urutan ke seribu.

5. Paylater dan Pinjol Makin Banyak

Saking ngertinya kalo orang Indonesia itu takut banget keliatan miskin, pengembang aplikasi sampe rela bikin opsi "paylater". Tau kan artinya paylater apaan? Bayar nanti, pakenya bisa sekarang. Keren banget ga tuh?

Sangat mengakomodir ketakutan orang Indonesia. Ga tambah miskin, tapi tetap bisa bergaya kayak orang kaya. Menyenangkan sekali. Siapa yang ga kepengen keliatan kaya padahal aslinya miskin?

Nah giliran ditagih, pada ga mau bayar! Tipikal Indonesi banget kan? Urusan duit kepengen punya banyak, tapi giliran bayar hutang ga mau keluar duit. Anjing emang.

Masih mending ngutangnya ke pinjol atau paylater, ye. Ini ada aja yang utang ke temen sendiri. Bahkan, ada yang dengan percaya diri ngutang ke temen yang ga akrab sama sekali awalnya. Tiba-tiba ngechat mau minjem duit. Ini lebih anjing lagi sih menurut gue.

***

Hidup jadi manusia di Indonesia itu ga gampang. Karena kita makhluk yang cenderung sosialis, jadinya kita ga bisa terlepas hasrat berkompetisi. Padahal, hidup kita ya hidup masing-masing aja. Jalani hidup masing-masing dengan keadaan masing-masing pasti akan jauh lebih sehat. 

Hidup berkompetisi itu ga akan ada habisnya. Malah kalo gue ngeliat nih, justru yang berkompetisi ini orang-orang yang dari kalangan miskin. Orang-orang kaya beneran mah justru kolaborasi mereka. Biar apa? Biar makin kaya sama-sama! 

Itulah yang membedakan orang miskin dan orang kaya. Orang miskin berlomba-lomba terlihat kaya padahal aslinya belomba-lomba makin miskin. Sementara orang kaya, kerjasama biar sama-sama makin kaya. 

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.