Pentingnya Sebuah Mindset

Beberapa hari yang lalu, saya sempat sedikit mengulas mengenai prioritas antara skill dan tools, bisa Anda baca di tulisan saya yang berjudul skill atau tools: mana yang lebih baik ini.



Kali ini saya akan membahas hal yang lebih fundamental sebelum bergerak ke skill ataupun tools. Yaitu bagaimana membuat mindset kita menjadi lebih terbentuk jika ingin lebih mendalami dunia internet/digital marketing. Ga cuman buat digital marketing sih, semua kegiatan bisnis online maupun offline harus punya mindset yang "benar" dulu, sebelum terjun langsung.


Mindset secara harfiah artinya pola pikir. Sebuah pola pikir tercipta karena cara pikir kita yang dibentuk oleh lingkungan sekitar. Apabila lingkungan sekitar kita lebih banyak pengaruh negatif, maka cara pikir kitapun biasanya akan seperti itu.


Menurut saya, mindset hanya akan bisa berubah karena 2 hal. Pertama adanya kemauan dari Anda sendiri yang ingin berubah. Mindset akan terbuka dan berubah ketika memang ada niat yang kuat dan bulat untuk berubah jadi lebih baik. Perlu konsistensi tingkat tinggi biar mindset bisa diubah secara menyeluruh.


Hal kedua yang bisa membuat mindset seseorang bisa diubah adalah faktor eksternal. Seperti yang saya bilang di atas tadi, kalo mindset seseorang terpengaruh dari lingkungan sekitarnya. Ketika lebih banyak pengaruh negatif, maka yang akan Anda terima adalah pikiran yang negatif terus.


Jadi ketika ingin punya mindset yang positif perihal bisnis/marketing, bergaul atau berkumpul dengan sesama mereka yang punya ketertarikan yang sama. Sekarang zaman serba mudah! Kalo ga ketemu temen sepemikiran secara offline, cari yang online! Ga ada yang ga mungkin! Semua masalah pasti ada solusinya, tinggal Anda aja gimana? Mau nyari solusinya apa ga? Haha..


Kalo online cari komunitas yang sama dengan interest kita. Misalnya kalian tertarik sama digital marketing, bisa cari komunitas bisnis online. Atau internet marketer terkenal macam Kang Dewa Eka Prayoga atau Koh Denny Santoso. Bisa juga komunitas bisnis anak muda macam Pasukan Alona atau Anak Muda Pebisnis Sukses yang sedang saya rintis.


Kalo offline bisa tanya-tanya dulu ke temen-temen yang udah gabung duluan di komunitasnya. Misalnya kayak di sini tuh ada komunitas pedagang bukalapak, nah kadang tiap hari tertentu mereka suka kumpul-kumpul sesama penjualnya. Keren kan? Saling support sesama penjual.

Dengan berkumpul, mindset Anda akan lebih terbentuk dengan cepat. Karena terus bersama dengan orang-orang yang udah punya mindset terstruktur. Lama-lama mindset Anda akan berubah dengan sendirinya.

Ingat kata pepatah:

Bergaul dengan penjual parfum, kita akan ikut terkena wanginya
Jadi kalo pengen punya mindset yang bagus soal usaha/bisnis, buka dulu pikiran Anda mengenai dunia usaha. Kalo emang ikhlas dan niat ngejalaninnya, pasti akan dibukakan jalan kok. Saya yakin, karna ini adalah pengalaman pribadi hehe.


Pengen Berlangganan Email Mindset Bisnis?

Masukkan email Anda yang paling aktif di bawah ya!
Powered by Kirim.Email

Artikel Terkait

Pentingnya Sebuah Mindset
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.