Cara Biar Makan Jadi Nikmat

Coba bayangkan hidup kalian sehari aja tanpa makan. Gimana rasanya? Laper pasti. Kecuali lu lagi protes pake acara mogok makan sampe berhari-hari. Biar bisa balikan sama mantan lu. Yang udah nikah. Sama selingkuhannya waktu pacaran sama lu. Padahal ortunya lebih milih lu daripada dia.


Buat gue yang doyan makan, jangankan sehari, 4 jam ga makan aja gue uring-uringan. Saking doyannya makan, gue sampe pernah nyoba-nyoba nyampur berbagai makanan. Makan buat gue udah kaya obat penenang dikala gundah, karna pacar belum punya. Hahaha.

Makan udah kaya nulis buat gue. Kalo nulis bisa jadi sarana relaksasi, makan buat gue bisa jadi sarana rekreasi. Aneh ya, hahaha. Makan buat gue kaya hiburan. Karna itulah gue kalo makan paling lama diantara temen-temen gue yang lain. Gue menikmati tiap gigitan tiap rasa dalam makanan itu. Apalagi kalo makanan yang gue makan itu enak, ga tega cepet-cepet habisinnya.

Makanan itu rezeki dari Tuhan. Salah satu cara mensyukurinya adalah dengan menikmatinya. Meskipun terkadang kita sering ketemu makanan ga enak, anggap aja Tuhan lagi "becanda" sama kita. Ga usah ngomel apalagi ga mau makan. Ibu gue selalu ngajarin, separah apapun makanan yang lu makan, seengganya ada yang lu abisin. Kalo lu ga mau makan sama sekali, sama aja lu nolak rezeki. Lu tau kan gimana sakitnya kalo ditolak? 

Biar ga gampang ngeluh kalo dapat makanan yang ga enak rasanya, gue kasih cara supaya kalian tetep nikmatin makan walaupun rasanya ga enak.

Mood Lagi Bagus

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan sebelum kalian mau makan adalah, mood harus bagus. Kalo lu lagi marah-marah atau lagi sedih mending tunda dulu makannya. Tunggu kepala lu dingin dulu biar bisa enjoy. Mood seseorang pas makan itu juga bisa ngaruh ke rasa makanan loh. 

Ga percaya? Tanyain Pak Bondan Prakoso Winarno gimana dia bisa jadi pembawa acara review makanan-makanan nusantara gitu? Kita ngeliatnya kan enak-enak aja. Ya karena Pak Bondan ngebawainnya happy. Padahal dalam hati kan kita ga tau, itu beneran enak apa cuman di depan kamera aja Pak Bondan berusaha tegar nikmatin makanan ga enak.

Jadi tiap mau makan usahakan senyum dulu habis itu berdoa, bukan fotoin makanannya, kata orang senyum itu membawa aura positif ke diri kita. Apalagi kalo bisa ngebawa gebetan ngerubah status jadi pacar.

Ada Makanannya

Setelah mood lu bagus salah satu hal paling krusial biar lu bisa ngikutin tips gue ini adalah lu harus punya makanannya. Boleh beli dulu atau minta punya temen. Tapi kalo minta sih rasanya udah pasti enak. Dimana-mana makanan yang gratisan udah pasti enak. Itu sebabnya orang suka banget ditraktir makan. Tanya aja gue.

Mending beli aja deh jadi lu punya usaha untuk ngedapetinnya. Biar lu tau perjuangan ngedapetin sesuatu itu ga gampang. Sama kaya nyari jodoh ga segampang lu minta makanan punya temen lu. Tapi ga etis rasanya jodoh disamain kaya makanan. Kamu kan ga ada yang bisa nyamain.

Masukkan Makanan ke Dalam Mulut lalu Kunyah

Langkah selanjutnya agar bisa menikmati makanan tentu saja memakannya. Ya masa sih diliatin doang udah bisa ngerasain enaknya?

Jadi kalo udah ngeliat makanan di depan mata dan yakin itu punya lo, saatnya lakukan cara selanjutnya. Mengunyah makanan di dalam mulut. Bukan mengunyah janji mantan yang ga bakal balik lagi. Nikmati tiap kunyahannya hingga makanan dalam mulut lu terasa halus dan mudah ditelan.

Ingat makanan yang dimakan itu mesti udah mateng. Lu bukan Harimau atau Singa yang doyan daging mentah. Atau makanan hologram kaya yang sering dimakan sama si Plankton. Makanan tuh sama kaya kata-kata gebetan, jangan ditelen bulat-bulat. Dikunyah dulu biar tau rasanya kaya gimana.

Telan

Setelah lu ngerasa makanan lu udah cukup lembut buat ditelan, segera telan. Jangan tunggu lama-lama nanti lama-lama aku diambil orang (you sing you lose). Kalo kelamaan dikunyah bisa-bisa lu eneg. Kalo terlalu sebentar dikunyah bikin usus lu jadi berat kerjaannya, karna makanan yang masuk masih kasar. 

Ingat, gimanapun rasa makanan yang lu makan, jangan sampai dimuntahin. Yang pertama orang lain bakal jijik, kedua setelah lu muntah bisa jadi ada orang yang latah dan ikutan muntah karna kejijikan lu sendiri. Lu ga mau kan terjadi muntah berjamaah di tempat makan itu cuman karna lu doang?

* * *
Semoga setelah ngebaca tulisan yang ga penting-penting banget ini kalian ga mencak-mencak ya. Daripada mencak-mencak mending jualan baju. Iya itu emang ga nyambung. Pesan gue kalo makan ga usah yang berlebihan. Kata Nabi, "Makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang".

2 comments:

  1. Magh kambuh, dapat makanan yang kurang pas di hati. Kelar! Haha

    Kalau cuma rasanya gak enak, ane biasanya paksain. Tapi, kalau udah bentuknya kurang pas, ane tinggalin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuknya kurang pas tuh kaya gimana? Yang harusnya kotak dibentuk jadi segi enam gitu maksudnya?

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.