Beberapa Investasi Gratis Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Corona Melanda

Jadi begini, seperti yang sudah kita tau semua bahwa kita sedang berada di masa pandemi. Ketika semua kebiasaan yang jadi rutinitas kita harus terhalang virus kecil yang berbahaya. Ketika pekerjaan harian kita harus terhenti dan penghasilan menurun karena keadaan. Semuanya jadi serba tidak menentu.

Apa yang bisa kita lakukan?




Kerjaan ga ada, sementara kehidupan terus berjalan. Ada orang yang harus diberi makan, ada listrik yang harus dibayar, ada kontrakan yang harus ditanggung, ada hutang dan cicilan yang harus dilunasi.


Apakah mengeluh jadi solusi terbaik? Oh tentu tidak, Markonah!


Mengeluh hanya akan menambah beban hidup kamu.


Mending fokus sama solusi apa yang bisa dilakukan daripada meratapi masalah. Lagian kalo kamu mengeluh, emang orang lain ga ngalamin masalah yang sama? YA SAMA DONG! Jadi ga perlu merasa jadi orang paling menderita karena pandemi ini, karena semuanya juga ngerasain hal yang sama.


Solusinya gimana? Oh ada banyak! Yang kali ini akan saya tuliskan adalah salah satu di antaranya saja.


Tapi tulisan ini ga akan berarti apa-apa begitu sehabis dibaca tanpa ada tindakan selanjutnya: praktik.


Apakah investasinya beneran gratis? Kalo diliat dari sisi finansial/uang yang dikeluarkan jelas gratis. Tapi di sisi lain ada modal yang harus dikeluarkan, misalnya waktu. Kamu harus membayar dengan waktu yang selama ini kamu pergunakan untuk hal unfaedah. Ganti waktumu dengan berinvestasi kepada hal yang lebih bermanfaat.


Makanya disimak baik-baik biar bisa langsung praktik, oke?



1. Baca Ebook/buku

Investasi gratis yang paling gampang kamu lakukan adalah dengan membaca ebook/buku gratis. Kalo ga punya buku, bisa baca online lewat ebook. Trus buku/ebook apa yang dibaca? Bebas terserah kamu, yang penting bisa menambah pengetahuanmu dan membuat dirimu jadi punya skill baru.

Kalo kamu tertariknya tentang kesehatan, bisa baca-baca buku/ebook tema kesehatan. Atau kamu tertariknya sama dunia kuliner, bisa baca buku/ebook resep masakan atau sejarah kuliner dunia. Kalo kamu tertarik ke dunia bisnis online bisa baca-baca buku/ebook tentang bisnis online.

Kalo untuk bisnis online, kebetulan saya ada beberapa koleksi yang bisa saya bagikan gratis kalo kamu mau baca. Komen aja nanti saya kasih tau caranya ya.

2. Belajar Sama Mentor

Mencari mentor untuk belajar juga bisa kamu lakukan saat corona melanda. 

Loh bukannya belajar sama mentor itu bayar?


Ada juga kok yang gratisan. Cari mentor mah gampang banget! bisa di instagram ada, youtube juga ada. Investasi gratis ke mentor ini akan terasa signifikan banget manfaatnya kalo kamu ketemu mentor yang tepat dan praktik langsung.


Semuanya tergantung dari kamu sendiri. Manfaatkan keberadaan mentor ini untuk membuat dirimu jadi semakin berkembang. Tapi perlu diingat untuk belajar dengan mentor yang tidak terlalu banyak. Saya rasa 2-3 mentor saja cukup.

3. Belajar Skill Baru

Investasi gratis ini masih ada hubungannya kayak nomer 2. Ketika mencari mentor usahakan untuk belajar skill yang belum pernah kamu kuasai. Gapapa juga sih kalo kamu mau memperdalam skill yang sebelumnya sudah kamu kerjakan selama ini.

Belajarnya bisa sama mentor atau autodidak ga masalah. Yang penting kamu punya skill baru setelah corona selesai. Kalo mau lebih greget kamu bisa kasih target. Misalnya selama 3 bulan harus punya minimal 3 skill baru.

Kalo saya biasanya belajar di youtube atau di udemy.com. Platform belajar online berbahasa inggris. Walaupun udemy berbayar untuk mengikuti ecourse-nya, tapi ada banyak banget coach yang ngasih ecourse-nya secara gratis secara terbatas.

Kalo kamu ga bisa ketemu kursus di udemy yang gratis, kemungkinan kamu kurang ngulik internet nih hahaha...

4. Stop Menunda-Nunda Pekerjaan

Menurut saya ini adalah investasi gratis yang paling "mahal" dari sisi pengembangan diri. Karena menunda pekerjaan ini adalah hal paling murah untuk dikerjakan tetapi resikonya terlampau mahal kalo terus-terusan dikerjain.

Mulailah untuk menyelesaikan apa yang harusnya kamu kerjakan.

Tipsnya: kerjakan dari yang paling mudah diselesaikan dulu. Ketika sudah berhasil menyelesaikan pekerjaan pertama, biasanya akan ada rasa puas sendiri. Ketagihan pengen ngerasain sensasi itu lagi, kamu akan ngerjain tugas lainnya.

Ubah kebiasaan dari hal yang terkecil dulu ya. Biar terbiasa menyelesaikan sesuatu yang sudah dimulai.

5. Investasi Uang

Setelah 4 hal tersebut konsisten dikerjakan dan mulai kelihatan perbedaannya, baru kamu pelan-pelan investasikan uang yang sudah kamu hasilkan. 

Lho bukannya uang itu buat dibelanjakan mas?

Gini-gini, investasi itu bukannya hanya waktu sama ilmu, kawan-kawan. Ada banyak investasi lain yang bisa dilakukan, nah salah satunya adalah investasi uang.

Maksudnya gimana mas?

Kita investasikan uang kita ke ilmu berbayar misalnya. Ikut seminar, ikut workshop aatau gabung ke komunitas eksklusif dan bisa dapatkan ilmu berharga boleh tuh. Ga cuman itu aja, kamu juga bisa investasikan uang kita ke pasar uang. Entah itu reksadana pasar uang, reksadana obligasi ataupun reksadana saham.

Bebas mau yang mana, asalkan kamu yakin sama apa yang kamu investasikan itu.

***
Mungkin masih banyak lagi jenis investasi gratis lainnya yang bisa kamu lakuin. Tentu saja walaupun namanya gratis tetap ada sesuatu yang harus dibayarkan. Entah itu tenaga, waktu ataupun hal lainnya. Tapi yang penting kan ga perlu keluar uang kan? Ya ga? Hahahah

Artikel Terkait

Beberapa Investasi Gratis Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Corona Melanda
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.